Acer Swift 3, Ultrabook Kualitas Terbaik Dengan Harga Terjangkau

Acer Swift 3 (2020) dengan prosesor Intel Core I7 disebut dengan model “Infinity”, ini adalah ultrabook luar biasa untuk penggunaan sehari-hari, kami menyebutnya “laptop dengan budget terbaik” berkat harga yang terjangkau, desain tipis dan ringan, serta daya tahan baterai yang lumayan.

CPUHingga Intel Core i7-8565U (quad-core, 6MB Intel Smart Cache, hingga 3.6GHz)
GrafisIntel UHD Graphics atau NVIDIA GeForce MX150
RAM8GB DDR4 (2.667MHz)
Layar14 “FHD 1080p IPS
Penyimpanan512 GB M.2 PCIe
Dimensi12,6 x 8,5 x 0,6 inci (32 x 21,59 x 1,5 cm W x H x D)
PortsSSD NVMe 1 x USB 2.0, 1 x USB 3.0, USB-C (Thunderbolt 3) HDMI IEEE 802.11 a / b / g / n / ac / ax | Bluetooth 5.0
KonektivitasIntel Wi-Fi 6 AX201 Bluetooth 5.0
Kamera720p Webcam
Berat1,2 kg
Fitur Terbaik Acer Swift 3
Acer Swift 3, Ultrabook Kualitas Terbaik
Acer Swift 3 via www.pcmag.com

Ada banyak sekali  keunggulan performa dari laptop ini. Jika dilihat dari tenaganya sudah pasti laptop ini sangat juara. Bagaimana tidak, seri swift satu ini sudah menggunakan prosesor Intel generasi Kaby Lake Refresh.

Memori yang cukup besar mampu menyimpan banyak data. Menggunakan sistem operasi yang canggih mempercepat kinerja Anda. Inilah yang membuat Anda bisa semakin produktif.

Inilah mengapa laptop ini digadang-gadang mampu meningkatkan produktivitas dan meningkatkan performa kerja Anda karena mampu membantu Anda menyelesaikan lebih dari satu pekerjaan dalam waktu yang singkat.

Acer Swift 3 (2020) tentunya melebihi ekspektasi untuk sebuah laptop dengan harga yang berada dibawah laptop produkan lain dengan spesifikasi kualitas yang sama.

Laptop yang lebih murah biasanya tidak memiliki ekspektasi yang besar, tetapi jajaran Swift sekali lagi membuktikan bahwa laptop tidak harus memiliki label harga yang tinggi agar cukup kompeten untuk mengesankan – apalagi secara konsisten menduduki peringkat sebagai Ultrabook favorit.

Acer Swift 3 memiliki desain yang ramping dengan form factor clamshell standar. Ukuran layarnya yaitu 14 inci, dengan dimensi secara presisi yaitu 323mm x 218mm x 15,95mm.

Material body yang digunakan adalah Aluminium-Magnesium, sehingga perangkat ini tak hanya ramping tetapi juga cukup kokoh.

Bukan berarti Acer Swift 3 (2020) adalah ikon dari laptop flagship murah. Pembaruan tahun 2020 ini mewarisi beberapa kekurangan model sebelumnya, seperti speaker yang nyaring dan menghadap ke bawah.

Namun, apa yang dapat ditingkatkan tanpa menaikkan harga yang dimilikinya, memprioritaskan peningkatan kinerja dan masa pakai baterai daripada model lama.

Hasilnya adalah perangkat yang solid yang dapat bertahan melawan orang-orang seperti Dell XPS 13 premium dalam performa sambil menawarkan nilai yang lebih baik dengan harga yang jauh lebih rendah.

Dengan kata lain, Acer Swift 3 (2020) adalah Ultrabook fantastis yang tidak akan merogoh kocek anda terlalu dalam. Dan, ini adalah pilihan yang luar biasa bagi mereka yang anggarannya tidak terlalu besar.

Acer melanjutkan estetika desain minimalisnya dengan Acer Swift 3 tahun ini. Jelas mengambil inspirasi dari Apple MacBook Air.

Hadir dengan warna Metallic Silver atau Matte Black dengan sasis aluminium yang tipis dan ringan akan terasa familier bagi siapa pun yang mengenal model Acer Swift 3 sebelumnya. Lapisan matte-silver dengan logo Acer yang dipoles di bagian belakang membuatnya tampak mencolok meski dari kejauhan.

