Smartwatch

Apple Watch SE, Fitur Mewah Dengan Harga Murah

Sejak Januari kemarin Apple Watch SE mendarat di Indonesia, bersama dengan Apple Watch 6. Apple Watch 6 merupakan kelanjutan dari Watch 5 yang kini berada di puncak piramida Apple Watch.

Sedangkan Apple Watch SE, Special Edition. Muncul sebagai alternatif dengan harga yang lebih murah. Sekilas desain antara Watch 6 dengan Watch SE hampir sama, namun perbedaan akan segera tampak sesaat ketika waktu screen timeout.

Watch 6 mempunyai fitur AOD, Always On Display. Sedangkan Watch SE tidak.

©www.techradar.com

Selain tidak adanya AOD, Apple Watch SE juga tidak mempunyai fitur Electrocardiogram dan pendeteksi oksigen dalam tubuh. Selain tiga fitur tersebut, Watch SE mempunyai semua apa yang ada dalam Watch 6.

Perbedaan fitur tentu mempunyai pengaruh pada harga. Jika Apple Watch 6 dibanderol dengan harga 6 juta, maka Watch SE hanya 4,8 juta. Sebuah alternatif Apple Watch dengan fitur kekinian.

Karena itu, kami menyebut Apple Watch SE sebagai salah satu jam tangan pintar terbaik. Watch SE mempunyai fitur yang sama pada Watch 6 yaitu akselerometer, giroskop, altimeter, pelacak tidur, pendeteksi jatuh, dan deteksi cuci tangan.

Yuk baca ulasan, 9 Rekomendasi Smartwatch Murah dan Berkualitas Tahun ini

Namun, Watch SE hadir dengan masalah yang sama dengan lini Apple Watch lainnya. Beberapa fitur, aplikasi terlalu ringan, dan masa pakai baterai terlalu singkat, hanya satu setengah hari saja.

Ulasan Singkat Apple Watch SE

Desain Apple Watch SE masih sama dengan keluarga besar Apple Watch lainnya. Tepi melengkung yang sama, sasis aluminium bulat, dan Digital Crown di bagian samping. Jika Anda pernah memiliki Apple Watch sebelumnya, maka sekilas tidak tampak ada peningkatan.

Watch SE masih mengusung layar yang sama, tetap tajam dan resolusinya tinggi. Berkat teknologi OLED, tampilan layar menjadi jelas, cerah, dan mudah dibaca dalam situasi apa pun. Inilah Apple yang terbaik.

Namun tidak ada fitur AOD pada Watch SE, jadi Anda harus mengangkat pergelangan dan mengetuk layar untuk melihat waktu. Begitu juga saat Anda berjalan dengan petunjuk maps dari Watch SE, kadang dia akan meredupkan layar secara otomatis.

Keunggulan Apple Watch adalah bahwa itu mungkin ekstensi terbaik dari telepon ke pergelangan tangan. Anda bisa melihat pesan dan notifikasi apapun tanpa harus merogoh Iphone dari saku.

Banyak fitur Watch SE merupakan versi yang lebih kecil dari yang ada di iPhone, kami suka hal ini. Dalam hal kebugaran, Apple Watch melangkah dengan baik.

©www.tomsguide.com

Daftar latihan yang dapat dilacak di aplikasi Latihan default terus bertambah. Didukung dengan aplikasi pihak ketiga seperti Strava yang bekerja dengan baik pada Watch SE.

Jika Anda ingin berolahraga di luar rumah dengan tetap mendengarkan musik, Anda tinggal membawa Watch SE dan AirPods. Jangan lupa untuk berlangganan Apple Music dan aktifitas olahraga Anda akan lebih ringan tanpa Iphone di saku.

Pengalaman musik inilah yang akan memikat orang untuk membeli Apple Watch. Kemampuan memutar musik secara streaming ini sudah ada sejak Apple Watch 3.

Memiliki jam tangan pintar yang hanya bertahan satu setengah hari tidaklah cukup baik di tahun 2021. Apalagi sekarang Apple telah menerapkan pelacakan tidur di Watch SE.

Maka seolah Anda harus memilih, apakah ingin mencatat pola tidur Anda atau memberi waktu pada Watch SE untuk mengisi daya. Kami lebih cenderung memilih nomor dua.

Jika Anda mencari Apple Watch mutakhir tetapi tidak ingin menghabiskan banyak uang, Watch SE membagikan fitur ‘mewah’ dan hanya menawarkan hal-hal yang Anda butuhkan. Smartwatch ini ada di antara Apple Watch 4 dan Apple Watch 5 dalam hal kekuatan dan fitur.

Apa Saja Fitur Watch SE?

Pertanyaan pertama yang mungkin Anda tanyakan adalah peningkatan apa yang ada dalam Apple Watch SE?

Jam tangan pintar ini tidak memiliki tampilan AOD seperti Watch 5, tetapi memiliki kekuatan lebih dari Watch 4. Jadi jika kedua perangkat itu masih dijual, kami mungkin akan menyebutnya Apple Watch 4.5.

Perubahan utama pada Watch SE adalah pada chipset di dalamnya . Kami menemukan bahwa masa pakai baterai Apple Watch 5 meningkat tajam ketika fitur AOD dinonaktifkan.

Hal inilah yang ada pada Watch SE, sehingga kami mengharapkan masa pakai baterai yang baik. Ini adalah yang kami dapatkan dalam beberapa hari pertama menggunakan Watch SE.

Masih ada banyak fitur berguna di Apple Watch SE yang akan dinikmati oleh mereka yang sebelumnya menggunakan Apple Watch 3. Fitur pelacakan kesehatan semakin lengkap, melengkapi alasan kalian untuk membeli Jam tangan ini.

Watch SE juga memiliki fitur pengukur desibel. Fitur ini akan memberitahu apakah suara di sekitar Anda terlalu tinggi dan bising. Fitur ini menggunakan standar desibel yang nyaman untuk telinga manusia.

©www.techradar.com

Apple Watch SE tentu punya pencatat waktu tidur, sebagaimana semua perangkat yang berjalan pada Watch OS7. Fitur ini mencatat kapan Anda mulai benar – benar tidur, bukan hanya rebahan apalagi malas-malasan.

Fitur ini akan mencatat waktu yang dihabiskan dalam tidur nyenyak, kelayakan tidur Anda, dan kualitas tidur yang restoratif.

Watch SE juga mempunyai fitur pengukur ketinggian, Altimeter. Watch SE akan memberitahukan posisi Anda menurut ketinggian dari permukaan laut. Cocok untuk Anda yang suka mendaki atau travelling ke perbukitan.

Dengan dilengkapi fitur pencatat kebugaran, Apple Watch SE memang terasa seperti pilihan yang bagus untuk orangtua atau kakek-nenek yang sudah  lansia. Selayaknya para lansia,kesehatannya perlu pengawasan lebih seksama.

Apple Watch SE mampu melakukan pengawasan setiap saat. Anda bisa melihat apa yang terjadi saat meninggalkan seorang lansia di rumah, apakah ada catatan mengenai jatuh ringan atau ada peringatan masalah dengan detak jantung.

Kombinasikan fitur kesehatan dengan tampilan yang lebih besar pada kedua ukuran 40mm / 44mm. Ini akan menjadi perangkat yang benar-benar berguna bagi orang tua.

Ada juga fitur Family Setup baru untuk rangkaian Watch, yang memungkinkan Anda untuk mengatur Apple Wearable untuk orang lain dari iPhone Anda. Fitur ini memungkinkan para orangtua untuk mengelola pengaturan Apple Watch anak-anak mereka.

Pengguna dapat menyeleksi pesan dan panggilan telepon yang diterima melalui Apple Watch anak. Lebih lanjut, pengguna juga dapat mengatur fitur peringatan lokasi dan mengaktifkan mode do not disturb selama jam sekolah berlangsung.

Baca juga yuk, Dijual Rp1,8 Jutaan, Realme Watch S Pro Tahan Air Hingga 50 Meter!

Desain Apple Watch SE

Desain Apple Watch SE tidak akan mengejutkan siapa pun. Watch yang lebih murah tidak berbeda dari Apple Watch lainnya yang telah diluncurkan sejak Apple Watch 4 pada tahun 2018.

©www.tomsguide.com

Garis lengkung yang sama terlipat dengan elegan ke layar OLED. Mengemas Digital Crown yang berputar dengan nyaman di bawah jari saat Anda menggunakannya untuk menggulir daftar di tampilan jam .

Anda bisa menemukan tombol daya / multitasking di bagian bawah. Tombol ini dapat Anda gunakan untuk membalik-balik aplikasi yang baru dibuka untuk kembali ke aplikasi yang baru saja Anda gunakan.

Di bagian bawah Watch SE, Anda akan menemukan monitor detak jantung. Lampu LED hijau menyala akan memeriksa denyut nadi Anda sepanjang hari. Meski pembuluh nadi Anda hanya sedikit menonjol ke luar dan tidak dapat dirasakan di pergelangan tangan, namun Watch SE bisa merasakannya dengan baik.

Tidak ada pilihan warna baru yang mewah untuk Apple Watch SE. Hanya ada warna emas, perak, atau abu-abu jika Anda menginginkan Watch SE.

Tampilan Apple Watch SE

Layar Apple Watch SE menggunakan teknologi layar OLED yang sama sejak model pertama sampai terakhir dari Apple Watch.

Seperti yang kami sebutkan di atas, Watch SE lebih besar dari Apple Watch 3 berkat ukuran 40mm dan 44mm. Iitulah alasan utama mengapa kami menyukai Watch SE daripada Watch 3.

Bagi mereka yang menyukai fitur AOD pada Watch 5 atau Watch 6, itulah hal besar yang hilang di Watch SE. Yang menarik adalah bahwa SE menggunakan teknologi polikristalin oksida (LTPO) suhu rendah yang sama dengan yang ada pada Apple Watch dengan AOD.

Kami sepakat bahwa Anda tidak benar-benar membutuhkan layar yang selalu aktif. Terutama sampai Apple dapat mengeluarkan Arloji yang bertahan tiga hingga empat hari dengan sekali pengisian daya.

Kecerahan luar ruangan sebanding dengan Watch 6, jadi tidak ada masalah dengan mencoba melihat jam saat berada di bawah terik matahari. Pencahayaan layar tidak terlalu terang, sehingga baik untuk mata ketika malam hari atau saat Anda di tempat yang suram dan lupa mengaktifkan Mode Teater.

Kebugaran Apple Watch SE

Kemampuan mencatat kebugaran Apple Watch SE mungkin menjadi alasan utama Anda akan membeli perangkat ini. Apple telah bekerja keras untuk mengubah perangkat wearable-nya menjadi perangkat kebugaran yang serius sejak Watch pertama kali diluncurkan pada tahun 2015, dan Apple melakukan pekerjaan yang lebih baik dengan setiap seri terbarunya.

Mengingat bahwa Watch SE hampir sebanding dengan Apple Watch 5, Anda akan mendapatkan perangkat kesehatan dan kebugaran yang lebih baik dengan harga lebih murah daripada Watch 5.

Fitur utama di sini adalah GPS dan Glonass (satelit lain yang dapat dilacak oleh Watch SE untuk membantu meningkatkan akurasi lokasi). Watch SE juga memiliki fitur tahan air 5 ATM, yang berarti Anda dapat berenang dengan perangkat ini hingga kedalaman 50 meter.

Dengan peluncuran watchOS 7, Anda juga mendapatkan lebih banyak cara untuk melacak kebugaran Anda di aplikasi Exercise.

Dengan mode Dance dan Cooldown ditambahkan ke berlari, berjalan, bersepeda, yoga, dan lainnya. Beragam opsi baru ini membuat pembakaran kalori Anda akan meningkat. lebih akurat, dan Anda akan tahu saat Anda mencapai cincin kebugaran.

Cincin tersebut adalah kunci bagaimana Apple Watch SE dapat membantu Anda menjalani hidup yang lebih sehat dan bugar. Istilah “cincin” ini mulai diperkenalkan para produsen smartwatch sejak 2020.

Ini adalah sebuah cincin animasi berwarna yang isinya tergantung pada seberapa banyak Anda berolahraga setiap hari, seberapa banyak gerakan yang Anda kelola, dan apakah Anda sedang berolahraga. Cincin ini juga menghitung seberapa sering Anda berdiri dari meja kerja Anda.

Kedengarannya sederhana, tetapi jam tangan pintar ini dapat mempelajari pola gerakan umum Anda. Kemudian enjelang penghujung hari Anda akan mendapatkan pemberitahuan dari Watch SE mengenai apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapai sasaran pergerakan Anda.

Baca, Tips Memilih Smartwatch Yang Cocok Buat Kamu

Saran ini tidak selalu yang paling cerdas , misalnya disuruh jalan-jalan pada pukul 11 ​​malam, tetapi ini dapat mendorong Anda untuk lebih aktif pada waktu-waktu penting.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago