Laptop

7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak

Selain layar, salah satu komponen penting lainnya dalam laptop adalah keyboard. Tanpa adanya keyboard, Anda tidak bisa melakukan aktivitas apapun dengan si komputer jinjing. Karena fungsinya yang sangat penting itulah, menjaga kondisi keyboard tentu wajib dilakukan oleh setiap pengguna laptop.

Namun tidak semua orang bisa menjaga laptop mereka dalam kondisi terbaik. Ada saja hal-hal yang terjadi sehingga merusak komponen dan fungsi laptop itu sendiri. Beberapa masalah yang kerap membuat laptop rusak seperti terjatuh sehingga membuat beberapa komponen tak berfungsi, debu yang menempel hingga terkena air yang akhirnya keyboard tak berfungsi.

Tentunya ketika keyboard pada laptop tidak bisa digunakan, satu-satunya solusi yang bisa dilakukan hanyalah mengganti ke tempat service. Tapi tenang, jika kerusakan pada keyboard laptop cuma dialami beberapa huruf saja, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya sendiri, tanpa tukang reparasi laptop.

Apa yang Terjadi Saat Keyboard Laptop Rusak?

© PC World

Sebelum mengetahui cara untuk memperbaiki laptop, kenali terlebih dahulu efek atau dampak yang terjadi ketika keyboard rusak. Seperti yang diketahui bersama, dalam keyboard terdapat banyak tombol-tombol yang berguna untuk mengoperasikan laptop.

Baca juga: Inilah Cara Mudah Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi dan Redmi

Sehingga saat keyboard itu rusak, maka sudah pasti kinerja laptop tidak maksimal. Berikut beberapa dampak yang bakal Anda rasakan:

  • Ada anjuran bahwa jangan biarkan tombol keyboard rusak terlalu lama. Kenapa begitu? Karena kalau dibiarkan, kerusakan itu justru bisa merembet ke tombol lain. Misalkan saja yang rusak adalah hurus F, bisa saja huruf-huruf di sekitarnya seperti A, S, D atau G bakal ikutan tidak berfungsi
  • Waktu ada tombol keyboard laptop yang rusak, sistem hardware dengan software dalam operasional laptop bakal bermasalah. Contohnya, Anda menekan huruf S tapi yang keluar pada layar laptop justru huruf D
  • Dampak berikutnya dari kerusakan keyboard laptop adalah munculnya angka atau huruf yang tidak diketik. Tak perlu kaget atau kaget, situasi ini kerap disebut sebagai Ghost Typing yakni keyboard mendadak mengetik sendiri tanpa ada yang menggunakannya. Kenapa ini Ghost Typing bisa terjadi? Karena ada kerusakan pada sistem keyboard
  • Saat keyboard laptop rusak lantaran adanya konsleting atau masalah arus listrik di dalam laptop, efek jangka panjang yang dialami laptop justru bisa bikin blank
  • Salah satu masalah yang paling menyebalkan adalah ketika seluruh tombol pada keyboard laptop rusak, terutama pada tombol power. Sehingga Anda tidak akan bisa menyalakan atau mematikan laptop, yang membuat komputer jinjing itu sama sekali tidak bisa digunakan dan harus direparasi ke teknisi laptop

Lantaran rusaknya keyboard benar-benar bisa mengganggu fungsi laptop, ada baiknya kalau memang langsung dibawa ke ahli service laptop. Teknisi akan memberikan anjuran apakah membetulkan komponen listrik atau mengganti total keyboard berdasarkan kerusakan yang diderita.

Inilah 7 Cara Perbaiki Keyboard Laptop Bermasalah

Bagi Anda yang bekerja dengan menggunakan laptop, ketika keyboard rusak tentu benar-benar akan mengganggu. Apalagi kalau tengah diburu deadline, laptop yang bermasalah bisa membuat pekerjaan berantakan. Memang, solusi terbaik memperbaiki keyboard laptop yang rusak adalah membawanya ke teknisi laptop. Namun ada baiknya kalau Anda menerapkan beberapa cara berikut ini supaya bisa memperbaiki keyboard laptop seorang diri.

1. Cek Kerusakan Keyboard

© Readers Digest

Cara pertama yang bisa Anda lakukan saat keyboard laptop tak berfungsi adalah mengecek penyebab kerusakannya. Hanya ada penyebab kerusakan keyboard yakni masalah software (driver keyboard atau file-file Sistem Operasi pada laptop corrupt) atau hardware (masalah kelistirikan, kotoran menempel, terkena tumpahan air).

Nanti setelah Anda mengetahui penyebab kerusakan laptop, hal berikutnya yang bisa dilakukan ialah melakukan langkah penanganan. Coba Anda akses BIOS (Basic Input Output System) pada laptop, jika berhasil masuk dan menggunakan keyboard, maka masalahnya ada pada software komputer.

Tetapi sebaliknya, saat Anda sama sekali tidak bisa menggunakan keyboard termasuk dalam kondisi BIOS, maka kerusakan dialami komponen hardware laptop yakni keyboard itu sendiri. Solusinya? Mengganti keyboard atau direparasi tukang servis laptop.

2. Rutin Dibersihkan

Salah satu penyebab keyboard rusak adalah karena debu yang menumpuk di sekitaran laptop sehingga menganggu proses kinerjanya. Sekilas, mungkin hal tersebut adalah hal yang biasa dan tidak mungkin terjadi, tetapi itu justru faktanya karena banyak orang malas membersihkan laptop sehingga membiarkan debu menempel bertahun-tahun pada keyboard.

Baca juga: Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10 dengan Mudah

Debu yang menempel ini kadang kala membuat sebagian tombol pada keyboard tidak berfungsi sementara tombol lainnya masih bsia digunakan. Tenang, untuk mengatasi masalah ini tidaklah sulit asalkan Anda menerapkan beberapa cara berikut ini:

  • Matikan laptop untuk sementara waktu ketika akan membersihkan debu di keyboard
  • Angkat laptop dan miringkan hingga membentuk sudut 75 hingga 90 derajat, kemudian goyangkan laptop dengan perlahan supaya kotoran-kotoran yang ada di sela-sela tombol keyboard bisa berguguran
  • Bersihkan bagian atas dan bawah keyboard laptop dengan menggunakan selotip termasuk di sela-sela tombol. Jika sudah selesai, pastikan semua tombol telah kembali seperti semula
  • Jika keyboard laptop tidak berfungsi karena terkena air, Anda harus membersihkan bagian dalamnya hinga kering. Bagaimana caranya? Membuka laptop itu dan mulai memisahkan komponen keyboard yang terkena air. Lepas tombol-tombol pada keyboardlalu bersihkan papan sirkuit dengan kain halus serta kering

3. Restart Laptop

© iFixit

Melihat keyboard laptop mendadak tak berfungsi tentu sangat bikin cemas. Namun kalau kondisi ini Anda alami, sebisa mungkin jangan panik dan terburu-buru menyimpulkan kalau keyboard sudah tidak bisa digunakan lagi. Bisa saja kerusakan pada keyboard disebabkan oleh suhu laptop yang terlalu tinggi. Kalau memang begitu, maka Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut ini:

  • Klik menu start
  • Lanjutkan dengan pilih menu power
  • Pilih opsi restart supaya laptop mengulang kembali dari awal. Biarkan beberapa menit karena laptop akan mati dengan sendirinya dan kemudian menyala kembali

Memang untuk apa sih restart laptop? Supaya perangkat bisa menyelesaikan masalahnya sendiri, termasuk keyboard yang tidak menyala atau tak berfungsi. Kalau memang kondisi laptop masih normal, biasanya keyboard bakal kembali berfungsi usai di-restart. Namun jika ternyata cara ini gagal, maka Anda bisa mencoba langkah lain di poin selanjutnya.

4. Cek Tombol Num Lock

Jika keyboard laptop Anda tidak berfungsi dengan baik, boleh jadi tombol Num Lock pada keyboard ditekan tidak sengaja sehingga mengubah fungsi dari keyboard itu sendiri. Kondisi ini memang tampak sepele dan bahkan bisa terjadi tanpa disadari yang membuat Num Lock jadi aktif.

