Tutorial

8 Aplikasi Edit Foto Untuk Momen Lebaran Istimewa

Sebentar lagi umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan hari Idul fitri. Sebuah hari Istimewa berkumpul bersama keluarga. Dalam momen seperti ini, semua orang akan mengabadikannya menggunakan kamera di  ponsel masing – masing.

Lalu setelah memotret setiap momen bahagia di hari Idul Fitri, apa yang akan Anda lakukan? Tentu mengunggahnya ke sosial media untuk berbagi kebahagiaan kepada kawan di dunia maya.

Sebagian orang pasti akan melakukan beberapa editing pada fotonya sebelum diunggah ke media sosial. Selain untuk menyesuaikan pencahayaan, biasanya anak-anak muda akan memberikan tambahan berupa efek filter agar gambar tampak lebih manis atau dramatis.

Mengolah foto pada aplikasi editing sebelum mengunggah ke media sosial kini seakan menjadi kebiasaan bagi kita, khususnya anak muda. Sebagian besar dari kita tentu menyukai hasil jepretan yang bercahaya sehingga menimbulkan kesan yang ceria.

Kita tentu punya aplikasi favorit untuk mengedit foto. Kami merangkum beberapa aplikasi editing foto terbaik sebagai rekomendasi kami kepada seluruh pembaca Arusgadget.

Kami merangkum aplikasi editing foto untuk semua jenis OS yaitu Android, iOS, dan IpadOS. Jadi kalian dengan gadget apapun bisa memilih rekomendasi dari kami, tentu pastikan dulu kalian masih punya memori ponsel yang cukup untuk memasang aplikasi yang Anda pilih.

Semua aplikasi ini akan memanjakan Anda dalam melakukan editing foto menggunakan ponsel. Ada banyak pilihan filter dan gradasi cahaya yang menyenangkan bagi kami.

Ada rasa ketagihan saat menggunakan beragam aplikasi ini. Kami bisa mendapat banyak kesan yang muncul dari satu foto, akibat proses editing tentunya.

Kami mengeksplorasi fitur yang merupakan kelebihan dari setiap aplikasi. Beragam fitur ini adalah alasan kenapa aplikasi tersebut harus menjadi bagian dari perangkat seluler Anda. Tentu fiturnya harus mudah digunakan bahkan untuk para pemula sekalipun.

Sebagian dari aplikasi ini adalah gratis, biasanya yang gratisan ini berjalan di OS Android. Sebagian lagi Anda harus membayar kepada developer untuk mendapatkan fitur lengkap, baik itu di Android maupun iOS.

1. Snapseed

©www.officialjimbreuer.com

Snapseed awalnya dibuat hanya untuk iPad, kemudian merambah pada aplikasi Android. Ini adalah salah satu dari sedikitnya jumlah aplikasi gratis untuk iOS dan iPadOS.

Snapseed ini juga aplikasi favorit saya, karena fitur tune image nya sangat praktis dan mudah digunakan. Bahkan bagi pemula sekalipun. Hanya perlu menggeser ke kanan atau ke kiri untuk memberi perubahan pada cahaya, warna, kontras, bayangan.

Snapseed memberi Anda banyak tools dan antarmuka yang memberi kemudahan pada setiap level pengguna.

Perlu melakukan perbaikan secepat mungkin? Buka file JPEG atau raw, buka tab Looks, pilih filter, dan ekspor. Ingin menggali lebih dalam? Lihat menu Tools,  di mana Anda akan menemukan semuanya mulai dari pemangkasan dan penyetelan dasar hingga filter dan bintik grunge.

Tidak seperti kebanyakan aplikasi gratis, Snapseed menawarkan pengeditan non-destruktif. Perubahan sebelumnya dapat dimatikan dan dinyalakan secara individual di edit stack.

Jika Anda membuat tumpukan yang sangat Anda sukai, Anda dapat menyimpannya sebagai tampilan khusus dan menerapkannya ke foto lain dengan satu ketukan.

Baca yuk, 9 Aplikasi Belajar Bahasa Asing Unik dan Gratis Untuk Android

Semua kecerdasan ini mungkin masih tidak akan menggoda profesional dari aplikasi desktop mereka. Tetapi sebagai freebie untuk pengeditan cepat saat bepergian atau momen lebaran, Snapseed sangat penting.

2. Affinity Photo

©www.matchstix.io

Affinity pada awalnya muncul sebagai pesaing Adobe pada MacOS dan Windows. Senada dengan Adobe, Affinity juga mempunyai sub aplikasi seperti Affinity Photo untuk mengolah foto dan Affinity Designer untuk membuat ilustrasi vektor.

Dengan kesuksesannya pada MacOS dan Windows, Developer kemudian mengembangkan Affinity versi iPad. Sama dengan versi desktop, Affinity Photo versi ipad mempunyai kemampuan memperbaiki dan meningkatkan gambar dengan level atau kurva.

Selain itu ada juga tools hitam dan putih, white balance, HSL, bayangan dan highlight, dan lebih dari selusin penyesuaian lainnya yang langsung dilihat dan dapat diedit kapan saja.

Secara cerdas, aplikasi ini mendukung berbagai format. Affinity juga mampu memuat, mengedit, dan menyimpan ke dalam format PSD.

Ada ruang kerja pra-pemrosesan khusus untuk file mentah. Anda mendapatkan berbagai opsi ruang warna, layer non-destruktif dan mode campuran, dan sarana untuk menyimpan perubahan dalam dokumen, memungkinkan Anda untuk mengembalikannya nanti.

Aplikasi ini sangat mengesankan karena mampu menghadirkan kemampuan desktop pada sebuah tablet. Namun jika Anda berangkat dari Photoshop, perlu waktu untuk melakukan penyesuaian terhadap menu dan tools dalam Affinity.

Tetapi setelah dikuasai, Affinity Photo adalah editor foto dengan menu terbaik yang dapat Anda beli di ponsel. Harganya murah, Anda hanya cukup melakukan 1 kali pembayaran sejumlah 400 ribu rupiah untuk menggunakan selamanya.

3. Adobe Lightroom

©www.browndesignstudio.brainly.com

Lightroom awalnya adalah sebuah  aplikasi desktop yang populer untuk membuat katalog, mengelola, dan mengedit banyak koleksi foto. Kemudian Adobe membuat versi Android dan iOS untuk aplikasi ini agar bisa menjagkau lebih banyak pengguna.

Meski ada pengurangan dalam hal user experience, namun  tetap menyediakan pilihan tools yang solid. Aplikasi ini memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar.

Kami sudah merasa cukup dengan versi gratis dari Adobe Lightroom. Kami bisa mendapatkan penyesuaian yang sungguh-sungguh yang digabungkan dengan banyak kontrol yang sangat detail.

Tombol ‘Koreksi profil lensa’ mempersingkat proses dalam mengoreksi hasil bidikan ponsel Anda.

Kami menyukai aplikasi ini karena mendukung foto dalam format RAW. Ini fungsi yang sama seperti versi desktopnya. Kemampuan membaca format RAW ini berguna bagi para fotografer profesional untuk lebih fleksibel  dalam melakukan pengeditan.

Adobe Lightroom memiliki tools editing yang lengkap. Anda bisa melakukan edit foto standar, seperti mengutak-atik pencahayaan, kontras, highlight, bayangan, rona putih dan hitam. Selain itu, kamu bisa mengedit warna dengan mengedit suhu warna, corak, vibrance dan saturasi.

Tambahkan efek agar tampilan foto Anda lebih dramatis dengan mengutak-atik tekstur, kejernihan, efek kabut, vignette  dan grain. Kamu juga bisa menajamkan foto, mengurangi noise dan mengedit foto dengan preset instan yang tersedia.

Baca juga, 8 Aplikasi Nonton Film Terbaik, Ternyata Banyak yang Gratis!

Namun, tak semua fitur disediakan secara cuma-cuma. Ada fitur yang hanya bisa dibuka apabila kita melakukan upgrade berbayar.

4. Pixelmator Photo

©www.pixelmator.com

Kita tentu sudah sering mendengar tentang kebangkitan mesin yang mampu mengambil seluruh pekerjaan manusia. Machine Learning bekerja dengan mempelajari berbagai data dan menerapkannya pada sebuah proses kerja.

Pixelmator Photo muncul dengan kemampuan teknologi Machine Learning untuk memberikan Anda kemudahan dalam proses edit. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar untuk iOS, harganya murah hanya 50ribu rupiah saja.

Pixelmator Photo dengan Machine Learning nya memberikan banyak sekali pilihan filter untuk pengeditan otomatis. Cukup dengan satu kali menekan tombol dan aplikasi akan memberikan perubahan sesuai filter yang Anda inginkan.

Jika Anda kurang cocok dengan hasil editan oleh Machine Learning, Anda masih mempunyai Repair Tool untuk melakukan perubahan. Jika Anda lebih menyukai proses editing manual, aplikasi ini juga menyediakan beragam tools untuk itu.

Tools yang tersedia untuk bagian edit manual ini meliputi White Balance, Hue & Saturation, Lightness, Color Balance, Selective Color, Levels, Curves, Replace Color, Black & White, Color Monochrome, Sepia, Fade, Channel Mixer, Invert, Sharpen dan Grain.

5. VSCO

©www.slrlounge.com

VSCO merupakan aplikasi edit foto yang mempunyai versi iOS dan Android. Ini merupakan salah satu aplikasi favorit para pengguna instagram karena punya banyak variasi tone yang eye catching.

VSCO juga mempunyai beragam filter untuk pengeditan cepat. Ini berguna jika Anda ingin segera membagikan foto ke media sosial tanpa harus berlama – lama menatap layar ponsel.

Namun bagi sebagian orang, mengedit manual tentu lebih menyenangkan. Tools editing manual pada VSCO ada di bagian bawah. Anda bisa menggunakannya untuk menyesuaikan kontras warna, kemiringan, saturasi, suhu, bayangan, dan tone gambar.

Sejak tahun 2020 VSCO bahkan mampu melakukan editing video. VSCO menyebut fitur editing videonya ini dengan istilah Montage.

Fitur Montage memungkin Anda untuk menggabungkan banyak klip (atau foto) menjadi satu video yang utuh. Tumpukan video dan foto ini diatur dengan sistem layer.

6. Darkroom

©www.gadgets.ndtv.com

Darkroom adalah aplikasi edit foto yang gratis untuk iOS, kini juga sudah tersedia versi Androidnya. Awalnya si pengembang membuatnya untuk versi desktop, namun kini versi smartphonenya lebih dikenal oleh banyak orang.

Darkroom menyediakan banyak filter dan penyesuaian dengan waktu yang singkat. Pemrosesan batch memungkinkan Anda menerapkan pengeditan dan filter ke beberapa foto sekaligus.

Meskipun tidak memiliki kecerdasan Machine Learning seperti Pixelmator Photo, Darkroom hadir dengan filter fotografi yang luar biasa dan banyak pilihan penyesuaian.

Darkroom juga mempunyai banyak pilihan transformasi yang sangat intuitif dan dirancang dengan indah. Darkroom juga mampu menangani berbagai format, termasuk ProRAW, Live Photos dan bahkan video. Aplikasi ini terus berkembang dengan secara teratur menambahkan fitur baru yang memanjakan pengguna.

7. Prisma Photo Editor

©www.digital-photography-school.com

Aplikasi yang satu ini mampu mengubah foto Anda menjadi seperti lukisan cat air. Dengan menggunakan filter “Art” pada Prisma, Anda bisa mengatur agar foto Anda tampak seperti hasil karya Pablo Picasso.

Dalam halaman Google Play, Pengembang mengatakan bahwa ada 300 gaya seni pada arsip filter “Art” Prisma. Jumlah ini akan sangat mungkin untuk semakin bertambah mengingat pembaruan dilakukan secara rutin dalam kurun waktu mingguan.

Aplikasi Prisma lebih fokus pada filter “Art” dan pengeditan foto standar. Anda tidak bisa menemukan tools untuk menghapus noda atau kabel yang menghalangi pemandanganpada hasil jepretan.

Aplikasi ini bisa didapatkan di iOS dan Android, bahkan pada awalnya pengembang membuat Prisma hanya untuk iOS.

8. Mextures

©www.beautifulpixels.com

Mextures merupakan pilihan para fotografer profesional untuk mengedit foto melalui iPhone mereka. Aplikasi ini mempunyai fitur  penambahan tekstur, mengatasi kebocoran cahaya, grains serta light leaks yang unik.

Aplikasi ini memiliki alur kerja yang tidak merusak, sehingga Anda dapat menyesuaikan dan mengedit foto pada setiap tahap proses pengeditan, jadi tidak perlu khawatir tentang kualitas file Anda berkurang.

Tak hanya itu saja, berbagai sentuhan lain juga diberikan seperti fitur blend dan juga gradien. Aplikasi ini bekerja dengan menumpuk lapisan filter tanpa batas. Anda bisa menerapkan perubahan dengan banyak tools pengeditan standar, seperti eksposur, kontras, dan warna.

Aplikasi ini hanya ada di Apple Store dengan harga 30 ribu rupiah saja.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

15 jam ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

3 hari ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 minggu ago

Nikon Z Fc, Kamera Retro Untuk Teman Travelling Anda

Nikon Z fc mengusung desain yang nyaman dalam genggaman dan menawarkan pengalaman pengambilan gambar berbeda…

3 minggu ago

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar,…

3 minggu ago

Layar Luas 6.5”, Nokia C20 Dibanderol Rp1 Jutaan

Kalau bicara mengenai smartphone Android, banyak di antara kita yang akan identik menyebut brand Xiaomi,…

4 minggu ago