10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M21

Walaupun telah banyak perusahaan yang smartphone di berbagai penjuru dunia, samsung tetap menunjukkan eksistensinya di dunia telekomunikasi ini.

Kehadiran para pesaingnya, mampu menunjukkan berbagai inovasinya agar tetap bisa diterima oleh para konsumennya.

Seperti, pada beberapa waktu silam, Samsung Indonesia kembali merilis seri terbarunya dari Galaxy M Series, yaitu Samsung Galaxy M21,

Samsung Galaxy M Series sendiri dikenal memiliki HP dengan kapasitas yang besar. Nah, apakah hal tersebut berlaku pula untuk samsung galaxy M21?

Tentu, untuk menjawab itu semua Anda harus melihat pembahasannya di bawah ini tentang kekurangan dan kelebihan Galaxy M21!

Mengenal Kelebihan Samsung Galaxy M21

Mengenal Kelebihan Samsung Galaxy M21

Mungkin, selama ini banyak konsumen yang hanya mengetahui keunggulan Samsung M Series dari baterai berkapasitas besar yang dimilikinya, ada sejumlah kelebihan Samsung Galaxy M21 yang bakal menarik perhatian kamu, nih. Apa sajakah itu?

1. Menggunakan Performa Dapur Kencang Exynos 9611

Samsung Galaxy M21 ini dibanderol dengan harga  kurang lebih Rp 3 juta. Tentunya, dengan harga tersebut Anda bisa mendapatkan smartphone dengan performa dapur kencang Exynos 9611.

Hal ini merupakan sebuah kemajuan dan ”kemurahan hati” Samsung memanjakan para konsumennya, mengingat performa tersebut biasanya digunakan HP Samsung series yang dibanderol Rp 4 juta, diantaranya seperi Galaxy M30s, Galaxy M31, dan Galaxy A51.

Dengan performa Exynos 9611 tersebut, membuat perangkat samsung M21 akan bekerja optimal serta bisa dipakai untuk multitasking beberapa aplikasi.

Ketika Anda membuka game dan ingin membuka aplikasi lain, smartphone tersebut akan tetap menunjukkan performanya kencangnya yang sangat bisa untuk diandalkan.

2. Memiliki Triple Camera dengan Sensor 48 MP

Kelebihan berikutnya yang dimiliki Samsung M21 adalah pada sektor kamera. Kamera    merupakan salah satu aplikasi yang diminati para konsumen, entah itu yang senang fotografi ataupun tidak.

karena itulah, pihak samsung sendiri berusaha untuk terus memanjakan konsumennya dengan memberikan yang terbaik. Mulai dari memiliki kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera depth 5MP.

Dengan kapasitas tersebut, Anda bisa membuat foto bokeh dengan pengambilan landscape, sudut pandang 123 derajat dan mengatur fitur live focus.

Selain itu, kapasitas kamera depan 20 MP yang dimilikinya mampu membuat hasil foto selfie yang sangat menakjubkan serta jernih.

Tidak hanya itu, Anda pun akan semakin menyukai fasilitas lain yang dimiliki Samsung Galaxy M21, yaitu perekam video dimana bisa menghasilkan kualitas kamera 4K @30 fps.  lho.

3. Memiliki Layar Super AMOLED Resolusi FullHD+

Kelebihan berikutnya yang dimiliki Samsung Galaxy M21 adalah memiliki layar super AMOLED resolusi FullHD+ (1080 x 2340 piksel), dan layar 6.4 inci.

Sama seperti seri berikutnya, Samsung tersebut masih menggunakan konsep desain Infinitt- U Display yang menggunakan waterdrop notch yang disimpan pada bagian atas agar bisa menampung kamera selfie.

Tidak berhenti disitu, layar Samsung Galaxy M21 pun cukup kuat karena sudah dibekali Corning Gorilla Glass 3.

Anda pun akan semakin betah menatap layar Samsung Galaxy M21 apalagi ketika sambil menonton film favorit dan bermain game, karena sudah di dukung oleh Dolby Atmos yang ada pada bagian audionya.

4. Memiliki Baterai Berkapasitas Besar 6.000 mAh dengan Fast Charging 15 W

Seperti yang telah diulas di awal, Samsung Galaxy M21 ini memiliki kapasitas yang cukup besar yaitu mencapai 6.000 mAh yang tentu saja memiliki daya tahan cukup lama.

Dengan kapasitas tersebut, Anda bisa menonon streaming selama 29 jam, melakukan panggilan telepon selama 49 am, atau menggunakannya 131 jam untuk mendengarkan musik favorit Anda.

Ketika baterai habis, daya tersebut bisa diisi dengan cepat selam 15 W, tentu saja tidak perlu waktu lama agar bisa mengisi penuh daya baterai Anda.

5. Sudah Menggunakan Android 10 dengan One UI 2

Kelebihan lain yang dimiliki Samsung M21 android adalah, sudah didukung langsung oleh Android 10 dengan menggunakan antarmuka One UI 2.0.

Artinya, dengan versi tersebut, handphone menjadi lebih ringan dan efisien dan membawa beragam jumlah fitur baru yang belum Anda dapatkan sebelumnya.

