Mirip iPhone 11 Pro, Advan G5 Dijual Rp1 Jutaan Saja

Lebaran hanya menyisakan satu minggu lagi, ini artinya beberapa orang sudah memperoleh THR (Tunjangan Hari Raya). Ada yang menggunakan THR untuk membeli kebutuhan hidup, membayar tagihan, memberi uang saku kepada sanak saudara hingga ditabung. Namun semua sepakat, di tengah pandemi Covid-19 ini penggunaan THR memang harus lebih bijaksana.

Lantas bagaimana dengan mereka yang sedang butuh smartphone baru? Apakah harus ditunda karena harga ponsel saat ini meroket? Tak perlu khawatir, karena Anda bisa mencoba untuk mempertimbangkan Advan G5. Yap, dibandingkan vendor-vendor raksasa seperti Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo atau Apple, Advan memang belum populer di kancah dunia.

Namun Advan adalah vendor smartphone lokal asli Indonesia yang mencoba menjadi solusi bagi para pencari ponsel dengan harga murah meriah, tapi cukup berkualitas. Demi mewujudkan hal itu, perusahaan elektronik yang berpusat di Jakarta dan berdiri pada tahun 1998 ini pun menghadirkan produk baru mereka yakni G5.

Kendati penjualan Advan masih kalah jauh dari smartphone asal China dan Korea Selatan, G5 tampaknya hadir tanpa rendah diri. Seperti dilansir Kompas, Chandra Tansri selaku CEO Advan angkat bicara bahwa G5 akan menjadi ponsel dengan harga terjangkau yang mempunyai berbagai keunggulan.

Baca juga: Ubah Peruntungan di Pasar HP, LG Kenalkan Velvet

“Advan G5 akan mengusung sektor kamera yang unggul dan menawarkan pengalaman mobile photography memuaskan untuk generasi muda. Pengguna bisa berkreasi dan membuat beragam konten media sosial yang berkualitas serta tentunya menarik,” papar Chandra. Resmi melakukan penjualan sejak 11 Mei 2020 secara eksklusif di e-commerce Shopee, Advan G5 dibanderol dengan harga Rp1,4 juta.

Spesifikasi Advan G5

tampilan belakang Advan G5
© Kompas Tekno
  • Sistem Operasi: Android 10.0
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, aktif dua-duanya)
  • Ukuran Layar: Layar IPS LCD berukuran 6.2″ HD+ dengan rasio 18:9
  • Chipset: Unisoc SC9863A
  • CPU: Octa-core Cortex-A55 1.6GHz + 1.2GHz
  • GPU: PowerVR GE8320
  • Internal/RAM: 32GB/4GB
  • Kamera Utama: 13MP dan dua lensa kamera 0.3MP
  • Kamera Selfie: 5MP
  • Koneksi Internet: GSM / HSPA / LTE
  • Kapasitas Baterai: 4000 mAh tidak bisa dilepas

Melihat spesifikasi yang ditonjolkan dan harga yang ditawarkan, G5 jelas merupakan ponsel besutan Advan yang cukup mengecewakan. Membidik pasar menengah ke bawah, G5 bisa jadi pilihan smartphone favorit yang cukup canggih, mampu menampilkan kinerja standar memuaskan dengan harga sangat terjangkau.

Kekurangan dan Kelebihan Advan G5 yang Harus Diketahui

Demi memuaskan para konsumen, Advan memberikan earphone wirelss StartGo TWS2 secara gratis bagi pembeli G5. Hanya saja earphone ini diberikan secara terbatas hanya kepada pembeli yang beruntung. Namun Anda masih bisa memperoleh bundling kartu perdana Axis dengan bonus kuota 31 GB/tahun, kuota TikTok 1 GB/bulan dan Internet Games 1GB/hari.

