Asus TUF 15, Laptop Gaming Harga Terjangkau

Asus TUF A15 adalah laptop gaming dengan harga yang terjangkau namun tidak mengesampingkan kinerja pada level kemampuan gaming.

TUF yang merupakan kepanjangan dari The Ultimate Force yang menggabungkan CPU AMD Ryzen terbaru dan GPU NVIDIA GeForce seri RTX. Gabungan ini diharapkan mampu memberikan kemampuan yang kencang.

CPU2.9GHz AMD Ryzen 7 4800H Prosesor (octa-core, 8MB cache, hingga 4.2GHz boost)
GrafisNvidia GeForce RTX 2060 6GB GDDR6
RAM16GB LPDDR4 (3200MHz)
Layar15,6 inci Full HD (1080 x 2560) LED 144Hz
Penyimpanan1TB SSD (PCIe, NVMe, M.2)
Dimensi12,08 x 7,66 x 0,67 inci (30,6 x 19,45 x 1,69 cm; W x 39,5 x 25,6 x 2,49cm (W x D x H )
Ports1 x audio jack, 2 x Type-A USB 3.2 (Gen 1), 1 x Type-C USB 3.2 (Gen 2), 1 x Type- A USB2.0, 1 x RJ45 LAN, 1 x HDMI 2.0b
KonektivitasIntel Wi-Fi 5, Bluetooth 5
Kamera720p
Berat2,3 kg
Fitur Asus TUF A15
Asus TUF 15, Laptop Gaming Harga Terjangkau
Asus TUF A15 via www.ultrabookreview.com

Laptop ini berhasil mencapai keseimbangan yang tepat antara kinerja dan harga. Performa layar 1080p yang kuat, kualitas build yang tangguh, dan pilihan port yang banyak akan menyenangkan banyak penggemar, terutama di antara pemain Esports yang kompetitif.

Asus TUF A15 adalah salah satu laptop gaming paling menarik yang pernah kami coba. Meski desain luarnya terlihat seperti biasa, tidak ada pilihan desain yang mencolok.

Namun laptop ini ternyata menawarkan kinerja yang kuat dalam sebuah desain ramping. Juga tidak mengemas komponen high-end tertinggi untuk kinerja gaming untuk menyaingi PC gaming terbaik.

Tidak, yang membuat kami bersemangat tentang Asus TUF A15 (juga dikenal sebagai Asus F506IV) adalah kenyataan bahwa ia menampilkan salah satu prosesor seluler AMD Ryzen 4000 terbaru yang telah membuat kami terpesona baru-baru ini, bersama dengan GPU Nvidia RTX 2060 yang luar biasa, untuk membuat laptop gaming terjangkau yang menawarkan kinerja cemerlang tanpa menguras isi tabungan Anda.

Seperti laptop gaming lain dalam seri TUF Asus, Asus TUF A15 adalah perangkat besar dan tebal yang jauh dari jangkauan Asus Zephyrus – tetapi kemudian, itu adalah bagian dari daya tariknya.

Yuk baca ulasan lainya, Laptop Jumbo LG Gram 17, Layar Maksimal Berat Minimal.

Seperti yang disinggung oleh julukan ‘TUF’, Asus TUF A15 menempatkan kualitas dan daya tahan sebagai andalan utama dari sebuah desain.

Desain

Ini bukan laptop kokoh yang bisa Anda jatuhkan dari ketinggian. Namun Anda juga tidak perlu khawatir karena ini adalah laptop gaming yang akan dengan senang hati Anda masukkan ke dalam ransel dan dibawa bermain game bersama temanmu di kafe.

Beberapa laptop gaming yang sangat tipis dan ringan terasa sangat halus sehingga Anda akan takut untuk mengeluarkannya dari rumah – tidak demikian dengan Asus TUF A15.

Asus TUF A15 mempunyai dagu yang kokoh di bawah layar seperti model sebelumnya, dengan celah di antara engsel, yang dimaksudkan untuk membantu pendinginan dan membiarkan LED status terlihat dengan tutupnya tertutup.

LED status masih ditempatkan di bawah layar, tetapi sekarang sangat terang dan dapat diabaikan saat menonton film di ruangan gelap.

Perubahan eksterior lebih terlihat pada desain dan pilihan material. Plastik masih digunakan untuk interior, bezel, dan bingkai dengan tekstur yang sedikit berbeda, dan elemen branding yang lebih sedikit.

Dek utama mendapat finishing bertekstur yang berfungsi dengan baik dalam menangkis noda dan goresan, tetapi masih terasa agak murah untuk disentuh dan mengingatkan Anda bahwa Anda berbelanja di segmen harga yang lebih hemat.

Asus TUF A15 hadir dengan warna sasis dalam dua warna: Fortress Grey (warna model review kami, seperti yang digambarkan) dan Bonfire Black.

Saat membuka laptop, ada lebih banyak pilihan desain yang menarik bagi para gamer. Ada pencahayaan RGB dan semua tombol WASD yang penting diberi pewarnaan yang tembus cahaya, membuat Anda tidak ragu bahwa ini adalah laptop untuk bermain game.

Desain industrial memang menarik, dan juga fungsional. Ini memberi laptop perlindungan ekstra dari benturan, dan ada juga desain sarang lebah di dasar mesin, yang membuat perangkat tidak mudah tergelincir, dengan sel di struktur yang menampung ventilasi pendingin.

Desain yang tebal juga memungkinkan Asus untuk mengemas banyak port, dengan port Ethernet, HDMI, dua port USB standar dan port USB-C di sisi kiri. Kemudian di sisi kanan ada colokan catu daya dan satu port USB standar.

Dengan banyak pilihan port memungkinkan Anda untuk menghubungkan periferal favorit Anda tanpa memerlukan adaptor. Port LAN sangat disukai di laptop gaming, karena menawarkan kecepatan jaringan yang lebih cepat dan lebih andal.

Sebagaimana laptop gaming tentu harus memiliki layar yang mumpuni. Begitu pula Asus TUF 15 memiliki layar yang bagus, besar, layar 1080p 15,6 inci dengan kecepatan refresh 144Hz, semakin memperkuat kredensial gaming TUF A15.

Keyboard

Keyboard, Asus TUF 15, Laptop Gaming Harga Terjangkau
Asus TUF A15 via www.ultrabookreview.com

Berlanjut ke keyboard, TUF Gaming A15 mempromosikan sebuah teknologi bernama Overstroke Technology pada bagian keyboard. Mengutip laman resmi ASUS TUF A15, dikatakan bahwa Overstroke Technology memungkinkan keyboard laptop ini bertahan lebih lama sampai dengan 20 juta tekanan.

Baca ulasan lainya, Acer Swift 3, Ultrabook Kualitas Terbaik Dengan Harga Terjangkau.

Walaupun diklaim memiliki daya tahan yang kuat, namun sepertinya keyboard ASUS TUF Gaming A15 terbilang kurang cocok untuk gaming. Salah satu alasannya, karena keyboard ini tidak mendukung N-Key RollOver (NKRO) yang memungkinkan pengguna melakukan input tombol keyboard sebanyak apapun yang diinginkan.

Performa

Seperti yang kami sebutkan di awal ulasan ini, apa yang membuat kami sangat bersemangat tentang Asus TUF A15 adalah pilihan komponennya, yang mencakup beberapa perangkat keras terbaru dari AMD dan Nvidia.

Di bagian CPU, Asus TUF A15 menghadirkan AMD Ryzen 7 4800H yang baru. Ini bukan prosesor seluler andalan dari AMD yaitu Ryzen 9 4900HS.Tetapi memang Asus TUF A15 tidak bertujuan untuk menjadi laptop andalan. Karena tujuan Asus TUF 15 adalah untuk menjadi sebuah mesin yang menawarkan keseimbangan antara kinerja dan nilai.

Asus  TUF Gaming A15 memiliki 3 preset pengaturan performa laptop. Tiga mode tersebut adalah Silent, Performance, dan Turbo, yang bisa Anda temukan di halaman utama aplikasi Armoury Crate.

Mode Silent akan memperlambat putaran kipas untuk mengurangi kebisingan, seraya mengurangi performa CPU serta GPU secara keseluruhan. Mode Performance membuat TUF Gaming A15 berjalan lebih optimal dengan kipas berputar lebih kencang, dan tentunya lebih bising.

Sementara Mode Turbo mungkin bisa dibilang semacam ‘overclock kecil-kecilan’, meningkatkan performa CPU dan GPU secara keseluruhan dengan putaran kipas paling kencang mencapai 5600 RPM.

Daya tahan baterai
Asus TUF A15 via www.ultrabookreview.com

Daya tahan baterai

Kami tidak pernah berharap terlalu banyak dari laptop gaming dalam hal masa pakai baterai, tetapi Asus TUF A15 tidak nampak terlalu buruk. Laptop ini bisa bertahan 3 jam non-stop untuk digunakan bermain Game ukuran besar.

Itu tidak terlalu buruk untuk laptop gaming, dan daya tahan ini berkat efisiensi energi dari AMD Ryzen 7 4800H yang tidak menguras baterai secepat CPU Intel yang lebih menyerap kekuatan baterai.

Uik Baca ulasan lainya, Asus ROG Zephyrus 14, Performa Monster untuk Gamers.

Baterai di sini sangat besar 90Wh, yang jauh lebih besar dari yang biasanya Anda temukan di laptop gaming (dan tidak jauh dari ukuran maksimum yang diizinkan secara hukum untuk dibawa ke pesawat). Jika Anda menggunakannya untuk menonton film 1080p setidaknya baterai laptop ini bisa bertaha hingga 10 jam.

Meskipun memutar video loop bukanlah tugas yang paling menuntut, fakta bahwa TUF A15 bertahan begitu lama sangatlah mengesankan. Namun, ketika datang ke game, waktu aktif turun menjadi sekitar dua jam, tergantung pada jenis game yang Anda mainkan. Itu masih lumayan, dan bisa membawa Anda melalui perjalanan kereta yang pendek; tetapi, seperti laptop gaming lainnya, Anda pasti ingin mencolokkannya saat bermain.