Laptop

10 Rekomendasi Laptop Terbaik Bagus Untuk Mahasiswa

Kebutuhan untuk menggunakan laptop saat ini tidak hanya berlaku untuk para pekerja saja. Para mahasiswa saat ini pun membutuhkannya untuk mengerjakan tugas.

Terlebih dalam kondisi pandemic saat ini, para mahasiswa dituntut untuk melakukan pembelajaran jarak jauh yang tentu saja membutuhkan laptop.

Karena kebutuhan laptop yang semakin besar, maka para perusahaan teknologi pun berbondong-bondong untuk memproduksi laptop dengan kualitas yang bagus dan terbaik serta cocok untuk para mahasiswa tersebut.

Adapun merek laptop yang bisa dimiliki oleh para mahasiswa tersebut adalah sebagai berikut;

1. Laptop Acer Aspire E5-475G

Bagi para mahasiswa salah satu rekomendasi laptop yang bisa dimiliki adalah laptop dengan merk Acer Aspire E5-475G.

Laptop acer ini memiliki casing yang sangat menarik karena strukturnya penutupnya menggunakan balutan kain halus yang berada di atas dan dibawah perangkat.

Ukuran dari laptop ini pun sangat pas tidka terlalu besar atau kecil, yaitu layarnya memiliki ukuran 14 inci dengan resolusi native 1366 x 768 piksel.

Tentu saja layar yang dimiliki pun memiliki kontras yang sangat baik yaitu 381:1 sehingga bisa memberikan kesan yang cukup baik.

Fitur lain yang ditampilkan laptop ini adalah telah dilengkapi dua slot RAM DDR4 yang bisa menampung kapasitas sampai 32 GB dengan kecepatan 2.400 MHz.

Tidak hanya itu, laptop ini juga memiliki slot M.2 yang bisa digunakan untuk memasang SSD ketika Anda ingin mengupgradenya dari memori jenis HDD.

Kapasitas yang dimiliki HDD nya pun cukup besar sudah mencapai 1TB sehingga membuat performa laptop akan emakin bagus dan kencang serta tentu saja tidaka kan mengecewakan selama Anda menggunakannya dengan baik.

Adapun kelebihan yang dimiliki laptop ini adalah:

  • Tombol power yang berada di keyboard dekat tombol lain, membuat laptop ini tidak akan melakukan sleep, hibernate, ataupun shut down ketika Anda menyentuh tombol tersebut.
  • Perangkat Penyimpanan HHD bisa diuperbaharui pada penyimapnan SSD dengan menggunakan slot M.2.

Kekurangan Laptop Acer aspire, adalah sebagai berikut;

  • Masih belum tersedia backlit dimana fungsinya untuk memudahkan Anda menggunakan laptop ketikan berada di ruangan yang sedikit cahaya.
  • Speaker kurang terdengar dengan maksimal karena letaknya berada di samping kaki atau bagian deck bawah.

Harga yang diabnderol untuk laptop Acer Aspire ini adalah Rp 5, 199,000

2. Laptop Asus VivoBook 14 A411UF

Laptop berikutnya adalah Asus VivoBook 14 A411UF. Laptop ini dilengkapi teknologi NanoEdge dimana membuat layar aslinya 14 inci. Terlihat seperti layar notebook yang memiliki ukuran 13 inci.

Teknologi tersebut mampu membuat bezel yang ada di sekitar layar hanya menjadi 7,8 mm dan hal itulah yang membuat layar ASUS tampak lebih kecil.

Tidak hanya itu yang akan membuat Anda tercengang. Ukuran laptop yang ringan yaitu 1,35 Kg membuat laptop ini ringan dan mudah dibawa kemana-mana.

Anda pun akan menyukai Tochpadnya karena memiliki ukuran yang nyaman dan lebar serta mudah digunakan.

Touchpad atersebut ketika digunakan bisa mendukung fitur multi touch lebih dari empat jari sehingga Anda bisa mengaktifkan fungsi lainnya yang ada di laptop.

Performanya pun semakin canggih karena menggunakan prosesor Intel Core i5 generasi 8 yang sudah menggunakan RAM jenis DDR4 besarnya mencapai 8 GB.

Anda Pun akan menyukai grafisnya karena menggunakan chip NVIDIA GeForce MX130 yang bisa membuat visual yang jernih dan ketika bermain game pun akan terasa nyata.

Kelebihan Laptop ASUS

  • Fitur layar menggunakan wide view sehingga bisa dilihat jelas lewat angle 178 derajat.
  • Penggunaan normal laptop ini bisa mencapai selama 10 jam
  • Fitur memori sudah cukup besar yaitu berkapasitas 1 TB.

Kekurangan Laptop ASUS

  • Penyimpanan laptopnyanya masih menggunakan fitur HDD dan belum bisa diugrpade ke SSD

Harga yang dibanderol untuk laptop ASUS ini adalah Rp 4,992,000.

3. Laptop Lenovo Ideapad 320 14

Proses yang digunakan laptop ini adalah Core i3-6006U dengan kecepatan 2 GHz. Selain itu tersedia pula prosesore dengan konfigurasi Core i5-7200U yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Layar laptop pun sudah canggih dan jernih karena menggunakan karti grafis NVIDIA GeForce GT 920 MX. Selain itu fungsinya untuk bisa memudahkan Anda melakukan render dalam waktu yang singkat.

Tidak perlu khawatir akan kapasitas kartu grafis yang dimiliki karena sudah menggunakan VRAM 2GB dan RAM 4GB.

Fitur unggulan yang ada di laptop ini adalah memiliki keyboard yang nayaman serta jarak tombolnya pendeknya yang bisa mengetik dengan cepat.

Kapasitas memorinya pun tidak perlu diragukan lagi, walaupun menggunakan HDD tetapi kapasitas yang dimilikinya sebesar 1TB.

Ketahanan baterai dengan penggunaaan normal, bisa bertahan hingga 4 jam.Kelebihan laptop Lenovo;

Laptop ini bisa digunakan untuk bermain game dimana ketika melakukan hal etrsebut, temeperatur deck yang terdeteksi hanya 28°C sehingga membuat laptop masih aman digunakan.

Kekurangan Laptop Lenovo;

  • Tombol power berada di pojok kanan atas keyboard sehingga ketika belum terbiasa menggunakan akan membuat bingung.

Harga yang dibanderol untuk laptop ini adalah Rp 3,600,000.

4. Laptop Asus VivoBook A407MA

Asus VivoBook A407MA

Laptop dengan merk Asus VivoBook A407MA ini memang dirancang khusus untuk mahasiswa.

Hal itu dibuktikan dengan harga laptop yang cukup bersahabat, yaitu sekitar Rp 3,649,00.

Selain itu dari segi desain layar pun dibuat standar dan disesuaikan dengan kebutuhannya, yaitu menggunakan ukuran layar 14 inci dan berat laptop 1,5 kg.

Casingnya pun didesain cukup tipis yaitu 7,1 mm sehingga akan terlihat seperti notebook.

Tetapi jangan khawatir akan kejernihan layar karena rasio yang digunakannya adalah 16 ;9 dengan resoulis HD 1366 X 798.

Pada layar pun sudah dibekali teknologi yang mumpuni yaitu TrueLife yang bisa menghasilkan warna lebih cerah dan terang.

Fitur lain yang digunakan adalah HDD dengan memilii kapasitas besar, yakni 1 TB. Agar lebih aman menggunakan laptop ini Anda bisa mengaktifkan fitur sensor pemindai jari.

Sayangnya, jangan terlalu ebrharap dengan kamera yang tersedia di laptop ini karena kualitasnya masih menggunakan VGA.

5. Laptop Lenovo IdeaPad S145 14

Laptop berikutnya yang bisa dimiliki oleh mahasiswa adalah merk Lenovo IdeaPad S145 14. Kesan pertama yang ditampilkan ketika melihat laptop ini adalah elegan dan berkelas namun bisa dimiliki dengan harga terjangkau.

Fitur unggulan yang ditampilkan laptop ini ada pada keyboardnya yang didesain dengan nyaman saat digunakan. Keyboardnya pun di desain dengan sempurna hingga respon yang akan diberikan tidak akan mencapai waktu 1 detik.

Tidka hanya itu, prosessor yang digunakan pun adalah duel intel celeren 4205U yang merupakan generasi delapan yang sudah dirancang menggunakan RAM DDR 4 8GB.

Kapasitas penyimpannya sudah menggunakan SSD dengan besaran 256 GB sehingga laptop tersebut bisa digunakan untuk aktivitas ringan dan berat.

Harga yang dibanderol untuk laptop ini adalah Rp 5, 299,000.

6. Laptop Lenovo Ideapad 130 14

Laptop berikutnya yang bisa dimiliki oleh mahasiswa adalah merk Lenovo Ideapad 130 14.

Prosesor yang digunakan pada Lenovo ini adalah Intel Core generasi ke 7 dengan Core i7-7500U. dimana untuk para mahasiswa desain, laptop sangat direkomendasikan untuk Anda miliki.

Selain itu menggunakan pula prosesor NVIDIA GeForce MX130 atau MX110 dengan memiliki kapasitas VRAM sebesar 512 MB.

Kapasitas lain yang disematkan pada laptop ini adalah RAM 4GB dan 2GB dan slot SODIMM dengan kapasitas 8GB.

Layarnya pun sudah memiliki ukuran 14 inci Full HD dengan memiliki resolusi 1920 x 1018 piksel.

Dalam layar laptop ini sudah disematkan teknologi anti glare yang akan membuat nyaman orang-orang yang melihat layar ini.

Adapula fitur rapid charge dimana hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk mengisi daya baterai. Dan laptop ini akan bertahan selama 6 jam dengan penggunaan normal.

Walaupun begitu, jangan coba-coba untuk bermain game, karena laptop ini belum mumpuni dengan baik.

Harga yang dibanderol untuk laptop tersebut adalah Rp 3,179,000.

7. Laptop Axioo MyBook 14

Laptop berikutnya yang bisa dimiliki oleh mahasiswa adalah Axioo MyBook 14. Prosesor yang dimiliki laptop ini adalah Intel Celeron N3350 dengan generasi Apollo Lake terbaru yang cukup canggih dengan kecepatan 1,1 GHz dan TurboBoost 2,4 GHz.

Adapun layar dimilikinya berukuran 14 inci yang sudah menggunakan teknologi TFT LCD Light Emitting Diode backlight yang memiliki resolusi HD 1366 X 768 Piksel sehingga membuat gambar dan warna sangat tajam

Kapasitas penyimpanan yang dimilikinya pun cukup besar dengan menggunakan teknologi hybrid storage dimana didalamnya terdapat eMMC dengan kapasitas 32 GB dan hard disk dengan kapasitas 500 GB.

Harga yang dibanderol untuk laptop Axioo ini adalah Rp 2,699,000.

8. Laptop Pavilion X360

Laptop Pavilion X360

Rekomendasi laptop berikutnya untuk mahasiswa adalah laptop pavilion X360. Dimana laptop tersebut sudah menggunakan prosesor Core i3-8145U dengan kapasitas 256 GB SD. Adapun RAM yang dimilikinya berkapasitas 8GB hingga 128 GB.

Fitur teknologi pada laptop ini terlihat pada sisi laptop yang sudah dilengkapi dengan security-lock slot.

Keyboardnya pun dibuat dengan bahan dan teknologi terbaik sehingga tombolnya tidak menimbulkan suara dan saat ditekan begitu empuk dan nyaman.

Laptop ini sudah dibekali dengan Touchpad yang sangat responsif dengan scrolling dua jari dan tabbing 3 jari.

Sayangnya untuk kapasitas baterai tidak begitu bagus, karena bisa digunakan selama 6 jam saja untuk penggunaan normal dan tingkat kecerahan diatur maksimal.

Harag laptop HP untuk mahasiswa ini dibanderol dengan Rp 4,559,00.

9. Laptop ASUS X200MA

Prosesor yang digunakan laptop ASUS ini adalah intel Celeron N2840 Dual Core ,216Ghz. Dimana penyimpanan internalnya menggunakan HDD sebesar 500 GB.

Fitur unggulan dari laptop ini adalah keyboardnya yang terasa namyan saat mengetik. Laptop ini pun sudah menggunakan teknologi smart gesture sehingga bisa melakukan swipe dua jari.

Sayangnya kualitas webcam yang dimiliki masih kurang baik sehingga untuk belajar jarak jauh masih belum optimal dilakukan.

Adapun harga yang dibanderol untuk laptop ini adalah Rp 3,095,000.

10. Laptop Lenovo ThinkPad X131e

Lenovo ThinkPad X131e

Laptop berikutnya yang bisa dimiliki adalah Lenovo ThinkPad X131e. laptop ini memiliki berat yang cukup ringan dengan layar cukup lebar yaitu 11,6 inci.

Laptop ini sangat mumpuni untuk mengedit video atau gambar. Sehingga mahasiswa desain bisa menggunakan laptop ini. Hal itu diperkuat dengan tenaga prosesor intel core i3-2367M dan grafis intel HD yang dimiliki laptop ini.

Fitur lain yang disematkan adalah dolby advanced audio sehingga bisa menghasilkan suara yang berkualitas dan juga jernih.

Harga yang dibanderol untuk laptop ini adalah Rp 2,300,000.

Nah, itulah dia pembahasan tentang 10 rekmomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa saat ini. Semoga bermanfaat dan bisa membantu untuk perkuliahan.

Share
Sundus Afifah

Recent Posts

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

22 jam ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

3 hari ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 minggu ago

Nikon Z Fc, Kamera Retro Untuk Teman Travelling Anda

Nikon Z fc mengusung desain yang nyaman dalam genggaman dan menawarkan pengalaman pengambilan gambar berbeda…

3 minggu ago

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar,…

3 minggu ago

Layar Luas 6.5”, Nokia C20 Dibanderol Rp1 Jutaan

Kalau bicara mengenai smartphone Android, banyak di antara kita yang akan identik menyebut brand Xiaomi,…

4 minggu ago