Zenfone

Asus Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip, Ponsel Premium Harga Terjangkau

Asus Zenfone 8 meluncur dengan spesifikasi tinggi dengan mengurangi beberapa fitur di Zenfone 7. Tidak ada lensa telefoto, pengisian nirkabel, dan kamera flip yang memungkinkan lensa belakang berputar ke depan untuk mengambil selfie.

Asus mengurangi fitur tersebut untuk bisa mendapatkan harga level Mid-End. Ini sebuah usaha untuk mampu menjangkau market Gen-Z yang belum mempunyai banyak budget.

Asus juga mengeluarkan Zenfone 8 model flip kamera edisi terbatas. Mungkin tidak akan beredar terlalu lama di pasaran.

©www.techadvisor.com

Ulasan Singkat

Asus Zenfone 8 tampaknya ingin mengubah paradigma tentang sebuah ponsel premium. Bukan hanya tentang harga yang tinggi dan fitur yang lengkap, namun tentang kemampuan menjangkau pasar lebih luas.

Mempertahankan spesifikasi tinggi demi performa yang baik, dan mengurangi beberapa fitur yang tidak terlalu esensial. Hal ini mirip seperti apa yang dilakukan oleh OnePlus untuk menjangkau pasar.

Asus meletakkan Zenfone 8 sebagai versi standar bagi ponsel di tahun 2021. Dengan spesifikasi kelas atas dalam berbagai konfigurasi.

Chipset Snapdragon 888 tingkat atas dan RAM hingga 16GB dan penyimpanan 256GB, dengan harga yang sangat kompetitif. Seorang pembeli harus mengikuti kompromi dari Asus ketika membandingkan Zenfone 8 dengan ponsel premium lain.

Hanya ada dua kamera belakang tanpa lensa telefoto dan ukuran layar kurang dari 6 inci. Mudah untuk membawa ponsel ini dalam saku, namun tentu agak sulit ketika harus membaca dokumen pdf.

Anda masih bisa mendapatkan kamera flip, tetapi hanya dalam versi khusus ponsel yang lebih besar. Zenfone 8 Flip akan menjadi rilis terbatas, lebih mahal, dan hadir dalam satu RAM dan konfigurasi penyimpanan.

Baca yuk, Xiaomi Mi 11 Ultra, Harganya Dua Kali Lipat Xiaomi Mi 11

Asus Zenfone 8 biasa mempunyai 2 kamera belakang, kamera utama 64MP dan kamera ultrawide 12MP. Juga 1 kamera depan dalam lubang punch.

Seperti yang telah kita lihat pada ponsel Asus sebelumnya, kamera ini bekerja dengan baik dalam cahaya yang baik, meskipun kualitasnya ada di bawah ponsel premium lain dalam hal fotografi cahaya redup dan malam hari.

Ponsel andalan baru Asus adalah perangkat kecil, dengan pertimbangan desain yang menyesuaikan untuk penggunaan satu tangan. Bodinya cenderung  tinggi dan sempit serta mode antarmuka yang memudahkan penggunaan satu tangan.

Ukurannya membuatnya menjadi sesuatu yang langka di antara ponsel dengan spesifikasi premium. Menyaingi iPhone 12 mini dan Google Pixel 5, tentu dengan spesifikasi yang lebih rendah.

Ponsel ini mewarisi banyak hal dari ponsel Asus sebelumnya.Kecepatan refresh layar 120Hz dan overlay OS ZenUI, juga ada fitur mode permainan dan jack headphone 3.5mm.

Meski kapasitas baterai hanya 4.000mAh, namun pengurangan fitur mampu menambah daya tahan baterai.

Secara keseluruhan, Semua hal yang ada dalam Zenfone 8 membuat ponsel ini menarik dan kuat. Ukurannya yang kecil mungkin akan sedikit memperkecil segmen konsumen.

Karena pengguna dengan frekuensi menonton media atau bermain game tentu kurang cocok dengan layar kecil ini. Jika Anda ingin layar yang lebih besar, ada Zenfone 8 Flip dengan layar 6,67 inci yang lebih besar.

