Categories: Internet

10 Cara Terbaik Membersihkan Layar Laptop Dengan Mudah

Jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan laptop, pastinya kerap mengalami laptop yang kotor serta berdebu di bagian keyboard dan juga layar.

Tentunya, kondisi tersebut membuat sebagian orang tidak nyaman dan alih-alih kotoran tersebut bisa membuat sistem kerja laptop menurun.

Tentu saja, solusi agar laptop tidak berdebu dan kotor adalah dengan membersihkannya. Jika ditelusuri banyak orang-orang yang lebih ‘’peduli’’ membersihkan bagian keyboard dibandingkan layar.

Memang, pada dasarnya kotoran atau debu yang menempel di layar tidak akan membuat laptop rusak, tetapi akan sangat menganggu saat Anda mengerjakan sesuatu di laptop.

Pada dasarnya, membersihkan layar laptop itu tidak sulit karena layar cenderung besar dan tidak ada sekat yang menghalang. Walaupun begitu, harus tetap berhati-hati agar tidak merusak komponen atau kinerja layar.

Karena itulah, pada kesempatan berikut ini akan dibahas mengenai cara terbaik membersihkan layar laptop dengan mudah.

Lalu, cara-cara yang seperti apakah yang harus Anda lakukan? Ini Dia Ulasannya !

Langkah-langkah Membersihkan Layar Laptop dengan Mudah

1. Siapkan Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Cara pertama yang harus dilakukan sebelum membersihkan layar laptop adalah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan.

Alat dan bahan tersebut adalah kain microfiber dan semprotan pembersih laptop. Alat tersebut bisa dibeli di supermarket khusus elektronik dan toko-toko laptop yang terdekat di kota Anda.

Jika alat dan bahan tersebut tidak bisa didapatkan, Anda bisa menggunakan alat dan bahan yang ada di rumah, seperti cuka, alkohol, air, tisu, kaos katun, saputangan atau handuk kecil.

2. Pastikan Laptop dalam Keadaan Mati atau Off

Setelah menyiapkan bahan, hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan laptop Anda dalam keadaan mati atau off dan jangan lupa mengubahnya ke mode sleep.

Jangan lupa untuk mencabut adaptor daya dan baterainya. Karena jika Anda lupa mematikannya kemudian tidak mencabut adaptor, dan lain sebagainya bisa menyebabkan kerusakan permanen pada laptop.

Tidak hanya itu, efek lain yang bisa ditimbulkan ketikda dalam keadaan hidup adalah kemungkinan bisa menyebabkan masalah pada piksel.

Oleh karena itu, jika tidak ingin terjadi hal-hal yang diinginkan, Anda harus memastikan bahwa laptop sedang dalam keadaan mati atau off.

3. Membersihkan dengan Kain Microfiber dan Cairan Khusus Laptop

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah membersihkan layar lapto dengan kain microfiber dan cairan khusus.

Cara tersebut bisa digunakan jika perangkat komputer atau laptop model lama yang masih menggunakan monitor Cathode Ray Tube (CRT).

Adapaun cara membersihkan layarnya adalah menggunakan kain microfiber dan cairan pembersih layar yang biasanya didapatkan di toko-toko laptop.

Cara membersihkannya adalah dengan matikan terlebih dahulu laptop Anda, kemudian semprotkan cairan pembersih pada kain microfiber. Setelah itu, usapkan pada layar laptop dengan arah garis lurus.

Usahaka kain jangan terlalu basah dengan cairan, alangkah lebih baik untuk sering menambah cairan apabila kain telang mongering namun layar masih kotor.

Selain menggunakan cairan pembersih layar laptop, Anda bisa menggunakan cairan untuk membersihkan kaca.

4. Menggunakan Spons untuk Debu yang Sudah Menebal

Jika Anda termasuk orang yang jarang menggunakan laptop, tetap saja kebersihan layarnya harus diperhatikan.

Karena barang atau laptop yang dibiarkan dalam waktu lama biasanya akan tetap kotor dan banyak debu yang menempel.

Untuk bisa membersihkan layar laptop yang penuh dengan debu tersebut memang perlu alat dan bahan yang khusus.

Namun, tenang saja alat dan bahan yang dimaksud mudah ditemukan bahkan Anda tidak perlu membelinya lagi.