Contohnya, seperti AI Game Booster untuk mengoptimalisasi kenyamanan bermain game, mulai dari memanage notifikasi, baterai, dan mengelola suhu smartphone.

Mengenal Kekurangan Samsung Galaxy M21

6. Masih Menggunakan Sensor Fisik untuk Fingerprint

Seperti yang diketahui bersama, Layar Samsung Galaxy M21 sudah menggunakan Super AMOLED yang super canggih dan jernih.

Walaupun begitu, masih ada kekurangan yang dimilikinya yaitu, Samsung Galaxy M21 masuh menggunakan sensor sidik hari fisik yang letaknya berada pada bagian belakang smartphone.

Adapun alasannya masih menggunakan sensor sidik adalah untuk menghemat budget sehingga konsumen masih bisa menjangkaunya dan berbagai kalangan bisa memiliki smartphone ini.

Pihak samsung sendiri, memikirkan hal yang urgent terkait mana yang harus di upgrade, dipertahankan, dan dibuang.

Fitur fingerprint sendiri bukanlah satu-satunya untuk menjaga keamanan smartphobe, Anda bisa menggunakan fitur lain yaitu face recognition melalui kamera depan yang memiliki resolusi 20 MP.

7. Tidak Dilengkapi Konektivitas NFC

Sangat disayangkan sekali Samsung Galaxy M21 ini tidak dilengkapi konektivitas NFC. Pasalnya, konektivitas tersebut sangat diperlukan di zaman ini sehingga para pesaingnya memilih untuk melengkapi konektivitas NFC tersebut.

Tentunya, ada beberpa alasan dari pihak Samsung untuk meniadakan konektivitas tersebut. Pertama, karena memang konsen untuk memperbaiki spesifikasi dapur pacu sehingga bisa sebanding dengan Galaxy A51 dan Galaxy M30.

Kedua, pihak Samsung Galaxy M21 ini membandrol harga yang lebih murah agar semua kalangan bisa menggunakannya dan memang ingin sama dengan seri sebelumnya yang lebih dahulu ”lahir”, karena boleh jadi hal tersebut telah menjadi ciri khas dari seri Samsung Galaxy M21.

8.  Kamera Kurang Pencahayaan dengan Baik

Kamera Kurang Pencahayaan dengan Baik

Walaupun memiliki kapasitas kamera cukup besar, sayangnya kamera tersebut masih memiliki pencahayaan yang kurang baik atau low-light sehingga hasil fotonya kurang memuaskan.

Maka dari itu, jangan berharap banyak terhadap hasil foto ketika Anda sedang berada dalam ruangannya yang kurang cahaya.

Jika Anda pencinta fotografi dan sering mengambil gambar, jangan terlalu berharap banyak karena pasti akan kecewa.

9. Fast Charging yang Tidak Terlalu Istimewa

Untuk sekelas Samsung dengan performa yang sudah canggih, sangat disayangkan fitur fast charging yang digunakan masih belum terlalu istimewa.

seperti yang telah diulas di atas, Samsung Galaxy M21 tersebut sudah dibekali dengan kecepatan 15 W dan kecepatan tersebut adalah hal yang biasa.

Walaupun begitu, bukan berarti lelet, melainkan kapasitasnya berada di tengah-tengan dan tidak terlalu istimewa.

Telah diuji oleh para reviewer tentang pengisian Samsung Galaxy M21, hasilnya, smartphone tersebut bisa mengisi 2,5 jam dari 15 persen hingga 100 persen. Tentu saja hal ini masih tergolong lama dibandingkan pesaingnya yang sudah bisa mengisi daya kurang dari 2,5 jam.

10.  Memiliki Performa Chipset yang Biasa Saja

Pada dasarnya, chipset Exynos 9611 ini tergolong bagus dan memiliki performa kencang, hanya saja prosesor yang digunakan masih biasa saja yaitu octa core 4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53 dengan pengolah grafis Mali-G72 MP3.

Chipset beserta prosesor itu sendiri, sebelumnya sudah hari di beberapa Samsung series lainnya, seperti  Galaxy A51, Samsung Galaxy A50s, Samsung Galaxy A31, Samsung Galaxy M31, dan Samsung Galaxy M30s.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh para pakar, chipset tersebut masih kalah dari para kompetitor.

Para pesaingnya, telah menggunakan Chipset Mediatek Helio 690T. Oleh karena itu, smartphone tersebut tidak bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi yang tinggi, hanya bisa digunakan untuk aplikasi ringan dan kategori sedang.

Penutup

Terlepas dari kekurangan yang dimiliki, Samsung Galaxy M21 ini layak dimiliki untuk membantu Anda dalam hal berkomunikasi, hiburan, dan mengasah hobi yang bisa Anda lakukan seperti, bisa mengambil gambar lewat performa kamera yang dimilikinya.

Samsung Galaxy M21 ini, bisa dianggap sebagai smartphone kekinian yang tidak ketinggalan zaman dan masih bisa bersaing dengan smartphone pesaing yang semakin banyak muncul.

Semoga informasi di atas dan menjadi wawasan untuk Anda tentang dunia smartphone.