Internet

6 Aplikasi Menarik Untuk Menyambut Ramadan

Memasuki bulan April 2021, sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya umat Muslim sudah bersiap untuk menyambut bulan Ramadhan. Ditandai dengan  munculnya iklan sirup, biskuit, dan baju gamis saat Anda akan memutar video di Youtube. Tentu ini tidak berlaku untuk pengguna Youtube Premium ya. Hehe.

Bulan Ramadhan bagi saudara kita umat Muslim adalah waktu untuk melakukan ibadah puasa 1 bulan penuh dan memperbanyak amal ibadah. Seiring dengan perkembangan teknologi android, kemudian banyak orang yang membuat aplikasi yang memudahkan umat Muslim dalam beribadah.

Jika kita membuka playstore, Anda bisa menemukan banyak aplikasi yang dibuat untuk umat Muslim. Mulai dari Al-Qur’an Digital, Pengingat Waktu Sholat, Kumpulan Doa Sehari – hari, atau Kumpulan Ceramah Singkat.

Selain itu, penting untuk didownload di waktu Ramadhan adalah alarm. Karena masih banyak dari Anda yang pasti kesulitan untuk bangun sahur, apalagi hari – hari awal puasa.

Rasanya masih sulit untuk bangun jam 3 pagi untuk makan sahur. Selain karena metabolisme tubuh belum menyesuaikan dengan baik, biasanya karena tidak ada yang membangunkan. Khususnya buat Anda yang masih menjomblo.

Seorang jomblo yang tinggal di kos sendirian pasti akan sangat sulit untuk bangun sahur. Kurangnya motivasi dan tentu karena tidak ada yang membangunkan. Makanya nikah mblo…wkwk.

Baca juga, Wajib Tahu! Ini 7 Aplikasi Penting Pelacak

Kami merangkum 10 aplikasi bermanfaat yang bisa digunakan di bulan Ramadhan untuk meningkatkan ibadah Anda. Tentu kami juga akan menulis aplikasi alarm, khusus buat kamu mblo…dan penulis juga. Hahha.

1. AlarmMon

©play.google.com

Kita mulai dari Aplikasi yang penting untuk sepertiga populasi di Indonesia, siapa lagi kalau para jomblowan dan jomblowati. Jika Anda tinggal di kamar kos sendiri, maka alarm adalah satu satunya yang diharapkan untuk bisa membangunkan sahur.

AlarmMon merupakan aplikasi alarm dengan tampilan lucu buatan pengembang lokal. Bila selama ini aplikasi alarm lebih sering menampilkan gambar jam yang besar, AlarmMon dihiasi gambar animasi lucu seperti kucing, domba, atau ayam yang akan membantu Anda mengatur waktu bangun.

Ketika pertama kali membukanya, Anda akan disuguhkan dengan sebuah ikon + untuk memilih alarm. Ada 2 mode yaitu Quick Alarm dan Alarm. Tekan dan tahan tombol tersebut lalu arahkan ke salah satunya.

Teknik alarm yang digunakan pada AlarmMon cukup unik. Yaitu ketika alarm berbunyi Anda harus menekan tombol Off pada sebuah mini game. Mini game tidak akan berhenti sampai Anda berhasil memencet tombol Off.

Setelah mati, aplikasi ini akan menunjukkan berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk mematikannya. Hal ini bisa digunakan sebagai catatan history agar kamu bisa melihatnya lain waktu lagi.

Aplikasi alarm yang satu ini telah digunakan tak kurang dari 25 juta pengguna di seluruh dunia. Hal ini menjadikan AlarmMon jadi salah satu aplikasi alarm terbaik yang sangat laris di Play Store. Aplikasi alarm ini menyuguhkan berbagai macam mode alarm yang sangat unik. Dari mulai alarm tenang, alarm berisik, alarm video, alarm permainan, hingga alarm dengan nada band idola.

Selain itu, ada juga fitur Celebrity Alarm yang nada alarmnya dibawakan oleh selebriti populer favorit Anda.

2. Aplikasi KESAN

©kesan.id

KESAN merupakan singkatan dari Kedaulatan Santri & Kepribadian Muslim. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim pengembang yang memiliki latar belakang pesantren di Indonesia, sehingga konten di dalamnya bisa dipertanggungjawabkan sesuai dengan prinsip dan kaidah Islam.

Dilansir dari halaman resmi www.kesan.id, dikatakan bahwa KESAN mengembangkan sebuah teknologi baru yang disebut alarm kebaikan. Alarm kebaikan bertugas menjadi sahabat baik yang akan mengajakmu pada kebaikan.

Seperti asisten pribadi yang baik, KESAN akan senantiasa mengingatkan Anda untuk menunaikan ibadah sesuai dengan pilihan dan kebiasaan yang ingin Anda bentuk. Alarm kebaikan juga akan mengirim notifikasi harian berupa amalan positif yang bisa dilakukan setiap hari.

Alarm Kebaikan KESAN akan sigap mengingatkan Anda untuk menunaikan ibadah sesuai dengan pilihan dan kebiasaan yang ingin kamu bentuk. Dari mulai salat lima waktu, salat Duha, Tahajud, puasa Senin-Kamis, Ayyamul Bidh, tadarus, shalawatan, hingga amalan-amalan lainnya.

KESAN dapat membantu kamu membentuk kebiasaan baru yang Islami. Baik untuk Anda yang sudah lama Istiqamah maupun sedang berupaya istiqamah, Insya Allah KESAN dapat membantu.

Berikut adalah fitur lengkap KESAN:

Al-Qur’an & Tafsir. Dengan KESAN, Anda bisa terus menjadikan Al-Qur’an bagian dari kehidupanmu. Al-Qur’an 30 Juz lengkap dengan transliterasi, terjemahan, tafsir (Jalalain & KEMENAG), serta beragam Qari.

Hikmah Hari Ini. Setiap hari jam 9 pagi, Anda akan menerima kutipan hadis, kutipan para ulama, atau ayat Al-Qur’an yang dapat Anda renungi dan share ke keluarga dan kawanmu dengan mudah.

Doa. Lebih dari 500 doa lengkap dengan penjelasan dari sumber yang terpercaya.

Zikir & Shalawat. Dari mulai Asmaul Husna, Istighosah, Tahlil, Burdah, Maulid, Ratib, dan Shalawat ada di KESAN lengkap dengan penjelasannya. Rutin baca shalawat tapi kadang lupa bahwa bukunya? Sekarang tinggal baca saja di KESAN.

Hadispedia. Ratusan ribu hadis dari 50 kitab dalam genggaman. Dengan Hadispedia, Anda bisa dengan mudah mencari hadis dan sumbernya.

Kalender Hijriah. Bukan sekadar Kalendar Hijriah, tetapi juga dilengkapi tangal-tanggal untuk amalan sunnah agar Anda tidak lagi terlewat.

Arah Kiblat. Selama Anda masih di bumi, KESAN akan menunjukimu arah kiblat yang akurat.

Jadwal Shalat. Di mana pun Anda berada, KESAN akan memberi tahu dan mengingatkan waktu shalat wajib bahkan sunnah seperti Duha dan Tahajud.

Haji & Umrah. Tak perlu repot lagi bawa beberapa buku panduan dan doa ke Tanah Suci, sekarang cukup dengan satu aplikasi KESAN.

Kitab Kuning & Buku Islami. Ratusan Kitab Kuning dan buku islami ada di KESAN. Tinggal download dan baca.

Feed. Bukan sekadar artikel Islami, tetapi juga artikel-artikel yang mencerdaskan dan memotivasimu untuk menjadi muslim yang lebih baik.

U-Mart. Ingin berbelanja atau menjual produk serta jasa yang halal? Di U-Mart saja. InsyaAllah حلال dan berkah.

3. Muslim Pocket

©play.google.com

Muslim Pocket dikembangkan oleh pengembang Muslim Prayer Helper dari Mesir. Karena sifatnya Internasional, maka Aplikasi ini tersedia dalam berbagai pilihan bahasa.

Muslim Pocket ini bisa dikatakan sebagai aplikasi multifungsi bagi umat Islam di seluruh dunia yang membantu memenuhi kebutuhan keagamaan mereka setiap saat. Muslim Pocket mempunyai fitur utama yaitu waktu sholat, Adzan, Al-Qur’an, dan penunjuk arah kiblat.

Salah satu fitur terpenting dari program ini adalah pengingat waktu sholat yang tepat. Anda harus memberikan izin untuk aplikasi ini mengakses lokasi dimana Anda berada, agar bisa menyesuaikan waktu sholat sesuai lokasi Anda.

Muslim Pocket merupakan daftar aplikasi keislaman paling dipercaya tahun 2020 dengan jumlah unduhan lebih dari 5 juta kali. Muslim Pocket juga menyediakan informasi tentang peta restoran halal dan masjid terdekat, ini sangat berguna jika Anda sedang berada di negara yang jumlah Muslimnya masih sedikit.

Muslim Pocket App dan Quran telah diterjemahkan sepenuhnya ke: Bahasa Indonesia, Bahasa Melayu, Deutsch, Inggris, Español, Français, Italiano, Nederlands, Português, Türkçe, русский, 简体 中文, العربية, اردو.

4. Aplikasi Latihan Membaca Al-Qur’an

©play.google.com

Aplikasi ini dibuat oleh Indocipta Studio, pengembang lokal dari Tangerang. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin belajar membaca Al-Qur’an dengan baik.

Kita sadari bahwa banyak dari saudara muslim kita yang tidak diajari membaca Al-Qur’an dengan baik di waktu kecil. Sehingga saat beranjak dewasa mereka masih terbata – bata dalam membaca Al-Qur’an.

Untungnya aplikasi ini disertai dengan contoh audio pengucapan membaca Ayat Al-Qur’an. Sehingga kalian yang sedang belajar bisa mendengarkan terlebih dahulu, sebelum kemudian menirukannya.

Selain itu, aplikasi ini mempunya beberapa fitur antara lain :

* Mempelajari huruf-huruf hijaiyah (hurub arab), makhorijul huruf (tempat keluarnya huruf hijaiyah), dan shifatul huruf (tata cara pengucapan huruf hijaiyah).

* Mempelajari jenis-jenis tanda baca (harokat) dalam al-Qur’an.

* Mempelajari bagaimana merangkai atau menyambung huruf-huruf hijaiyah untuk membentuk kata.

* Mempelajari jenis-jenis bacaan panjang (mad) dan tata cara membacanya.

* Mempelajari hukum-hukum bacaan dalam ilmu tajwid, seperti hukum nun sukun, mim sukun, idghom, ghunnah, qolqolah, waqof dan ibtida’, dan bacaan ghorib dalam al-Qur’an.

* Evaluasi bacaan (iqro/iqra) untuk melatih kemampuan membaca al-Qur’an.

* Referensi pendidikan membaca/mengaji al-Qur’an (iqro/iqra) dan tahsin untuk anak-anak sekolah (agama islam).

* Belajar membaca al-quran, quran, alquran, iqro, iqra, tajwid, tahsin, hijaiyah, agama islam.

Kami merasa aplikasi ini cukup bagus untuk Anda yang sedang belajar membaca Al=Qur’an. Tetapi Anda tetap perlu belajar dengan ustadz di masjid rumah Anda agar kualitas membacanya semakin baik.

5. Aplikasi Belajar Sholat Si Kecil

©play.google.com

Secil Belajar Shalat adalah Serial Aplikasi Pendidikan Anak yang dibuat oleh pengembang dari Jawa Timur. Aplikasi ini dibuat untuk membantu anak-anak untuk belajar mengenal tata cara shalat dengan cara yang menyenangkan.

Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk mengajari putra putri belajar agama. Karena atmosfir agama di Bulan Ramadhan biasanya lebih kuat daripada bulan lainnya.

Sehingga Anak –anak akan lebih terdorong untuk belajar agama, tentu Anda sebagai orang tua harus siap sebagai pengajar yang baik. Nah, aplikasi Secil Belajar Shalat ini adalah salah satu yang bisa membantu Anda dan Anak belajar bersama.

Pada pemainan ini anak-anak akan belajar gerakan-gerakan shalat serta dilengkapi juga dengan suara bacaan dalam shalat 5 waktu. Konsep pembelajaran pada aplikasi ini dirancang secara interaktif disertai permainan menarik dan suara yang menarik sehingga anak-anak tidak bosan saat bermain.

Anak-anak akan belajar sholat mulai dari shalat dzuhur, shalat, ashar, shalat maghrib, shalat isya’ dan shalat subuh. Mulai dari takbiratul Ihram, Membaca Surat Al-Fatihah, Rukuk hingga Salam

Aplikasi ini menampilkan step by step aktifitas sholat dan bacaanya seperti :

*Gerakan dan Bacaan Takbiratul Ihram

*Gerakan dan Bacaan Surat Iftitah

*Gerakan dan Bacaan Surat Al-Fatihah

*Gerakan dan Bacaan Surat Pendek

*Gerakan dan Bacaan Rukuk

*Gerakan dan Bacaan I’tidal

*Gerakan dan Bacaan Sujud

*Gerakan dan Bacaan Duduk Diantara Dua Sujud

*Gerakan dan Bacaan Tahiyat Awal (Duduk Iftirosy)

*Gerakan dan Bacaan Tahiyat Awal (Duduk Tawaruq)

*Gerakan dan Bacaan Salam

Selain belajar melalui animasi tutorial, anak juga bisa belajar melalu permainan. Ada beberapa permainan yang disertakan dalam aplikasi ini :

*Bermain Menebak Gerakan Shalat

*Bermain Puzzle Cocokkan Gerakan Shalat

*Bermain Bianglala

*Bermain Membersihkan pakaian

SECIL, Serial Belajar Si Kecil adalah Kumpulan Serial Aplikasi Belajar Anak Berbahasa Indonesia yang dikemas khusus secara interaktif dan menarik.

Selain belajar sholat seperti diatas, ada lagi beberapa serial yang sudah rilis seperti Secil Belajar Angka, Secil Belajar Huruf Alfabet, Secil Belajar Mengaji Iqro’, Secil Belajar Doa Islam, Secil Belajar Tajwid, Secil Belajar Huruf Hijaiyah. Semua bisa Anda download di Playstore ya guys.

5. Kalkulator Zakat

©play.google.com

Pada bulan Ramadhan biasanya digunakan banyak orang untuk mengeluarkan zakat. Selain zakat fitrah untuk menyempurnakan puasa,ada  juga zakat mal yaitu menyisihkan sebagian harta kita untuk orang yang lebih membutuhkan.

Biasanya kita kesulitan untuk menghitung zakat mal, karena ada ketentuan masing – masing antara harta yang diperoleh dari bertani dengan berdagang. Oleh karena itu adanya aplikasi kalkulator zakat akan membantu kita.

Aplikasi Kalkulator zakat ini bukan aplikasi resmi dari kementerian Agama RI, melainkan buatan dari FlazHost IT Solution. Pengembang mengatakan bahwa aplikasi ini mengadaptasi dari website resmi Kemenag RI yaitu http://simbi.kemenag.go.id/simzat/page/kalkulatorzakat.

Acuan perhitungan Kalkulator Zakat ini berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2014 tentang Syarat dan Tata Cara Penghitungan Zakat Mal dan Zakat Fitrah serta Pendayagunaan Zakat untuk Usaha Produktif.

Zakat apa saja yang bisa dihitung menggunakan aplikasi ini? Ini dia :

  1. Zakat Emas dan Perak;
  2. Zakat Uang dan Surat Berharga;
  3. Zakat Perniagaan;
  4. Zakat Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan;
  5. Zakat Peternakan;
  6. Zakat Pendapatan dan Jasa;
  7. Zakat Rikaz/Barang Temuan.

Baca juga yuk, 10 Aplikasi Download Lagu Gratis Terbaik di Android

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago