10 HP Terbaik yang Paling Banyak Dicari di 2020

Saat ini, beragam merk dan jenis smartphone bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Walaupun bentuk dan fungsinya hampir sama, tetap saja ada perbedaan dari satu HP dengan HP lainnya.

Perbedaannya pun beragam mulai dari penggunaan chipset di bagian dapur pacu, pemilihan ukuran dan dimensi layar hingga berbagai fitur lainnya. Memang setiap pabrikan HP memang memilih sistem operasi dan komponen yang tak sama seperti antara Xiaomi, Huawei, Vivo, Realme, Oppo, Samsung, Google, LG hingga Apple yang membuat harga jualnya beragam.

Berbagai perbedaan ini jelas membuat calon konsumen akhirnya mempunyai pemikiran masing-masing. Tentunya, setiap orang menginginkan HP terbaik untuk bisa berkomunikasi dan beraktifitas. Nah, jika Anda masih belum mengetahui HP mana sajakah yang harus dipilih, berikut ini akan kami paparkan mengenai 10 HP terbaik paling dicari 2020 sekaligus ulasan lengkapnya!

1. Samsung Galaxy M30s

Samsung Galaxy M30s
© Kanal Kalimantan

Dikenalkan sekaligus resmi dijual di pasaran global pada September 2019, Galaxy M30s adalah salah satu HP terbaik paling dicari di tahun, terutama di Indonesia.

Bukan tanpa alasan, karena Galaxy M30s digadang-gadang mampu memenuhi keinginan konsumen Tanah Air mengenai smartphone dengan kapasitas baterai besar dan daya tahan yang bisa digunakan selama 24 jam atau lebih. Memenuhi keinginan itu, Samsung pun membekali Galaxy M30s dengan baterai sebesar 6000 mAh yang bisa mengisi daya mencapai 15W.

Tak hanya kapasitas baterai yang cukup jumbo, Galaxy M30s pun menggunakan chipset Exynos 9611 yang membuat performanya layak diadu. Apalagi keberadaan triple kamera dengan ukuran lensa utama 48 MP serta dua lainnya 8MP lensa ultrawide dan 5 MP depth sensor, menjadikan HP ini sangat layak dipilih oleh konsumen yang hobi fotografi.

Masih kurang? Samsung memberikan kamera selfie dengan ukuran lensa 16 MP yang tentunya sangat sempurna bagi kebutuhan media sosial. Lepas dari berbagai keunggulan fitur dan desainnya, satu-satunya kekurangan Galaxy M30s adalah pemilihan material bodi yang cukup murah dan kualitas biasa saja, apalagi jika dibandingkan dengan seri HP Samsung menengah lainnya.

Hingga awal Maret 2020 ini, Samsung Galaxy M30s dijual dengan harga cukup beragam di Indonesia. Beberapa marketplace mematok ponsel yang memiliki ukuran layar 6.4″ dengan dimensi 1080 x 2340 piksel ini dengan kisaran harga Rp2,5 juta – Rp3,8 juta.

2. Samsung Galaxy S10e

Samsung Galaxy S10e
© Ubergizmo

Kendati sudah dijual sejak Maret 2019 silam, Samsung Galaxy S10e tetaplah menjadi salah satu HP terbaik paling dicari tahun ini. Sebagai ponsel flagship seru ukuran compact, Galaxy S10e memang begitu nyaman dioperasikan dengan satu tangan.

Untuk ukuran layarnya sendiri, Samsung memang hanya memberikan 5.8 inci, tapi resolusinya sudah Full HD+berdimensi 1080 x 2280 piksel dan bertipe Dynamic AMOLED. Sama seperti seri sebelumnya, Galaxy S10e sudah dibekali chipset Exynos 9820.

Samsung memberikan dua kamera utama untuk Galaxy S10e dengan ukuran lensa masing-masing 12 MP dan 16 MP ultrawide. Sementara untuk kebutuhan selfie, Galaxy S10e mempunyai lensa depan dengan ukuran 10 MP.

Sudah menggunakan sistem operasi Android 9.0 (Pie) yang bisa di-upgrade ke seri Android 10.0 (Q), Galaxy S10e dirilis dengan dua versi memori internal yakni 128GB/6GB dan 256GB/8GB. Dibanderol mulai harga Rp6,7 juta, cukup disayangkan kalau HP canggih ini cuma dibekali baterai berkapasitas 3100 mAh.

Apalagi dengan tidak adanya sensor sidik jari di layar atau fingerprint sebagai fitur keamanan, tentu menjadi pertimbangan lagi dalam pembelian Samsung Galaxy S10e.

3. Realme X2 Pro

Realme X2 Pro
© Android Authority

HP terbaik berikutnya yang paling dicari dan sangat layak dipertimbangkan untuk dibeli pada 2020 ini adalah Realme X2 Pro. Resmi dijual pada Oktober 2019, X2 Pro bahkan digadang-gadang sebagai salah satu HP terbaik di 2019.

Tak perlu banyak bicara, ponsel dengan layar Super AMOLED berukuran 6.5″ dan berdimensi 1080 x 2400 piksel ini mempunyai dapur pacu yang sangat istimewa. Realme membekali X2 Pro dengan chipset Qualcomm SM8150 Snapdragon 855+ dan GPU Adreno 640. Dirilis dengan beberapa versi berbeda yakni 64GB/6GB, 128GB/8GB dan 256GB/12GB, Realme X2 Pro memang sangatlah istimewa.

Dengan performa yang terbaik tersebut, Realme X2 Pro ini dibanderol dengan harga mulai Rp 7 juta yang tentunya amat sangat layak dipertimbangkan di tengah persaingan ponsel-ponsel menengah ke atas. Adapun berikut beberapa kelebihan Realme X2 Pro yang layak Anda pertimbangkan:

  • Dengan kapasitas baterai 4000 mAh, Realme X2 Pro mempunyai fitur fast charging 50W yang artinya bisa mengisi penuh seluruh daya baterai dalam waktu 35 menit saja
  • Dibandingkan smartphone pesaing di kelasnya, performa X2 Pro memang jauh lebih kencang dan harga yang lebih terjangkau
  • Ada empat kamera utama di bodi belakang demi memenuhi kebutuhan fotografi yang masing-masing lensanya berukuran 64 MP wide, 13 MP telephoto, 8 MP ultrawide dan 2 MP depth. Sementara untuk kamera selfie, X2 Pro mempunyai lensa berukuran 16 MP

Namun lepas dari berbagai keunggulan yang ditawarkan, X2 Pro juga tidak luput dari beberapa kekurangan yang tentu bisa membuat calon konsumen berpikir ulang. Berikut dua di antaranya yaitu:

  • Untuk HP dengan harga di atas Rp5 juta, X2 Pro memiliki desain yang tergolong biasa saja
  • Belum memiliki fitur tahan air dan debu sehingga menggunakannya harus berhati-hati.

4. Samsung Galaxy Note 10+

Samsung Galaxy Note 10+
© Digital Trends

Jika Anda lebih suka HP Android dengan ukuran bongsor, maka sangatlah tepat untuk memiliki Samsung Galaxy Note 10+. Resmi dijual global sejak Agustus 2019, Galaxy Note 10+ masihlah terbaik dan paling dicari karena memiliki tambahan S-Pen yang terpasang langsung pada bodinya.

Ini bukanlah kali pertama bagi pabrikan ponsel asal Korea Selatan itu dalam mengenalkan smartphone ukuran besar dan panjang. Hanya saja untuk yang satu ini, memang didesain kekinian dan masih terlihat modis.

Mempunyai bentang layar hingga 6.8″, membuat Galaxy Note 10+ sangat tidak memungkinkan untuk dioperasikan hanya dengan satu tangan. Melihat dari tampilannya, Galaxy Note 10+ memang sangat cocok untuk Anda yang begitu sibuk. Apalagi keberadaan S-Pen memang dirancang untuk menulis berbagai note, remote shutter kamera hingga berbagai kontrol tambahan berbasis animasi.

Ponsel yang dijual dengan harga kisaran Rp12,5 juta di Indonesia ini mempunyai empat kamera utama di bagian belakang yakni 12 MP wide, 12 MP telephoto, 16 MP ultrawide dan 0,3 MP depth. Sementara kamera selfienya, Samsung memberikan lensa wide berukuran 10 MP yang berkonsep punch hole di bagian tengah.

Menggunakan chipset Exynos 9825 (Qualcomm SM8150 Snapdragon 855 untuk pasar US/China), ponsel yang dijual dengan versi 256GB/12GB dan 512GB/12GB ini masihlah sangat layak dipertimbangkan bagi Anda yang menyukai ponsel premium dengan desain besar, serta cukup licin digenggam.

5. Huawei P30 Pro

Huawei P30 Pro
© GSM Arena

Inilah ponsel keluaran Maret 2019 yang hingga setahun sejak perilisannya masih diburu lantaran menjadi salah satu smartphone dengan kemampuan fotografi terbaik yang pernah ada. Dijual di kisaran Rp11 juta, HP flagship dari pabrikan Shenzhen, China ini memang sangat istimewa.

Dibekali layar berukuran 6.47″ OLED dengan dimensi 1080 x 2340 piksel, Huawei P30 Pro mempunyai empat kamera utama. Keempat kamera itu masing-masing mempunyai ukuran lensa 40 MP wide, periscope 8 MP, 20 MP ultrawide dan TOF 3D depth. Namun yang membuat P30 Pro sangat unggul dan super istimewa adalah kemampuannya untuk hybrid zoom hingga 50 kali.

