Antena Parabola Mini Murah Berkualitas (Rekomendasi 2020)

Parabola merupakan sebuah antena yang mempunyai jangkauan tinggi, antena ini cocok digunakan di tempat-tempat yang sulit menangkap gelombang TV dengan baik, seperti di wilayah terpencil atau daerah pegunungan.

Dengan menggunakan antena parabola maka TV kita akan bisa menangkap gelombang dengan kualitas bagus, sehingga gambar di TV akan menjadi jauh lebih bening dibandingkan dengan ketika kita menggunakan antena biasa.

Maka tak mengeherankan banyak orang yang cenderung memilih antena parabola sebagai antena TV di rumah masing-masing.

Karena dengan kulaitas gambar yang bersih tidak berbintik kita menjadi lebih nyaman meski harus berlama-lama menonton TV.

Namun kadangkala yang menyebabkan orang tidak memilih antena parabola adalah bentuknya yang besar, tidak praktis dan ribed ketika memasangnya.

Ditambah lagi dengan harga antena parabola dipatok lebih tinggi dari harga antena biasa.

Hal itu kini tidak menjadi masalah karena di era sekarang dengan semakin berkembangnya teknologi kini telah banyak platfrom antena parabola yang telah menyediakan parabola mini dengan harga murah dan berkualitas.

Bentuknya yang mini menyebabkan tidak memakan banyak tempat serta dalam memasangnya pun menjadi lebih praktis.

Ukuran diameternya bervariatif, antara lain 45 sentimeter, 60 sentimeter, 80 sentimeter dan 100 sentimeter.

Kita tinggal memimilih saja ke toko elektronik atau bila kita tidak punya banyak waktu, kita juga bisa membelinya di toko online yang sudah banyak disediakan.

Baca: Cari Kamera Baru? Ini 10 Kamera Panasonic Lumix Terbaik 2020

Kelebihan dan Kekurangan Parabola Mini

Parabola mini memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan, sama halnya dari antena biasa, sehingga bila kita akan membeli kita perlu memperhatikan beberapa hal-hal di bawah ini;

# Kelebihan Parabola Mini:

  • Cocok dipasang di daerah yang dilarang menggunakan parabola besar.
  • Bentuknya simpel karena tidak membutuhkan ruang yang banyak.
  • Mudah dalam melakukan pemasangan.
  • Channel lebih banyak
  • Gambar lebih bersih

# Kekurangan Parabola Mini:

  • Channel parabola mini biasanya dihuni oleh channel berbayar dan diacak.
  • Sinyal rentan terganggu saat hujan atau ketika kondisi cuaca sedang tidak bersahabat.  
  • Sinyal dapat hilang atau terhambat saat hujan.

Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan antena tersebut, Bagaimana apakah kalian tertarik untuk menggunakan parabola mini di rumah?

Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan parabola mini, selanjutnya akan kami bahas satu persatu merk antena parabola mini murah namun memiliki kualitas yang bagus. Yuk simak ulasan berikut;

1. Venus Ninmedia

Venus 45
Venus-Voa 45 (Tokopedia)

Antena TV parabola yang pertama adalah Venus Ninmedia, antena ini cocok untuk kalian yang tingga di perkotaan maupun di pedesaan, karena dikenal memiliki kekuatan penangkat gelombang terbaik.  

Selain itu salah satu kelebihan dari Venus Ninmedia adalah terdapat penyedia siaran gratis dengan banyak TV lokal yang tidak di acak.  

Dengan daftar 45 lebih channel NinMedia bisa diakses melalui website www.ninmedia.tv  NinMedia bisa ditangkap dan tayang di seluruh indonesia tanpa memungut bayaran alias gratis.

Parabola ini memiliki nama lengkap Venus Ninmedia VOA-45 Sesuai namanya, parabola mini ini memiliki diameter 45 sentimeter.

Venus Ninmedia VOA-45 menghasilkan gambar yang jernih tanpa semut. Hadir dengan receiver Bahasa Indonesia yang dilengkapi dengan feature memutar film melalui usb dan mampu merekam siaran.

Biaya yang harus keluar hanya satu kali yaitu untuk pembelian dan pemasangan peralatan penerimaan satellite (sebuah antena dan unit decoder / receiver). Peralatan itu pun menjadi hak milik, bukan sewa.

Produk ini telah banyak dijual di berbagai toko online mamupun offline dengan harga sekitar Rp352.000.

2. Garmedia

Garmedia
Garmedia (OLX)

Parabola mini Garmedia merupakan solusi untuk kualitas gambar TV kita yang tadinya semutan bisa berubah menjadi jernih.

Parabola mini Garmedia adalah parabola free to air dan free to view garmedia berjumlah 40 channel tanpa iuaran bulanan lagi.

Para bola ini dikenal memiliki channel nasional terlengkap secara gratis tanpa perlu membayar lagi termasuk termasuk jaringan MNC Grup.

Jika kita suka dengan channel olahraga kita juga bisa membeli paket olah raga di bein sport, fox soport, fight sport melalui vocher yang disediakan.

Parabola ini cocok dipasang di semua jenis televisi, baik Led maupun TV tabung. Produk antena ini dijual bervariasi, mulai dari Rp400.000 hingga Rp700.000.

Biasanya sudah dijual satu paket yang berisi:

• Dish Mini 45cm+kelengkapannya.

• Rx LGsat Stars/Gardiner OTTIMO.

• LNB Ku 1 TV.

• Kabel 15 sentimeter.

Untuk memaksimalkan gambar menjadi lebih jernih Anda perlu mensetting default bawaan pabrik yang memang belum di maksimalkan. Pada setingan AV video yang seharusnya bisa menggunakan resolusi 1080p 60hz tapi bawaan pabrik nya adalah 1080p 25hz.

3. Matrix Garuda Hijau

Matrix Garuda Hijau

Sebenarnya Matrix TV telah memiliki siaran premium dengan menggunakan receiver matrix garuda melalui satelit palapa D.

Namun yang membedakannya adalah bila di palapa D yang tergabung dengan siaran free nasional dan lokal dimana menggunakan LNB C band, namun untuk yang di satelit SES 9 menggunakan LNB ku band

Siaran-siaran yang ada pada matrix garudaku/SES9 tidak berbeda dengan yang ada pada satelit palapa D. Yang membedakannya mungkin di Garudaku anda dapat menyaksikan beberapa channel dari provider Diamond World (DW) diantaranya Gold Diamond dan Black Diamond.

Matrix Garuda Hijau memang di fokuskan untuk akses Matrix Garuda Ku Band di SES9. Walaupun begitu receiver parabola matrix garuda hijau ini bisa juga untuk satelit lain.

Parabola mini ini juga dikenal memiliki siaran olahraga yang banyak dan beberapa program olahlaraga tersebut bisa kita nikmati secara gratis.

Cocok bagi para pecinta olahraga seperti sepak bola dan lainnya.

Dalam satu paket parabola Matrix terdapat:

  • Receiver matrik garuda hijau KU 1 set.
  • Lnb KU band 1 pcs.
  • Kabel 15 meter.
  • Parabola 45 sentimeter 1 unit.
  • Kabel HDMI.

Perangkat ini dijual satu paket dengan harga bekisar Rp950.000.

4. Parabola Mini Kvision K2000

Parabola Mini Kvision K2000
K-Vision (OLX)

Selanjutnya para bola mini murah dengan kualitas terbaik adalah Kvision K2000, dimana jenis antena parabola mini ini merupakan antena parabola yang merupakan salah-satu yang terbanyak di Indonesia.

Tidak mengherankan karena dengan antena parabola tersebut, TV kita bisa menangkap gelombang dan menghasilkan gambar dengan jernih dan anti semut.

Tidak hanya itu Parabola Mini Kvision K2000 menawarkan tayangan live dan tayangan ulang selama 24 jam nonstop.

Semua channel televisi nasional bisa dilihat tanpa iuran bulanan.

Parabola ini bisa juga digunakan unuk C band ready MNC Grup tanpa diacak.

Produk ini bisa didapatkan secara online dengan harga bekisar Rp480.000.

5. Parabola Mini MNC Vision

Parabola Mini MNC Vision
Parabola Mini MNC Vision (Tokopedia)

MNC merupakan salah-satu jaringan media penyiaran terbesar di Indonesia, dengan namanyanya yang begitu besar maka kualitas gambar yang ditawarkan tidak perlu diragukan lagi.

MNC juga menghadirkan  Parabola Mini MNC Vision hadir dengan satelit S-band yang tahan hujan dan anti petir.

Meski kondisi cuaca sedang tidak baik, MNC Vision dikenal tetap bisa menampilkan kualitas gambar di TV tetap baik, tidak terpengaruh pada kondisi cuaca apapun.

MNC Vision dikenal juga menghasilkan gambar yang super jernih dan menyediakan televisi lokal dan luar.

Produk ini terbilang murah, dijual dengan harga sekitar Rp100.000.

6. Parabola Mini Spyro

Parabola Mini Spyro
Parabola Mini Spyro (OLX)

Satu lagi antena TV parabola mini yang dikenal murah namun berkualitas yaitu Spyro, antena parabola ini dikenal tanggung dan praktis sehingga banyak disukai oleh seseorang.

Spyro merupakan antena TV parabola Indoor sehingga sangat praktis dalam penggunaanya,

tidak memerlukan penyetelan tambahan, praktis dan tidak perlu naik ke atap. 

Bentukya yang mini dan ringan membuatnya mudah dibawa dan dipindahkan. Bisa diletakkan di atas meja atau di atas televisi.

Parabola ini juga tidak memerlukan kabel yang panjang dan memiliki daya tangkap dan kuat. Harganya pun cukup murah, yakni sekitar Rp70.000 sampai Rp100.000-an.

Spyro juga dikenal kuat dalam menangkap sinyal pada gelombang TV sehingga menjadikanya sangat cocok bagi kita yang selama ini mengalami kesulitan dalam menangkap gelombang sinyal TV.

Dengan gelombang sinyal yang kuat Spyro dapat mengahsilkan kualitas gambar yang bersih dan anti semut.

Baca juga: 10 Kamera Canon Murah Terbaik 2020 (Harga 1 – 20 Jutaan)

Itulah beberapa merk parabola mini yang murah dan berkualitas, dengan menggunakan antena tersebut selain praktis juga menghasilkan gambar pada TV menjadi lebih jernih.

Antena Tv parabola mini di atas ada yang dijual dengan paket lengkap, ada juga yang hanya menjual antenanya saja, kalau hanya antena kita perlu menambah perangkat lain yang disebut dengan receiver.

Ada juga yang langsung memiliki paket lengkap, termasuk jasa pemasangan, sehingga kita tidak perlu ribed lagi dalam segi pemasangan, pokoknya tahunya beres.  

Namun jika kita ingin menekan biaya maka tak ada salahnya kita mencoba memasang sendiri antena tersebut di rumah kita.