Laptop

Amazone Fire HD 10, Tablet Murah Terbaik di Kelasnya

Amazon Fire HD 10 2021 mempunyai memori penyimpanan yang besar dan daya tahan baterai yang lama. Fire HD 10 fokus pada aktifitas membaca dan menonton media, sehingga visualnya dibuat agar bisa menampilkan gambar dengan jelas.

Amazon Fire HD 10 2021 melakukan trik yang sama seperti banyak perangkat Amazon lainnya. Memotong harga pesaing yang lebih mahal sambil menawarkan banyak fitur yang sama.

Tablet Fire HD 10 memiliki resolusi layar 1920 x 1200 dengan kecerahan yang tinggi. Masa pakai baterai yang mampu bertahan selama 12 jam dalam pengujian kami.

Entah mengapa Amazon menggunakan Andorid 9 sebagai OS utama yang menurut kami agak ketinggalan zaman. Aplikasi perpustakaannya juga masih sama seperti versi sebelumnya dengan stok buku gratis yang terbatas.

Anda harus membeli sendiri buku – buku favorit, meski itu sudah beredar sejak dua tahun lalu.Play Store pun tidak memberikan banyak pilihan.

Namun yang paling penting, Amazon melakukan peningkatan memori pada Fire HD 10 ini. Dengan 3GB RAM untuk versi dasar dan 4GB untuk model Amazon Fire HD 10 Plus .

Kami menguji tablet 3GB di sini dan menemukan bahwa tablet ini bekerja dengan sangat baik untuk aplikasi media biasa. Meskipun perlu waktu lebih banyak untuk memuat game ringan seperti Subway Surfers.

Amazon mendorong Fire HD 10 2021 ini bisa melakukan produktifitas selain hanya membaca buku. Dengan tambahan aplikasi Microsoft Office dan dukungan keyboard Bluetooth, Amazon berharap akan membuat orang melihat tablet ini sebagai alat yang serius.

Kami melihat bahwa penambahan tersebut hanya untuk benar – benar keadaan darurat. Ketika Anda hanya bersama tablet ini dan ada pekerjaan yang tidak bisa ditunda.

Kami melihat Fire HD 10 ini nyaman untuk aktifitas kerja harian. Jika Anda benar-benar membutuhkan perangkat kerja portabel, kami sarankan Chromebook yang murah dan andal atau tablet yang lebih kuat dengan RAM dan tampilan yang lebih baik.

Amazon memutuskan untuk menambahkan cloud gaming dengan Luna, untuk membuat Fire HD 10 ramah terhadap para gamers.

Mode Game Amazon membantu game Anda berjalan dengan lancar, tetapi Appstore Amazon tidak mempunyai banyak game seperti yang tersedia di toko aplikasi Google atau Apple. Juga kami menilai bahwa game dengan kualitas seluler tampak memunculkan piksel yang kasar apabila menggunakan tablet HD untuk memainkannya.

Sungguh, tablet ini dirancang untuk orang-orang yang sangat berinvestasi dalam layanan Amazon, atau dirancang untuk membuat mereka berinvestasi

Ini memiliki sebagian besar aplikasi streaming populer, bukan hanya Prime Video. Tetapi Amazon Music, Amazon Photos, Amazon Silk (browser web), Alexa dan Kindle memiliki monopoli di tablet ini.

Siapa pun yang menginginkan Ereader yang murah, relatif tahan lama, dan juga bisa memainkan film harus mempertimbangkan dengan serius Fire HD 10 atau Fire HD 10 Plus.

Tablet ini juga dapat berfungsi ganda sebagai Echo Show portabel untuk mengontrol rumah pintar Anda dan memberi tahukan cuaca hari ini. Namun Anda harus mencari aplikasi di penyedia pihak ketiga apabila tidak menemukan yang Anda inginkan pada Amazon Store.

Baca juga: HP Elite Dragonfly G2, Kemewahan Laptop Berpadu Menjadi Satu

CPU2GHz Octa-core (4 Cortex-A73s dan 4 Cortex-A53s)
RAM3GB
Layar10,1 inci IPS LCD 1920 x 1200
Penyimpanan32GB / 64GB
Dimensi247 x 166 x 9,2mm
KameraBelakang : 5MP, Depan : 2MP
Berat465g
Fitur Amazon Fire HD 10

Desain Amazone Fire HD 10

Bodi seluruhnya plastik

Tampak tahan lama tapi tidak tahan air

Bodi luar cenderung sama dengan sebelumnya

Amazon Fire HD 10 2021 hanya mempunyai sedikit perbedaan desain dengan model 2019. Beratnya sedikit lebih ringan (465g vs. 504g) dengan bingkai yang sedikit lebih ringkas.

©www.amazon.com

Berukuran 247 x 166 x 9,2mm dengan layar LCD 10,1 inci, Fire HD 10 (2021) memiliki bezel tebal di bagian atas dan bawah. Ini memberikan rasio layar-ke-tubuh yang lebih rendah daripada tablet terbaru yang cenderung layarnya melebar dari tepi ke tepi.

Dengan bagian belakang plastik, tablet Fire tidak memiliki lapisan logam manis yang Anda lihat di beberapa perangkat lain. Tetapi setidaknya Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang lecet atau jatuh. Namun, Anda perlu berhati-hati terhadap tumpahan, karena Amazon Fire HD 10 (2021) tidak memiliki ketahanan air.

Anda dapat memilih salah satu dari empat warna: hitam, denim (biru tua), lavender (merah muda), atau zaitun (hijau). Versi Plus hanya ada dalam warna abu-abu, dengan finishing yang lebih lembut yang mungkin lebih nyaman untuk Anda pegang.

Seperti kebanyakan tablet dengan ukuran ini, kami merasa paling nyaman untuk memegangnya dengan dua tangan dan bagian bawah disandarkan pada perut kami, atau meletakkannya di atas permukaan datar dengan penyangga.

Memegangnya di satu tangan akan melelahkan lengan dan juga telapak tangan karena harus meregang terlalu lama.

Fire HD 10 2021 mengisi daya menggunakan port USB-C 2.0 yang ada di samping bersama dengan tombol daya. Untuk tombol volume, dua lubang mikrofon, dan jack headphone 3,5 mm ada pada ujung atas tablet, saat dipegang dalam orientasi potret.

Jika Anda membeli edisi Plus, Anda juga dapat mengisi dayanya dengan pengisi daya nirkabel.

Anda juga akan menemukan slot kartu microSD di kanan atas, baik untuk penyimpanan tambahan hingga 1TB. Fire HD 10 memiliki dua versi memori, yaitu 64GB dan 32GB.

Agar lebih murah, kami menyarankan untuk membeli versi 32GB saja dan kemudian membeli memori microSD 1TB. 

Speaker stereo yang terintegrasi ada di salah satu ujung panjang tablet, yang berarti Anda mendapatkan suara yang sangat terarah. Meski suaranya agak sedikit teredam jika mengarah ke meja atau tempat tidur Anda

 Jika Anda memasukkan Fire HD 10 2021 ke dalam kasing dengan penyangga, pastikan sisi audio menonjol ke atas. Untuk tetap bisa mendapatkan kualitas suara yang optimal.

Tampilan Amazone Fire HD 10

Layar LCD 1920 x 1200 10,1 inci

Kualitas dan kecerahan bagus untuk harganya

©www.amazon.com

Kebanyakan orang membeli tablet murah untuk menonton tayangan streaming sambil rebahan di tempat tidur. Sehingga kualitas tampilan adalah sesuatu yang paling dicari.

Amazon mengetahui kebutuhan ini dan membuat tampilan pada Fire HD 10 menjadi fitur unggulan yang mengalahkan kompetitor lain pada level harga ini.

Seperti yang Anda harapkan dari namanya, Amazon Fire HD 10 (2021) memiliki layar 10,1 inci. Ini memiliki rasio aspek 16:10 dan resolusi 1920 x 1200, dengan 224 piksel per inci (PPI) yang cocok dengan PPI model 2019.

Sebagai perbandingan, sebagian besar pilihan tablet paling baik menurut kami berada di kisaran 260–280 PPI. Layar Fire HD 10 2021 jernih dan fungsional; Anda tidak akan mendapatkan ketajaman layar Retina Apple atau kekayaan tablet Samsung OLED beresolusi 2K, dua hal ini membutuhkan harga yang  lebih mahal.

Amazon mengklaim Fire HD 10 (2021) mendapat peningkatan 10% dalam kecerahan (nits) dari model 2019, menjadi kisaran 500 nits. Kami mencoba membawanya keluar dan menemukan bahwa layarnya nampak agak redup di bawah sinar matahari langsung.

Kecepata refresh Fire HD 10 2021 mencapai 60hz, ini cukup untuk membaca buku dan tidak menampilkan gerakan yang kasar saat berpindah antar halaman.

Seperti yang kami sebutkan di atas, tablet Fire ini memiliki bezel yang cukup besar. Beberapa orang pasti tidak nyaman dan lebih memilih tablet lain yang bezelnya lebih tipis.

Spesifikasi, Performa, dan Kamera Amazone Fire HD 10

3GB RAM – 1GB lebih dari pendahulunya

Tidak ada perubahan pada chipset

Kamera dengan sedikit peningkatan

©www.amazon.com

Fire HD 10 generasi sebelumnya memiliki chipset MediaTek MT8183 Helio P60T, dengan hanya 2GB RAM. Kini Fire HD 10 dan Fire HD 10 Plus 2021, Anda mendapatkan prosesor yang sama dengan RAM 3GB atau 4GB. Namun pemrosesan gambar GPU Mali-G72, masih sama seperti dulu.

Selain pembaruan ke Bluetooth 5.0 dan peningkatan kamera belakang kecil ke 5MP, tidak ada perubahan signifikan selain dari sisi RAM.

Kami menguji Amazon Fire HD 10 2021 dalam berbagai aktifitas.

Kami memainkan game seperti Bloons TD 6 dan Subway Surfers, memuat situs di browser Amazon Silk, video layar terpisah dan aplikasi produktivitas seperti Microsoft Office. Kemudian membandingkan waktu respons Alexa dengan Echo Show 8 .

Secara keseluruhan, kecepatan kinerja mengesankan untuk kami. Alexa menjawab pertanyaan kami dengan segera, aplikasi dan video dimuat tanpa terlalu banyak penundaan.

Tablet mengalami sedikit kesulitan menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam mode layar terbagi, dan game berjalan tanpa jeda atau gagap yang nyata.

Fire HD 10 2021 tidak diragukan lagi mengalahkan tablet 2019 untuk kecepatan, namun tidak dengan selisih yang signifikan.

Anda masih akan melihat jeda saat membuka aplikasi baru, tersendat saat Anda menggulir perpustakaan Prime Video, dan bahkan penundaan antara membuka kunci tablet dan melihat aplikasi Anda muncul di layar.

Amazon meningkatkan kamera belakang dari 2MP menjadi 5MP, tetapi itu tidak membuatnya benar-benar layak digunakan untuk fotografi.

Hampir semua ponsel atau tablet modern mencapai setidaknya 8MP dengan kamera belakang dan selfie, sedangkan kamera Fire HD 10 (2021) tidak dapat menghasilkan tingkat detail yang sama.

Terus terang, akan lebih masuk akal bagi Amazon untuk meningkatkan kamera selfie 2MP.

Kami ragu siapa pun akan menggunakan Fire HD 10 (2021) untuk mengambil foto secara teratur, tetapi banyak orang akan menggunakannya untuk panggilan video melalui aplikasi Alexa.

Perangkat lunak dan aplikasi Amazone Fire HD 10

Aplikasi tablet Fire Amazon sedikit mengesalkan karena mencegah Anda mengakses beberapa aplikasi berbayar favorit Anda.

Streaming video tidak akan menjadi masalah dengan Prime Video, Netflix, Disney Plus, Paramount Plus, HBO Max, Twitch, Hulu, dan saluran premium lainnya yang tersedia.

Pecinta musik akan terdorong ke Amazon Music, karena Amazon hanya menawarkan aplikasi radio seperti TuneIn dan Pandora sebagai alternatif.

Untuk menyelesaikan pekerjaan di tablet, Anda dapat menggunakan aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel, Outlook, dan OneDrive, meskipun beberapa fitur memerlukan langganan Microsoft 365.

Namun Anda tidak akan Anda temukan adalah aplikasi Google Workspace seperti Gmail atau Drive, berkat persaingan Amazon dengan Google. Aplikasi produktivitas populer lainnya seperti Photoshop juga tidak ada.

Masalah utama di sini adalah Amazon tidak mengizinkan Anda menginstal aplikasi Google Play Store di tablet Android-nya tanpa melakukan sideload.

Jadi yang bisa Anda lakukan hanyalah berharap aplikasi yang Anda suka memiliki pengembang yang mau bermain bagus dengan Amazon.

Amazon Fire HD 10 (2021) masih menggunakan Android 9, yang berarti tidak memiliki kemajuan seperti ponsel Android 11 modern , apalagi fitur Android 12 baru .

Misalnya, fitur split-screening baru memungkinkan Anda menggunakan dua aplikasi sekaligus dan bekerja cukup baik di Fire HD 10.

Tetapi Anda tidak akan dapat menggunakan fitur App Pair yang datang ke ponsel Android 12 pada tahun ini.

Daya tahan baterai Amazone Fire HD 10

Menawarkan kehidupan sepanjang hari, bahkan dengan penggunaan berat

Beberapa game menguras baterai sedikit lebih cepat

Tidak ada pengisian nirkabel

Amazon Fire HD 10 2021 menunjukkan masa pakai baterai yang mengesankan dalam pengujian kami selama dua minggu penggunaan.

Dalam satu pengujian, kami menggunakannya  untuk melakukan streaming film tanpa henti pada kecerahan dan volume maksimal.

Itu berubah dari 92% menjadi 10% setelah 11 jam, sehingga cocok untuk penggunaan sepanjang hari.

Menggunakan aplikasi yang kurang intensif seperti Kindle pada kecerahan adaptif menguras baterai pada tingkat yang sedikit lebih rendah.

Membuat tablet bertahan lebih lama dari perkiraan masa pakai baterai 12 jam Amazon. Di sisi lain, game tertentu cenderung menghabiskan baterai sedikit lebih cepat.

Jika Anda berencana untuk menggunakan Fire HD 10 Anda terutama untuk streaming dan membaca, Anda akan lebih dari puas dengan umur panjangnya.

Baca juga: Ucapkan Selamat Datang Pada Keluarga Baru Galaxy, Samsung Galaxy Book Pro 360

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

9 jam ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

2 hari ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 minggu ago

Nikon Z Fc, Kamera Retro Untuk Teman Travelling Anda

Nikon Z fc mengusung desain yang nyaman dalam genggaman dan menawarkan pengalaman pengambilan gambar berbeda…

3 minggu ago

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar,…

3 minggu ago

Layar Luas 6.5”, Nokia C20 Dibanderol Rp1 Jutaan

Kalau bicara mengenai smartphone Android, banyak di antara kita yang akan identik menyebut brand Xiaomi,…

4 minggu ago