Tak hanya itu saja, pengguna G5 juga akan memperoleh akses tidak terbatas ke FreeFire, Mobile Legend dan AoV, tiga game online yang sangat populer di kalangan pengguna smartphone. Tertarik? Supaya makin bijak, berikut ini adalah pembahasan beberapa keunggulan dan kekurangan dari ponsel baru Advan yang dibanderol di kisaran Rp1,4 juta itu.

Inilah Kelebihan Advan G5

varian Advan G5
© Jalantikus

Di saat banyak vendor-vendor luar negeri menjual ponsel low-end mereka di kisaran Rp1,5 juta ke atas, kehadiran G5 tentu bisa menjadi angin segar. Namun Advan tak mau dikenal sebagai produsen penghasil ponsel murah mengecewakan. Untuk itulah G5 hadir dengan kemasan yang menarik dan tidak tampak seperti smartphone berharga murah. Inilah beberapa keunggulannya:

1. Tiga Kamera Belakang Mirip iPhone 11 Pro

Inilah keunggulan pertama yang membuat banyak pengguna smartphone begitu perhatian terhadap G5. Yap, pemasangan ketiga lensa kamera di bodi belakang Advan G5 akan membuat siapapun teringat pada iPhone 11 Pro. Advan sendiri memang memasang ketiga lensa kamera utamanya pada bagian pojok kiri atas dan sedikit menonjol.

Baca juga: Kyocera DuraXV Extreme, HP Rp3,6 Juta yang Bisa Dicuci dengan Sabun

Untuk kamera utamanya, G5 sudah memiliki fitur AF (Auto Focus) yang membuat hasil pemotretan atau perekaman video cukup memuaskan. Sementara dua lensa kamera belakang masing-masing memiliki resolusi 0.3MP yang bisa menghasilkan foto portrait bokeh.

2. Kamera Selfie Kaya Fitur

Untuk kamera selfie, Advan memasangnya pada bagian ‘poni’ berbentuk waterdrop notch. Kamera selfie G5 dengan ukuran lensa 5MP ini sudah mempunyai fitur lampu flash dengan kekuatan 500 mA, dan AI Beautification sehingga hasil foto makin maksimal. Bahkan kamera selfie ini dilengkapi juga dengan Face AE yang berguna untuk memindai wajah dalam bagian sistem keamanan G5.

Masih kurang? Kamera selfie pada G5 ini juga memiliki fitur Real-Time Level 6 Beauty Effect, sehingga bisa menciptakan efek face whitening. Terakhir, Advan memperkaya kemampuan kameranya dengan fitur Face Cute yang dilengkapi berbagai stiker dinamis.

3. Desain Bak Ponsel Flagship

Malu menenteng ponsel murah karena desainnya tidak menarik? Hal ini jelas tidak akan terlihat pada G5. Dengan harga Rp1,4 juta, G5 hadir dengan desain bak ponsel flagship, terutama penataan kamera utama yang serupa iPhone 11 Pro. Namun selain desain kamera, Advan juga membungkus G5 dengan finishing glossy dalam dua pilihan warna yakni white green serta blue purple.

Agar terasa makin ergonomis saat digenggam, G5 menggunakan layar 2.5D supaya makin nyaman di tangan pengguna. Terakhir, layar depan G5 tampak manis dengan desain waterdrop notch yang memang sedang digandrungi beragam vendor smartphone dunia.

Baca juga: Infinix Note 7 Lite, HP Rp1,9 juta dengan 4 Kamera Belakang

4. Performa Tidak Mengecewakan di Kelas Entry-Level

Dengan harga Rp1,4 juta tentunya menjadi tidak masuk akal kalau Anda membandingkan performa G5 dengan ponsel-ponsel kelas menengah lainnya. Apalagi jika bicara soal ponsel entry-level yang jelas menggunakan komponen standar. Hanya saja untuk G5, Advan tampaknya tak ingin membuat pengguna mereka kecewa sehingga Advan menyuguhkan hardware cukup berkualitas.