Tak berhenti di situ, P30 Pro memiliki kamera selfie depan dengan ukuran lensa 32 MP yang tentunya bisa menangkap hasil potret luar biasa jernih. Sayangnya, di balik kemampuan foto luar biasa dan terbaik itu, P30 Pro akan cukup sulit digunakan di Indonesia karena Huawei tidak melengkapi ponsel ini dengan layanan Google seperti Youtube, Gmail, Play Store dan Chrome.

Namun dalam perkembangannya, ponsel yang menggunakan chipset buatan Huawei sendiri yakni HiSilicon Kirin 980 ini menggunakan sistem operasi Android 9.0 (Pie) yang bisa di-upgrade hingga ke Android 10.0 (Q). Tertarik? Pertimbangkan juga kalau P30 Pro ini masih menggunakan layar berkualitas Full HD+.

6. Apple iPhone 11 Pro

Apple iPhone 11 Pro
© PC Mag

Tidak lengkap rasanya membicarakan HP-HP premium terbaik tahun 2020 tanpa menyebutkan iPhone 11 Pro. Ponsel yang dirilis Apple pada September 2019 silam ini masihlah sangat diburu karena tampilan desainnya yang begitu memikat hati.

Dibekali layar berpanel Super Retina XDR OLED dengan ukuran hingga 5.8 inci, iPhone 11 Pro mempertahankan design notch ala iPhone X series. Namun keunggulan ponsel yang dirilis dengan tiga versi berbeda yakni 64GB/4GB, 256GB/4GB dan 512 GB/5GB ini adalah pada keberadaan triple kamera belakang yang sangat menarik perhatian.

Smartphone yang dijual di kisaran Rp18,5 juta ini mengusung tiga lensa kamera di bagian belakang dengan ukuran masing-masing 12 MP yang bertipe wide, telephoto dan ultrawide. Fitur terbaik dari kamera iPhone 11 Pro ini adalah pada Night Mode yang bisa mengoptimalisasi foto low light dan menjadikan komposisi warna stabil pada tiap modenya.

Namun lepas dari tampilannya yang serba mewah, iPhone 11 Pro masihlah mempunyai kekurangan seperti layaknya ponsel pabrikan Apple. Di mana desainnya masih kurang update sekalipun lebih bagus daripada seri iPhone terdahulu.

7. Samsung Galaxy A71

Samsung Galaxy A71
© Tech Radar

Dikenalkan oleh Samsung pada Desember 2019, Galaxy A71 resmi dijual di pasaran global pada Januari 2020. Sehingga bisa dipastikan kalau Galaxy A71 adalah salah satu ponsel menengah terbaik yang layak dibeli tahun ini.

Dibekali layar berukuran 6.7″ Super AMOLED berdimensi 1080 x 2400 piksel, Galaxy A71 tampil dengan desain mewah Infinity-O Display yang membuatnya serupa dengan seri Galaxy Note 10. Namun smartphone yang di Indonesia dijual di harga Rp6 jutaan ini mempunyai peningkatan yang cukup besar dibandingkan sebelumnya.

Salah satunya adalah pada kemampuan kamera ponsel dengan chipset Qualcomm SDM730 Snapdragon 730 ini. Samsung membekali Galaxy A71 dengan empat kamera utama yakni berukuran lensa 64 MP wide, 12 MP ultrawide, 5 MP macro dan 5 MP depth. Sementara untuk kamera selfie, Galaxy A71 menggunakan lensa berukuran 32 MP.

Memahami gaya hidup masa kini yang serba cashless, Galaxy A71 memiliki konektivitas NFC yang fungsinya untuk melakukan transaksi uang digital seperti mengecek saldo atm, e-Toll, dan lain sebagainya. Sayangnya di balik kelebihan tersebut, terdapat kekurangan yang perlu Anda ketahui yaitu belum dilengkapi dengan fitur tahan air dan debu. Sehingga Anda harus memegang dan merawat Galaxy A71 dengan cukup berhati-hati.

8. Xiaomi Mi Note 10 Pro

Xiaomi Mi Note 10 Pro
© Android PIT

Berstatus sebagai smartphone Android dengan skor benchmark AnTuTu tertinggi untuk edisi Februari 2020, Xiaomi Mi Note 10 Pro adalah salah satu ponsel yang wajib dimiliki pada tahun ini. Sebagai unggulan dari lini Mi flagship, ponsel yang resmi dijual sejak Desember 2019 ini memang tak pernah berhenti membuat sensasi.

Menggunakan layar AMOLED berukuran 6.47″ dan berdimensi 1080 x 2340 piksel, Mi Note 10 Pro menawarkan kualitas kamera yang benar-benar bikin melongo. Tak main-main, Xiaomi membekali Mi Note 10 Pro dengan lima kamera utama di bagian belakangnya dengan resolusi yang tak ada di ponsel manapun.

