Punya RAM 6GB, Advan G9 Pro Dijual Rp1,6 Jutaan Saja

Seolah tak gentar dengan persaingan smartphone di Indonesia yang didominasi produsen Tiongkok, Advan G9 Pro hadir sebagai pembuktian kalau perusahaan lokal juga layak unjuk gigi.

Lewat G9 Pro, Advan membuktikan kalau konsumen mereka di Tanah Air masih tetap menjanjikan. Perusahaan elektronik lokal yang berdiri pada tahun 1998 ini menolak menyerah di pasar smartphone, di kala produsen-produsen lokal lain sudah banyak yang gulung tikar dan memproduksi gawai lainnya.

Sesuai dengan namanya, G9 Pro adalah kelanjutan dari varian G9 yang sudah dikenalkan Advan terlebih dulu. Hanya saja, G9 Pro mengalami peningkatan yang cukup menjanjikan terutama di lini memori. Dimana G9 Pro dibekali RAM 6GB sementara G9 masih 4GB.

Baca juga: Mirip iPhone 11 Pro, Advan G5 Dijual Rp1 Jutaan Saja

Tak mau menunggu waktu lama, Advan langsung mengenalkan G9 Pro pada pasar Indonesia pada 12 Desember 2020 lalu. Perilisannya ini bisa dibilang sebagai langkah yang cukup berani bagi Advan, mengingat ada banyak brand-brand populer sekelas Oppo, Vivo bahkan Xiaomi yang juga merilis produk unggulan mereka di waktu yang sama.

Chandra Tansri selaku CEO Advan kepada Selular menegaskan bahwa Advan G9 Pro memiliki cukup banyak keunggulan jika dibandingkan dengan G9. Bahkan menurutnya, G9 Pro tak akan bermasalah jika menjalankan aplikasi-aplikasi berat, seperti layaknya problem ponsel lokal lain. Apakah memang G9 Pro layak dipertimbangkan? Simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Advan G9 Pro

box penjualan Advan G9 Pro
© Youtube/Taufik Nobo
  • Sistem Operasi: Android 10
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM dual stand-by)
  • Layar: IPS LCD 6.6″ HD+ dengan resolusi 720×1600 piksel
  • Chipset: UNISOC SC9863 (ARM)
  • CPU: Octa-Core A55 1.6GHz+1.2Ghz
  • GPU: Mali-T820 MP1
  • Internal/RAM: 64GB/6GB
  • Kamera Utama: 16MP, 0.3MP, 0.3MP, 0.3MP
  • Kamera Selfie: 8MP
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai berkapasitas 5200mAh

Melihat spesifikasi yang ditonjolkan, Advan G9 Pro memang tak terlalu mengecewakan sebagai smartphone lokal. Apalagi Advan membanderol produk unggulannya kali ini dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp1.649.000. Jika mengingat kapasitas RAM yang ditawarkan yakni 6GB, tentu saja G9 Pro sangatlah menjanjikan.

Bahkan harga ini cuma selisih Rp250 ribu dari G9 yang memiliki RAM 2GB lebih rendah. Apalagi bagi pembelian di masa promosi, G9 Pro ditawarkan dengan harga launching Rp1.599.000 di marketplace Tokopedia. Dengan harga terjangkau ini, konsumen bisa langsung memperoleh heaset JBL sekaligus paket data 460GB dari Smartfren.

Tentu melihat harga yang ditawarkan dan spesifikasi yang dihadirkan oleh Advan, G9 Pro ini bisa jadi solusi smartphone yang tidak lelet tapi tidak mahal. Seperti yang Anda tahu, pandemi Covid-19 jelas membuat perekonomian cukup berat dan daya beli masyarakat menurun. Padahal semasa wabah corona ini, diperlukan pembelajaran di rumah sehingga Advan G9 Pro bisa jadi pilihan terbaik.

Baca juga: 10 Daftar HP Advan Terbaru Bulan Oktober 2019

Desain Berongga Tak Bikin Panas dan Layar Lega

banner promo Advan G9 Pro
banner promo Advan G9 Pro

Dari tampilan desain, sebetulnya G9 Pro tidak memiliki keistimewaan yang berarti karena memang mirip dengan smartphone Android pada umumnya baik dari segi depan dan belakang. Hanya saja jika melihat bodi belakangnya, Advan sepertinya memberikan sedikit inovasi pada produknya kali ini.

Inovasi itu diberi nama Hard Protective Sleeve, dimana bodi belakang G9 Pro dibuat dengan desain berongga. Untuk apa desain berongga ini? Supaya panas dari dalam smartphone bisa teralirkan keluar. Seperti yang diketahui, mayoritas masalah ponsel lokal adalah mudah panas apalagi jika digunakan dalam waktu lama atau mengoperasikan aplikasi-aplikasi berat.

Advan sepertinya ingin mengubah paradigma itu lewat desain Hard Protective Sleeve. Sehingga sekalipun Anda menggunakan G9 Pro dalam waktu lama dan untuk beragam kebutuhan, bodi belakang berongga membuat panas komponen mudah teralirkan keluar sehingga tetap nyaman untuk digenggam.