Harga dan Tanggal Rilis

Asus Zenfone 8 sudah rilis di Indonesia sejak pertengahan bulan Mei dengan harga 12 jutaan untuk RAM 8GB dan Memori 128GB. Kami belum menemukan konfigurasi lebih besar meluncur di Indonesia, RAM 16GB dan Memori 256GB.

Zenfone 8 hadir dalam dua warna: Obsidian Black matte dan Horizon Silver berbingkai perak berwarna putih.

Sementara itu Zenfone 8 Flip akan memiliki rilis yang jauh lebih terbatas, hanya konfigurasi RAM 8GB dan Memori 128GB. Asus membanderol Zenfone 8 Flip dengan harga 15 jutaan.

Desain

Desain Zenfone 8 tidak mengubah banyak hal dari Zenfone 7, kecuali kamera flip. Tetapi ia mengemas spesifikasi yang mengesankan dalam paket kompak yang mudah menggunakannya dengan satu tangan.

Ada beberapa ponsel yang mempunyai ukuran hampir sama dengan Zenfone 8 (148 x 68.5 x 8.9mm). Ada Google Pixel 5 (144.7 x 70.4 x 8mm) dan juga sedangkan iPhone 12 mini (131.5 x 64.2 x 7.4 mm) yang lebih pendek, lebih sempit, dan lebih tipis dari keduanya.

Anda bisa membandingkan dengan ponsel seperti Asus ROG Phone 5 (172,8 x 77,3 x 10,3mm). Ponsel gaming ini sangat lebar dan tinggi sehingga sulit untuk menjangkau ibu jari lebih dari dua pertiga dari layar 6,8 inci saat memegang ponsel dengan satu tangan.

Zenfone 8 memiliki bagian belakang kaca matte halus dengan blok kamera di sudut kiri atas. Semua sudut tepinya membulat dan melengkung ke dalam bingkai aluminium, membuat kesan kokoh dan berkelas.

©www.androidauthority.net

Meskipun ponsel ini sedikit tebal hampir 9mm, sisi-sisinya lebih lebar ke arah belakang dan lebih sempit ke arah kaca depan. Membuatnya sedikit lebih mudah untuk melingkarkan jari Anda di sekitar ponsel.

Anda akan melihatnya secara lebih jelas di foto, ini sebuah desain yang elegan dan membuatnya mudah untuk mengoperasikan ponsel ini dengan satu tangan.

Anda bisa menemukan tombol  volume rocker di bagian atas tepi kanan dan tombol kunci biru metalik di bawahnya. Tidak ada tombol kunci tebal dengan sensor sidik jari built-in yang ditemukan di Zenfone 7, karena Asus akhirnya menerapkan sensor sidik jari di layar di Zenfone 8.

Di bagian atas handset terdapat mikrofon di sebelah kanan dan jack headphone 3.5mm. Sedangkan di bagian bawah adaport USB-C tepat di bagian tengah, kemudian ada speaker di kanan, mikrofon di kiri.

Lalu di sisi kiri atas ada slot SIM di sebelah kiri, namun tidak ada slot microSD. Kami menyayangkan hal ini.

Speaker bagian atas mempunyai ukuran 10 x 12mm, sedangkan bagian bawah lebih besar yaitu 12 x 16mm.Speakr bawah ini ukurannya sama dengan yang ada di Asus ROG Phone 5, meski dengan volume box speaker 1.0cc yang sedikit lebih kecil.

Tentu tidak adil untuk membandingkan antara Zenfone 8 dan ROG Phone 5 yang memiliki speaker lebih besar dan menyala ke depan. Sementara Zenfone 8 memiliki satu speaker keluar dari bawah dengan suara yang kurang merata.

Ulasan Gaet Mobile Legends, HP Gaming Infinix Hot 10S Dijual Rp1,7 Juta

Cukuplah untuk mengatakan bahwa speaker Zenfone 8, yang menggunakan perangkat dari perusahaan audio Swedia Dirac, mengeluarkan volume yang bagus. Kami memperhatikan lebih banyak nada tinggi dan menengah daripada nada rendah.

Zenfone 8 vs Zenfone 8 Flip

Sebelum kita menyelami lebih dalam tentang Zenfone 8, mari kita bahas perbedaan antara itu dan Zenfone 8 Flip. Yang paling krusial tentu saja kamera lipat, ini membuat tampilan layar bersih tanpa lubang atau cekungan V.

Zenfone 8 Flip pada dasarnya mempertahankan kamera yang sama seperti pada jajaran Zenfone 7. Mekanisme membaliknya memungkinkan aktifitas selain mengambil foto selfie atau video dengan rangkaian utama kamera belakang.

Misalnya Anda dapat memegang telepon dalam lanskap dan menggunakan flip untuk mengambil panorama otomatis. Yang paling penting adalah Anda akan mendapatkan foto selfie dengan kualitas kamera utama.

Dengan layar 6,67 inci, 8 Flip terlihat lebih besar dari Zenfone 8 dengan layar 5,9 inci. Tetapi ada perbedaan yang aneh dalam hal kecepatan refresh, layar Zenfone 8 yang lebih kecil mempunyai kecepatan 120Hz dibandingkan dengan 8 Flip pada 90Hz.

Kedua ponsel ini memiliki sensor sidik jari pada layar, ini lebih nyaman daripada sensor sidik jari di samping.

Zenfone 8 dan 8 Flip mengemas chipset Snapdragon 888. Meski 8 Flip hanya hadir dalam satu konfigurasi , RAM 8GB dan penyimpanan 256GB.

Sedangkan Zenfone 8 standar dimulai pada RAM 8GB / 128GB, dan dibatasi pada RAM 16GB / 256GB . Namun keduanya tidak memiliki slot Micro SD. Kami pikir memori 12GB sudah cukup besar asalkan Anda tidak menyimpan banyak video.

Tampilan

Zenfone 8 memiliki layar AMOLED 5,9 inci dengan resolusi Full HD Plus (2400 x 1080). Layarnya memiliki fitur kecepatan refresh 120Hz untuk penelusuran yang mulus, tampilan media dan bermain game.

©www.androidauthority.net

Layar 5,9 inci Zenfone 8 memiliki area yang sedikit lebih kecil daripada Google Pixel 5 6 inci. Tetapi karena layar Zenfone 8 lebih panjang dan lebih tipis, maka tampak tidak ada bedanya.

Area tampilan jauh lebih luas daripada iPhone 12 mini yang hanya 5,4 inci, dan hampir sebanding dengan layar 6,1 inci pada iPhone 12 dan iPhone 12 Pro. Meskipun Zenfone 8 terasa lebih tipis daripada kedua flagship Apple tersebut.

Anda dapat mengurangi kecepatan refresh maksimum 120Hz Zenfone 8 ke 90Hz atau 60Hz standar untuk menghemat baterai. Pengaturan ini tidak ada di menu Pengaturan> Tampilan seperti yang Anda harapkan.

Sebagai gantinya, Anda harus menuju ke Pengaturan> Baterai> Mode Sistem dan pilih salah satu dari lima opsi yang menyeimbangkan kinerja dan masa pakai baterai. Kami sarankan untuk memilih ‘Dinamis’, mode ini membiarkan Anda memilih kecepatan penyegaran yang Anda inginkan dalam pengaturan Tampilan.

Tampilan rasio 20:9 berukuran tinggi dan sempit, bagian atas layar akan berada di luar jangkauan semua orang. Mode satu tangan mendorong semua yang ada di layar ke bagian bawah secara default, tetapi Anda dapat mengatur menu apa yang akan tampil di bagian atas.

Kualitas gambar di layar sangat bagus, bahkan lebih tajam daripada layar iPhone 12 Pro. Warna dan kecerahan yang bagus menghasilkan gambar lebih nyata. Keseimbangan warna pada layar memberikan nuansa warna yang seimbang.

Layar Zenfone 8 memiliki sensor sidik jari dalam layar yang bekerja secara akurat dan sangat cepat. Jika jari Anda sedang basah, ponsel juga dapat dibuka kuncinya melalui pengenalan wajah.

Kamera

Zenfone 8 memiliki dua kamera belakang . utama dan ultra lebar, dan satu kamera depan 12MP dalam lubang di layar depan. Sementara Zenfone 8 Flip tidak mempunyai kamera depan, namun mempunyai kamera telefoto.

©www.androidauthority.net

Kamera utama 64MP f / 1.8 merupakan warisan dari Zenfone 7 Pro, hingga sensor Sony IMX686 dan stabilisasi gambar optik. Begitu juga dengan kamera ultra-lebar 12MP f / 2.2 dan sensor Sony IMX363-nya.

Foto siang hari menghasilkan gambar yang sangat bagus, bidikannya jernih dan terang memiliki banyak detail dalam pengambilan jarak dekat. Namun kualitas ini akan menurun seiring dengan berkurangnya pencahayaan, sore hari hingga senja.

Performa

Zenfone 8 mengemas spesifikasi terbaik yang akan Anda temukan di luar ponsel gaming. Dengan prosesor Snapdragon 888, dengan pilihan RAM 8GB hingga 16GB, dan penyimpanan 128GB hingga 256GB.

Ponsel ini memiliki skor Geekbench 5 rata-rata 3508, yang jauh di bawah Asus ROG 5 Pro (3678) dan OnePlus 9 (3654) dengan spesifikasi yang sebanding.

©www.androidauthority.net

Zenfone 8 menjalankan Android 11 dengan tampilan ZenUI khas Asus. Antarmuka paling atas bersih dengan tambahan skin Game Genie yang menampilkan menu untuk opsi game, seperti kinerja tweaker dan mematikan notifikasi.

Ada juga pengaturan yang lebih terperinci daripada di banyak ponsel Android. Termasuk Mode Sistem untuk menyeimbangkan masa pakai baterai, kecepatan penyegaran tampilan, dan parameter lainnya.

Baterai

Zenfone 8 memiliki baterai 4.000 mAh yang cukup untuk memberi daya sepanjang hari. Meskipun aktivitas intensif seperti menonton media dan bermain game akan mengurangi masa pakai baterai lebih cepat daripada di ponsel lain.

Berbagai mode hemat daya memungkinkan pengguna untuk menambah masa pakai baterai dengan mengurangi kecerahan dan kecepatan refresh layar, mematikan Always On Display, dan mengelola fitur yang suka menyedot daya.

Ada juga pengaturan pengisian daya yang mengadaptasi ROG 5, seperti menghentikan pengisian hingga 90% atau 80% untuk memperpanjang umur baterai. Ada juga alarm untuk peringatan bahwa baterai telah mencapai 100%, ini menghindari resiko ledakan karena over charging.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Perbedaan realme Narzo 50A dan Narzo 50i

Jelang akhir tahun 2021 sepertinya dianggap sebagai momen yang tepat bagi realme untuk memboyong ponsel-ponsel…

1 minggu ago

Kamera Selfie 32 MP, Samsung Galaxy M52 5G Dihargai Rp5,3 Jutaan

Kendati pasar smartphone di Indonesia seolah digempur oleh ponsel-ponsel pabrikan Tiongkok, tampaknya itu bukanlah masalah…

4 minggu ago

Siap-Siap, Sederet Ponsel ini Tidak Bisa Pakai WhatsApp Per November

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, industri smartphone memang memiliki pergerakan yang luar biasa dinamis.…

1 bulan ago

Dijual Rp1,5 Jutaan, realme C11 2021 Punya RAM 4GB

Peta persaingan ponsel-ponsel asal Tiongkok di Indonesia memang sangat seru untuk diperhatikan. Segera setelah resesi…

1 bulan ago

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

1 bulan ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

1 bulan ago