Bayangkan saja, kamera utama untuk Mi Note 10 Pro berukuran 108 MP! Kemudian empat kamera utama lainnya masing-masing berukuran lensa telephoto 12 MP, 5 MP telephoto, 20 MP ultrawide dan 2 MP macro. Sementara untuk lensa kamera selfie, Xiaomi memberikan ukuran 32 MP wide yang sudah sangat sempurna bagi kebutuhan fotografi di manapun.

Dibekali chipset Qualcomm SDM730 Snapdragon 730G, ponsel yang mempunyai memori internal 256GB dan RAM 8GB ini memiliki ukuran baterai cukup besar yakni 5260 mAh. Dengan fitur fast charging 30W, Mi Note 10 Pro yang dijual di kisaran Rp7 juta ini bisa mengisi 100% daya baterai dalam waktu 65 menit saja.

Tampak sangat sempurna? Tunggu dulu. Karena di balik kecanggihannya tersebut, masih ada kekurangan yang dimilikinya. Di mana Xiaomi belum memberikan fitur anti air dan anti debu untuk Mi Note 10 Pro. Namun lepas dari itu, Mi Note 10 Pro tak bisa dipungkiri sebagai salah satu smartphone terbaik dari Xiaomi.

9. Apple iPhone 11

Apple iPhone 11
© Phone Arena

Jika Anda mencari HP yang terbaik dan awet, maka pilihan tersebut jatuh pada iPhone dari Apple seri terbaru yaitu iPhone 11. Dibanderol dengan harga Rp13 jutaan, ponsel yang dirilis global sejak September 2019 ini bahkan bisa digunakan hingga 3-5 tahun lamanya.

Saat dilihat sekilas, iPhone 11 ini memang cukup mirip dengan seri sebelumnya yakni iPhone XR tapi mempunyai harga lebih terjangkau. iPhone 11 sendiri menggunakan layar Liquid Retina IPS LCD berukuran 6.1″ dengan dimensi 828 x 1792 piksel.

Smartphone yang sudah menggunakan sistem iOS 13 dan bisa di-upgrade ke iOS 13.3 ini memiliki pengaturan dual kamera belakang, yaitu 12 MP lensa utama dan 12 MP lensa ultrawide. Hal ini membuat ponsel yang memakai chipset Apple A13 Bionic ini sudah diberkahi kualitas kamera ultrawide yang jauh di atas rata-rata HP sejenisnya.

Kendati mempunyai durabilitas terbaik sesuai kelasnya, beberapa kekurangan iPhone 11 layak dipertimbangkan. Seperti bagian belakang kaca yang tidak terlalu mulus dan bisa dengan mudah meninggalkan bekas sidik jari.

10. Samsung Galaxy S10+

Samsung Galaxy S10+
© PC Mag

Walaupun sudah banyak HP dengan beragam merk dan jenisnya, tetap saja nama Samsung masih sangat merajai pasaran ponsel di tahun 2020. Pabrikan asal Korea Selatan ini memang tak pernah berhenti berinovasi sehingga selalu ada di posisi teratas brand smartphone. Samsung tampaknya tahu betul bagaimana membuat produk-produk terbaik yang disukai oleh konsumennya.

Salah satu yang masih jadi pertimbangan calon pembeli adalah Galaxy S10+. Kendati sudah dirilis pada Maret 2019, Galaxy S10+ tetap diburu karena ponsel flagship ini memang memiliki komponen dan fitur yang menjanjikan.

HP yang masih dibanderol di harga Rp12 jutaan ini sudah menggunakan layar Dynamic AMOLED QHD+ dengan ukuran 6.4″ dan berdimensi 1440 x 3040 piksel. Dengan layar seistimewa itu, Galaxy S10+ dibekali pengaturan triple kamera. Ketiga kamera itu adalah 12 MP lensa utama, 12 MP lensa telephoto, dan 16 MP lensa ultrawide.

Pada kamera bagian depan, terdapat pengaturan dual kamera yang letaknya pada layar Infinity-O Display dengan menggunakan konsep punch hole. Tak cuma kemampuan fotografi, Galaxy S10+ menggunakan chipset Exynos 9820 (Qualcomm SM8150 Snapdragon 855 untuk pasar US/China) sehingga kemampuan dapur pacunya makin canggih dan menggelora.

Namun lepas dari keunggulannya, Galaxy S10+ ini memiliki kekurangan yang cukup jelas seperti fitur tombol Bixby dan dual kamera depan yang dianggap tidak terlalu berguna.

Demikianlah informasi mengenai 10 HP terbaik paling banyak dicari 2020 ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi solusi untuk Anda yang hendak mengganti handphone-nya.