Internet

Cara Join Aplikasi Club House di iPhone dan Android

Beberapa bulan lalu aplikasi Club House sedang viral-viralnya karena digunakan oleh Elon Musk yang notabene merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Berbeda dengan Whatsapp, LINE dan sejumlah aplikasi sejenis yang baicnya menggunakan teks, Club House hadir sebagai media sosial berbasi suara (audio).

Ternyata, minat untuk join di aplikasi media sosial berbasis audio chat ini juga masih cukup kuat hingga sekarang. Apalagi banyak pula tokoh hebat dan influencer di Indonesia yang juga ikut “nongkrong” di sana dan kita bisa mengenal mereka lebih dekat. Dari sana, tidak sedikit yang menjalin pertemanan hingga bisa bahu membahu mendongkrak karir dan bisnis mereka.

Di awal perilisannya Club House hanya bisa di nikmati oleh para pengguna iPhone saja, tapi kini Club House juga hadir untuk para pengguna android. Sejak bulan Mei 2021 lalu, aplikasi besutan Alpha Exploration Co ini sudah bisa di nikmati lebih banyak orang, meskipun Anda tidak menggunakan iPhone.

Tapi, bicara tentang minat pengguna kira-kira kenapa ya Club House punya begitu banyak penggemar bahkan saat ini banyak aplikasi yang membuntuti langkahnya? Jika kita juga ingin bergabung, bagaimana cara join di dalam aplikasi udio cahat yang satu ini baik melalui iPhone ataupun android? Mari kita bahas secara detail!

Alasan Mengapa Club House Disukai Banyak Orang

Sumber gambar : unplash.com/ William Krause

Pastinya ada alasan jika orang-orang menyukai suatu aplikasi. Begitu juga dengan Club House. Nah, berdasarkan beberapa pengakuan dari penggunanya berikut adalah beberapa sudut pandang positif tentang Club House :

Simple

Banyak pengguna aplikasi yang berbasis audio chat menyukai kesederhanaan saat bergabung dalam sebuah club. Tidak perlu on cam, tidak perlu lighting atau mengkhawatirkan penampilan. Cukup bicara dan mendengarkan saja. Hal ini yang membuat penggunanya bisa merasa nyaman menggunakan aplikasi dan berinteraksi satu sama lain.

Merasa Lebih Aman Buka Suara

Salah satu kebijakan dari aplikasi Club House adalah melarang para penggunanya untuk menyebar luaskan konten yang ada di dalamnya. Dengan begitu banyak para pengguna Club House, yang merasa lebih aman buka suara di sana. Banyak yang membagikan hal-hal yang mungkin tidak bisa di ungkapkan di medsos lainnya temasuk menggelar webinar gratis.

Bisa Punya Teman Baru

Club House adalah media sosial, dimana kita bisa bertemu dengan orang yang benar-benar baru dan bisa menjadi teman. Selain memperluas wawasan karena bisa ikut webinar, kita juga bisa memperluas networking. Kita bisa punya lebih banyak reference mengenai berbagai macam orang yang ada di dunia ini dengan berinteraksi menggunaka audio chat.

Jika beruntung, kita juga bertemu dengan orang-orang yang masih satu frekuensi bahkan pertemanan bisa berlanjut ke dunia nyata. Asyik ya? Jadi di masa pandemik seperti ini, kita tetap bisa menjalanin pertemanan baru meskipun di rumah saja.

Fitur Aplikasi Club House

Suatu aplikasi menjadi booming salah satunya dikarena fitur yang baru dan bermanfaat untuk masyarakat. Begitu juga dengan Club House, kita telusuri dulu apa saja fitur-fitur yang ada di dalamnya!

  • Start a room : Anda bisa memulai sebuah topik yang bisa Anda atur siapa saja yang bisa bergabung. Anda tiga pilihan yaitu, Open (bisa di akses semua orang), Social (Hanya untuk orangyang Anda follow) dan Closed (Hanya untuk orang-orang yang Anda pilih)
  • Join with a club : Jika Anda sudah join, di halaman explore akan ada beberapa club yang sedang online. Biasanya topiknya seputar hal-hal yang kita minati (sudah di pilih). Kita bisa join dan mengikuti pembahasan di dalamnya.
  • Leave quietly : Saat Anda merasa sudah tidak tetarik mengikuti suatu club Anda bisa meninggalkannya sesuka Anda
  • Join to be a speaker : Ketika Anda bergabung dengan suatu Club lalu admin meminta Anda untuk menjadi salah satu speakers di sana, Anda bisa ikut ngobrol disana

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Club House

Walaupun punya banyak peminat sampai-sampai menggarap pasar pengguna android, aplikasi Club House juga memiliki beberapa kekurangan. Nah untuk Anda yang baru mengenal apa itu Club House, wajib tahu apa saja kelebihan dan kekurangan medsos audio yang satu ini. Apalagi perilisan di android masih terbilang cukup baru ya.

Jadi sebelum kita lanjut membicarakan bagaimana cara joinnya, yuk kita bahas dulu kelebihan dan kekurangan Club House!

Kelebihan

  • Anda bisa berdiskusi atau ngobrol secara live menggunakan audio chat atau podcast secara gratis seperti mengikuti webinar. Bagi Anda yang sedang isolasi mandiri, aplikasi ini mungkin bisa menjadi alternatif pengusir sepi yang sangat bermanfaat karena di dalamnya banyak orang-orang menginspirasi.
  • BIsa membangun relasi dengan orang lain tanpa takut terjebak awkward moment karena aplikasinya tidak berbasis video seperti zoom
  • Bisa mengikuti (follow) para peneliti, artis, pengusaha dan para ahli di seluruh dunia yang tergabung di dalam Club House
  • Punya virtual room yang di buat oleh para peneliti, artis, pengusaha dan para ahli dan bisa di masuki oleh pengguna Club House lain secara bebas untuk mendiskusikan suatu topik
  • Anda bisa mengeksplorasi berbagai topik sesuai minat dan menambah wawasan
  • Bisa menjadi sarana melatih keberanian untuk bersosialisasi dengan orang asing dan skill public speaking

Kekurangan

  • Walaupun bisa di download secara gratis, proses join dengan Club House cukup ribet, kita harus punya kenalan di Club House untuk bisa benar-benar bergabung di dalamnya. Ini berlaku untuk pengguna iPhone maupun android.
  • Karena masih tergolong baru, maka masih sulit jika ingin mengumpulkan followers
  • Terkadang membuat efek superioritas bagi yang bisa bergabung karena cara join yang terbatas. Seakan orang yang bisa join adalah orang lebih penting di banding lainnya, padahal belum tentu juga begitu.
  • Sistem live juga membuat kita sulit mengantisipasi jika ada penyebaran hoax, hate speech ataupun bulying. Terutama jika sistem club yang di ikuti terbuka untuk orang-orang ikut bersuara secara langsung.

Selain kelebihan dan keurangan aplikasi yang di sebutkan di atas, tentunya masih banyak yang lainnya dan belum di sebutkan. Nah mungkin Anda bisa menambahkannya ketika sudah mencoba join langsung di Club House.

Cara Join di Club House di iPhone dan Android

Sumber gambar : website Club House

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Club House, apakah Anda masih tetap ingin lanjut bergabung? Jika ya, mari lanjutkan membaca artikel sampai selesai.

Baca review gadget, Tips membeli iphone bagi pemula

Sebenarnya, tidak ada perbedaan mencolok dalam proses join di aplikasi Club House. Untuk join dan menggunakan Club House umumnya ada dua cara, yakni mendaftarakan undangan dari teman dan mendapatkan kode akses, atau mendaftar dulu dan meminta teman yang ada dalam kontak Anda untuk mengizinkan Anda masuk Club House. Untuk detailnya coba ikuti langkah-langkah di bawah ini!

1. Memiliki Kode Akses Dari Pengguna Club House

Sebelum mendownloadnya, pastikan Anda punya kode akses yang di berikan oleh pengguna Club House yang sudah join. Nantinya kode ini akan Anda gunakan saat proses pendaftaran dan menjadi salah satu syarat penting.

Tanpa kode ini Anda tidak bisa menggunakan aplikasi Club House. Atau Anda bisa saja mendaftar terlebih dahulu, dimana nantinya akan ada pemberitahuan kepada teman sudah lebih dulu tergabung dalam Club House yang ada dalam kontak Anda untuk mengizinkan Anda join.

2. Download Aplikasi Club House

Download aplikasi Club House di App Store (iPhone) atau di Google Play Store (android). Aplikasi ini gratis jadi Anda bisa mendownloadnya dengan mudah lewat salah salah satu layanan distribusi aplikasi digital yang Anda gunakan. Jika sudah berhasil di download, selanjutnya tinggal di install saja di hp Anda.

3. Buat Username dan Verifikasi Akun

Setelah aplikasi terpasang di perangkat Anda, selanjutnya Anda akan di arahkan untuk memasukan nomor hp yang aktif. Nantinya Anda akan mendapatkan kode verifikasi lewat SMS.

Setelah itu Anda akan di arahkan untuk membuat username untuk bergabung dalam aplikasi dan memfollow teman yang sudah berada di Club House untuk memberikan Anda akses.

Seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya, teman Anda mungkin Jika teman Anda menekan tombol “Let Them In”, maka Anda akan menerima SMS pemberitahuan bahwa Anda sudah berrgabung dalam Club House. Anda juga punya kesempatan untuk mengundang 2 orang rekan untuk join dalam aplikasi.

4. Memilih Topik Obrolan

Sebelum menggunakan aplikasi, Anda perlu memilih topik-topik obrolan yang Anda minati.

Ada berbagai topik yang bisa Anda pilih, mulai dari seni, science, budaya, mental health, politik dll. Anda juga bisa mengikuti para pengguna Club House yang lain dengan meng-klik tombol “Follow”.

Oh ya, siapkan foto yang ingin di gunakan pada akun Anda karena sebelumnya Anda juga perlu mengunduh foto profil.

5. Akun Club House Siap Digunakan

Sekarang akun Club House Anda sudah siap dan bisa digunakan untuk memulai penjelajahan lewat audio. Anda bisa bergabung dengan forum diskusi online mana saja dan bisa left (keluar) kapan saja.

Jika seseorang sedang membuka live streaming dan mengizinkan adanya tanya jawab, Anda bisa bergabung menggunakan audio seperti hal nya mengikuti webinar.

Baca yuk, Sony Xperia 1 III, Pertama di Dunia Dengan Layar 4K

Untuk terhubung dan menjalin relasi Anda juga bisa memfollow teman-teman yang sudah lebih dulu join. Selain itu Anda bisa menambahkan akun instagram dan twitter Anda pada profil Akun Club House.

Penutup

Ternyata selain kelebihannya, aplikasi Club House juga punya kekurangannya tersendiri. Asalkan kita bisa memilah dan mempunyai batasa, tentu banyak manfaat yang bisa kita ambil. Contohnya saja membuat pertemanan barua atau mendengarkan webinar bermanfaat yang mungkin bisa berefek pada pengembangan karir, bisnis dan kehidupan kita secara umum.

Sebenarnya sekarang juga sudah ada beberapa aplikasi medsos yang berbasis audio selain Club House. Mungkin kita akan membahasnya di lain kesempatan. Sejak era teknologi menjadi bagian dari hidup kita, nampaknya akan selalu ada pembaharuan lainnya yang di tawarkan. Semoga kita bisa bersikap lebih bijak dalam meghadapi gelombang teknologi yang terjadi.

Nah itulah informasi seputar aplikasi medsos berbasis audio bernama Club House yang kini sudah bisa di akses oleh para pengguna android. Apakah Anda juga tertarik bergabung?

Share
Yulinda Nurlisdiana

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago