Dompet Menipis? Inilah 10 Rekomendasi HP Rp1 Jutaan! (Agustus 2020)

Lima bulan sudah pandemi Covid-19 melanda negeri ini. Hingga Minggu (2/8) sore lalu, sudah lebih dari 110 ribu kasus Covid-19 yang ada di Indonesia. Dengan masih belum tentu kapan wabah corona ini berakhir, ekonomi jelas sektor yang paling banyak ‘dihantam’ selain kesehatan tentunya.

Sebetulnya kondisi perekonomian yang masih bergejolak ini tidak hanya dialami oleh Indonesia, tapi masyarakat secara global. Diterapkannya kebijakan #DiRumahAja memang sedikit banyak membuat beberapa pilar perekonomian harus berhenti dan akhirnya penghasilan menurun.

Lantaran penghasilan menurun, daya beli masyarakat pun berkurang. Hanya saja tidak selamanya kita harus bisa menahan pembelian barang, terutama yang berkaitan dengan kehidupan seperti smartphone. Anda tentu tahu bahwa wabah corona membuat sekolah mewajibkan kegiatan belajar online alias daring, sehingga gawai menjadi hal wajib.

Baca juga: 10 HP Realme Terbaru Beserta Spesifikasinya (Juni-Juli 2020)

Orangtua pun harus menyediakan gawai entah laptop atau PC hingga smartphone. Ingin beli smartphone tapi keuangan sedang menipis? Tenang saja Anda tak perlu cemas. Kami akan membahas 10 rekomendasi HP yang bisa digunakan untuk sekolah daring dengan kisaran harga satu jutaan Rupiah berikut ini.

Inilah 10 HP dengan Harga Mulai Rp1 Jutaan yang Layak Dibeli

1. Advan G2 Pro – Rp1,2 Jutaan

Advan G2 Pro © Aqmal Maulana-Technologue.id
Advan G2 Pro © Aqmal Maulana-Technologue.id

Tidak mau kalah dengan gempuran smartphone asal China, Advan sebagai salah satu produsen HP lokal pun ingin ‘bertarung’ di pasar gawai Tanah Air. Sudah sejak lama dikenal sebagai pabrikan ponsel murah-meriah tapi tidak murahan, Advan pun mencoba mencari peluang bisnis di kala pandemi Covid-19 dengan menawarkan smartphone terjangkau.

Adalah Advan G2 Pro yang meskipun sudah dirilis pertama kali di pertengahan 2019 lalu, tapi masih compatible menjadi pilihan pada Agustus 2020 ini. Memperkenalkan diri sebagai smartphone kelas menengah ke bawah yang sangat ekonomis, G2 Pro justru sudah dibekali kamera ganda di bagian belakang dengan resolusi 13MP dan 2MP, sehingga mampu menjadi perangkat multimedia sederhana.

Apalagi dengan layar 5″ beresolusi 720×1440 piksel, G2 Pro sudah cukup lega dari segi tampilan. Dengan sistem operasi Android Pie 9.0, Advan membekali G2 Pro dengan chipset Spreadtrum SC9832 yang mempunyai prosesor octa-core Cortex-A55 dengan kecepatan 1,6 GHz, dan pemroses grafis PowerVR Rogue GE8322. Keberadaan RAM 3GB yang sudah melegakan dan memori internal 32GB, membuat G2 Pro sudah bisa memainkan game-game 3D cukup lancar meskipun kualitas menengah-rendah.

2. Xiaomi Redmi 8A Pro – Rp1,5 Jutaan

Xiaomi Redmi 8A Pro © Liputan6.com
© Liputan6.com

Dirilis pada awal April 2020 lalu, Redmi 8A Pro menjadi salah satu unggulan Xiaomi dalam pangsa pasar smartphone menengah ke bawah. Xiaomi sendiri memang menjadi pabrikan ponsel kelas dunia yang merilis HP dengan harga murah meriah, tapi sangat berkualitas baik dari segi tampilan hingga spesifikasi.