Menggunakan chipset SC9863A, G5 bahkan mampu bekerja cukup memuaskan. Sekadar informasi, SC9863A merupakan chipset besutan anak perusahaan Tsinghua Unigroup asal Tiongkok, Unisoc. Memiliki konfigurasi delapan inti (octa-core), SC9863A tersusun oleh ARM Cortex-A55 yang dipadukan GPU PowerVR GE8322. Kendati harganya lebih murah, performa SC9863A tidak kalah dibandingkan Qualcomm Snapdragon seri 400 seperti 435 dan 439 terbaru.

5. Baterai dan RAM Memuaskan

Untuk G5, Advan rupanya meningkatkan kapasitas baterai cukup pesat yakni jadi 4.000 mAh yang dudukung high voltage 4.35V, 0.2C sehingga daya tahan G5 lebih awet. Advan bahkan menyebut kalau G5 bisa digunakan streaming film atau musik, dan main game online yang boros baterai tanpa perlu sering-sering charging. Bahkan sekalipun harganya cuma Rp1,4 juta, G5 memakai port charging USB-Type C.

Terakhir, keunggulan yang membuat G5 ini sangat menjanjikan adalah penggunaan RAM 4 GB dan memori internal 32 GB. Dengan ruang menyimpanan itu, Anda bisa memasang beragam aplikasi dan game favorit. Tak kalah dengan ponsel-ponsel populer lain, G5 juga sudah menggunakan sistem operasi Android 10 dengan desain antarmuka IDOS yang jadi ciri khas Advan.

Inilah Kekurangan Advan G5

Advan G5 tampak belakang
© Jalantikus

Meskipun memiliki cukup banyak keunggulan, G5 tetaplah merupakan smartphone yang tidak sempurna. Ada beberapa kekurangan yang mungkin bisa jadi pertimbangan calon pembeli. Namun tenang saja, kekurangan ini tidak akan mempengaruhi performa G5 sebagai salah satu ponsel entry-level terbaik yang pernah diproduksi vendor smartphone lokal. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Memori Internal Minimalis

Kekurangan pertama yang sangat menonjol dari G5 adalah kapasitas ruang penyimpanannya yang cukup kecil. Ya, Advan cuma memberikan memori internal 32GB untuk G5, di mana ponsel-ponsel keluaran 2020 biasanya sudah menggunakan memori internal minimal 64GB. Tentunya dengan ruang terbatas, Anda harus benar-benar bijaksana dalam memilih aplikasi dan game online yang bakal dipasang.

Apalagi sekadar informasi, ketika G5 sudah diaktifkan, akan langsung menggunakan memori sebesar 6GB, sehingga Anda harus benar-benar mengelola sisa 30GB memori secara tepat. Untung saja, Advan memberikan opsi memori eksternal lewat slot microSD tambahan.

2. Absennya Fitur Fingerprint Sensor

Kendati punya desain belakang yang cukup ‘mewah’ bak iPhone 11 Pro, Advan rupanya lupa atau sengaja menghilangkan sensor sidik jadi alias fingerprint. Absennya fitur ini jelas cukup mengecewakan karena mayoritas ponsel-ponsel rilisan 2018-2020 sudah menggunakan fingerprint sebagai sistem keamanan unggulan. Lantaran sensor sidik jari tidak ada, G5 menggunakan fitur pemindai wajah (Face ID) dengan kamera selfie sebagai sistem keamanan biometrik.

Baca juga: Imbas Covid-19, Samsung Bakal Rilis Ponsel 5G Murah

Kesimpulan

Lepas dari berbagai kelebihan dan kekurangan yang sudah dipaparkan di atas, G5 tetaplah menjadi salah satu ponsel terbaik yang pernah diproduksi Advan. Melihat spesifikasi yang ditampilkan dan harga yang ditawarkan, G5 bisa jadi smartphone entry-level unggulan yang sangat layak dipilih. Sehingga kalau Anda saat ini ingin beli HP baru yang punya desain memukau dengan harga tidak lebih dari Rp1,5 juta, Advan G5 adalah pilihan terbaik.