Acer Swift 3X, Grafis Intel Iris Xe Max Dan Daya Tahan Baterai 10 Jam

Arus Gadget pernah mengulas tentang Acer Swift 3, sebuah ultrabook dengan kualitas terbaik untuk harga yang terjangkau. Untuk Anda yang belum pernah membaca ulasannya, bisa dibaca di sini.

Sekarang kita akan membahas saudara kandung dari Swift 3, yaitu Swift 3X. Huruf X ini menunjukkan sebuah peningkatan pada sisi grafis yaitu Intel Iris Xe Max, prosesor grafis diskrit pertama dalam lebih dari 20 tahun.

CPU2.4GHz Intel Core i5-1135G7 (4-core, 12MB Intel Smart Cache, hingga 4.2GHz dengan Turbo Boost)
GrafisIntel Iris Xe Graphics
RAM8GB LPDDR4X (4.266MHz)
Layar14-inci FHD (1.920 x) 1.080) IPS LCD
Penyimpanan512GB SSD (PCIe, NVMe, M.2)
Dimensi12,7 x 8,4 x 0,7-inci (17,95 x 322,8 x 212,2 mm; W x D x H)
PortsPorts: 1x USB-C 3.2, 2 x USB-A 3.2, 1x HDMI, combi audio jack
KonektivitasWi-Fi 6, Bluetooth 5.0
Kamera720p Webcam
Berat1,4 kg
Spesifikasi Acer Swift 3X
Grafis Intel Iris Xe Max Dan Daya Tahan Baterai 10 Jam
©pcmag.com

Acer melengkapi Swift 3 dengan prosesor Intel Core generasi ke-11, karena laptop ini merupakan peningkatan dari Swift 3 sebelumnya.

Dari yang sebelumnya hanya tampak biasa untuk pekerjaan serbaguna, tipis-dan-ringan kemudian ditingkatkan menjadi laptop yang dapat memenuhi kebutuhan membuat konten kreatif tanpa mengorbankan masa pakai baterai.

Jika pada ulasan Swift 3 sebelumnya, kami menyebut kekuatan baterai nya lumayan sekitar 6 jam. Kini kami mengatakan bahwa Swift 3X mempunyai kekuatan baterai yang mengesankan. 10 jam.

Review Singkat

Kami sangat terkesan dengan Acer Swift 3X. Ini adalah laptop brilian yang berhasil memberikan banyak hal terlepas dari ukuran dan beratnya. Ini bisa menjadi laptop terbaik untuk seseorang yang sering bekerja di luar ruangan.

Dengan berat hanya 3,1 lbs (1,4kg) Swift 3X sangat ringan, dan hanya berukuran 12,7 x 8,4 x 0,7 inci (17,95 x 322,8 x 212,2 mm) Anda tidak akan kesulitan membawa laptop ini saat bepergian.

Model yang akan kami ulas dikemas dengan prosesor Intel Core i5-1135G7, RAM 8GB, SSD 512GB, dan chip grafis Iris Xe Max terintegrasi. Acer Swift 3X memiliki lebih dari cukup kekuatan untuk menangani beban kerja biasa di sebagian besar pekerjaan, ini mencakup mengerjakan tugas sekolah atau kuliah Anda.

Kombinasi terbaik pada Swift 3X adalah dengan CPU Intel i7 bersama dengan RAM 16GB dan 1TB SSB. Konfigurasi ini kemungkinan dipandang berlebihan bagi kebanyakan orang.

Tetapi jika pekerjaan Anda membutuhkan kekuatan yang besar seperti desain AutoCad atau editing video, maka ini adalah laptop yang kami sarankan untuk Anda beli.

Satu-satunya kekurangan signifikan menurut kami adalah layarnya. Tampilan layarnya memang terlihat bagus, tetapi 14 inci tampak kecil bagi sebagian orang.

Apalagi jika Anda terbiasa dengan layar 15 inci atau bahkan 17 inci milik LG Gram 17, Anda pasti akan memicingkan mata saat memandang ke arah Swift 3X.

Seperti yang sudah kami katakan diatas, baterai Swift 3X mengalami peningkatan signifikan dari pendahulunya. Mungkin Acer membaca ulasan di Arusgadget yang hanya memberi penilaian “lumayan” hehehe.

Bahkan jika baterai terisi penuh kemudian Anda bekerja di luar rumah dan lupa membawa kabel charger, Anda tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa menyelesaikan pekerjaan kantor sampai sore hari. Tapi jangan sambil nonton film ya, jelas ini akan menguras baterai.

Swift 3X masih bisa dikatakan sebagai laptop terbaik untuk urusan budget. Laptop ini masih di angka yang sama seperti pendahulunya Swift 3 yaitu 15 jutaan untuk harga pasaran di Indonesia.

Dengan harga tersebut Anda akan mendapatkan prosesor Intel Core i5-1135G7, RAM 8GB, SSD 512GB, dan layar full-HD 14 inci. Anda juga akan mendapatkan grafik Iris Xe Max terintegrasi Intel. Kartu grafis ini membuat Anda lebih leluasa dalam bekerja dengan AutoCad, Vegas, atau Filmora.

Desain

Acer Swift 3X
©pcmag.com

Apa yang Anda dapatkan dengan Acer Swift 3X adalah desain laptop yang cukup standar namun bersih. Meski desainnya standar, tetapi kami masih menyukai tampilan dan nuansanya.

Satu-satunya kekhawatiran kami adalah layarnya tampak sedikit tipis. Jika Ada seseorang ingin mematahkan layar Swift 3, dia tidak akan membutuhkan banyak energi. Bahkan seorang balita mungkin bisa menghancurkan layar ini. Jadi kalian harus hati – hati yang guys.

Baca juga, Pengganti Kamera Pro, Ini 8 Hp Kamera Terbaik Cocok Untuk Vlog

Kami melihat bahwa tampilan HD-nya bagus. Swift 3X Acer hadir dengan layar LCD 14 inci (35,6 cm) yang tampak hebat dan menggunakan teknologi ComfyView (anti-silau). Layar yang sedikit lebih besar, 15 inci misalnya, sebenarnya akan lebih menyenangkan. tetapi bagaimana lagi, terserah Acer sajalah.

Kami termasuk penggemar pemindai sidik jari. Swift 3X memindai sidik jari secepat pemindaian pada ponsel. Ini membuat kami terkesan.

Namun yang menurut kamu sedikit aneh adalah posisi pemindai sidik jari ditempatkan ke samping, dalam posisi yang agak aneh di bawah keyboard. Jika Anda merasa canggung untuk menggunakannya, Anda selalu dapat memilih kata sandi atau pin yang lebih tradisional.

Acer Swift 3X
©pcmag.com

Dengan berat 3,1 lbs (1,4kg), laptop ini sangat ringan dan dapat dengan mudah diambil dengan satu tangan. Dengan ukuran hanya 12,7 x 8,4 x 0,7 inci (17,95 x 322,8 x 212,2 mm) ini akan muat di sebagian besar tas juga, jadi Anda tidak akan kesulitan membawanya ke mana pun Anda pergi.

Ada hal yang harus dikorbankan untuk ukuran Swift 3X yang kecil.  Tidak banyak port yang disertakan di sini, Acer hanya membekali Swift 3X dengan port yang fungsional.

Di sisi kiri, terdapat port USB-A 3.2, HDMI, dan USB-C 3.2. Slot USB-C juga berfungsi sebagai port pengisian daya laptop alternatif jika Anda ingin mengurangi jumlah kabel yang Anda bawa.

Di sebelah kanan, Anda akan menemukan port USB-A 3.2 lainnya serta port Aux untuk headset. Secara keseluruhan itu tidak buruk, tetapi beberapa port tambahan bisa jadi akan lebih bagus.

Mungkin satu atau dua port USB-C lain untuk menjaga bentuk laptop yang lebih kecil tetapi tidak mengorbankan utilitas. Juga tidak ada slot SD atau microSD pada Acer Swift 3X.

Kami terkesan pada keyboard, satu hal yang tidak terpengaruh oleh ukuran Swift 3X. Kuncinya ditata dengan baik dan lebih dari cukup besar.

Lampu latar bawaan dapat dinyalakan atau dimatikan jika Anda ingin membuatnya bersinar dalam kondisi cahaya yang lebih rendah. Namun jangan mengharapkan sesuatu yang terlalu mewah karena satu-satunya pilihan warna Anda adalah putih.

©techradar.com

Performa

Acer Swift 3x  patut berbangga denngan diperkuat oleh salah satu prosesor seluler generasi ke-11 Intel dan grafis Intel Iris Xe Max terintegrasi. Model yang kami ulas hadir dengan prosesor Intel Core i5-1135G7, RAM 8GB, SSD 512GB, dan layar full-HD 14 inci.

Layar FHD 16: 9, 14-inci memanfaatkan grafik Iris dengan baik, menawarkan gambar yang bagus. Dilengkapi dengan teknologi ComfyView anti silau, sinar matahari yang cerah akan dipantulkan keluar sehingga Anda bisa tetap melihat apa yang ada di layar saat Anda bekerja.

Dengan spesifikasi Acer Swift 3X diatas, berarti kinerjanya sangat mengesankan saat menjalankan Windows 10. Mampu melakukan boot dengan cepat dan melakukan tugas-tugas rutin sehari-hari, seperti pembuatan dokumen dan menjelajahi internet dengan mudah.

Baca juga, Lenovo Legion 5i, Laptop Gaming Murah Dengan Grafik Nvidia RTX 2060

Mengenai speaker memang tampaknya masih sama seperti Swift 3 sebelumnya, tidak ada peningkatan. Suaranya nyaring dan minim dentuman bass. Kami menyarankan Anda menggunakan perangkat audio eksternal agar suara yang Anda dengar lebih berwibawa. Hehe.

Bagi mereka yang sudah bosan bekerja dari rumah dan ingin menikmati sensasi bekerja di taman atau kafe. Laptop ini menjadi laptop yang bisa Anda bawa dengan mudah. Webcam dan mikrofon juga lebih dari cukup untuk bisa mengikuti webinar, yang kini menjadi tren diseminasi pengetahuan di Indonesia.

©techradar.com

Namun, tugas yang lebih sulit seperti game kelas atas dan pengeditan video 4K akan sedikit berada di luar kemampuan komputer ini. Tetapi jika Anda tidak terlalu berlebihan dalam melakukakannya, Swift 3X masih mempunyai batas toleransi kekuatannya sendiri.

Acer Swift 3X mengemas banyak hal ke label harga yang relatif rendah, karena memang menyasar target pasar kelas umum dengan kemampuan budget di level menengah. Sebuah pilihan strategi marketing yang kami kira cukup bagus.

Daya tahan baterai

Dalam hal baterai, Acer Swift 3X membuat kami terpesona dengan kemampuan bertahan selama 10 jam. Jika Anda membutuhkan laptop yang dapat diajak bekerja di perjalanan, Acer Swift 3X mungkin yang Anda butuhkan.

Dengan aktifitas pekerjaan sederhana, seperti word dan chrome dengan kecerahan layar 50%. Swift 3X mampu bertahan hingga 10 jam dan 43 menit.

Acer Swift 3X menunjukkan dirinya sebagai laptop yang layak dipertimbangkan untuk menangani apa pun yang Anda butuhkan. Melakukan pekerjaan harian sembari menikmati secangkir kopi di kafe favorit Anda.

Lalu bagaimana jika untuk menonton film? Dalam pengujian di mana kami menjalankan video 1080p on loop dengan kecerahan 50%, Swift 3X berhasil bertahan selama 8 jam 39 menit. Anda tidak perlu khawatir jika sedang berada di kafe sambil nonton film sedangkan charger tertinggal di rumah.

Jika Anda membutuhkan daya, Anda selalu dapat menggunakan port USB-C untuk mengisi daya Acer Swift 3X dengan pengisi daya ponsel Anda.

Review lainya, Asus Chromebook Flip C302, Chromebook Premium Terbaik Dikelasnya

Pengisian cepat akan mengisi ulang laptop Anda dengan cepat. Jika pengisi daya ponsel Anda tidak dapat mengumpulkan daya yang cukup, setidaknya Anda punya cukup waktu untuk menyimpan file dan hasil pekerjaan, kemudian shut down laptop dengan normal.