Kami juga telah mengulas seri laptop, Dell XPS 15, Laptop Windows Terbaik dengan Desain Futuristik.

Acer Swift 3 berukuran 12,6 x 8,5 x 0,6 inci dan berat 1,2 kg, membuat perangkat ini sangat portabel dan tentu tipis. Ketika pertama kali membukanya, Anda akan disambut keyboard stylish yang memiliki fitur responsif, tombol chicklet, dan pemindai sidik jari dari Windows Hello.

Sementara beberapa orang mungkin menganggap keyboard agak sempit, tombol-tombolnya ditempatkan dengan baik untuk laptop seukurannya dan tombol hitam diterangi lampu latar dengan LED putih lembut untuk visibilitas yang lebih baik.

Trackpad memiliki ukuran yang pas dan merespons dengan baik selama penggunaan sehari-hari. Trackpad bekerja cukup baik dalam beberapa sesi game PC Stellaris dan Civilization VI, tetapi tentu untuk bermain Game akan lebih baik jika menggunakan mouse atau gamepad terpisah.

Acer Swift 3, Ultrabook Kualitas Terbaik
Acer Swift 3 via www.pcmag.com

Sedangkan untuk port, Acer mengisi Swift 3 2020 dengan USB 2.0, USB 3.0, dan port USB-C Thunderbolt 3 untuk disandingkan dengan port HDMI dan jack headphone / mic. Tidak ada pembaca kartu SD atau drive optik, tapi ketiadaanya adalah hal yang bisa dimaklumi dari Ultrabook saat ini.

Sistem Operasi

Acer mendukung sistem Windows 10 Home dengan garansi satu tahun dan memuatnya dengan rangkaian bloatware biasa perusahaan, termasuk uji coba ExpressVPN dan Norton Security Ultra; Promosi Dropbox, Amazon, dan Booking.com; dan beberapa iklan game di panel notifikasi.

Layar

Layar Acer Swift 3 (2020) menggunakan panel IPS dengan tingkat kecerahan 250nits, 45% NTSC serta refresh rate 60Hz. Ya, layar perangkat ini memang masih terbilang standar, untuk kebutuhan multimedia pengguna. Pengguna bisa merentangkan layar hingga sudut 180 derajat.

Acer Swift 3 menampilkan layar Full HD 14 inci (1920 x 1080) yang meski bukan yang paling tajam di pasaran, tetapi lebih dari cukup untuk sebagian besar aktifitas. Film streaming HD selama beberapa jam tampak luar biasa cukup terang di semua kondisi kecuali jika tertimpa sinar matahari langsung.

Profil warna layar tidak terlalu menonjol, tetapi setidaknya memenuhi standar layar 1080p modern. Bezel di sepanjang sisi dan bagian atas bukanlah yang tertipis yang tersedia saat ini, tetapi juga bukan yang paling tebal. Bezel bawah memiliki ukuran yang lebih tebal tetapi tidak terlalu buruk.

Layar total model “real estate” terasa sesuai untuk ukuran keseluruhan laptop sehingga tidak pernah terasa seperti hal-hal yang lebih sempit daripada yang seharusnya untuk layar 14 inci.

Faktanya, membuka dua jendela aplikasi secara berdampingan di layar benar-benar dapat dilakukan dengan scroll horizontal minimal di Chrome atau Microsoft Word.

Sedangkan untuk webcam dan mikrofon built-in, keduanya berfungsi dengan performa yang wajar. Tidak ada sebuah kelebihan yang disematkan untuk streaming Twitch, siaran YouTube profesional atau aktifitas online apapun, tetapi mereka lebih dari cukup untuk telekonferensi melalui Zoom atau kerja yang serupa.

Layar Acer Swift 3, Ultrabook Kualitas Terbaik
Acer Swift 3 via www.pcmag.com

Performa

Ketika Anda menggunakannya untuk memutar video dan penggunaan umum, tidak ada yang perlu dikeluhkan dari Acer Swift 3.

Menjalankan Google Chrome yang terkenal memonopoli sumber daya dengan dua lusin tab terbuka ditangani dengan lancar oleh Swift 3, bahkan ketika salah satu tab itu sedang memutar Youtube dan satu tab lagi melakukan aktivitas kelas online.

Sistem mulai nampak sedikit kesulitan ketika mencoba menjalankan beberapa tab yang memunculkan banyak iklan, tetapi hal yang sama dapat dikatakan pada sebagian besar sistem dan – sungguh – itu lebih merupakan masalah yang umum terjadi di semua laptop bukan hanya pada laptop Acer.

Baca review kami lainya di, Lenovo Legion Slim 7i, Laptop Gaming Ringan Seharga Rp27 Jutaan.

Acer Swift 3 2020 juga mampu memainkan beberapa game ringan seperti Steam tanpa masalah dan mempertahankan frame rate yang solid melalui titik tengah game Stellaris, tetapi permasalahan muncul ketika game mulai masuk pada adegan pertarungan epik. Tampak ada beberapa jeda dan kedipan yang mengganggu mata.

Sementara itu, Swift 3 menangani pembuatan konten multimedia dengan cukup baik untuk sistem dengan RAM 8 GB. Menjalankan Photoshop dan melakukan pengeditan foto dasar dengan selusin  file yang terbuka, Sistem masih berjalan cukup lancar tanpa hang-up.

Daya tahan baterai
Sisi Bawah Acer Swift 3 via www.windowscentral.com

Daya tahan baterai

Peningkatan terbesar yang kami lihat dari Acer Swift 3 tahun lalu ada di bagian baterai.

Uji masa pakai baterai kami, di mana kami memutar video 1080p, berjalan selama 7 jam 6 menit, hampir sama dengan model lama Swift 3, tetapi pada uji baterai PC Mark 10, Swift 3 berjalan selama 6 jam dan 12 menit pada mode kinerja dengan profil daya seimbang dan membuatnya delapan jam penuh pada mode penghemat baterai sederhana dan profil daya seimbang.

Pada penggunaan wajar, Swift 3 berjalan dengan nyaman dan tidak pernah terasa hangat, bahkan di bawah tekanan, dan kipas laptop efektif dan tidak berisik sambil secara aktif mendinginkan semuanya. Ini menunjukkan bahwa Swift 3 memiliki pengaturan panas yang baik untuk kelas Ultrabook.

Bagian terpanas dari laptop ada di bagian belakang bawah mesin di sekitar baterai, jadi kemungkinan besar Anda akan melihat adanya panas yang menumpuk jika Anda bermain game atau mengedit video proyek sambil duduk selonjor dengan laptop bertumpu di kaki Anda. Meski panas yang dihasilkan tidak ekstrim hingga membuat kaki Anda berkeringat.

Sayangnya, Swift 3 memiliki kekurangan dalam hal speaker. Audio dari laptop ini nyaring dengan hampir tidak ada suara low-end, sehingga semuanya terdengar agak datar.

Tidak masalah untuk mendengarkan Spotify atau YouTube saat mengerjakan proyek atau mengetik laporan, tetapi pada volume maksimal hampir lebih membuat telinga sedikit geli karena minim suara bass.

Dengan speaker menghadap ke bawah apalagi jika mendudukkan Swift 3 di tempat tidur akan meredam suara secara signifikan.

Ini telah menjadi masalah berulang dengan banyak laptop selama bertahun-tahun dan Acer Swift 3 ternyata muncul dengan kekurangan yang sama, padahal itu adalah sesuatu yang seharusnya sudah diatasi sekarang.

Layakkah Untuk Dibeli?

Acer Swift 3, khususnya untuk model “Infinity” yang kita ulas diatas, dengan spesifikasi terbaik dan harga termurah di kelasnya adalah layak untuk dimiliki. Meski speakernya membutuhkan perangkat eksternal lain agar membuat suaranya terdengar lebih baik, dengan headset atau speaker portable.

Baca yuk ulasan lainya, Laptop Jumbo LG Gram 17, Layar Maksimal Berat Minimal.

Namun kami menilai bahwa minimnya harga sehingga tidak akan membobol tabungan Anda adalah faktor utama yang patut dipertimbangkan. Cukup dengan 15 juta saja anda bisa mendapatkan performa maksimal dari Acer Swift 3.