Arus

8 Aplikasi Terbaik Penunjang Ibadah Saat Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat Islam. Kita di ajarkan untuk berlomba-lomba dalam beribadah, baik dari segi ibadah sosial maupun spiritual. Apalagi ketika bulan Ramadhan seperti saat ini.

Meski di hadapkan dengan berbagai kesibukan dan keterbatasan lain, kita pasti ingin tetap bisa meningkatkan ibadah.

Tenang saja, karena sekarang sudah ada aplikasi-aplikasi penunjang ibadah yang sangat bermanfaat untuk umat muslim pada umumnya bahkan teman-teman yang memiliki disabilitas netra. Mulai dari ibadah sholat, puasa ramadhan, ibadah sosial dan lainnya bisa dengan mudah kita akses hanya dari genggaman tangan saja.

Lalu aplikasi apa saja yang cocok untuk Anda download untuk bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah di bulan Ramadhan? Yuk langsung kita ulas!

1. Yaumi

Aplikasi penunjang ibadah yang pertama adalah Yaumi. Aplikasi ini merupakan aplikasi penujang ibadah yang memiliki banyak fitur menarik dan bermanfaat.

Dengan aplikasi Yaumi, Anda bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah dengan cara yang lebih menyenangkan. Karena tampilan antar muka yang user friendly dan juga tidak membosankan. Cocok untuk para milenial!

Apa saja fiturnya? Mulai dari membuat target ibadah, menambah wawasan dengan kajian dan artikel Islami, melihat waktu sholat, arah kiblat, Al-Qur’an digital (beserta terjemahannya), bahkan bisa menambah teman di komunitas Islami. Pokoknya lengkap! Hm.. beribadah jadi makin semangat bersama aplikasi yang satu ini.

2. Muslim Pro

Aplikasi Muslim Pro mungkin sudah tidak asing bagi banyak umat Islam di berbagai negara. Sudah lebih dari 80 juta umat muslim sudah pernah mendownload aplikasi ini. Aplikasi Muslim Pro juga memiliki rating yang cukup baik di Google Play store.

Salah satu aplikasi penunjang ibadah paling populer ini menawarkan berbagai fitur yang sangat menarik.

Aplikasi ini juga terkenal untuk jadwal sholatnya yang akurat. Selain jadwal sholat dan Alqur’an yang sudah di lengkapi dengan fasilitas terjemahan serta audio, Aplikasi muslim Pro juga memiliki fitur arah kiblat, maps atau peta untuk menemukan lokasi rumah makan halal dan masjid terdekat.

Fitur peta ini sangat bermanfaat, apalagi jika Anda sedang berkunjung ke luar negeri. Anda bisa dengan mudah menemukan lokasi tempat makan halal maupun masjid.

Jika tidak ada masjid terdekat, Anda bisa tetap sholat dengan baik menggunakan fitur arah kiblat. Bagaimana. apakah Anda tertarik mendownload aplikasi Muslim Pro?

3. Umma

Masih ingin tahu aplikasi lainnya? Ada aplikasi Umma. Apa yang unik dari Umma?

Sudah perlu di tanya lagi, apakah aplikasi Umma memiliki fitur basic seperti Alqur’an (dan terjemahnya), jadwal sholat dan alarm adzan. Uniknya, aplikasi Umma ini lebih cenderung sebagai aplikasi content Islami.

Pertama, terdapat fitur Live Streaming dan Q&A untuk Pro Muslim dengan versi high technology. Sehingga kita bisa menonton beragam kajian dan diskusi dari narasumber ahli. Biasanya topik yang di bicarakan seputar gaya hidup umat muslim sehari-hari.

Selain itu, ada juga uVoice yang merupakan fitur untuk mendengarkan podcast terbaik dari pada content creator muslim. Anda bisa mendengarkan podcas secara online ataupun mendownloadnya untuk di dengarkan nanti.

Menariknya lagi, aplikasi Umma juga memiliki media sosial muslim. Sehingga Anda bisa langsung berinteraksi dengan sesama pengguna aplikasi maupun ustadz/ content creator muslim yang membagikan artikel, kutipan ayat dan konten lainnya di aplikasi ini.

Oh ya, aplikasi Umma juga sudah dilengkapi petunjuk kiblat berbasis GPS dan kompas. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika sedang berada di luar negeri dan tidak menemukan masjid terdekat.

4. Ayo Puasa

Berbeda dengan ketiga aplikasi yang sudah di ulas diatas, aplikasi Ayo Puasa ini adalah aplikasi khusus jadwal puasa. Aplikasi Ayo puasa berisi kalender puasa tahunan yang dibutuhkan oleh setiap muslim.

Fiturnya lengkap, bukan hanya kalender puasa wajib, tapi juga ada juga puasa sunnah, bahkan lewat aplikasi ini kita bisa menemukan kapan puasa yang makruh dan haram.

Selain kalender puasa, ada juga fitur lainnya yang masih berkaitan dengan ibadah puasa. Diantaranya, fitur Q&A mengenai puasa, e-book gratis mengenai puasa sunnah dan wajib, fiqih puasa, niat puasa dan juga informasi mengenai hukum-hukumnya.

Aplikasi ini memang dibuat khusus untuk menunjang kegiatan ibadah puasa agar umat muslim tetap semangat menjalankannya. Tampilan aplikasi yang user friendly dan terkesan segar membuat aplikasi ini nyaman digunakan untuk menemani ibadah puasa kita.

5. Kitabisa

Kalau aplikasi yang satu ini adalah aplikasi penunjang ibadah sosial. Sebagian dari Anda mungkin sudah cukup familiar mendengar platform Kitabisa.com. Nah, kini Kitabisa.com juga punya aplikasi yang bisa Anda download melalui smartphone Anda, namanya aplikasi Kitabisa.

Aplikasi ini sudah memiliki izin resmi yayasan. Bahkan banyak artis dan selebgram yang suka ikut mengkampanyekan suatu program donasi. Jadi insyaallah donasi, sedekah dan zakat Anda di salurkan ke tempat yang semestinya.

Jadi jika Anda bisa berdonasi, sedekah maupun membayar zakat secara online. Donasinya pun bisa di mulai dari Rp 1000 saja.

Untuk mengirimkannya, Anda dimudahkan karena aplikasi Kitabisa dapat menerima donasi, sedekat & zakat melalui banyak e-wallet populer seperti Gopay, DANA, LinkAja, ShopeePay & Jenius. Bahkan Anda bisa mendonasikan cashback yang Anda dapatkan dari platform e-wallet tersebut.

Baca yuk, 10 Aplikasi Download Lagu Gratis Terbaik di Android

Wah, sepertinya sudah tidak ada alasan lagi menunda ibadah sosial untuk membantu sesama di bulan Ramadhan ini. Tinggal download aplikasi Kitabisa dan mulai berdonasi!

6. Muslim Mate

Aplikasi Muslim Mate hampir mirip dengan aplikasi Yaumi dan Muslim Pro. Aplikasi ini memiliki fitur jadwal dan alarm sholat, kalender hijriyah yang bisa memberitahukan event-event Islami dan juga petunjuk arah kiblat.

Selain itu, Aplikasi Muslim Mate juga punya fitur untuk memprediksi cuaca secara harian. Anda juga bisa menemukan restoran halal dan masjid terdekat melalui aplikasi penunjang ibadah yang satu ini. Tertarik mendownload-nya?

7. Zakat Kalkulator

Masih bingung menghitung zakat? Anda bisa download aplikasi Kalkulator Zakat melalui smartphone, lalu Anda sudah tahu berapa jumlah zakat yang harus Anda bayarkan.

Pada umumnya di dalam Islam, jenis zakat terbagi menjadi zakat fitrah dan juga zakat maal (penghasilan). Kedua jenis zakat tersebut memiliki perbedaan cara perhitungan dan asumsinya.

Zakat fitrah di keluarkan ketika menjelang hari raya idul fitri bisa berupa makanan pokok atau harga umumnya di suatu daerah, sementara zakat maal yang berjumlah minimal 2,5% di keluarkan berdasarkan penghasilan per-tahun.

Nah untuk Anda yang masih bingung untuk menghitung berapa nominal zakat fitrah pada Ramadhan tahun 2021 ini, bisa segera mendowload aplikasi Kalkulator ini. Aplikasi ini gratis dan mudah digunakan.

8. Hi Muslim

Terakhir, ada aplikasi Hi Muslim. Aplikasi ini adalah aplikasi lokal yang mirip dengan beberapa aplikasi penunjang ibadah yang lain. Namun ada yang unik dari aplikasi Hi Muslim yang umumnya tidak ada di aplikasi lainnya!

Di aplikasi Hi Muslim Anda bukan hanya menemukan restoran hala dan masjid terdekat tapi juga bisa menemukan bazaar halal!

Dengan fitur Bazaar Muslim Anda bisa berbagai membeli kebutuhan ibadah, pakaian muslim, dan lainnya dengan mudah dan praktis. Anda juga berkesempatan mendapatkan poin dengan mendaftarkan restoran halal favorit di aplikasi ini dengan fitur Halal Hunting.

Bukan hanya konten-konten Islami, aplikasi ini juga bisa membuat Anda bertambah semangat dalam mengkaji karena terdapat fitur kuis dan poin. Jadi jika Anda menjawab kuisnya Anda bisa mendapatkan poin dan memenangkan hadiah menarik. Seru bukan?

Baca yuk, 10 Aplikasi Edit Video Terbaik di Smartphone Untuk Vloger Pemula

Penutup

Unik-unik ya fitur aplikasinya? Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi penunjang ibadah seperti diatas, umat Islam tentu bisa lebih mudah meningkatkan ibadahnya. Mana aplikasi yang paling menarik menurut Anda dan ingin di coba?

Semoga kita bisa beribadah dengan lebih khuyuk di tahun ini dan bisa bertemu dengan bulan suci Ramadhan tahun depan.

Share
Yulinda Nurlisdiana

Recent Posts

Perbedaan realme Narzo 50A dan Narzo 50i

Jelang akhir tahun 2021 sepertinya dianggap sebagai momen yang tepat bagi realme untuk memboyong ponsel-ponsel…

1 minggu ago

Kamera Selfie 32 MP, Samsung Galaxy M52 5G Dihargai Rp5,3 Jutaan

Kendati pasar smartphone di Indonesia seolah digempur oleh ponsel-ponsel pabrikan Tiongkok, tampaknya itu bukanlah masalah…

4 minggu ago

Siap-Siap, Sederet Ponsel ini Tidak Bisa Pakai WhatsApp Per November

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, industri smartphone memang memiliki pergerakan yang luar biasa dinamis.…

1 bulan ago

Dijual Rp1,5 Jutaan, realme C11 2021 Punya RAM 4GB

Peta persaingan ponsel-ponsel asal Tiongkok di Indonesia memang sangat seru untuk diperhatikan. Segera setelah resesi…

1 bulan ago

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

1 bulan ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

1 bulan ago