Alat dan bahan tersebut adalah menggunakan spons yang baru dan bersih. Selain itu siapkan air bersih dari kamar mandi atau yang biasa digunakan untuk mencuci piring dan baju.

Setelah semuanya siap, rendam atau percikan air pada spons, kemudian usap layar dengan lembut agar noda pun bisa terangkat.

Lakukan berulang-ulang hingga layar laptop memang sudah benar-benar bersih. Jika layar masih basah, Anda bisa menggunakan kain lap lain yang kering agar layar laptop pun bisa kembali bersih.

5. Menggunakan Kain Microfiber untuk Membersihkan Debu yang Tipis

Nah, jika Anda memiliki layar laptop yang memiliki debu tipis, cara untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan kain microfiber.

Kain microfiber adalah jenis kain yang selalu digunakan untuk membersihkan lensa kacamata dan kamera. Kainnya sangat lembut sehingga tidak akan menggores layar laptop Anda.

Walaupun memiliki tekstur yang lembut, serat mikro yang ada dia kain tersebut adalah cara yang tepat untuk membersihkan debu yang ada di layar laptop.

Adapun cara menggunakan kain microfiber untuk membersihkan layar laptop pun mudah, yaitu tinggal mengusapkan kain pada layar kemudian tekan dengan lembuh dan bersihkan layarnya dengan satu arah.

Lakukan berulang-ulang, hingga debu yang ada dilayar laptop bisa hilang dan bersih kembali.

Ingat, jangan mengusap atau menggosokannya dengan melingkar serta hindari untuk menekannya karena bisa merusak layar laptop.

6. Menggunakan Penghisap Debu Portable

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan layar laptop adalah dengan menggunakan penghisap debu portable.

Eits, tunggu dulu ! jangan pernah berpikir penghisap debu portable tersebut memiliki ukuran yang sama dengan vacuum cleaner untuk menghisap debu karpet, karena debu portable yang dimaksud adalah khusus untuk laptop.

Ya, bentuk debu portable itu sendiri tergolong kecil atau mini bentuknya lebih mirip dengan hair dryer versi kecil.

Karena namanya portable, pastinya alat debu ini menggunakan daya baterai untuk bisa membersihkan layar laptopnya.

Alat ini selain bisa menghilangkan debu pada layar laptop, juga bisa membersihkan debu, rambut, atau kotoran yang ada di sela-sela keyboard.

Namun, perlu diketahui dan diwaspadai, jangan pernah menggunakan penghisap debu yang dicolokkan langsung ke sumber daya karena bisa menghasilkan listrik statis yang nanti bisa merusak laptop Anda.

Cara menggunakan debu portable sendiri sangatlah mudah, yaitu mematikan terlebih dahulu laptop Anda kemudian tekn tombol On yang ada di debu portable, kemudian arahkan alat tersebut pada keyboard atau layar yang berdebu dengan garis searah hingga debu benar-benar hilang dari laptop Anda.

Alat tersebut bisa didapatkan di toko-toko aksesoris laptop atau toko laptop yang dekat dengan kota Anda.

7. Menggunakan Kain Katun Penyeka

Cara berikutnya untuk bisa membersihkan layar laptop adalah dengan menggunakan kain katun penyeka.

Alat tersebut sangat ampuh untuk bisa membersihkan debu di layar laptop Anda. Adapun cara untuk membersihkan adalah basahi kain katun dengan air atau alkohol terlebih dahulu.

Kemudian, gosokkan kain tersebut pada layar dengan perlahan hingga debu yang dilaptop bisa hilang.

Perlu diperhatikan, kain katun penyeka yang Anda gunakan dalam keadaan lembab dan tidak terlalu banyak air.

8. Menggunakan Udara yang Terkompresi

Cara terbaik berikutnya untuk membersihkan layar adalah dengan menggunakan udara yang terkompresi.

Cara tersebut dilakukan ketika memang layar laptop Anda hanya terkena debu yang ringan.

Udara terkompresi sendiri adalah udara yang disimpan di bawah tekanan yang lebih besar dari tekanan atmosfer.

Alat tersebut biasanya digunakan untuk alat-alat listrik, seperti bor, kunci pas, palu udara dan lain sebagainya.

Jika Anda tidak ada waktu untuk membeli peralatan yang telah disebutkan pada poin diatas atau tidak sempat untuk membuat larutan pembersih, menyiapkan spons dan kain, Anda bisa menggunakan benda tersebut.

Namun perlu diwaspadai, saat menggunakan udara yang terkompresi, jangan menempelkan nozzle ke segel atau area pemisah karena tekanannya bisa membahayakan laptop Anda.

9. Menggunakan Semprotan untuk Minyak dan Sesuatu yang Lengket

Cara-cara yang telah diulas di atas adalah untuk membersihkan debu yang ada di layar laptop.

Nah, jika pada layar laptop Anda ditemukan sidik jari dan noda minyak yang notabenya cukup sulit dihilangkan, maka untuk menghilangkannya adalah dengan menggunakan semprotan untuk minyak dan sesuatu yang lengket.

Namun yang pasti jika Anda tidak memiliki semprotan tersebut, harus membelinya terlebih dahulu semprotan pembersih layar laptop yang ada di toko aksesoris laptop.

Jika tidak ada waktu untuk membelinya, bisa membeli sendiri dengan cara mencampurkan cuka putih dan campuran air kemudian dimasukkan ke dalam semprotan tersebut.

Selain menggukan cuka, bisa pula menggunakan alkohol dengan presentasi yang cukup dan tidak terlalu banyak agar tidak merusak layar laptop Anda.

Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut, pertama basahi kain microfiber dengan menggunakan larutan cairan di atas jangan sampai kainnya telrlau basah.

Setelah itu, gosokkan kain tersebut ke layar laptop, usap dengan lembut pada layar yang terkena noda hingga layar kembali bersih. Jika perlu, ulangi membersihkan layar laptop jika noda masih ada.

Perlu diketahui, bahwa Anda tidak boleh menyemprotkan cairan atau pembersih kaca pada layar laptop secara langsung karena bisa merusak piksel layar.

Ada baiknya memang meggunaan alat perantara yang biasanya menggunakan kain microfiber tersebut.

Sebelum benar-benar kering, jangan langsung menutup layar laptopnya. Ada baiknya untuk menunggu sampai kering.

10. Menggunakan Air Tanpa Sabun untuk Layar Laptop Touchscreen

Layar laptop touchscreen biasanya sangat rentan kotor karena layar sering disentuh dan digunakan.

Uniknya, kotor tersebut bukan karena berdebu, melainkan karena lebih banyak berminyak yang kerap kali mengganggu aktivitas Anda bekerja.

Oleh karena itu, cara membersihkan layar laptop touchscreen bisa menggunakan air tanpa sabun dengan kain microfiber.

Setelah menyiapkan keduanya, langkah berikutnya adalah membasahi kain dengan menggunakan air yang telah disiapkan di atas.

Langkah berikutnya adalah mengusap layar dengan lembut dengan vertical atau horizontal dalam satu arah secara berulang.

Contohnya, mulai dari sisi kiri layar kemudian usap lurus ke bagian sisi kanan layar. Jangan menekan layar laptop agar tidak merusaknya.

Baca juga : 10 Laptop Harga 2 Jutaan Terbaik

Adapun untuk mengeringkan layar laptop bisa menggunakan kain kering yang lembut. Adapun jika masih basah, Anda bisa membiarkannya terlebih dahulu hingga layar laptop bisa mongering dengan sendirinya.

Penutup

Layar laptop yang berdebu dan kotor memang perlu dibersihkan, namua untuk membersihkannya sendiri jangan terlalu sering atau menggunakan bahan-bahan kimia yang terlalu banyak.

Anda bisa menggunakan dengan seperlunya dan tidak berlebihan. Hal ini juga untuk keamanan laptop Anda sendiri.

Agar laptop tidak sering berdebu, simpanlah di tempat yang aman dan bersih.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Share
Tohir

Recent Posts

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

15 jam ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

3 hari ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 minggu ago

Nikon Z Fc, Kamera Retro Untuk Teman Travelling Anda

Nikon Z fc mengusung desain yang nyaman dalam genggaman dan menawarkan pengalaman pengambilan gambar berbeda…

3 minggu ago

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar,…

3 minggu ago

Layar Luas 6.5”, Nokia C20 Dibanderol Rp1 Jutaan

Kalau bicara mengenai smartphone Android, banyak di antara kita yang akan identik menyebut brand Xiaomi,…

4 minggu ago