Sementara untuk bagian layar, Advan G9 Pro hadir layaknya smartphone masa kini dari brand populer yang berdimensi lebar dan melegakan. Dimana layar berlapis 2,5D glass ini punya luas 6.6″ yang sangat memuaskan, terutama untuk kebutuhan di masa pandemi Covid-19 seperti webinar, belajar online bahkan streaming aneka video.

Empat Kamera Memuaskan di Kelasnya

tampilan kamera belakang Advan G9 Pro
tampilan kamera belakang G9 Pro

Maraknya ponsel-ponsel quad camera sepertinya juga dilakukan oleh Advan untuk G9 Pro ini. Ada empat kamera belakang yang terkonfigurasi dalam sebuah modul berbentuk persegi panjang di bagian belakang ponsel. Dalam modul yang tak terlalu menonjol itu, ketiga lensa kembar yang masing-masing beresolusi 0.3MP dipasang dalam bentuk vertikal.

Baca juga: Ini dia! Alasan RAM 1 GB iPhone Lebih Kencang Dari 4 GB Android

Sementara kamera utama memiliki lensa berukuran 16MP yang terletak di atas panel flash light. Keberadaan flash light ini membuat kemampuan fotografi Advan G9 Pro dalam kondisi minim cahaya tak bisa dianggap remeh. Bahkan untuk kelasnya, kemampuan seluruh kamera di bodi belakang G9 Pro bisa dianggap cukup tajam.

Berpindah ke kamera selfie, Advan memasang lensa berukuran 8MP dalam desain notch water drop di bagian layar. Kamera depan yang cukup menjanjikan ini membuat kebutuhan konsumen untuk menciptakan konten media sosial seperti video TikTok atau cerita di Instagram bakal maksimal. Bahkan untuk kebutuhan webinar pula, kamera selfie G9 Pro ini bisa diandalkan.

Performa Gaming dan Streaming yang Anti Kecewa

bodi belakang Advan G9 Pro
bodi belakang G9 Pro

Berpindah ke lini performa, Advan G9 Pro memiliki keunggulan yang cukup menonjol yakni pada kapasitas RAM yang meningkat jadi 6GB, dibandingkan varian sebelumnya. Penambahan RAM ini diikuti dengan meningkatnya ROM menjadi 64GB. Masih dirasa kurang lega? Anda bisa memasangkan microSD hingga 128GB.

Dengan RAM 6GB yang cukup besar untuk ponsel lokal di kelas entry-level, G9 Pro bisa digunakan dengan lancar dalam berbagai aplikasi dan kebutuhan multitasking. Anda bisa berselancar dengan aman, bahkan bermain game dan streaming tanpa banyak kendala.

Untuk bagian chipset, Advan sepertinya masih setia menggunakan produk keluaran UNISOC. Dimana kali ini, G9 Pro punya ‘otak’ SC9863 yang merupakan prosesor kelas menengah. Meskipun UNISOC enggan membocorkan teknologi fabrikasi yang digunakan, kuat dugaan kalau SC9863menggunakan teknologi prosesor 28nm HPC+, seperti dilansir Fone Arena.

Berdasarkan klaim UNISOC, SC9863 memiliki peningkatan performa sebesar 20% dan kemampuan membaca AI (Artificial Intellegence) alias Kecerdasan Buatan yang enam kali lebih baik daripada chipset generasi sebelumnya. Dengan kemampuannya itu, SC9863 dapat mendukung pemutaran video 1080p HD dan merekam video lewat lensa [email protected]

Baca juga: Nokia 6300 & Nokia 8000 Kembali dengan 4G dan WhatsApp

Dalam kemampuan membaca grafis, UNISOC memadukan SC9863 dengan Mali-T820 MP1 yang punya kemampuan 680MHz. Artinya, Advan G9 Pro bisa digunakan untuk gaming dalam kebutuhan menengah yang cukup layak. Satu hal lagi yang menarik dari chipset ini adalah, juga bisa mengakses jaringan VoLTE.

Jadi, Apakah Advan G9 Pro Layak Dibeli?

Jika melihat harga yang ditawarkan dan kemampuan performa dan spesifikasi, Advan G9 Pro tentu sangat bisa untuk dipertimbangkan. Meskipun ponsel lokal, G9 Pro sudah diperkuat dengan fitur pengenalan wajah untuk kebutuhan penguncian layar. Sehingga dengan begitu, konsumen bakal jauh merasa lebih nyaman.

Apalagi keberadan baterai yang berkapasitas 5200mAh dengan konektor USB type C, menjadikan Advan G9 Pro sebagai smartphone yang awet. Advan menyebutkan kalau ponsel unggulannya ini bisa bertahan dalam waktu 385 jam dalam mode standby atau 6,25 jam jika dipakai nonton video HD. Adanya speaker tunggal 1511 berteknologi kelas K-power amplifier, menjadikan ponsel ini memang sangat memenuhi aspek entertainment.