Hal itu pula yang terlihat dari Redmi 8A Pro karena sudah dibekali layar panel IPS berukuran 6.22″ berlapis Corning Gorilla Glass 5. Untuk kamera belakang, Xiaomi memberikan dua lensa dengan resolusi 13MP dan 2MP sementara untuk kamera selfie, diletakkan pada desain layar notch waterdrop dengan ukuran lensa 8MP.

Mempunyai kapasitas baterai 5.000mAh dan chipset Snapdragon 439, performa Redmi 8A Pro didukung octa-core CPU dan GPU Adreno 505 sehingga memiliki kecepatan render grafis 20% lebih tinggi. Xiaomi sendiri mengenalkan Redmi 8A Pro dengan dua pilihan RAM yakni 2GB atau 3GB. Namun kedua varian RAM itu mempunyai memori internal 32GB sehingga sudah lega untuk kebutuhan multimedia kelas menengah.

3. Realme C2 – Rp1,4 Jutaan

Realme C2 © mysmartprice
Realme C2 © mysmartprice

Salah satu produk unggulan Realme pada tahun 2019 ini memang masih menjadi salah satu smartphone menengah ke bawah yang layak dibeli di 2020. Pabrikan ponsel yang berpusat di Shenzhen, Guangdong, China ini sendiri merupakan bagian dari BBK Electronics bersama dengan OPPO dan Vivo.

Kendati memang entry level, desain C2 masih tampak mewah yakni diamond cut generasi ketiga. Ada dua kamera utama di bagian belakang dengan resolusi 13MP dan 2MP, sementara untuk kamera selfie menggunakan lensa berukuran 5MP. Ukuran layar IPC LCD yang dibenamkan Realme untuk C2 ini pun cukup lega yakni 6.1″ dengan resolusi 720×1560 piksel.

Baca juga: Honor Play 4 Pro, Ponsel Pertama dengan Termometer Untuk Cek Covid-19

Pada bagian dapur pacu, C2 memilih chipset buatan MediaTek yakni Helio P22. Diperkuat dengan prosesor octa-core 2.OGHz Cortex-A53 dan kartu grafis PowerVR GE8320, C2 bisa bekerja lebih efisien dengan teknologi pabrikasi lebih kecil. Saat dirilis pertama kali di Tanah Air pada tahun lalu, C2 menawarkan tiga varian yakni 2GB RAM/16GB, 2GB RAM/32GB dan 3GB RAM/32GB.

4. Advan G5 – Rp1,4 Jutaan

Advan G5
Advan G5

Ingin membelikan ponsel baru untuk buah hati yang tengah remaja dan hobi foto tapi harga terjangkau? Advan G5 jelas bisa jadi pilihan. Apalagi dari segi tampilan terutama di bagian bodi belakang, pabrikan ponsel lokal ini mendesain konfigurasi tiga kamera G5 layaknya iPhone 11 Pro.

Ketiga kamera G5 ini masing-masing berukuran lensa 13MP dan dua lensa masing-masing 0.3MP. Keseluruh kamera belakang G5 sudah dilengkapi fitur efek bokeh dan AF (Auto Focus). Sementara untuk kamera selfie, Advan membenamkan lensa dengan ukuran 5MP pada poni layar bergaya waterdrop, serta lampu flash 500mA. Dengan ukuran layar 6.2″, G5 jelas menghadirkan tampilan lega dan cukup besar.

Demi mendukung kemampuan multimedia, Advan memilih chipset Unisoc SC9863A yang mempunyai prosesor octa-core. Tak berhenti di situ saja G5 juga sudah mempunyai RAM yang sangat besar untuk ponsel-ponsel kelas menengah ke bawah yakni 4GB/32GB sehingga menjadikan G5 sebagai salah satu smartphone middle-low rekomendasi yang layak dibeli.

5. Infinix Hot 9 Play – Rp1,3 Jutaan

Infinix Hot 9 Play © grid.id
Infinix Hot 9 Play © grid.id

Bukan hanya pabrikan asal China saja yang merajai kelas ponsel middle-low, Infinix yang merupakan perusahaan elektronik asal Hongkong pun tak mau ketinggalan. Di tengah pandemi Covid-19 ini, Infinix yang justru fokus berjualan di pasar Afrika, Timur Tengah dan Eropa ini mengenalkan Hot 9 Play pada awal Juni 2020.

Kalau kebanyakan ponsel-ponsel entry level mengusung kemampuan kamera, Hot 9 Play memberanikan diri dengan mengunggulkan kapasitas baterai hingga 6000mAh! Bukan hanya baterai jumbo, Infinix juga menggunakan layar berukuran lebar yakni 6.82″ IPS HD+ Cinematic Display. Untuk pasar Indonesia, Hot 9 Play hadir dengan tiga varian akni 2GB/32GB, 3GB/64GB dan 4GB/64GB.

Tak hanya sedap dipandang, Hot 9 Play juga mempunyai dua kamera utama di bagian belakang ponsel dengan resolusi 13MP dan 2MP dengan fitur Triple-Flash Light. Untuk kamera selfienya, Infinix memilih lensa berukuran 8MP. Untuk chipset, Hot 9 Play dibekali MediaTek Helio A25 yang sudah memiliki fitur jepretan kamera memuaskan dan efisiensi daya.

6. Samsung Galaxy M10 – Rp1,6 Jutaan

Samsung Galaxy M10 © itworks.id
Samsung Galaxy M10 © itworks.id

Sama seperti Advan G2 Pro dan Realme C2, Galaxy M10 merupakan salah satu produk unggulan Samsung di kelas menengah pada tahun 2019. Namun nama besar pabrikan smartphone asal Korea Salatan ini menjadikan Galaxy M10 tetap jadi salah satu pilihan ponsel baru di tengah perekonomian yang tak menentu saat ini.

Baca juga: 10 HP yang Mendukung Fast Charging Terbaik Juni 2020 (Harga Terjangkau)

Dengan layar 6.22″ bertipe PLS TFT dan resolusi 720×1520 piksel, Galaxy M10 sudah cukup mengakomodir kebutuhan belajar daring. Ada dua kamera belakang yang dibenamkan oleh Samsung yakni berukuran 13MP dan 5MP, sementara kamera selfie terletak di layar depan pada bagian poni kecil dengan ukuran lensa 5MP yang sudah mendukung fitur Face Unlock.

Untuk chipset, Samsung menggunakan produk mereka sendiri yakni Exynos 7870 dengan prosesor octa-core 1.6GHz Cortex-A53 dan kartu grafis Mali-T830 MP1. Adanya pilihan 2GB/16GB dan 3GB/32GB menjadikan Galaxy M10 sangat mumpuni di kelasnya. Apalagi nama besar Samsung, menjadikan Galaxy M10 sebagai salah satu pilihan terbaik smartphone di kisaran harga satu jutaan Rupiah.

7. Realme C11 – Rp1,5 Jutaan

Realme C11 © Gizmologi
Realme C11 © Gizmologi

Jika Anda ingin ponsel Realme harga terjangkau tapi produk lebih baru, C11 adalah pilihan yang paling tepat. Resmi dikenalkan pada awal Juli 2020 ini, C11 menjadi salah satu smartphone unggulan yang sangat layak dibeli di masa pandemi Covid-19 ini. Sudah memiliki sistem operasi Android 10, C11 jelas tidak ketinggalan zaman.

Keberadaan layar yang sangat lega yakni 6.5″ IPS LCD dengan resolusi 720×1560 piksel, membuat pengalaman multimedia C11 sangat memuaskan. Keberadaan dua kamera utama di bagian belakang yang masing-masing berukuran 13MP dan 2MP, membuat C11 bisa mengakomodir kebutuhan fotografi. Bagi Anda yang juga hobi membuat IG story atau video TikTok, C11 sudah menggunakan kamera selfie dengan ukuran lensa 5MP.

Sementara untuk Anda yang hobi gaming, C11 sudah dilengkapi chipset MediaTek Helio G35 dengan prosesor octa-core yang bisa mencapai clock speed 2.3GHz, serta kartu grafis PowerVR GE8320. Dengan komponen tersebut, C11 sudah bisa menjalankan beberapa palikasi kelas menengah dan berat konvensional.

8. Vivo Y12i – Rp1,8 Jutaan

Vivo Y12i
Vivo Y12i © priceprice

Dari banyaknya pabrikan ponsel asal China, bisa dibilang kalau Vivo menjadi salah satu yang begitu agresif menggempur pasar smartphone Tanah Air. Mulai dari ponsel-ponsel premium, menengah hingga kelas entry-level, Vivo merilis produk unggulannya. Dan di tengah wabah corona kali ini, Vivo mengenalkan Y12i pada Juli 2020 kemarin.

Dengan tampilan fisik tak berbeda jauh dari Y11, Y12i memiliki layar selebar 6.35″ yang beresolusi HD+ 720×1544 piksel. Untuk bagian dapur pacu, Vivo menggunakan chipset milik Qualcomm yakni Snapdragon 439 yang sudah diperkuat prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit dan kartu grafis Adreno 505.

Untuk kamera, Y12i memiliki dua kamera belakang dengan ukuran lensa 13MP dan 2MP yang sudah bisa memotret dengan efek bokeh atau portrait mode berkualitas. Sementara pada kamera selfie, Vivo menggunakan lensa 8MP pada Y12i. Bagi gamer, Y12i sudah mempunyai fitur Ultra Game Mode dan Dual Turbo sehingga tak perlu cemas frame-drop saat gaming.

9. Infinix Smart 4 – Rp1,2 Jutaan

Infinix Smart 4
Infinix Smart 4

Menyadari betul bahwa pasar ponsel entry-level di Indonesia masih terbuka lebar, Infinix pun memboyong salah satu unggulannya yakni Smart 4. Kendati pertama kali dirilis pada Oktober 2019, kemampuan Smart 4 masih sangat layak dipertimbangkan. Dengan harga terjangkau, Infinix menggunakan layar IPS LCD resolusi 720×1600 piksel selebar 6.6″ untuk Smart 4.

Diklaim mempunyai desain yang stylish dan ramping, Smart 4 hanya memiliki satu kamera utama di bagian belakang dengan ukuran 8MP. Sementara untuk kamera depan, Smart 4 menggunakan lensa beresolusi 5MP. Namun meskipun begitu, ponsel ini sudah menggunakan dua sistem keamanan yakni Face Unlock dan Finger Print yang responsif.

Pada bagian dapur pacu, Infinix memilih chipset MediaTek Helio A22 dengan prosesor quad-core 2.0GHz Cortex-A53 dan kartu grafis PowerVR GE8320. Penggunaan Helio A22 sendiri disebut bisa menghemat konsumsi daya dengan kinerja ponsel memuaskan.

10. Samsung Galaxy A01 – Rp1,5 Jutaan

Samsung Galaxy A01
Samsung Galaxy A01

Menutup daftar ponsel-ponsel satu jutaan Rupiah adalah Samsung Galaxy A01. Yap, pabrikan asal Korea Selatan yang begitu identik dengan ponsel premium ini juga tak mau menyepelekan pasar HP entry-level. Dikenalkan pada Januari 2020, Galaxy A01 jelas jadi primadona pada daftar ini.

Baca juga: Ubah Peruntungan di Pasar HP, LG Kenalkan Velvet

Dengan harga sangat terjangkau, Samsung menggunakan layar PLS TFT dengan ukuran 5.7″ pada resolusi 720×1520 piksel. Sudah diberkahi sistem operasi Android 10, ponsel ini mempunyai dua kamera utama berukuran lensa 13MP dan 2MP yang tentunya sudah memuaskan. Ditambah kamera selfie dengan ukuran 5MP, Galaxy A01 bisa jadi pilihan terbaik milenial yang sibuk belajar daring.

Tak perlu cemas pada kemampuan dapur pacunya, karena Samsung memilih chipset Qualcomm Snapragon 439 untuk Galaxy A01. Diperkuat dengan prosesor octa-core dan kartu grafis Adreno 505, Galaxy A01 menawarkan RAM 2GB dengan varian internal 16GB dan 32GB.