10 Aplikasi Pembuat Cover Buku Supaya Jadi Lebih Menarik

Cover buku adalah hal pertama yang dilihat oleh orang yang akan membeli buku. Bahkan, sebelum membaca tulisannya, orang akan lebih tertarik untuk membeli buku yang covernya bagus.

Memang banyak orang yang mengatakan don’t judge a book by the cover. Istilah tersebut memang tidaklah salah, tetapi ketika anda berniat menerbitkan buku, lebih baik anda juga memerhatikan cover buku agar pembeli buku lebih tertarik pada buku yang akan anda jual.

Itulah kenapa sampul buku harus dibuat sebagus mungkin, karena menjadi hal yang sangat penting dalam proses pemasaran sebuah buku.

Tetapi, sayangnya tidak semua penulis memiliki kemampuan untuk membuat desain grafis. Sehingga biasanya, membuat sampul buku diserahkan kepada penerbit.

Jika Anda sedang membuat buku dan berencana untuk membuat cover buku yang bagus, sekarang banyak aplikasi yang memudahkan Anda membuat cover buku.

Berikut ini 10 aplikasi pembuat cover buku supaya jadi lebih menarik dan tentu saja mudah digunakan bagi pemula.

1. Canva

Canva

Pertama, adalah aplikasi Canva. Aplikasi ini sudah sangat terkenal di kalangan orang-orang yang suka membuat editan foto, editan tulisan, bahkan logo. Selain itu, Canva juga bisa digunakan sebagai aplikasi pembuat cover buku loh.

Aplikasi Canva sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Untuk membuat cover buku dengan Canva, Anda bisa dengan mudah mendapatkan template bagus dan banyak stok foto tersedia. Dengan menggunakan aplikasi Canva, anda bisa membuat cover buku dengan hanya satu klik saja.

Dengan template yang banyak disediakan oleh Canva, Anda bisa memilih dan menyesuaikan sesuai dengan tema dari tulisan yang Anda buat. Selain itu, ratusan font juga bisa digunakan agar cover buku yang Anda buat lebih menarik.

Canva menyediakan berbagai pilihan template bernuansa kekinian sehingga sampul buku yang Anda buat bisa diminati banyak kalangan. Tetapi, pastikan untuk lebih kreatif memodifikasi sampul buku Anda.

Karena pengguna Canva tidak sedikit, jadi jika Anda memilih template yang sudah ada, bisa jadi cover buku Anda sama dengan orang lain.

2. Affinity Photo

Affinity Photo adalah aplikasi pembuat cover buku yang tidak kalah hasilnya dari hasil editan Photoshop. Aplikasi ini berbeda dengan Canva yang didesain untuk membuat beragam desain, Affinity Photo didesain khusus untuk membuat cover buku.

Sehingga jika Anda memilih aplikasi ini untuk membuat cover buku, adalah pilihan yang sangat tepat.

Fitur yang disediakan oleh Affinity Photo ini hampir sama dengan tools di Photoshop. Sehingga, bagi Anda yang sudah terbiasa mengedit di Photoshop tidak akan merasa asing dengan aplikasi Affinity Photo.

Tetapi, jika Anda tidak terbiasa menggunakan Photoshop, aplikasi pembuat cover buku Affinity Photo ini agak sedikit rumit pada awalnya.

Kelemahan lain yang dimiliki aplikasi ini juga cukup membuat penggunanya kesal, dimana Anda tidak aplikasi tidak memiliki fitur smart object . Sehingga ketika akan membuat objek 3D cukup sulit.

Aplikasi pro Affinity Photo ini bisa Anda beli dengan harga murah, dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama.

3. PosterMyWall

PosterMyWall

Aplikasi pembuat cover buku PosterMyWall menyediakan banyak template untuk cover buku sesuai dengan tema buku yang Anda buat. Sehingga Anda bisa menyesuaikan sampul buku yang diinginkan dengan template yang tersedia.

PosterMyWall juga sudah terhubung dengan banyak aplikasi penyedia foto seperti Getty Images, Flickr, hingga Pixabay.

Dengan begitu, ketika Anda butuh foto yang akan digunakan pada cover buku, bisa dengan mudah mencari dan langsung bisa digunakan. Tetapi, Anda harus membayar sebesar 2-5 dolar untuk mendapatkan kualitas foto dengan resolusi besar.

Sementara jika Anda menggunakan yang gratis, Anda hanya akan mendapatkan foto dengan resolusi kecil.

Sayangnya, Poster My Wall tidak menyaring cover buku yang ada di aplikasi mereka. Anda akan menemukan banyak sekali cover buku yang dibuat oleh desainer amatir. Sehingga, cover yang Anda gunakan bisa saja juga sudah digunakan oleh orang lain.

4. GIMP

GIMP atau GNU Image Manipulation Programe adalah aplikasi yang sangat bagus untuk membuat cover buku. Aplikasi ini bisa digunakan diberbagai platform seperti Linux, Windows, Mac OS X dan yang lainnya. Selain itu, aplikasi ini banyak digunakan karena memang bisa digunakan secara gratis.

Dengan aplikasi ini Anda bisa membuat berbagai jenis cover buku dengan mudah dan dengan beragam tools keren yang pastinya gratis.

Tetapi sayangnya tidak banyak yang menggunakan aplikasi ini, sehingga mungkin Anda akan sedikit kesulitan ketika ingin mencari tutorial menggunakan aplikasi GIMP.

Untuk Anda yang senang mencoba-coba dan mengeksplor aplikasi baru. Anda harus mencoba membuat cover buku dengan aplikasi GIMP.

Karena aplikasi pembuat cover buku ini adalah aplikasi professional yang sangat bermanfaat dan merupakan open source yang tidak komersial. Sekalinya Anda paham aplikasi GIMP pasti akan selalu ketagihan.

5. Blurb BookWright

Blurb BookWright

Anda berniat menerbitkan novel, buku, atau majalah? Tetapi kebingungan dengan cover buku yang bagus dan menarik? Aplikasi Blurb BookWright mungkin bisa Anda jadikan pilihan jika sedang mencari aplikasi pembuat cover buku yang keren.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk cover buku cetak ataupun buku E-Book. Aplikasi ini juga menyediakan nomor ISBN gratis loh. Sehingga buku yang Anda buat bisa lebih terlihat professional. Apalagi pilihan cover yang dimiliki oleh aplikasi Blurb BookWright tidak akan sama dengan yang lain.

Aplikasi ini bisa memudahkan Anda membuat cover buku dengan gratis. Anda juga dimudahkan untuk mengotak-atik cover buku yang Anda inginkan. Sehingga cover buku yang Anda buat akan berbeda dan lebih menarik sesuai dengan keinginan.

Dalam aplikasi Blurb BookWright tersedia plugin yang bisa membantu Anda menghubungkan dan mengedit dengan menggunakan iPhone, iPad, adobe InDesign, dan Adobe Lightroom. Sehingga Anda bisa dengan mudah memindah-mindahkan file cover untuk diedit kembali di perangkat tersebut.

6. PlaceIt

PlaceIt memastikan Anda tidak salah konsep dengan buku yang sedang Anda buat. Aplikasi ini menawarkan fitur untuk memilih template berdasarkan kategori buku yang Anda buat. Sehingga sampul buku yang Anda hasilkan tidak akan melenceng dari isi dari bukunya.

Memang banyak yang mengeluhkan kalau template dari PlaceIt ini tidak sebagus dan seberagam template yang disediakan oleh Canva.

Tetapi dalam PlaceIt ini disediakan bermacam-macam gambar yang bisa digunakan untuk mempercantik buku. Dan gambar-gambarnya juga tidak pasaran, sehingga cover buku yang Anda buat tidak akan sama hasilnya dengan milik orang lain.

7. Shutterstock Editor

Aplikasi pembuat cover buku terbaik yang bisa kami tawarkan untuk Anda gunakan adalah Shutterstock Editor. Aplikasi ini sangat bagus untuk Anda yang ingin menerbitkan buku sendiri secara cetak atau buku e-book yang akan dipasarkan di website Anda.

Dalam aplikasi Shutterstock Editor tersedia ribuan gambar yang disediakan oleh perpustakaan gambar Shutterstock. Anda bisa menyesuaikan tulisan dan warnanya agar sampul buku yang Anda buat lebih menarik dan sesuai dengan tema buku yang ditulis.

Pilihan untuk membuat sampul buku elektronik pun tersedia dalam aplikasi yang satu ini. Sehingga, orang-orang yang sudah menunggu E-book Anda terbit tidak akan kecewa dengan hasil desain cover e-book yang dibuat.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk pemula sekalipun dan sepenuhnya gratis. Jadi, Anda tidak akan diminta bayaran apapun ketika mengedit cover buku di aplikasi ini. Dibandingkan aplikasi pembuat cover buku lain, Shutterstock lebih intuitif dan mudah digunakan.

8. Photoshop

Photoshop adalah aplikasi professional yang bagi siapapun adalah pilihan utama. Photoshop adalah aplikasi edit foto yang banyak sekali penggunanya. Dan menjadi pilihan banyak orang. Photoshop juga bisa digunakan sebagai aplikasi pembuat cover buku yang terbaik.

Untuk pemula, aplikasi ini mungkin agak sedikit sulit digunakan. Karena di dalamnya banyak tools yang harus Anda pahami terlebih dahulu fungsinya dan kegunaannya. Untuk masalah membuat cover buku, Photoshop bisa dengan mudah memberikan Anda jalan.

Apalagi banyak sekali tutorial yang disediakan di Yotube untuk Anda yang ingin membuat cover buku dengan Photoshop. Orang yang sudah professional menggunakan Photoshop mungkin akan lebih mudah menghasilkan karya cover buku yang cantik. Ketimbang mereka yang baru mencoba aplikasinya.

Tetapi, Anda yang baru mencobanya, jangan berkecil hati. Karena aplikasi ini mudah dipelajari asal Anda ingin terus mempelajari aplikasinya.

9. Lulu

Selanjutnya aplikasi untuk membuat cover buku yang kami rekomendasikan adalah Lulu. Aplikasi ini sangat keren dan paling pas untuk Anda yang sedang mencari aplikasi yang bisa diajak kompromi dalam membuat cover buku.

Dengan aplikasi Lulu Anda tidak akan menemukan orang yang membuat cover buku persis seperti milik Anda. Karena dengan Lulu Anda bisa membuat desain cover dengan bebas. Apalagi, aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan tema yang sangat segar dan baru.

Anda yang ingin membuat cover buku dengan tema yang galau? Ada. Anda ingin membuat cover buku dengan tempa pendidikan? Ada. Semua tersedia dalam satu aplikasi bernama Lulu ini.

Yang terpenting Anda bisa eksplor dan lebih kreatif dengan desain yang Anda buat. Sehingga hasilnya bisa beda dengan orang lain.

10. QuarckXpress

QuarckXpress banyak digunakan oleh para penerbit professional. Aplikasi ini bisa membantu anda membuat cover buku dengan mudah dan hasilnya sangat keren. Dengan berbagai tools yang disediakan, QuacrkXpress akan mewujudkan desain cover buku yang Anda impikan.

Untuk menggunakan aplikasi ini Anda tidak harus berlangganan aplikasinya. Sehingga banyak pelanggan setia yang lebih memilih aplikasi QuarckXpress daripada aplikasi lain yang seringkali harus berlangganan ketika digunakan.

Jika Anda pernah menggunakan aplikasi Adobe InDesign, pasti Anda bisa akan lebih memilih aplikasi ini. Karena aplikasi ini lebih memudahkan pengguna ketika memilih tata letak.

Untuk aplikasi QuackXpress terbaru, Anda bisa mendesain lebih banyak cover buku. Seperti untuk cover e-book, cover e-Magazine, maupun konten-konten website.

Itulah 10 aplikasi pembuat cover buku supaya jadi lebih menarik. Aplikasi-aplikasi yang kami bagikan bisa Anda unduh di situs resmi aplikasi yang bersangkutan.

Sehingga Anda bisa membuat cover buku sendiri tanpa harus mengandalkan penerbit. Sehingga desain cover buku yang dibuat bisa sesuai dengan apa yang anda impikan. Selamat mencoba.