Asus ROG Zephyrus 14, Performa Monster untuk Gamers

Asus ROG Zephyrus G14 yang nanti akan kita singkat dengan Zephyrus 14 adalah laptop gaming yang benar-benar luar biasa. Performa luar biasa, masa pakai baterai terbaik di kelasnya, dan refresh rate layar yang cepat. Kami menyebut ini laptop gaming terbaik dalam hal harga dan performa.

CPU3.0GHz AMD Ryzen 9 4900HS (8-core, 12MB cache, hingga 4.3GHz)
GrafisNvidia GeForce RTX 2060 (6GB GDDR6)
RAM16GB DDR4 (3.200MHz)
Layar14-inci Full HD (1.920 x 1.080) ) IPS, 120Hz
Penyimpanan1TB SSD (PCIe)
Dimensi12,75 x 8,82 x 0,70 inci (32,4 x 22,4 x 1,79 cm); W x D x H.
Ports2 x USB 3.1 Gen2, HDMI-out, Gigabit Ethernet, 2 x USB 3.2 Gen1, 1 x Mic-in, 1 x Headphone-out
KonektivitasIntel Wi-Fi6 ( 802.11ax); Bluetooth 5.0
Kamera
Berat1,60 kg
Fitur Asus ROG Zephyrus
Asus ROG Zephyrus 14,
Asus ROG Zephyrus 14 via www.firstpost.com

Asus Zephyrus G14 adalah laptop yang dilengkapi prosesor AMD, ini adalah laptop yang menunjukkan kepada dunia mengenai performa AMD Ryzen 4000 untuk laptop gaming.

Ini adalah perangkat yang relatif tipis dan ringan yang memberikan kinerja dan masa pakai baterai yang belum pernah kami lihat sebelumnya dalam kategori ini. AMD dan Asus tampak berkolaborasi dengan baik untuk melahirkan Zephyrus 14.

Tampaknya Asus memposisikan laptop yang dilengkapi AMD Ryzen 9 ini melawan sistem Intel Core i7 yang tentu tidak dapat menyainginya. Tentu, dalam hal desain, ini tidak seseksi MSI GS65 Stealths, tetapi jika Anda mencari sistem game yang kuat dan dikemas dengan masa pakai baterai, Anda tidak akan kecewa dengan Zephyrus 14 ini.

Namun, Asus Zephyrus G14 terbatas pada RTX 2060. Tingkat kinerja yang dibawa prosesor ke meja kerja membuat kita bertanya-tanya apa yang bisa dilakukan oleh sistem dengan GPU yang lebih kuat, tetapi pada akhirnya, dengan layar 1080p itu lebih dari cukup untuk memaksimalkan setiap game yang ada di pasaran saat ini.

Sebagai laptop gaming pertama yang keluar dengan prosesor AMD Ryzen 4000 baru, Asus Zephyrus G14 memiliki banyak hal untuk dibuktikan. Laptop ini tentunya akan menjadi inspirator bagi beberapa laptop paling luar biasa dalam sejarah yang keluar pada tahun-tahun setelahnya.

Desain

Asus Zephyrus G14 lebih tipis dan lebih ringan dari yang Anda harapkan. Dengan ketebalan hanya 0,7 inci dan berat hanya 1,60kg, ini sangat portabel untuk laptop gaming. Ini tidak setipis dan seringan, katakanlah Dell XPS 13, tetapi tentu dengan performa yang lebih baik.

Bahkan dibandingkan dengan laptop gaming tipis dan ringan lainnya seperti Razer Blade 15 dan MSI GS65 Stealth, laptop ini sama tipis dan bahkan lebih ringan dari keduanya, berkat sasis yang dilengkapi magnesium alloy.

Jika Anda menginginkan laptop gaming yang tipis dan ringan yang muat di dalam tas tanpa membebani Anda, Asus Zephyrus G14 adalah jawabannya .

Menjadi kurus dan ringan bukanlah segalanya tanpa memiliki desain yang menarik, dan ini adalah pertimbangan Asus dalam merancang Zephyrus G14.

Asus Zephyrus G14 memiliki estetika umum yang mungkin sedikit berbatasan dengan kapital-G Gamer bagi sebagian orang, tapi itu tidak terlalu buruk. Tampilan layar bagian luar laptop terbagi secara diagonal, dengan setengahnya tercakup dalam titik-titik kecil ini.

Ada versi laptop ini yang memiliki lampu ini dengan LED putih, dan meskipun kami telah melihat versi itu di banyak pameran dagang, itu tidak ada dalam model ulasan kami, jadi kami tidak dapat menjelaskan mengenai dampaknya pada kegunaan atau masa pakai baterai.

Ada banyak ventilasi udara di semua tempat, dengan tampilan yang sangat bersudut. Memiliki banyak ventilasi ini pada akhirnya adalah hal yang baik untuk perangkat yang mengemas perangkat keras pada level gaming.

Saat Anda mencari perangkat untuk memainkan game PC terbaik atau menyelesaikan beberapa pekerjaan kreatif, tentu Anda tidak ingin mengalami batasan termal. Dan Asus Zephyrus 14 memberikan jawaban mengenai kebutuhan Anda.

Keyboard chiclet memiliki jarak yang sangat baik dan nyaman untuk mengetik. Ini mengejutkan hanya karena seberapa kecil footprint yang dimiliki oleh perangkat.

Namun, kemungkinan akan ada beberapa orang yang merasa kurang merasakan sentuhan tombol karena desain keyboard yang lebih lembut, karena itu terasa tidak taktis seperti beberapa laptop gaming di luar sana dengan keyboard mekanis.

Yang sangat kami sukai dari keyboard, bagaimanapun, adalah tombol khusus di bagian atas. Kemampuan untuk mengubah volume dengan cepat tanpa mengotak-atik kombinasi tombol Fn dengan salah satu Tombol Fungsi di bagian atas adalah sentuhan yang bagus.

Ada juga kunci khusus untuk membuka Armory Crate, yang memungkinkan Anda mengontrol kinerja sistem dan pencahayaan RGB dengan komponen yang mendukung Aura Sync.

Touchpad sangat responsif dengan gerakan multi-touch yang berfungsi, dan cukup akurat – pada dasarnya ini menyelesaikan pekerjaan .

Yuk baca review asus ROG lainya, Review Laptop Gaming ROG Zephyrus S GX701, Super Lengkap.

Karena ini adalah laptop gaming dan banyak orang akan menggunakan hal ini dengan salah satu mouse gaming terbaik , touchpad tampaknya akan menjadi pilihan kedua.

Orang-orang kreatif yang hanya mengejar kinerja multi-core yang luar biasa, bagaimanapun, bisa diberikan dengan baik dari touchpad ini.

Tampilan

Asus ROG Zephyrus 14, Performa Monster untuk Gamers
Asus ROG Zephyrus 14 via www.firstpost.com

Tampilannya juga cukup luar biasa untuk harga yang Anda bayarkan. Tentu, ini bukan salah satu dari panel OLED 4K terbaik yang kami lihat di laptop ultra-premium, tetapi itu tidak masalah dengan perangkat keras yang ditawarkan di sini.

Anda akan mendapatkan layar 1080p yang sangat solid dengan kecepatan refresh 120Hz yang sangat cepat. Layarnya mencapai 100% spektrum sRGB sehingga lebih dari cukup berwarna untuk bermain game. Plus, dengan ukuran hanya 14 inci, layar tidak perlu memiliki resolusi yang lebih tinggi.

Ada tren di laptop di mana pabrikan mendorong tampilan resolusi super tinggi. Menurut kami itu tidak sepadan karena Anda kehilangan masa pakai baterai dan kebanyakan orang tidak akan benar-benar bisa membedakan dengan laptop ukuran ini.

Namun lain hal dengan Asus Zephyrus 14 ini ketika dipasangkan dengan RTX 2060, Anda benar-benar dapat mencapai 120Hz saat bermain game.

Anda dapat memainkan Game Doom Eternal pada 1080p pada pengaturan Ultra Nightmare (meskipun hanya tekstur Ultra, dengan penyangga bingkai 6GB). Gerakan sangat halus pada tampilan ini sehingga terasa cukup dekat untuk diputar di monitor eksternal khusus gaming premium.

Port Eksternal

Asus Zephyrus G14 memberi Anda dua pilihan port USB 3.2 Gen 1 Tipe A dan dua port USB 3.2 Gen 2 Type-C, salah satunya dapat digunakan untuk mengisi daya laptop.

Anda juga mendapatkan port pengisian daya khusus, HDMI, dan jack headphone / mic combo 3,5 mm. Di laptop yang semudah ini untuk dibawa-bawa, kami sangat menyukai berbagai I / O di sini.

Hanya ada satu hal yang hilang dan mungkin menjadi masalah besar bagi pengguna tertentu: tidak ada webcam. Sekarang, kami tidak berpikir itu masalah besar, karena Anda tidak benar-benar membutuhkan webcam untuk game kecuali Anda melakukan aktifitas streaming.

