Internet

9 Aplikasi Berbasis Audio Selain Club House, Yuk Coba!

Club House adalah salah satu aplikasi sosial media berbasis audio dari Amerika yang cukup populer pada awal tahun 2021 yang lalu. Walaupun terhitung masih muda sejak perilisannya tahun 2020, aplikasi ini dengan cepat bisa menarik banyak pengguna.

Dari awalnya hanya bisa dinikmati oleh pengguna iPhone, dengan cepat Club House juga bisa di akses oleh para pengguna android. Bahkan di android saja yang baru beberapa bulan pengembangannya, kini tercata sudah ada 10 juta pnengguna Club House.

Nah, bicara tentang aplikasi berbasis audio, apakah sebenarnya hanya ada Club House saja?

Ternyata ada banyak aplikasi berbasis audio lainnya yang tidak kalah menarik dari Club House. Bahkan sebenarnya ada yang sudah lebih dulu rilis dan punya fitur-fitur unik.

Mungkin beberapa dari aplikasi berbasis audio yang akan kita bahas kali ini bisa mengusir rasa bosan Anda yang sedang melakukan isoman. Apa saja aplikasi-aplikasi menarik sejenis dengan Club House yang bisa Anda coba?

1. Discord

Sumber gambar : website Discord

Discord awalnya adalah aplikasi berbasis audio yang menghubungkan antar gamers yang di rilis tahun 2015. Sejak tahun 2020 yang lalu Discord melakukan rebranding sebagai aplikasi untuk mengobrol (medsos) yang berbasis audio.

Mirip dengan Club House, Discord juga punya grup-grup mengobrol dengan tema-tema tertentu yang bisa kita ikuti dan tentunya Anda bisa membuat topik sendiri.

Selain itu, kita juga bisa melakukan video call dan text chatting jika kita ingin. Komplit sekali ya! Jadi kalau kita sedang tidak bisa mengobrol menggunakan suara kita bisa memilih chat menggunakan teks saja dan tetap terhubung dengan teman ataupun komunitas.

Baca juga, Apa itu APlikasi Signal

Oh ya, saat mendaftar kita punya beberapa pilihan untuk menjadi bagian dari club apa. Ada a school club, a gaming club, a world wide comunity atau a friends group. Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, di Discord juga ada grup atau komunitas dari berbagai topik/tema yang di namakan server.

Misalnya saja server pendidikan, musik, game, entertaiment, teknologi dan sains. Sekarang Discord sudah memiliki lebih dari 100 juta pengguna di android. Selain menginstallnya di smartphone, kita juga bisa membuka Discord di PC/ Laptop jadi sangat fleksibel.

2. Aplikasi Berbasis Audio Wave

Aplikasi berbasis audio lainnya yang sejenis adalah Wave. Wave juga merupakan aplikasi media sosial berbasis audio, seperti halnya Club House. Saat ini Wave baru bisa di gunakan oleh pengguna adoid saja. Apa fitur-fitur yang di tawarkan oleh wave?

Ternyata aplikasi ini tidak hanya sekedar memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan sesama pengguna menggunakan audio chat secara live streaming. Tapi kita juga bisa mencari teman baru berdasarkan jarak loh! Ini mengingatkan kita dengan fitur people nearby dari aplikasi LINE ya.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan text chat one by one atau secara private dengan orang lain ketika live streaming.

Jika berniat mengembangkan suatu bisnis atau channel Wave kita sendiri, kita bisa menambahkan admin maksimal 5 orang. Saat ini Wave sudah di download oleh lebih dari 100 ribu pengguna android dengan rating 4,7/5 di google play store. Bagaimana, tertarik juga untuk mencobanya?

3. Live Voice

Next, kita akan melirik aplikasi berbasis audio lain bernama Live Voice. Aplikasi ini menyediakan fitur audio dan video live streaming yang bisa dmemuat sampai 15 orang.

Dalam aplikasi ni, kita bukan hanya bisa bertemu teman baru tapi juga bisa menjalin pertemanan dengan temannya teman kita sehingga membentuk suatu circle pertemanan.

Untuk menemukan teman baru, ada 3 fitur unik yang bisa kita gunakan. Yakni berdasarkan Voice Match, Party Match dan juga Random Match.

Mirip dengan Wave, Live Voice juga memungkinkan kita mengirim text chat saat mengikuti suatu live streaming. Sudah lebih dari 100 ribu pengguna android pernah mendowload aplikasi ini, jadi walaupun tidak bisa nongkrong di kafe karena sedang masa karantina kita tetap bisa hang out online lewat Live Voice.

4. Oye Talk

Oye Talk adalah sebuah aplikasi media sosial berbasis audio yang memungkinkan kita bertemu dengan orang-orang di seluruh dunia.

Aplikasi ini sudah tersedia di lebih dari 100 negara jadi jangan heran kalau kita bisa bertemu dengan orang-orang dari luar Indonesia. Banyak dari pengguna Oye Talk memanfaatkan aplikasi ini untuk belajar bahasa baru, menunjukan skill, bicara tentang kehidupan dan lainnya.

Selain bertemu dengan orang asing yang jauh di sana, kita juga bisa berteman dengan orang-orang di sekitar dengan memanfaatkan fitur pencarian people nearby. Aplikasi ini di buat tahun 2018, tapi saat ini epnggunanya sudah mencapai lebih dari 1 juta users.

5. Aplikasi Berbasis Audio Parallel

Sumber gambar : Google Play Store/ Parallel

Di Google Play Store, ada beberapa aplikasi bernama Parallel, namun yang di maksudkan disini adalah aplikasi Parallel yang merupakan media sosial berbasis audio ya. Jadi jangan salah download dan install.

Bicara tentang Parallel, ada yang unik dari aplikasi ini yang tidak di miliki aplikasi-aplikasi lain yang sudah kita bahas. Bukan hanya bisa bermain game bersama, Parallel juga punya fitur share screen seperti halnya aplikasi Zoom. Dengan kata lain jika kita bosan ngobrol di room (grup), bosan juga bermain game aplikasi ini memfasilitasi kita hangout sambil nobar dengan teman-teman.

Oh ya, Parallel juga punya fitur pengubah suara saat kita melakukan audio live streaming. Wah, sepertinya Parallel bisa menjadi tempat nongkrong online yang cukup asyik ya?

Aplikasi ini termasuk masih sangat baru, tapi penggunanya kini sudah lebih dari 100 ribu users.

6. Spotify Greenroom

Siapa sih yang tidak tahu aplikasi Spotify? Tapi kali ini yang kita bicarakan adalah Spotify Greenroom yang merupakan aplikasi audio social dari Spotify.

Grenroom adalah ap[likasi yang di sediakan spotify agar penggunanya bisa berinteraksi dan membvicarakan soal musik, oleh raga serta budaya lewat auido live streaming. Jadi jika Anda penggemar musik, olah ra dan pegiat kultur, apklikasi Greenroom ini mungkin akan cocok untuk Anda.

Setiap orang yang akan melakukan live streaming dan membicarakan tentang suatu topik biasanya akan memberikan jadwal.

Nah, jika kita tertarik mengingkuti pembahasannya, kita bisa menandai acara tersebut di kalender sehingga kita tidak ketinggalan. Aplikasi Greenroom masih dalam tahap pengembangan, jadi kita tunggu saja fitur-fitur apa lagi yang akan di berikan oleh Greenroom untuk bersaing ddengan aplikasi sejenis.

7. Aplikasi Berbasi Audio Yalla

Yalla adalah aplikasi berbasis audio lainnya yang patut Anda coba. Yalla di rilis pad atahun 2016. Medsos berbasis audio ini termasuk aplikasi yang sudah cukup besar dengan 10 juta pengguna android.

Selain bisa mengikuti audio live streaming di berbagai topik, kita juga bisa mengirim pesan berupa audio secara pribadi kepada teman-teman di satu room.

Di Yalla, kita bukan hanya bisa mendengarkan dan berbagi cerita menggunakan audio live streamig tapi kita juga bisa bermain games sambil mengobrol. Kita juga bisa memberikan hadiah virtual kepada pembicara yang kita sukai sebagai dukungan kepada mereka. JIka ingin menikmati fitur yang lebih banyak, kita harus upgrade ke Yalla Premium.

Ada beberapa tipe pengguna Yalla premium yang bisa kita pilih, yakni Practician, Knight dan Baron. Setiap tipe premium User Yalla tersebut punya kelebihannya masing-masing dan sifatnya bertingkat.

Misalnya saja Yalla Premium Knight, memungkinkan Anda untuk mendapatkan Gold setiap bulannya, menikmati animasi sticker dan limit yang lebih tinggi dalam mem-follow. Begitupun untuk Kinght dan Baron, namun dengan kelebihan lainnya yang tentu lebih dari Knight.

8. Wakie Voice Chat

Wakie Voice Chat merupakan aplikasi media sosial berbasis audio yang di rilis tahun 2014 dan sudah di download oleh lebih dari 1 juta pengguna. Seperti media sosial lain, Wakie Voice Chat memungkinkan kita berkenalan dengan orang-orang baru di seluruh dunia.

Aplikasi ini memungkinkan kita untuk bergabung dengan suatu club yang membahas topik-topik yang kita minati. Mulai dari komunitas gamers, komunitas penggemar buku atau bahasa dan masih banyak lagi.

Tentu saja kita juga punya kesempatan untuk membuat room kita sendiri denan topik yang ingin kita bahas. Selain itu, karna berbasis audio kita juga melakukan phone call secara gratis seperti halnya fitur di Whatsapp.

9. Spaces

Sumber gambar : unsplash.com/ Joshua Hoehne

Terakhir, ada Spaces yang merupakan fitur tambahan dari Twitter untuk melakukan audio live streaming. Anda tidak salah baca kok. Bahkan arah pembaharuan fitur media sosial besar seperti Twitter yang notabene berbasis teks juga ikut kearah audio live streaming.

Twitter sebenarnya sudah melakukan uji coba Spaces sejak tahun 2020 yang lalu. Namun berkat kepopuleran Clubhouse kakhirnya Spaces juga mulai di sorot.

Tapi tidak sembarang pengguna Twitter bisa menggunakan Spaces. Ada syarat-yang harus kita penuhi untuk bisa menikmati fitur terbaru dari Twitter ini, yakni minimal memiliki 600 followers. Kabarnya, Spaces bukan hanya bisa di nikmati lewat smartphone tapi juga di buka lewat desktop/ PC.

Sama dengan Club House, di Spaces kita juga bisa bergabung dengan suatu club dan juga mengajukan diri untuk berbicara. Saat menjadi host (pembicara), kita bisa bebas menentukan suatu topik dan bagaimana suasana yang ingin di ciptakan serta mengundang orang lain untuk bergabung dalam room kita.

Host juga nantinya bisa menentukan berapa jumlah tiket dan juga harganya agar pendengar bisa masuk dalam roomnya. Fitur ini bernama “Ticketed Spaces”. Ini adalah bentuk apresisasi Twitter untuk para Host atau pembicara di Spaces.

Baca yuk, 10 Aplikasi Pembuat Cover Buku

Penutup

Ternyata Club House bukanlah aplikasi medsos pertama berbasis audio. Beberapa aplikasi lain yang sejenis sebenarnya sudah lebih dulu di rilis seperti beberapa aplikasi yang sudah kita bahas di atas. Fiturnya pun cukup unik dan bahkan bisa di katakan lengkap.

Tapi perlu di akui bahwa Club House memang mendapatkan banyak sorotan, bahkan saat ini kabarnya medsos besar seperti instagram dan twitter juga menambahkan fitur audio yang mirip dengan Club House. Apakah kita memulai era teknologi audio kembali, setelah dulu kita punya radio?

Itulah daftar aplikasi berbasis audio lainnya, selain Club House. Dari beberapa aplikasi di atas apakah ada yang menarik untuk Anda coba?

Share
Yulinda Nurlisdiana

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago