10 Aplikasi Edit Video Terbaik di Smartphone Untuk Vloger Pemula

Sejak youtube dan instagram mulai populer, banyak bermunculan content creator baru dengan berbagai genre. Minat pembuatan konten video semakin tinggi, apalagi kini kita bisa membuat konten video bermodalkan smartphone saja.

\Untuk menghasilkan tampilan video yang berkualitas, kita perlu mengeditnya terlebih dahulu sebelum menupload video.

Kebutuhan editing video ini ternyata juga sudah bisa kita lakukan melalui smartphone. Karena kemampuan perekaman video maupun kapasitas smartphone masa kini yang sudah sangat mumpuni.

Jadi setelah merekam video, kita bisa langsung melakukan editing agar kualitas video yang telah kita rekam lebih baik dan menarik banyak viewers.

Hasil editing menggunakan smartphone juga tidak bisa kita anggap sepele, karena nyatanya kini banyak content creator yang telah berhasil menarik banyak viewers dengan bermodalkan smartphone.

Ada banyak aplikasi yang tersedia untuk mengedit video melalui smartphone dan berikut adalah 10 rekomendasi aplikasi edit video terbaik yang bisa Anda unduh melalui smartphone!

1. Quik

Aplikasi Edit Video Terbaik Quik

Aplikasi editing video pertama yang sudah terkenal dan di gunakan banyak orang adalah Quik. Aplikasi ini sudah pernah di unduh oleh lebih dari 100 juta pengguna smartphone.

Tampilan dari aplikasi Quik, terlihat lebih simple sehingga akan memudahkan Anda yang baru saja mencoba mengedit-edit video. Salah satu kelebihan dari aplikasi adalah, tidak ada iklan yang muncul dan menggangu proses Anda dalam mengedit.

Aplikasi Quik termasuk dalam aplikasi editing video smartphone yang terbaik karena memiliki 22 style video yang bisa Anda terapkan pada video yang sedang Anda edit.

Ketika kita memasukan video untuk di edit secara otomatis aplikasi ini menambahkan efek transisi dan melakukan smartcut. Selain itu, jika Anda ingin menambahkan teks ataupun filter untuk membuat video lebih menarik, Quik juga memiliki fitur tersebut.

Ada banyak font dan filter yang bisa Anda pilih, apalagi lagi ada sekitar 80 lagu yang bisa Anda gunakan untuk menjadi backsound video Anda secara gratis.

Dengan tampilan yang simple dan fitur yang lengkap, aplikasi editing video Quik bisa membantu Anda memotong video, menambah efek dan musik serta mensingkronisasikan semuanya dengan cepat.

Video yang telah Anda edit dapat Anda simpan dengan ukuran 1080p atau 720p serta bisa langsung Anda bagikan pada berbagai medsos yang Anda inginkan.

2. Video Guru (Video Editor For Youtube)

Video Guru (Video Editor For Youtube)

Aplikasi editing video selanjutnya adalah Aplikasi Video Guru. Dengan aplikasi ini Anda bisa memasukan beberapa video sekaligus untuk di edit.

Aplikasi ini adalah aplikasi yang ringan, hanya membutuhkan 35 MB saja. Selain itu, Video Guru juga merupakan salah satu aplikasi yang bisa menghapus watermark secara gratis.

Seperti aplikasi edit video pada umumnya, dengan aplikasi ini Anda bisa memotong video, menambahkan filter, musik, teks, mengatur speed dan mengubah background.

Jika sudah selesai mengedit video, Anda bisa memilih kualitas video yang Anda inginkan. Tersedia opsi low, medium dan high lalu pilih comprees dan save.

3. Viva Video

Aplikasi Edit Video Terbaik viva video

Viva video pasti sudah tidak asing bagi kita dan sudah umum digunakan. Lebih dari 100 Juta user sudah pernah pernah mengunduh aplikasi viva video.

Aplikasi ini memang merupakan salah satu aplikasi generasi awal dan menjadi pilihan aplikasi editing video terbaik untuk android.

Menariknya, Anda bisa menggunakan ratusan efek dan stiker secara gratis. Lebih dari 200 filter juga bisa Anda terapkan dalam video Anda.

Fitur lainnya yang tersedian dalam aplikasi ini seperti edit sub judul clip animasi, slow motion, memotong dan menggabungkan video.

Tapi sayangnya setiap video yang Anda edit menggunakan eplikasi VIva video ini akan memiliki watermark.

Selain itu durasi video juga cukup terbatas. Jika ANda ingin menghilangkan watermark dan juga menghasilkan durasi yang lebih panjang, Anda perlu membeli akun pronya.

4. Adobe Premiere Rush

Adobe Premiere Rush

Adobe Premiere merupakan aplikasi yang sudah terkenal dalam dunia editing foto maupun video. Untuk editing video, Anda bisa menggunakan Adobe Premiere Rush.

Aplikasi yang di launching sejak Oktober 2018 yang lalu ini adalah aplikasi versi terbaru dari aplikasi editing video sebelumnya yakni Adobe Premier Clip.

Dari segi interface sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Terlihat simple dan mudah Anda gunakan.

Jadi apikasi ini cocok untuk Anda yang baru belajar mengedit video. Aplikasi ini nantinya akan mengarahkan Anda untuk memilih clip, mengatur durasi, dan menyusun video. Selain itu Anda juga mengatur warna, menambahkan efek, teks dan filter.

Namun sayangnya, aplikasi ini adalah termasuk aplikasi berbayar. Adobe akan memberikan Anda 3 kali kesempatan untuk mencoba aplikasi Adobe Premiere rush secara gratis.

Selanjutnya Anda bisa berlangganan ke versi premiumnya dengan harga Rp. 139.000/bulan.

5. Filmora Go

Aplikasi Edit Video Terbaik filmora go

Aplikasi edit video terbaik selanjutnya yakni Filmora Go. Aplikasi ini telah di kembangkan oleh Wondershare Technology Co. Limited ini bisa Anda gunakan di PC maupun smartphone.

Secara user interface, Filmorago sudah terlihat sangat profesional dan juga mudah Anda gunakan.

Fitur-fitur Filmora Go terdiri dari cutting, penambahan music, tema, efek, teksdll. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengatur efek 3D, warna, kecerahan, contrast, pada video.

Anda juga bisa melakukan editing video dengan berbagai rasio, misalnya rasio 1 : 1 dan 16 : 9 untuk di upload ke instagram maupun youtube.

Namun memang beberapa fitur hanya bisa Anda gunakan jika Anda berlangganan aplikasi Filmorago secara berbayar. Nantinya video yang telah Anda edit bisa langsung Anda bagikan ke berbagai social media Anda.

Size dari aplikasi FIlmora Go juga terbilang kecil yakni hanya 37 MB saja. Jadi tak heran kalau banyak orang menyukai aplikasi ini.

Bahkan aplikasi ini sudah di download lebih dari 10 juta kali di playstore. Untuk Anda yang baru belajar editing video, aplikasi ini sangat recommended untuk Anda.

6. Kinemaster

Aplikasi Edit Video Terbaik kinemaster

Aplikasi Kinemaster pastinya sudah tidak asing lagi bagi orang-orang yang suka membuat konten dan editing video melalui smartphone.

Sebanyak 100 juta orang sudah pernah mendowload aplikasi yang satu ini. Mulai dari selebgram, hingga youtuber pemula biasanya pernah menggunakan aplikasi ini.

Hal ini karena Kinemaster memiliki fitur editing video yang cukup lengkap dan bisa di andalkan. Anda bisa menggunakan fitur-fitur dalam aplikasi ini secara gratis.

Namun sayangnya Anda harus upgrade ke versi pro agar bisa menghapus watermarknya.

Anda suka melihat youtuber gaming dengan latar belakang screen yang unik? Nah, efek ini biasanya menggunakan efek green screen.

Kinemaster juga sudah memiliki tampilan user interface yang profesional dengan pengendalian video yang mudah. Hal ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan video proseional dengan cepat menggunakan aplikasi ini.

7. Inshot

Inshot editor video

Jika Anda menginginkan hasil video tanpa watermark secara gratis, aplikasi Inshot bisa menjadi salah satu pilihannya.

Ketika Anda hendak mengedit video, secara otomatis memang akan terdapat watermark. Namun Anda bisa menghapusnya dengan cara mengklik watermark dan pilih free remove. Dengan begitu watermark akan terhapus dari video Anda.

FItur-fiturnya juga cukup lengkap. Anda bisa menotong video, memilih rasio, efek, filter dan music, stiker, teks dll. Jika Anda sudah selesai mengedit video, Anda bisa menyimpannya dengan beberapa pilihan resolusi seperti 640p, 720p atau 1080p.

Baca juga : Inilah Cara Mudah Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi dan Redmi

Aplikasi Inshot juga termasuk aplikasi yang memiliki size kecil yakni hanya 36 MB. Namun fiturnya bisa Anda dapatkan gratis tanpa watermark.

8. Power Director

Aplikasi Edit Video Terbaik Power director

Aplikasi Power Director termasuk kedalam aplikasi yang memiliki user interface yang terlihat sangat profesional.

Aplikasi ini sudah lebih dari 50 juta kali di download melalui playstore. Secara sizepun bisa terbilang cukup ringan yakni 54 MB. Jadi Anda tidak perlu menyediakan terlalu banyak space pada smartphone untuk mengedit video.

Anda bisa membuat content video yang lebih profesional ketika sudah terbiasa menggunakannya. Terdapat fitur editing time line video maupun audio, sticker dan filter dalam aplikasi Power Director.

Aplikasi ini juga menyediakan lebih dari 30 efek dan transisi efek yang berbeda, termasuk bisa mengedit video green screen.

Selain itu, aplikasi ini juga mampu mengedit video dengan resolusi 4K hanya menggunakan smartphone. Fitur ini sangat cocok jika Anda youtuber atau vloger pemula.

Baca juga : Android Lemot dan Nge-Lag? Ini Cara Cepat Mengatasinya!

Anda bisa mengedit video kapan saja dan dimana saja. Jika Anda masih baru dalam editing video, Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi ini juga memiliki tutorial pada setiap fiturnya.

9. Funimate

Funimate editor video

Untuk aplikasi yang satu ini terbilang cukup unik. Karena sesuai namanya, aplikasi ini bertujuan untuk mengubah sebuah video menjadi content yang lucu dan menyenangkan dengan berbagai fiturnya.

VIdeo yang tadinya biasa-biasa saja bisa berubah menjadi video kreatif yang lucu. Aplikasi Funimate cocok Anda gunakan untuk mengedit video berdurasi pendek yang bertujuan untuk menghibur.

Oleh karena itu, video yang di hasilkan biasanya bergaya full color atau cheerful. Tersedia berbagai efek untuk di tambahkan dalam video Anda.

Anda juga tentu bisa menambahkan musik, text dan memilih font. Biasanya aplikasi ini juga digunakan untuk menambah koleksi video tiktok.

10. Magisto

magisto editor video

Jika Anda masih belum memiliki pengalaman dalam pengeditan video, aplikasi ini mungkin cocok untuk Anda.

Aplikasi Magisto memiliki fitur penggabungan video maupun foto, music, efek dan filter yang maka bisa Anda lakukan dengan praktis namun hasilnya tetap memuaskan.

Karena aplikasi memiliki teknologi AI yang canggih yang bisa menganalisis video dan memilih pregmen yang menarik untuk video Anda.

Baca juga : Rekomendasi 10 Kamera Vlog Terbaik di Tahun ini

Lebih dari 50 juta user telah mengunduh aplikasi ini. Fitur-fiturnya juga cukup lengkap. Mulai dari menggabungkan dan memotong clip video, menambahkan text, sticker, musik dll. Untuk menginstal aplikasi ini, Anda memerlukan space 84MB.

Penutup

Nah itulah 10 aplikasi editing video yang bisa Anda unduh. Kebanyakan aplikasi diatas tidak berbayar alias gratis. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang baru belajar mengedit video atau memiliki mobilitas tinggi sehingga tidak ada waktu untuk mengedit video menggunakan PC ataupun laptop.

Anda bisa mencoba berbagai aplikasi sebelum menentukan aplikasi mana yang lebih mudah dan memenuhi kebutuhan Anda. Karena jika sudah terbiasa dan mulai lebih profesional dalam membuat konten video biasanya kita butuh fitur lebih, oleh karenanya tersedia juga paket berbayar jika ingin upgrade ke versi premiumnya.

.