Performa

AMD Ryzen 9 4900HS dikemas dengan 8-core dan 16-threads dengan clock dasar 3.0GHz dan peningkatan 4.3GHz, ini adalah sebuah monster yang menjanjikan performa dan kecepatan . Dalam semua beban kerja pengujian kerja CPU, prosesor ini benar-benar mengalahkan persaingan dengan laptop gaming lainnya.

Bahkan dibandingkan dengan Intel Core i9-9980HK full-fat dan overclock yang ditemukan di Alienware m17, kami melihat kemenangan untuk AMD. Misalnya, di Cinebench R15, Zephyrus yang didukung AMD mendapatkan 1.782 poin yang solid, dibandingkan dengan Alienware yang hanya mencapai poin 1.182.

Hal diatas dimungkinkan terjadi karena peralihan ke arsitektur AMD Zen 2 7nm di seluler. Ini, ditambah beberapa rekayasa kreatif dari orang-orang di AMD, telah memungkinkan prosesor ini menawarkan kinerja kelas desktop yang sesungguhnya pada laptop yang beratnya tidak sampai 2 kg.

Anda dapat mengharapkan kinerja gaming yang solid di laptop ini. Refresh rate luar biasa 120 fps memberikan gambar yang stabil dan anti nge-hang.

Sulit untuk membandingkan Asus Zephyrus 14 dengan sistem dengan spesifikasi yang sama dengan chip Intel, hanya karena tidak banyak laptop di luar sana yang memasangkan prosesor Intel Core i9 dengan RTX 2060. AMD tampaknya berkomitmen untuk tidak mematok harga yang terlalu tinggi.

Daya tahan baterai

Daya tahan baterai
Asus ROG Zephyrus 14 via www.techguff.com

Secara umum, ketika memiliki sebuah laptop gaming maka kita tidak akan berharap banyak pada laptop ini untuk bertahan dalam waktu tiga atau empat jam.

Jika beruntung , kita akan melihat laptop gaming mencapai 5 jam, tetapi sangat jarang kita akan melihat laptop yang dapat Anda gunakan untuk bermain Game atau menonton film sepanjang hari jauh dari soket pengisi daya.

Namun Asus Zephyrus 14 berkata lain, Asus Zephyrus G14 mampu bertahan luar biasa 8 jam dan 10 menit untuk menonton film. Sedangkan untuk bermain Game laptop ini bisa bertahan sekitar 4 jam 47 menit.

Kami belum pernah melihat laptop gaming yang dapat mencapai tingkat masa pakai baterai seperti ini atau bahkan mendekati itu. AMD telah membuat beberapa klaim berani tentang masa pakai baterai Ryzen 4000, dan itu benar-benar diwujudkan.

Software dan fitur

Sebenarnya hanya ada tiga perangkat lunak khusus yang disertakan Asus di Zephyrus G14. Visual Game ROG, Armory Crate, dan GameFirst VI. Ketiga perangkat lunak ini memungkinkan Anda mengotak-atik kinerja laptop.

Game Visual memungkinkan Anda mengotak-atik tampilan, beralih di antara preset yang berbeda dan memungkinkan Anda menyesuaikan suhu warna.

GameFirst VI akan membantu Anda mengoptimalkan jaringan Anda untuk game online, bahkan membantu Anda mendeteksi jaringan terkuat di sekitar Anda.

Khususnya jika Anda berada di rumah dengan akses ke banyak jaringan, ini akan membantu Anda memilih jaringan yang tepat.

Kemudian, Armory Crate memungkinkan Anda bermain-main dengan pengaturan. Melalui software ini Anda dapat menyesuaikan semuanya mulai dari kecepatan kipas hingga RGB (melalui periferal yang terhubung, tidak ada RGB yang terpasang di laptop).

Yuk simak ulasan asus ROG, Review ASUS ROG Zephyrus S GX502GW Glacier Blue

Bahkan ada tab yang akan memindai komputer Anda untuk game yang diinstal dan memungkinkan Anda meluncurkannya dari tab khusus, tanpa perlu khawatir menyortir lusinan layanan game PC yang harus kalian mainkan.

Apakah Laptop ini Layak?

Paduan antara prosesor dan grafis yang cepat, masa baterai yang lama dan berbagai fitur untuk memudahkan Anda menjadi bagian dari rakyat “Republic Of Gamers”, kepanjangan dari ROG yang disematkan pada nama laptop ini. Gabungan dari semua hal itu membuat kami tidak perlu meyakinkan Anda lagi untuk mengatakan bahwa ini adalah Laptop terbaik untuk para Gamers.