Review Advan Tab 8elajar, Perangkat Rp1,4 Juta untuk Belajar Online

Sudah menembus 267 ribu kasus positif hingga Jumat (25/9) sore, pandemi Covid-19 sepertinya belum akan usai di Indonesia. Kondisi yang masih suram ini membuat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) masih tak menentu, sehingga para siswa di Indonesia harus bersiap-siap untuk proses belajar online demi memutuskan rantai penyebaran wabah corona.

Memang sejak Covid-19 masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2020 lalu, dunia pendidikan Tanah Air sudah melakukan berbagai adaptasi. Alih-alih datang ke sekolah, KBM dilakukan total secara online, yang membuat guru dan murid hanya berjumpa lewat perantara gawai. Keputusan KBM secara online ini sudah diterapkan di berbagai jenjang pendidikan mulai SD (Sekolah Dasar) hingga Universitas.

Dengan metode pembelajaran seperti ini, mau tidak mau semua siswa dan siswi diwajibkan untuk menggunakan gawai entah smartphone, laptop/PC hingga tablet. Hal tersebut bertujuan agar dapat mengikuti kegiatan pembelajaran secara rutin dan tidak tertinggal suatu pelajaran. Hanya saja, tidak semua pelajar beruntung memiliki perangkat mumpuni. Belum lagi dengan kondisi ekonomi yang ikut suram lantaran pandemi Covid-19, membuat orangtua harus berpikir panjang agar anak tetap bisa sekolah online dengan perangkat berkualitas tapi harga terjangkau.

Baca juga: Samsung Galaxy Tab S6 Lite, Tablet Rp7 Juta Untuk #DiRumahAja

Tab 8elajar, Komitmen Advan untuk Pendidikan Indonesia

Advan Tab 8elajar
Advan Tab 8elajar

Memahami bahwa kini di masa pandemi Covid-19 kebutuhan gawai untuk sekolah yang berharga terjangkau sangat tinggi, Advan pun merilis sebuah tablet baru dengan harga terjangkau yang pastinya tak kalah canggih dan keren dibandingkan dengan gawai lainnya. Hal ini dilakukan Advan guna membantu dan mendukung anak-anak di Indonesia agar dapat ikut menempuh pembelajaran jarak jauh secara online, sekalipun budget perangkat elektroniknya pas-pasan.

Seperti namanya, Tab 8elajar hadir sebagai tablet dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang sangat mumpuni bagi para pelajar. Dalam tablet pintar juga telah dilengkapi berbagai aplikasi pembelajaran online berupa Kelas Pintar. Ada keuntungan lain yang akan didapatkan yakni konsumen mendapatkan benefit eksklusif berupa layanan pembelajaran yang bernilai kurang lebih Rp825 ribu!

Pabrikan yang berpusat di Jakarta, Indonesia ini berusaha memanfaatkan momen dalam kebutuhan pembelajaran jarak jauh seperti ini. Dengan hadirnya Tab 8elajar, Advan menempatkan posisi sebagai produsen incaran kelas entry level. Telah resmi dirilis pada 30 Maret 2020 yang lalu, tablet ini menggandeng Blibli dalam proses peluncuran produk terbarunya. Dalam perilisan Advan Tab 8elajar, sangat tepat dan pas dengan tingginya permintaan atas gawai murah meriah namun juga berkualitas.

Spesifikasi Advan Tab 8elajar

spesifikasi Advan Tab 8elajar
spesifikasi Advan Tab 8elajar

Sebenarnya, tablet yang dikeluarkan oleh Advan ini bukanlah sebuah produk baru, karena telah rilis pada bulan Maret lalu. Hanya saja, baru-baru ini pihak dari Advan berupaya memberikan sesuatu yang berbeda dan pastinya berguna untuk pelajar di Indonesia, membuat Tab 8elajar kembali jadi perbincangan. Fitur baru itu adalah Advan menambahkan paket Kelas Pintar pada Tab 8elajar yang membuatnya sangat dibutuhkan dalam KBM masa kini.

Baca juga: 6 Rekomendasi Tablet Murah Berkualitas, Lengkap dengan Plus Minusnya!

Supaya semakin mantap dan mempertimbangkan Advan Tab 8elajar sebagai salah satu gawai wajib belajar #DiRumahAja alias PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Berikut spesifikasinya yang bisa Anda pelajari:

  • Sistem Operasi: IDOS 9.42 based On Android 9.0 Pie
  • SIM: Dual SIM , Dual Standby
  • Layar: 8″ HD dengan IPS tempered 6H
  • Chipset: Unisoc SC9863A
  • CPU: Octa Core A55 1.6GHz+1.2GHz
  • GPU: IMG8322
  • Internal/RAM: 16GB/3GB
  • Kamera Utama: 5MP
  • Kamera Selfie: 5MP
  • Jaringan: GSM / HSPA / LTE
  • Kapasitas Baterai: 4300 mAh

Dilansir Gizmologi, Chandra Tansri selaku CEO Advan sempat menjelaskan bahwa Advan Tab 8elajar ini akan menjadi tablet yang sangat edukatif. Sehingga pelajar bisa melangsungkan PJJ dengan nyaman dan benar-benar efektif, lantaran Tab 8elajar memang dirancang untuk menjawab kebutuhan PJJ sehingga mempermudah orangtua juga.

Bahkan lebih lanjut, Chandra juga menambahkan kalau keberadaan Advan Tab 8elajar sejalan dengan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 dari Kemendikbud, mengenai Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah (BDR) Dalam Masa Darurat Pandemi Covid-19. Supaya BDR berlangsung efektif, dibutuhkan jaringan internet dan perangkat sebagai prasarana utama.

Desain Layar Menarik dan Kemampuan Multimedia

Dengan harga yang sangat terjangkau yakni Rp1,4 juta, Advan tidak menghadirkan Tab 8elajar dalam desain yang pada adanya. Bahkan untuk tampilan layar, tablet ini dibekali layar full field of vision 8 inch beresolusi tinggi dengan sudut pandang penuh. Layar sentuh yang mengadopsi struktur G+G juga dilengkapi kaca tempered hingga 6H (hardness), sehingga layar sentuh tidak akan mudah tergores.

Layar sentuh yang tak mudah tergores ini tentunya membuat Tab 8elajar sangat tepat digunakan oleh pelajar yang masih muda. Dimana mereka biasanya akan sering menyentuhkan benda ke layar gawai, sehingga tak akan mudah merusak tampilan layar.

Baca juga: MateBook D15, Laptop Unggulan Huawei Seharga Rp8 Jutaan

Bukan hanya perlindungan di bagian layar, sebetulnya Advan memasangkan teknologi high deginition pada Tab 8elajar agar pengguna bisa memperoleh tampilan layar maksimal. Untuk belajar, materi yang dipaparkan pada layar jelas lebih responsif dan rapi, sehingga Anda atau buah hati bisa membaca artikel atau bahkan e-book jadi lebih nyaman.

Kemampuan Video dan Kamera Mendukung Penuh KBM

Sementara itu untuk materi-materi pembelajaran yang dihadirkan melalui video, Advan Tab 8elajar bisa memberikan pengalaman yang tak mengecewakan. Bahkan jika harus online untuk tatap muka dengan rekan lain atau guru, kamera dengan lensa depan 5MP bisa membuat kehadiran pengguna terlihat jelas pada layar. Kondisi ini jelas akan membuat KBM PJJ terasa lebih menyenangkan, maksimal dan efisien.

Tak hanya satu kamera, Advan memasang dua lensa kamera di bagian depan dan belakang yang keduanya sama-sama memiliki resolusi 5MP. Untuk kamera utama ini bahkan diperkuat beberapa mode pemotretan termasuk dalam kondisi sangat minim cahaya matahari atau nyaman. Pilihan kemampuan dasar fotografi pada kamera Tab 8elajar ini membuat gawai satu ini sangatlah sempurna dalam merekam kegiatan belajar online termasuk memotret dan mengunggah file ke guru.

Performa Tangguh untuk Belajar Online

Tablet keluaran Advan ini mempunyai dimensi yang kompak dengan warna grey serta memiliki sistem operasi IDOS 9.42 berbasis Android. Hal tersebut berguna untuk mendukung beragam aplikasi belajar online yang dapat diunduh dari PlayStore. Agar kinerja Tab 8elajar tidak lelet, Advan memasang komponen prosesor octa-core dengan chipset Unisoc SC9863A.

Seperti namanya, SC9863A adalah chipset buatan Unisoc, pabrikan semikonduktor asal Shanghai, China sana. Sekadar informasi, sebelumnya chipset ini lebih dikenal dengan Spreadtrum. Jika banyak produsen tablet lebih memilih untuk menggunakan chipset Qualcomm atau Mediatek, Advan justru menggunakan Unisoc yang kabarnya memiliki fitur dan kinerja cukup memuaskan. Dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau daripada Qualcomm atau Mediatek sekalipun, Unisoc jelas punya kualitas yang layak diadu.

Melalui situs resminya, disebutkan jika SC9863A adalah chipset yang mempunyai integrasi tinggi dengan platform SoC sehingga mendukung penuh mode TDD-LTE, FDD-LTE, TD-SCDMA, WCDMA dan GSM. Dibekali kartu grafis IMG8322 untuk kebutuhan akselerasi grafis 3D, chipset ini tak butuh banyak energi untuk koneksi LTE sehingga performanya tetap memuaskan.

Baca juga: HP ProBook x360 435 G7, Laptop Untuk Pelaku UMKM Indonesia

Sementara untuk bagian penyimpanan, Advan memilih RAM 3GB, memori internal 16GB dan tambahan slot microSD pada Tab 8elajar. Dengan kapasitas penyimpanan tersebut, kebutuhan pengolahan data dan pemasangan aplikasi pendukung KBM tentu sudah cukup dan tidak membuat perangkat terbebani.

Konektivitas Cepat dan Bundling Kelas Pintar

Sebagai perangkat masa kini, Advan Tab 8elajar telah dilengkapi dengan konektivitas 4G LTE dan menggunakan sebuah teknologi WiFi versi 802.11. Keberadaan konektivitas itu sangatlah baik karena dapat menghasilkan throughput tinggi pada band 5 GHz. Sehingga dapat merasakan sebuah kecepatan download dan upload yang sangat maksimal hingga dapat mencapai 1300 Mbps.

Apalagi demi mendukung kebutuhan KBM secara online, Advan menggandeng Kelas Pintar dalam penyediaan materi edukatif. Kerjasama ini membuat setiap pembeli Advan Tab 8elajar, akan memperoleh keuntungan layanan Kelas Pintar Regular yang merupakans olusi belajar online dengan metode personal, pintar dan terintegrasi.

Dalam Kelas Pintar Regular ini, pengguna bisa mengakses ribuan materi belajar termasuk soal-soal latihan dan ujian bagi seluruh pelajar di jenjang SD, SMP serta SMA. Khusus di modul latihan soal online, sudah disesuaikan dengan kurikulum terbaru yang dapat diperoleh gratis selama sebulan. Tertarik membeli tablet istimewa ini? Anda bisa langsung berkunjung ke toko online resmi Advan di marketplace favorit.

Itulah pembahasan mengenai berbagai fitur yang dihadirkan dan spesifikasi pada Advan Tab 8elajar. Dengan harga yang terbilang cukup terjangkau di berbagai kalangan, tidak heran membuat tablet yang satu ini ini sangat laris di pasaran. Mengingat bahwa awal dihadirkan telepon pintar ini ditujukan untuk para pelajar. Yang mana saat ini sedang diwajibkan untuk menjalani program sekolah daring dan mengharuskan mereka untuk memiliki sebuah smartphone.