Saat kondisi ini terjadi, maka tombol angka atau huruf pada keyboard bisa berubah fungsi. Untuk mengetahui aktif atau tidaknya fungsi Num Lock, Anda bisa menekan tombol Fn dan NumLk pada keyboard laptop secara bersamaan. Tak berhasil? Coba dengan menekan tombol Caps Lock dan NumLk berbarengan pula supaya fungsi Num Lock tidak aktif.

Kalau dengan cara ini keyboard laptop bisa berfungsi seperti sedia kala, maka memang masalahnya cuma pada Num Lock yang tak sengaja ditekan. Namun jika dengan cara ini keyboard tetap tidak bisa digunakan, maka kemungkinan besar Anda harus mengganti atau mereparasi keyboard ke tukang servis laptop.

5. Restore Windows

Keyboard laptop mendadak tidak berfungsi setiap kali memasang aplikasi baru pada laptop? Maka besar kemungkinan itu disebabkan oleh file pada Sistem Operasi Windows yang bermasalah. Solusi untuk mengatasi kondisi ini adalah melalui restore Windows.

Baca juga: Jangan Keliru! Seperti Inilah Cara Aktivasi Windows 10 yang Benar

Tidak sulit untuk melakukan restore Windows, karena Anda bahkan bisa melakukannya sendiri tanpa perlu ke tukang servis laptop. Bagaimana? Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Klik menu START yang terdapat pada bagian kiri bawah pada layar desktop. Kemudian lanjutkan dengan memilih CONTROL PANEL
  • Pada menu CONTROL PANEL, temukan pilihan SYSTEM AND SECURITY lalu BACK UP YOUR COMPUTER
  • Kemudian pilih RECOVER SYSTEM SETTINGS ON YOUR COMPUTER
  • Terakhir, klik OPEN SYSTEM RESTORE

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan, maka Anda tinggal mengikuti wizard sederhana untuk mulai melakukan restore Windows. Tenang, laptop dengan sendirinya akan melakukan reboot. Kalau memang masalahnya ada pada Windows, maka setelah proses restore berhasil, keyboard akan berfungsi seperti sebelumnya tanpa masalah. Anda pun bisa memasang aplikasi baru tanpa perlu khawatir.

6. Perbaiki Driver Keyboard

Tidak banyak pengguna laptop yang menyadari bahwa faktor penyebab keyboard laptop berikutnya adalah lantaran driver keyboard ‘dirusak’ oleh aplikasi pada laptop. Aplikasi yang tidak update juga bisa menjadi salah satu pencetusnya. Jika memang demikian, Anda bsia melakukan proses pengecekan sekaligus pembenahan sendiri lewat langkah-langkah berikut:

  • Klik menu START pada bagian pojok kiri bawah desktop dan lanjut ke menu CONTROL PANEL
  • Temukan SYSTEM AND SECURITY lalu DEVICE MANAGER
  • Dalam menu Device Manager, akan ada banyak sekali driver untuk seluruh komponen hardware pada laptop. Anda hanya tinggal mencari KEYBOARD yang akan mengarahkan pada driver-nya
  • Jika pada driver keyboard muncul tanda segitiga berwarna kuning dan tanda seru, maka artinya keyboard Anda memang tengah dalam masalah

Untuk memperbaiki situasi ini, Anda hanya perlu meng-update driver keyboard dengan cara mengunduhnya langsung pada website resmi laptop yang Anda gunakan. Contohnya Anda adalah pengguna ASUS, maka segera kunjungi situs ASUS dan cari informasi soal driver keyboard. Unduh file yang diperlukan dan lakukan update atau pasang pada laptop, maka keyboard akan bisa berfungsi seperti sebelumnya.

7. Bawa ke Tempat Servis

Jika langkah-langkah di atas telah Anda coba dan belum membuahkan hasil yang baik, maka pilihan terakhir yang bisa Anda lakukan adalah membawanya ke tempat servis laptop. Dengan semakin tingginya pengguna laptop di Indonesia, produsen-produsen laptop banyak yang mendirikan store sekaligus tempat service resmi yang bisa ditemukan di kota-kota besar.

Biasanya informasi soal tempat service resmi ini bisa dilihat melalui situs produsen laptop. Satu hal yang harus Anda tahu, makin tinggi tingkat kerusakan pada keyboard, maka biaya yang dikeluarkan juga bakal besar. Untuk itulah coba pertimbangkan secara bijaksana apakah lebih baik memperbaiki laptop atau membeli perangkat baru.

Bagaimana jika berdomisili di kota yang tidak terdapat tempat service laptop resmi? Maka Anda bisa mencoba mereparasi keyboard laptop ke tukang reparasi laptop pinggiran atau penyedia jasa service laptop online terpercaya. Agar tidak keliru memilih penyedia jasa lebih-lebih yang online, beberapa hal berikut ini bisa jadi pertimbangan:

  • Pastikan bahwa jasa servis laptop online tersebut memiliki website resmi yang bisa dicek dari domain yang digunakan serta konten yang ditulisnya. Kalau memang aktif, maka Anda bisa mempertimbangkannya
  • Hampir setiap bisnis online yang terpercaya pasti memiliki layanan Customer Service alias CS untuk membantu menangani permasalahan laptop konsumen kapanpun dan di manapun
  • Supaya tidak keliru, coba pertimbangkan untuk melihat review sekaligus testimoni dari konsumen lain yang sudah pernah menggunakan jasa servis laptop online. Biasanya review dan testimoni ini bisa dilihat melalui media sosial atau website mereka. Pastikan jika review yang diberikan benar-benar nyata dan bukan rekayasa sehingga bisa membuat Anda makin yakin memilih

Mempertimbangkan Alternatif Keyboard Laptop

Kalau deadline sudah di depan mata sedangkan keyboard laptop bermasalah dan tidak bisa diperbaiki dalam waktu singkat, maka langkah yang bisa Anda tempuh adalah dengan menggunakan alternatif keyboard lain. Yap, cara cepat ini sering dipilih oleh mereka yang benar-benar butuh laptop dalam bekerja. Memang seperti apa saja sih alternatif keyboard laptop? Berikut ulasannya.

Baca juga: Cara Install Windows 10 di PC atau Laptop (Lengkap + Gambar)!

Screen Keyboard Wireless

Perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat memungkinkan pengguna laptop menggunakan keyboard tambahan ketika keyboard laptop bermasalah. Adalah keyboard USB atau keyboard wireless yang merupakan solusinya.

Lantaran merupakan keyboard eksternal alias tambahan, untuk bisa dihubungkan dengan laptop hanya menggunakan kabel USB atau bluetooth. Untuk bisa menemuka perangkat keyboard tambahan ini Anda bisa berkunjung ke toko-toko aksesoris komputer atau toko barang elektronik. Tenang saja, harganya cukup terjangkau yakni di kisaran Rp50 ribu.

On-Screen Keyboard

Berbeda dengan keyboard eksternal yang merupakan perangkat tambahan dan bisa dipasangkan pada laptop, alternatif keyboard berikutnya adalah program on-screen keyboard yang terdapat pada seluruh perangkat komputer.

Program ini bisa ditemukan melalui menu START > ACCESSORIES > ACCESSIBILITY > ON SCREEN KEYBOARD. Seperti namanya, program ini memungkinkan keyboard bisa muncul di layar monitor dan menawarkan fungsi tombol keyboard, sehingga Anda tetap bisa mengetik dan mengoperasikan laptop.

Meskipun tak butuh beli perangkat keyboard tambahan, program on-screen keyboard ini harus menggunakan mouse atau touchpad hingga fitur layar touchscreen supaya bisa dijalankan. Bagi Anda yang tidak terbiasa, jelas akan bermasalah dan malah membuat kerjaan tidak selesai sesuai target.

Bagaimana? Ternyata untuk memperbaiki keyboard laptop yang rusak tidaklah sulit, bukan? Anda bisa mencoba cara-cara yang diulas di atas secara sendiri tanpa bantuan tukang servis. Meskipun memang jika seluruh cara tidak berfungsi, satu-satunya hal yang bisa Anda lakukan adalah membawa laptop ke tukang servis terpercaya. Semoga informasi di atas bermanfaat dan Anda tetap bisa menggunakan laptop dengan optimal.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago