Laptop

Acer Enduro N3, Laptop Standar Militer Untuk Aktifitas Outdoor.

Ketika Anda mendengar kata Enduro, yang berasal dari kata Endure, pasti Anda memikirkan sebuah hal yang kuat dan tahan banting. Begitu pula ketika Acer mengeluarkan laptop dengan seri Enduro.

Acer Enduro N3,sebuah laptop yang spesifik untuk para pekerja lapangan. Acer menulis dalam laman resmi mereka bahwa Enduro N3 adalah laptop tangguh 14” dengan peringkat IP53 yang tahan air, debu, dan goncangan.

©www.acer.com

Desainnya paling tipis dan ringan dengan hanya hanya 24,85 mm dan bobot 1,985 kg. Desain ini khusus untuk profesional dengan mobilitas tinggi yang membutuhkan keandalan ekstra, selain keamanan tingkat premium.

Menggabungkan ketahanan Standar Militer (MIL-STD-810G), sertifikasi IP53, dan Aquafan unik yang dirancang untuk menahan air dan jatuh dari segala sudut, Enduro N3 siap dan mampu memenuhi tuntutan pekerjaan Anda.

Selain Enduro N3, Acer juga membuat Acer Enduro N7 dengan spesifikasi lebih tinggi. Ada juga dua tablet Acer seri Enduro, Tablet Acer T1 dan T5. Mungkin akan kita ulas lain waktu.

Acer Enduro N3 memiliki layar 700-nit berukuran 14-inch FHD menawarkan visibilitas yang sangat baik di dalam maupun di luar ruangan. Corning Gorilla Glass melindungi layar dari retakan atau goresan.

Anda akan mendapat perlindungan ekstra karena laptop ini menggunakan bahan penyerap goncangan. Bagian dalamnya berbentuk cangkang sarang lebah dan dirancang untuk tahan jatuh, jatuh, dan air.

Sudut penyerap goncangan dan desain yang diperkuat untuk melindungi hard drive. Desain ini telah mendapat sertifikasi secara independen untuk memenuhi ketahanan benturan MIL-STD 810G.

Selain itu, Enduro N3 juga mempunyai fitur keamanan yang mumpuni. Trusted Platform Module (TPM) 2.0 tingkat perangkat keras adalah chip anti-gangguan yang kuat yang memeriksa tanda-tanda intrusi selama boot sistem.

Untuk keamanan lebih lanjut, model ini menyertakan login sidik jari, Windows Hello, dan fitur keamanan Windows 10 tambahan lainnya.

Baca juga: 5 Jam Tangan Pintar Baru di Bulan Mei 2021, Mana Pilihanmu?

CPUProsesor Intel Core i5-10210U
GrafisIntel HD Graphics 620
RAMRAM DDR4 8GB, dapat ditingkatkan ke 32GB
LayarLayar IPS 14,0″
PenyimpananM.2 256GB PCIe NVMe SSD
Dimensi306,5 mm x Kedalaman: 207,5 mm x 17,7 mm (L x D x H)
Ports2 x USB 3.2 Tipe-A Gen 1, 1 x USB 3.1 Tipe-C, 1 x HDMI, 1x VGA, 1 x jack audio universal, 1 x slot kartu SD, 1 x pembaca Kartu Pintar, 1 x port RS232, 1 x RJ45 Ethernet
KonektivitasIntel Wireless Wi-Fi 6 AX201, Wi-Fi 802.11ax, Bluetooth 5.1, Intel XMM 7360 Global LTE-
KameraKamera 1x RGB & Mikrofon
Berat1,9 kg
Spesifikasi Acer Enduro N3

Desain

Dengan desain yang kokoh, aspek pertama dari N3 yang menonjol adalah tidak terlalu berat.

©www.techradar.com

Enduro N3 menampilkan semua motif klasik komputer tangguh, seperti sudut karet dan penutup port tahan air. Dengan berat hanya 1,985 kg, ini adalah salah satu yang paling ringan yang pernah kami uji.

Panel IPS 14 inci cerah dan berwarna-warni, dan engsel yang sangat kuat memungkinkannya untuk direbahkan hingga rata dengan sasis. Karena layar bisa rebahan sejajar sasis, maka tepi belakang N3 tidak memiliki port di atasnya. Semua koneksi secara eksklusif berada di samping.

Setidaknya ada lima penutup port berlapis karet yang dapat dengan mudah membuka dan menutup. Saat Anda membukanya, Anda akan menemukan total sebelas port  yang memudahkan Anda menghubungkan aneka perangkat eksternal.

©www.techradar.com

Penutup port berbahan karet yang lentur dan fleksibel. Ini merupakan perlindungan ekstra seperti klaim Acer. Anda harus memastikan bahwa karet penutup ini selalu menutup dengan rapat saat tidak digunakan, agar tidak kemasukan air dan debu.

Namun kami masih menemukan satu bagian terbuka di bawah, yaitu kipas termal yang memanjang ke tepi belakang. Kipas 50mm menyedot udara dari bawah N3 dan kemudian, setelah dipanaskan, mengeluarkannya melalui slot di bagian belakang.

Kipas ini untuk menghindari panas berlebih dari dalam laptop, dan satu – satunya saluran udara setelah semua celah ditutup dengan karet. Acer mengatakan bahwa ada lubang drainase di bagain dalam kipas, sehingga mampu membuang percikan air keluar dari komponen.

Kami merasakan sedikit keanehan paca touchpad, yaitu posisinya agak lebih ke kiri. Secara statistik, sebagian besar pengguna akan menggunakan tangan kanan, ini tidak ideal.

©www.acer.com

Penempatannya touchpad mungkin membuat tempat yang nyaman di sebelah kanan untuk pembaca sidik jari yang kompatibel dengan Windows Hello, tetapi itu merusak touchpad.

Karena orang akan lebih sering mengoperasikan touchpad daripada menggunakan sidik jari yang hanya sekali saja dalam permulaan bekerja. Kami ingin Acer membaca ulasan ini sehingga bisa membuat perbaikan.

Selain touchpad yang offside ke kiri, kami mengeluhkan satu hal lagi. Mengenai sambungan listrik yang menggunakan salah satu wadah pin-barrel ini rentan untuk patah, seperti hati kalian.

Steker pada kabel dari PSU eksternal kecil berakhir dengan putaran berbentuk L yang menghindari sambungan daya terlepas secara tidak sengaja jika laptop dipindahkan.

Sepintas ini memang menambah kekuatan. Namun terasa berlebihan apabila kita lupa belum mencabut kabel dan kemudian menarik laptop dengan tiba-tiba. Resikonya adalah putus dan rusak.

Perangkat Keras

Bagaimana spesifikasi laptop ini mendukung aktifitas pengguna bergantung pada jenis pekerjaan yang mereka lakukan. Dan juga seberapa banyak kinerja yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan beban kerja mereka.

Untuk pekerjaan kantor yang hanya seputar dokumen, CPU quad-core dan octo-thread ini mungkin terlalu kuat.

©www.techradar.com

Tetapi bagi mereka yang melakukan aktifitas pembuatan  video akan menemukan bahwa kekuatan GPU masih sangat kurang. Ini karena Intel tidak menarget para konten kreator sebagai target market laptop ini. 

Acer memang menawarkan Enduro N3  dengan GPU Nvidia, tetapi variasi dayanya sangat rendah sehingga tidak sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Teknologi andalan Enduro N3 adalah layar yang sangat baik dan chipset Intel Wireless Wi-Fi 6 AX201 terbaru. Ini memungkinkan kinerja jaringan nirkabel yang baik saat terhubung ke router dengan pengaturan tepat.

Sedikit mengecewakan bagi kami  adalah pemilihan port USB yang gagal untuk memasukkan bahkan satu port 3.2 Gen 2. Acer Enduro N3 memang memiliki port USB-C, tapi hanya bisa untuk koneksi perangkat dan bukan untuk alternatif pengisian daya.

Penggunaan

©www.acer.com

Saat Anda membuka Enduro N3, performa booting akan memberikan pengalaman yang baik. Sistem melakukan booting dengan cerdas dan layarnya cerah, tajam, dan penuh warna.

Kami mengapresiasi kualitas layar yang mudah dilihat ketika di dalam atau luar ruangan. Meski ada sinar matahari, layar bisa menyerap sinar dari luar dengan baik.

Namun ini akan berbeda saat Anda melihat penempatan offset touchpad dan penempatan berbagai port yang kurang logis. Mereka yang tidak menyukai touchpad mungkin ingin menggunakan mouse.

Kemudian jika Anda  sering melihat port USB-A ada di sebelah kanan laptop, Anda akan melihatnya di sisi lain. Karena di N3, port itu ada di kiri, dan ke arah depan, yang tidak ideal.

Masalah lain adalah bahwa penutup port berbahan karet ini dibuat dengan beberapa pengelompokan. Meskipun Anda mungkin hanya menginginkan satu port dari penutup tersebut,namun  penutupnya harus terbuka dan memperlihatkan semuanya.

Idealnya setiap port memiliki penutup sendiri – sendiri. Dan beberapa, seperti port LAN, seharusnya berengsel di bagian atas dan bukan di bagian bawah.

Performa

Seperti kebanyakan laptop yang menggunakan prosesor Intel Generasi ke-10, kinerja N3 bukanlah sesuatu yang istimewa.

Prosesor i5-10210U adalah CPU quad-core yang menggunakan fabrikasi 14-nanometer, merupakan generasi ke 8 dari Intel.

©www.acer.com

Satu-satunya keuntungan yang dimiliki i5-10210U 2019 ini adalah kecepatan clock yang lebih tinggi dan dukungan untuk memori yang lebih cepat. Memori SSD mendukung pemrosesan agar lebih cepat

Untuk mengatasi keterbatasan pemrosesan video yang biasa-biasa saja, Acer memiliki versi N3 dengan NVIDIA GeForce MX230, tentu dengan perbedaan harga lebih tinggi dari versi biasa.

Teknologi ini tidak ada dalam versi yang kita ulas sekarang, karena kita menggunakan versi standar dari N3.

Bahkan penyertaannya tidak akan mengubah N3 menjadi mesin game, karena ini adalah anak tangga paling bawah dari teknologi GPU GeForce. Ini hanya akan meningkatkan tampilan lebih baik dari Intel UHD.

Enduro N3 menggunakan memori SSD dari SK Hynix dengan HFM256GDJTNI-82A0. Modul NVMe PCI Express M.2 dengan kinerja yang biasa, hanya 2200 MB/s baca dan 900 MB/s tulis.

Drive ini lebih baik daripada SSD yang terhubung dengan SATA, dan konsumsi dayanya sederhana, tetapi tidak memberikan pengalaman NVMe yang potensial.

Enduro N3 menggunakan Drive SSD ini karena mempertimbangkan penggunaan listrik yang rendah. Drive SSD ini tidak banyak menyedot listrik.

Anda bisa menggunakan Enduro N3 di luar ruangan selama satu hari penuh. Salah satunya karena kerja Drive SSD yang hemat daya.

Kami mendapat hampir 9,5 jam pada penggunaan tanpa jeda. Ketika Anda sedikit menurunkan kinerja dan kecerahan layar, mungkin bisa mencapai ketahanan hingga 13 jam seperti klaim Acer.

Anda juga bisa melakukan upgrade pada perangkat ini. Cukup dengan melepas tiga belas sekrup dari bawah, melepaskan seluruh bagian bawah.

©www.techradar.com

Begitu masuk, lokasi modul memori SSD dan SODIMM M.2 tidak sulit ditemukan. Biasanya, peningkatan memori hanyalah masalah memasukkan SODIMM dengan spesifikasi yang benar ke dalam slot kosong atau meningkatkan kedua slot.

Enduro N3 versi standar memiliki RAM 8GB, tetapi slot ini menerima modul DDR4 16GB. Sehingga memungkinkan sistem untuk memiliki maksimum 32GB.

Peningkatan penyimpanan lebih merupakan tantangan. Mesin peninjau kami dilengkapi dengan drive NVMe 256GB yang terpasang di slot M.2 tunggal, dan oleh karena itu mengalihkannya ke modul yang lebih besar akan memerlukan penginstalan ulang OS yang lengkap.

Baca juga: MSI Stealth 15M, Ultrabook Sekaligus Laptop Gaming Ringan Dan Bertenaga

Kesimpulan

Aspek terbaik dari desain ini adalah layar yang sangat baik dan kekuatan yang berhasil memberikan tingkat perlindungan tanpa membuat N3 terlalu berat atau besar.

Meski performa prosesor dan grafisnya hanya memuaskan bagi pengguna standar, namun ini membuat Anda akan mendapatkan daya tahan baterai yang cukup untuk membuat bekerja tanpa soket listrik sepanjang hari.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

18 jam ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

3 hari ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 minggu ago

Nikon Z Fc, Kamera Retro Untuk Teman Travelling Anda

Nikon Z fc mengusung desain yang nyaman dalam genggaman dan menawarkan pengalaman pengambilan gambar berbeda…

3 minggu ago

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar,…

3 minggu ago

Layar Luas 6.5”, Nokia C20 Dibanderol Rp1 Jutaan

Kalau bicara mengenai smartphone Android, banyak di antara kita yang akan identik menyebut brand Xiaomi,…

4 minggu ago