Ulasan Canon EOS R5, Keunggulan, Spesifikasi dan Harganya

Semua yang kamu butuhkan untuk aneka gaya fotografi bisa dipenuhi oleh Canon EOS R5, meski sedikit minus pada hal videografi dan tentu saja tentang satu hal penting yaitu harga.

Dengan desain ergonomis, kamera foto yang serbaguna, autofokus luar biasa tajam, dan baterai yang tahan lama, membuat semua fotografer bermimpi untuk memiliki Canon EOS R5.

Dilengkapi kemampuan bidik 12fps / 20fps membuat anda nyaman untuk menggunakannya di sebuah ruangan studio profesional atau mengambil gambar di luar ruangan ketika senja sedang merah.

Autofokus EOS R5 layak mendapat apresiasi istimewa. Deteksi lensa sangat akurat dan lengket, sementara pendeteksian dan pelacakan subjeknya juga mengesankan.

Ulasan Canon EOS R5, Keunggulan, Spesifikasi dan Harganya
Ulasan Canon EOS R5, Keunggulan, Spesifikasi dan Harganya

Saat digunakan untuk mendeteksi satwa liar di alam hasilnya sangat menakjubkan dan merupakan nilai jual yang sangat besar, jika Anda secara teratur menikmati jenis fotografi tersebut.

Masa pakai baterai bisa digunakan selama satu hari dengan catatan pengambilan gambar cukup dengan EVF (Electronic View Finder). Tentu akan lebih boros jika anda menggunakan layar display untuk membidik dan melihat objek secara lebih luas.

Seperti yang dijelaskan diatas, kualitas pengambilan gambar untuk video sedikit kurang jelas. Jika Anda seorang pembuat film bervolume tinggi dan berkecepatan tinggi, Anda mungkin menganggap pembatasan panas EOS R5 sedikit memberatkan.

Namun setidaknya masih bisa bertahan selama penggunaan 4 sampai 5 jam. Tidak terlalu membuat mesin panas.

Namun kualitas gradasi warna dalam pengambilan video bisa dibilang cukup tajam dan fleksibel, sedangkan kombinasi lensa pemasangan RF yang distabilkan dan stabilisasi gambar dalam kamera (IBIS) berarti memungkinkan untuk mendapatkan bidikan yang cukup mulus tanpa gimbal.

Semua hal diatas membuat kami yakin bahwa Canon EOS R5 sangat mampu menjadi kamera hybrid sejati yang diinginkan setiap orang khususnya fotografer ahli.

Desain

Berat738gram (tanpa lensa)
Joystickmodel AF di bagian belakang
EVF5,76 juta piksel yang mengesankan
Desain Canon EOS R5
Spesifikasi EOS R5
Spesifikasi EOS R5

Dari segi desain, kami tidak melihat perubahan mendasar antara Canon EOS R5 dengan kamera Canon lainnya. Tetapi mengingat fitur dan kualitas Canon EOS R5, ini bukanlah sesuatu yang membuat sang pemakai kehilangan kepercayaan diri karena desain yang hampir serupa dengan kamera dibawahnya.

Anda bisa menggenggam Canon EOS R5 dengan nyaman karena joysticknya tebal dan menonjol untuk menavigasi titik fokus otomatis dan menu. Semua kendali kamera ini ada di tangan kanan anda. Bobotnya masih terasa masuk akal di genggaman, 738 gram saja.

EOS R5 masih terasa kokoh, dengan cengkeraman dalam yang membuatnya mudah dan nyaman untuk dipegang, tetapi juga mudah untuk dibawa-bawa tanpa terasa membebani. Canon EOS R5 harus lebih tahan terhadap cuaca buruk sehingga anda tidak perlu khawatir membawanya ketika mendaki gunung.

Canon EOS R5 membuktikan bahwa Canon memiliki sentuhan cerdas dalam hal membuat kamera yang cepat dan mudah digunakan.

Memiliki joystick empat arah yang memudahkan penelusuran menu atau memilih titik fokus otomatis, Anda juga mendapatkan roda klik di bagian belakang, ditambah tombol di belakang tombol rana dan cincin di sekitar tombol mode.

Jangan lupa bahwa lensa dudukan RF juga memiliki cincin kontrol, jadi menyiapkan EOS R5 begitu mudah. Jika Anda sebelumnya menggunakan kamera Canon lain, kurva belajar pada dasarnya datar – R5 mudah disesuaikan.

Pengguna baru akan dimudahkan dengan menu yang responsif, intuitif, dan bertenaga, sangat cocok untuk anda pengguna yang mahir atau yang baru terjun ke dunia fotografi untuk pertama kalinya.

Tampilan persegi di bahu kanan atas kamera menampilkan informasi pemotretan Anda saat ini. Ini adalah cara yang baik untuk menjaga agar monitor belakang tetap mati di antara pengambilan gambar, dan layar sekunder memiliki lampu latar yang dapat Anda hidupkan dan matikan secara manual.

Monitor layar sentuh juga bagus, berukuran 3.15 inci dan menawarkan resolusi 2.1MP. Ini juga vari-angle, yang berguna untuk video.

Meski Canon EOS R5 memiliki titik tertinggi EVF hanya 5,76 juta pixel namun tampilannya sudah cukup halus dan dengan jumlah detail halus yang luar biasa. Dengan ini kamera mampu mengetahui kapan gambar dengan depth of field yang tipis bisa difokuskan.

Spesifikasi dan fitur

Sensorfull-frame 45MP (efektif)
ProsesorDIGIC X
Rekaman video8K
Fitur EOS R5

Di atas kertas, EOS R5 mungkin adalah kamera mirrorless hybrid terbaik yang ada di pasaran. Memiliki resolusi tinggi dan full-frame, menghasilkan 8.192 x 5.464 file resolusi dengan berat rata-rata sekitar 60MB.

Artinya, pada mode motor kontinu tercepat R5, Anda memotret sekitar 1,2 GB per detik. Dengan kata lain, pastikan Anda telah menganggarkan dana untuk penyimpanan ekstra, baik di kamera Anda maupun di rumah.

Berbicara tentang penyimpanan, R5 menghadirkan solusi level profesional, menawarkan slot kartu SD standar dan slot CFexpress. Ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan penyimpanan kamera yang tersedia, merekam ke dua kartu untuk pencadangan real time, atau memotret file mentah ke satu kartu dan JPEG ke yang lain.

Kartu memori lebih berperan jika Anda berencana menggunakan kemampuan pembuatan film R5. Mode video kelas atas, termasuk 4K 10-bit HEVC, 4K ALL-I 50 / 60fps, 4K 100 / 120fps atau 8K ALL-I atau mentah, semuanya membutuhkan kartu memori CFexpress.

EOS R5 merupakan kamera Canon pertama yang memiliki fitur in-body image stabilization (IBIS). Dalam kombinasi dengan throughput data kecepatan tinggi dudukan RF, sehingga dapat digabungkan dengan stabilisasi gambar di lensa yang menawarkan stabilisasi gambar hingga delapan stop.

Untuk memudahkan transfer data, EOS R5 dilengkapi dengan Wi-fi berkecepatan 5GHz dan 2.4GHz. Namun kamera ini tidak dilengkapi dengan soket Ethernet.

Yang lebih menarik bagi kita semua adalah baterai baru EOS R5 – LP-E6NH memiliki kapasitas sekitar 14 persen lebih banyak daripada baterai LC-E6N yang sedikit lebih tua. Anda juga dapat mengisi daya R5 melalui port USB-C, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan baterai saat waktunya mengisi ulang.

Fitur Perekaman Gambar

Canon EOS R5 mempunyai beberapa opsi perekaman yaitu 4K dan 8K, Anda juga bisa menyesuaikan kecepatan pengambilan gambar. Untuk resolusi 4K tersedia dalam 4 pilihan kecepatan yaitu 30 / 60 / 120p. Sedangkan untuk resolusi 8K hanya bisa digunakan dalam kecepatan 30p.

Autofokus

5.940 zona AF
Deteksi hewan dan wajah
100 persen cakupan fokus otomatis horizontal
Autofokus

Autofokus Canon EOS R5 hampir tidak bisa dipercaya. Deteksi matanya praktis sempurna, menangkap wajah manusia dan bertahan bahkan dengan subjek yang bergerak maju atau mundur dengan cepat melalui bingkai. Deteksi dan pelacakan subjek juga mengesankan.

Canon EOS R5 menggunakan autofokus Dual Pixel CMOS versi baru, yang berarti pemfokusan dilakukan pada sensor itu sendiri. Ini memungkinkan Anda untuk memilih secara manual dari 5.940 titik AF yang berbeda di 100 persen dimensi horizontal sensor dan 90 persen vertikal.

Anda dapat memotong objek sesuka Anda; membagi sensor menjadi zona fokus otomatis yang besar, memungkinkannya untuk memilih sesuai selera, atau memilih titik fokus otomatis individual kecil menggunakan joystick atau dengan menyeret ibu jari Anda melintasi monitor layar sentuh. Setelah Anda memilih zona, fokus otomatis R5 akan membuat Anda menjauh.

Pengenalan hewan saat ini berlaku untuk anjing, kucing, dan burung, tetapi secara alami juga tidak buta terhadap spesies lain. Kami sangat menantikan untuk melihat kemana arah sistem autofokus ini selanjutnya, tetapi Canon jelas membuat awal yang sangat mengesankan pada EOS R5.

Performa

Shutter mekanis 12fps / Shutter elektronik 20fps
Baterai yang kompatibel dengan bagian belakang
Mode video berkecepatan tinggi
Performa

Dengan prosesor Digic X, wajar untuk mengharapkan EOS R5 bisa melakukan hal yang luar biasa.

Canon EOS R5 memungkinkan untuk mendeteksi jumlah distorsi yang sangat kecil, tetapi bahkan dengan subjek yang luar biasa cepat, pengambilan objek dengan shutter elektronik menghasilkan gambar yang sama bagusnya dengan opsi mekanis.

Shutter elektronik ini benar benar senyap, tanpa suara cekrek sehingga nyaman digunakan ketika acara pernikahan atau memfoto satwa liar.

Daya tahan baterai juga mendapat acungan jempol yang signifikan. Dalam beberapa ulasan mengatakan bahwa dengan sekali pengisian daya Canon EOS R5 bisa digunakan untuk mengambil 2.000 gambar mentah.

Pada pengambilan gambar yang cukup intensif, anda tetap harus mengantisipasi dengan memiliki satu atau dua baterai cadangan. Sekedar untuk tidak membuat anda kebingungan ketika mengambil gambar di luar ruangan.

Kenapa Harus Membeli?

Jika Anda adalah pemilik seri Canon EOS 5D dengan persediaan lensa yang bagus, EOS R5 adalah alasan yang Anda tunggu-tunggu untuk ditingkatkan.

Meskipun sebenarnya tidak jauh lebih kecil dari DSLR tersebut, autofokus R5, pemotretan burst, dan EVF menawarkan pengalaman pemotretan generasi berikutnya yang dapat meningkatkan level fotografi Anda.

Tentu untuk mendapatkan nlevel tertinggi dalam fotografi anda harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit. Kamera Canon EOS R5 di Indonesia dibanderol dengan harga 80 jutaan, lumayan ya bisa dapat mobil second an lho..hehehe.