23 Maret, OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro Resmi Diluncurkan

Smartphone OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro (dan mungkin OnePlus 9 Lite) akan diumumkan pada 23 Maret di acara peluncuran virtual oleh perusahaan. Disamping itu perusahaan juga akan kemitraan baru dengan kamera Hasselblad.

Ini adalah ponsel Android besar berikutnya di tahun ini,  yang pertama adalah Samsung Galaxy S21 pada bulan Januari. Tentu dapat dimengerti jika Anda ingin mengetahui semua spesifikasi tentang ponsel ini.

OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro Resmi Diluncurkan
OnePlus 9 Pro via www.tomsguide.com

OnePlus melewati tahun 2020 yang sibuk dengan OnePlus 8T , OnePlus Nord N10 5G dan OnePlus Nord N100 dalam beberapa bulan terakhir tahun ini, dan sebelumnya OnePlus 8 , OnePlus 8 Pro dan OnePlus Nord .

Bagi kalian yang baru mendengar perusahaan OnePlus, kami beritahu sedikit. OnePlus Technology (Shenzhen) Co., Ltd., atau biasa disebut OnePlus, adalah sebuah produsen ponsel cerdas yang berkantor pusat di Shenzhen, Guangdong, Tiongkok. Perusahaan ini didirikan oleh Pete Lau dan Carl Pei pada bulan Desember 2013.

Yuk baca review lainya, Asus ROG 5 Smartphone Khusus Gaming, Kekuatannya Setara Optimus Prime

Mungkin lini OnePlus 9 akan menjadi sintesis dari semua bagian terbaik dari ponsel sebelumnya. OnePlus 9 dibuat sebagai ponsel premium yang mampu bersaing di kelas flagship.

Tanggal Rilis?

Kami memperkirakan tanggal rilis OnePlus 9 adalah pada bulan April atau Mei. Tetapi perusahaan telah mengkonfirmasi akan mengungkapkan seri smartphone baru pada 23 Maret 2021.

Acara peluncuran resmi dilakukan secara streaming langsung – tidak akan ada pertunjukan fisik yang setara dengan acara ini – dan akan dimulai pada pukul 7 malam waktu Indonesia. Untuk link dari acara ini Anda bisa cek dua minggu sebelumnya di website resmi www.oneplus.com

Harga

Dalam hal harga, sulit untuk mengatakannya terutama karena setiap ponsel OnePlus yang berturut-turut semakin merayap ke wilayah harga premium. Karena tahun lalu perusahaan telah meluncurkan OnePlus Nord untuk level menengah, berarti OnePlus 9 dioptimalkan untuk kelas premium.

Sebagai contoh OnePlus 8 mulai dari harga 10 juta rupiah, kemudian di harga 11 jutaan untuk mendapatkan lebih banyak RAM dan penyimpanan. Lalu seri paling tinggi adalah OnePlus 8 Pro mempunyai harga 13 jutaan.

OnePlus 8 merupakan seri flagship paling tinggi tahun lalu dari OnePlus. Harganya cukup tinggi meski masih lebih rendah jika dibandingkan keluarga Samsung Galaxy S-level, tetapi lebih mahal dari ponsel OnePlus tahun 2019.

Kami memperkirakan bahwa harga OnePlus 9 setidaknya akan lebih tinggi dari OnePlus 8. Tapi apakah mungkin tiba-tiba OnePlus malah memberikan banderol harga yang lebih murah dari OnePlus 9 agar bisa meraih lebih banyak level konsumen?

Ada pembicaraan yang berkembang bahwa model OnePlus 9E yang dibuat untuk bertarung di kelas bawah akan diperkenalkan di beberapa titik. Jika model yang lebih murah memang benar ada, kami memperkirakan ada di kisaran harga 7 juta rupiah.

Anda juga mungkin setidaknya mendapatkan freebie dengan telepon, karena bocoran menunjukkan bahwa mereka yang memesan di muka OnePlus 9 akan mendapatkan sepasang earbud true wireless OnePlus Buds Z. Sementara mereka yang memesan di muka OnePlus 9 Pro akan mendapatkan Edisi Steven Harrington dari Buds Z.

Desain

OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro Resmi Diluncurkan
OnePlus 9 via www.theverge.com

Apa yang kami jelaskan mengenai OnePlus 9 adalah hasil rangkuman dari beberapa website lain yang mendapatkan bocoran mengenai desain dan spesifikasi dari OnePlus 9. Dengan memastikan akurasi dan level kepercayaan sang narasumber, kami memutuskan untuk mempublishnya ke pembaca yang lain.

Informasi terbesar di bagian depan desain datang langsung dari OnePlus, yang telah memamerkan bagian belakang OnePlus 9 Pro. Bagian belakangnya memamerkan blok kamera besar dengan merek Hassleblad dan empat lensa.

Menariknya, hanya dua lensa kamera belakang yang terlihat cukup besar untuk menampung lensa utama dan lensa ultra-lebar atau telefoto,  jadi salah satunya mungkin hilang. Lalu bagaimana dengan dua kamera lainnya? Ada yang mengatakan itu untuk fitur blur dan depth.

Baca juga, Moto G10, Ponsel Mid-End Motorola dengan Android 11 Terbaru

Ada banyak kemiripan antara desain OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro, yang membedakan hanyalah layar OnePlus 9 Pro memiliki tepian yang melengkung. OnePlus 9 standar mungkin memiliki bingkai plastik, dan OnePlus 9 Pro hadir dengan bahan yang lebih premium seperti lapisan kaca.

Jika Anda mengharapkan ketahanan air dalam rangkaian OnePlus 9, Ada satu model dari ponsel ini yang memiliki sertifikat ketahanan air. OnePlus 9 Pro akan memiliki peringkat IP68 (kemungkinan berarti dapat terendam hingga kedalaman 1,5 meter hingga 30 menit), tetapi OnePlus 9 dan OnePlus 9E tidak akan memiliki peringkat IP resmi.

Terakhir mengenai warna, beberapa website mengatakan bahwa OnePlus 9 akan tersedia dalam warna Arctic Blue, Arctic Sky, dan Winter Mist (atau Gloss hitam dan Gloss gradien ungu jika dibeli di Verizon). Sedangkan OnePlus 9 Pro akan hadir dalam warna Stellar Black, Forest Green, dan Morning Mist.

Tampilan

OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro Resmi Diluncurkan
OnePlus 9 via www,motebookcheck.net

Dilansir dari akun twitter Digital Chat Station yang menjadi salah satu rujukan utama kabar berita mengenai ponsel apa saja yang akan keluar, mengatakan bahwa kedua ponsel akan menampilkan layar 120Hz, tetapi ukuran dan teknologinya akan berbeda.

Tampaknya OnePlus 9 akan memiliki layar Full HD + 6,55 inci, sedangkan OnePlus 9 Pro akan naik ke ukuran 6,78 inci dengan resolusi QHD.

Penggemar OnePlus bermata elang akan mencatat itu berarti OnePlus 9 dapat memiliki tampilan yang sama dengan OnePlus 8T , sesuatu yang secara eksplisit dinyatakan oleh akun Digital Chat Station.

Meskipun bocoran itu menyatakan OnePlus 9 Pro akan memiliki layar 120Hz, kami telah mendengarnya sebenarnya bisa memiliki kecepatan refresh yang bervariasi, di mana kecepatannya berubah tergantung pada apa yang Anda lakukan.

Hal ini dapat menyebabkan penggunaan baterai yang lebih rendah, karena Anda tidak akan menggunakan 120Hz saat Anda tidak membutuhkannya. OnePlus 9E juga diharapkan menampilkan layar Full HD + 6,55 inci, tetapi dengan kecepatan refresh 90Hz yang sedikit lebih rendah.

Di tempat lain kami telah mendengar bahwa bahkan OnePlus 9 Pro mungkin memiliki layar 6,55 inci. Tetapi sepertinya itu kecil kemungkinannya, karena kami mengharapkannya lebih besar dari pendahulunya.

Kamera

OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro Resmi Diluncurkan
OnePlus 9 via www.theverge.com

Pertama, kami memiliki beberapa informasi mengenai kamera resmi langsung dari OnePlus. Perusahaan telah bermitra dengan Hasselblad, yang merupakan merek kamera terkenal yang telah membuat teknologi kamera sejak tahun 1800-an.

CEO OnePlus Pete Lau menuliskan pada akun twitter pribadinya tentang kamera pada OnePlus 9. “Menerapkan keahlian warna Hasselblad ke smartphone kami sebenarnya cukup menantang, karena pengetahuan mereka tentang warna  diciptakan untuk kamera tradisional, yang sangat berbeda dari cara kerja kamera smartphone terhadap warna”.

“Meskipun ini merupakan tantangan yang signifikan untuk diatasi, tim R&D kami telah bekerja sangat erat selama berbulan-bulan untuk bersama-sama mengembangkan solusi warna baru kami.”

 “Kalibrasi Warna Alami dengan Hasselblad, yang bertujuan untuk menghadirkan warna yang tampak lebih akurat dan alami pada foto yang diambil dengan kamera andalan OnePlus. Ini juga akan berfungsi sebagai standar baru OnePlus untuk kalibrasi warna pada kamera smartphone masa depan. “

Perusahaan juga mengonfirmasi seri smartphone tersebut akan menggunakan sensor custom Sony IMX 789. Sensor ini mengoptimalkan penargetan wajah sehingga pengambilan gambar akan lebih fokus.

Mengenai kolaborasi dengan Sony, Lau berkata, “Kami juga dapat secara signifikan meningkatkan kinerja dan kemampuan pengambilan  video, menghasilkan kemampuan untuk merekam dalam 4K pada 120fps yang sangat tinggi, yang merupakan sesuatu yang sangat sedikit ditawarkan oleh smartphone saat ini, dan DOL-HDR, yang memastikan subjek selalu jelas dalam lingkungan dengan cahaya latar. “

DOL-HDR adalah singkatan dari Digital Overlap High Dynamic Range. Bekerja dengan memotret dua bingkai pada waktu yang sama dengan dua eksposur berbeda. Ini kemudian akan menggabungkan dua gambar bersama dalam upaya untuk meningkatkan pencahayaan dalam sebuah pemandangan.

OnePlus telah mengkonfirmasi bahwa sensor tersebut mencakup dukungan RAW 12-bit, yang menurut siaran pers dari perusahaan “akan menjadi 64 kali lebih kuat dari sebelumnya”.

Menurut OnePlus, kemitraan baru ini akan membuat Hasselblad akan membantu OnePlus “menghadirkan warna yang tampak lebih akurat dan alami ke foto yang diambil dengan kamera andalan OnePlus.”

Juga akan ada Mode Hasselblad Pro di ponsel, yang memungkinkan kontrol yang lebih baik saat menyempurnakan foto. Kita harus mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana ini semua bekerja pada 23 Maret nanti.

Kemitraan Hasselblad itu juga bukan kesepakatan satu tahun. Menurut OnePlus, perusahaan akan menggunakan merek Hasselblad selama tiga tahun, jadi diharapkan akan serupa pada OnePlus 10 dan OnePlus 11.

Review lainya, Jawara Batre Gede, Xiaomi Redmi 9T Dijual Hari Ini Mulai Rp2 Jutaan

OnePlus juga telah membagikan gambar blok kamera di OnePlus 9, mengonfirmasi bahwa itu adalah pengaturan quad-lens. Dan perusahaan telah mengungkapkan bahwa kamera ultra-lebar akan lebih baik dalam menghindari distorsi ke tepi gambar daripada snappers ultra-lebar konvensional.

Ada satu tambahan informasi mengenai kamera meski tidak datang langsung dari Pete Lau. Bahwa OnePlus 9 Pro akan memiliki mode kamera tilt-shift . Ini bukan sesuatu yang cenderung kami temukan di ponsel cerdas, tetapi ini adalah efek visual pintar yang dapat membuat foto sudut lebar terlihat seperti bidikan makro.

Sulit untuk dijelaskan, sehingga kami tampilkan contoh hasil pengambilan gambar menggunakan kamera mode tilt-shift.

OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro Resmi Diluncurkan
Pengambilan GambarMode Tilt-Shift via www.borneodigital.com

Spesifikasi

OnePlus 9 akan menjalankan prosesor Snapdragon 888, dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Ini akan sedikit mengalahkan saudaranya yang lebih terjangkau.

OnePlus 9E, yang menurut bocoran akan didukung oleh prosesor Snapdragon 690 (bersama dengan 8GB RAM dan 128GB penyimpanan).

Dari sumber lain, kami telah mendengar bahwa OnePlus 9 Pro mungkin memiliki RAM 12GB dan penyimpanan 256GB. Sumber kedua juga mengatakan bahwa akan ada salah satu model ponsel yang memiliki RAM 12GB, tentu ini yang dimaksud OnePlus 9 Pro.

Baca juga, Dijual Rp1,3 Jutaan, Infinix Hot 10 Play Punya Baterai Jumbo 6000mAh

Baterai

Rumor lain yang membahas seputar baterai dan pengisian daya: OnePlus 9 tampaknya datang dengan pengisian cepat 65W, pengisian nirkabel cepat 30W, dan baterai 4.500mAh.

Kami juga telah mendengar klaim bahwa OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro akan memiliki baterai 4.500mAh. Kedua ponsel ini  akan menggunakan desain sel ganda, yang diperlukan untuk pengisian daya 65W. Berbicara tentang pengisian daya, OnePlus telah mengonfirmasi bahwa ponsel dilengkapi dengan pengisi daya di dalam kotak.