Cara Siaran Langsung di FB Melalui Android dan PC

Saat ini live streaming (siaran langsung) bukan hanya bisa di lakukan media besar seperti saluran televisi. Tapi hanya dengan gadget dan kuota, melalui media sosial pribadinya saja semua orang sudah bisa melakukan live streamingnyanya sendiri. Sejak kemunculannya pada tahun 2015 yang lalu, siaran langsung melalui facebook kini menjadi semakin populer.

Biasanya fitur ini digunakan oleh pebisnis skala kecil bahkan hingga berbentuk korporasi/perusahaan sebagai media pemasarannya. Selain itu, fitur ini juga ramai di gunakan oleh para gamers untuk melakukan live streaming saat bermain game. Hal ini di lakukan karena dengan adanya live streaming, maka akan terjadi interaksi langsung secara real time dengan penonton/audiens.

Dengan begitu, akan dapat membuat engangement semakin tinggi karena bisa langsung menjawab pertanyaan audiens di kolom komentar saat live streaming. Begitupun dengan para gamers. Namun ada langkah-langkah yang sedikit berbeda jika Anda ingin menggunakan live streming FB Untuk sambil bermain games. Begitupun jika Anda melakukan live streaming di FB dengan PC atau smartphone Android.

Untuk Anda yang masih bingung tentang tutorialnya, yuk langsung saja kita bahas bagaimana cara siaran langsung FB menggunakan PC dan smartphone!

Cara Siaran Langsung di Smartphone (Android)

Cara Siaran Langsung di FB Melalui Android dan PC

Pertama-tama, mari kita bahas tentang cara menggunakan fitur live streaming di facebook menggunakan smartphone android. Saat ini penggunaan smartphone mungkin sudah menjadi hal yang biasa di masyarakat. Hampir semua orang memiliki smartphone walaupun tidak memiliki PC. Anda tetap bisa melakukan live streaming di Facebook walaupun tidak punya PC. Berikut adalah langkah-langkahnya!

1. Pastikan Anda Sudah Mendownload Aplikasi Facebook

Anda dapat men-download aplikasi Facebook di google playstore atau apps store sesuai yang di sediakan oleh masing-masing merek smartphone android. Jika sudah maka klik “install”, buka aplikasi dan lakukan pendaftaran (registrasi) menggunakan email atau nomor handphone. Jika Anda sudah memiliki aplikasi dan akun, Anda bisa skip langkah ini.

2. Masuk ke Kolom “Apa yang Anda Pikirkan” dan Klik “Siaran Langsung”

Dengan menggunakan akun yang akan di gunakan untuk melakukan siaran langsung di FB, selanjutnya Anda perlu masuk ke kolom “Apa yang Anda Pikirkan”. Jika sudah, maka Anda perlu meng-klik “Go live” terlebih dahulu. Ini bukan berarti Anda langsung “on” siaran langsung, karena ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti sebelum akhirnya memulai siaran langsung di FB.

3. Pilih Jenis Kamera yang Ingin digunakan (Kamera Depan atau Belakang)

Salah satu perbedaan antara melakukan siaran langsung di smartphone dan pC adalah di smartphone, Anda bisa memilih kamera mana yang ingin Anda pakai supaya livestreaming yang di lakukan lebih maksimal.

4. Klik “Bring Friend” Untuk Mengundang Teman Facebook Anda

Keunikan dari live streaming di FB adalah interaksi secara real time dengan audiens. Oleh karena itu Anda bisa mengundang teman facebook untuk bergabung dalam live streaming yang Anda lakukan. Jika di Facebook aNd asudah mengenali calon pasar ANda dan berteman, maka akan lebih mudah untuk mengajak mereka.

5. Pilih Filter, Bingkai atau Teks Untuk Melengkapi Live Streaming

Anda bisa mengatur filter, bingkai ataupun teks yang menurut Anda cocok dengan tema atau pun audiens Anda saat live streaming. Namun jika pengaturan ini tidak Anda perlukan, Anda bisa langsung lanjut pada pengaturan lainnya.

6. Atur Siapa Saja yang Bisa Mengakses Live Streaming Anda

Selain tampilan pada siaran langsung, Anda juga bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat siaran langsung Anda, apakah bisa di akses publik, teman-teman facebook Anda tau hanya orang-orang tertentu. Semuanya tergantung Anda, jika Anda ingin live streaming dengan audiens yang sangat luas Anda bisa memilih “publik” namun Anda menghendaki audiens yang lebih segmented yani teman-teman yang sudah ANda tambahkan di fb maka pilih “hanya teman”.

7. Klik “Mulai Siaran Langsung” Untuk Memulai dan Klik “Selesai” Jika Ingin Berhenti

Langkah terakhir, Anda hanya perlu mengklik “Mulai Siaran Langsung” untuk memulai live streaming Anda di FB. Jika Anda ingin mengakhiri siaran langsung, Anda tinggal meng-klik “Selesai”, maka secara otomatis siaran langsung Anda akan berhenti.

Cara Siaran Langsung di PC

Cara Siaran Langsung di PC

Sebenaranya menggunakan fitur live streaming FB di PC juga tidak kalah mudahnya. Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut ini!

1. Buka Browser dan Klik www.facebook.com

Biasanya jika menggunakan PC cenderung membuka facebook melalui browser, sementara jika Anda ingin live streaming menggunakan smartphone Anda perlu mendownload aplikasi facebook. Fitur yang di sajikan facebook dalam tampilan PC dan mobile agak sedikit berbeda.

2. Klik Icon Titik Tiga Berwarna Putih pada Kolom “Apa yang Anda Pikirkan”

Untuk memulai siaran langsung FB melalui PC, Anda perlu meng-klik icon yang berbentuk titik tiga putih yang ada di kolom status (“Apa yang Anda Pikirkan”)

3. Isi Keterangan Detail Seperti Deskripsi dan Lokasi

Setelah itu, isi keterangan yang mendeskripsikan aktivitas live streaming Anda dan juga lokasi anda. Misalnya Anda ingin melakukan live straming untuk berjualan produk gamis premium diskon akhir tahun, maka Anda bisa menambahkan keterangan tersebut pada kolom deskripsi.

4. Klik “Mulai Siaran Langsung” Untuk Memulai dan Klik “Selesai” Untuk Mengakhiri

JIka sudah di isi, maka Anda bisa memulai siaran langsung di facebook dengan mengklik “Mulai Siaran Langsung”. Kini Anda sudah masuk siaran langsung Anda. Mulai lah menjelaskan promosi, membaca komentar dan menanggapinya. Jika di rasa sudah cukup, Anda bisa mengakhiri live streaming dengan mengklik “Selesai”.

Cara Live Streaming di Facebook lewat PC Sambil Main Games

Cara Siaran Langsung di FB Melalui Android dan PC

Saat ini, virtual games bukan hanya jadi hobby semata tapi juga bisa menjadi profesi dengan gaji yang cukup menjanjikan. Hal ini karena facebook ternyata memiliki program “facebook creator gaming”, dimana seseorang di kontrak oleh pihak facebook untuk menjadi partner video gaming creator di facebook. Terdapat tingkatan dalam karir sebagai profesional gamers di facebookyang ini akan berpengaruh pada penghasilan juga. Apakah Anda juga termasuk orang yang berminat pada dunia virtual gaming?

Jika ya, maka mungkin Anda bisa melatih kemampuan gaming dan juga bagaimana cara meningkatkan viewers dengan melakukan live streaming sambil bermain games di facebook.

Diatas sudah di jelaskan tentang cara melakukan siaran langsung untuk melakukan promosi produk atau hal-hal terkait pemasaran dan yang lainnya. Namun jika Anda gamers yang ingin menggunakan fitur live streaming ini sambil bermain games, maka ada beberapa hal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu sebelum masuk ke aplikasi facebook. Berikut langkah yang harus Anda lakukan jika ingin siaran langsung di FB sambil brmain games!

1. Download dan Install OBS (Open Broadcast System)

Agak berbeda dengan live streaming di FB pada umumnya, jika Anda ingin share screen saat Anda bermain games di FB menggunakan fitur siaran langsung di FB, pertama-tama Anda perlu mendownload OBS (Open Broadcast System). OBS adalah sebuah software gratis untuk melakukan recording video dan live video streaming. OBS ini nantinya berfungsi untuk menghubungkan konten ke live video streaming server Anda. Anda bisa mendownloadnya lewat pencarian di google, setelah itu install OBS di PC Anda.

2. Log in Facebook dan Klik Page (Icon Bendera Warna Oranye)

Setelah OBS terinstal, kita pindah pada halaman facebook. Buat page baru atau gunakan yang sudah ada jika Anda sudah membuat page facebook sebelumnya. Kemudian Klik “Edit Page Info”. Isi kolom “category” dengan “gaming video creator” lalu pilih “save”.

3. Kembali ke “Page”, Pilih “Live” dan “Connect

Jika sudah memilih category, Anda bisa kembali lagi ke “page” facebook. Disana terdapat kolom “stream key” yang berisi beberapa angka dan hurup acak, lalu “copy”.

4. Buka OBS dan klik “Setting”

Buka lagi OBS, kemudian klik “setting”. Anda akan melihat kolom “Play Path/Stream Key “, lalu klik “paste”. Kemudian kembali ke browser FB terakhir, “copy” server URL lalu “paste” ke kolom FMS URL yang ada di OBS dan klik “ok”.

5. Isi Kolom Source Sambil Membuka Games

Jika Anda sudah selesai di bagian kolom FMS URL, Anda bisa melakukan klik kanan > add > game capture (Anda bisa meng-edit namanya sesuai preferensi) > ok. Buka gamesnya, lalu klik kanan > add > video capture device > ok.

6. Setting Device

Setelah itu ganti menjadi USB Webcam, centang custom resolution (ukurannya di sarankan menggunakan 320×240, nanti hasilnya video berbentuk kecil di pojok layar). Ganti use chroma key sesuai background yang Anda inginkan supaya backgroundnya Anda saat live streaming bisa hilang. Atur similarity, blend dan spill reduction menjadi 500. Terakhir, ganti audio input device menjadi microphone dan klik “Preview” untuk melihat bagaimana tampilan bentuk siaran langsung Anda nantinya.

7. Klik “Start Streaming” dan Kembali ke Halaman Facebook

Anda tinggal menunggu semuanya terhubung. Sambil menunggu, Anda bisa mengisi keterangan pada kolom “Video Game” sesuai nama games yang sedang Anda mainkan dan juga kolom “Title” untuk memberi judul tema live streaming Anda. Hal ini supaya audiens bisa lebih cepat terhubung atau tertarik untuk menonton video games streaming Anda

8. Klik “Go live”

JIka OBS dan Facebook sudah terhubung, biasanya akan terjadi sedikit delay. Hal itu memang biasa. Lalu Anda akan melihat opsi “Go Live”, lalu klik opsi tersebut dan kini Anda sudah bisa bermain games sambil live streaming di Facebook.

Penutup

Itulah cara-cara menggunakan fitur live streaming di facebook menggunakan PC ataupun smartphone serta bagi Anda yang ingin membuat siaran langsung video gaming. Apakah Anda cukup terbantu untuk melakukan siaran langsung di facebook dengan penjelasan di atas?

Teknologi memang di ciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia sehingga dapat melakukan aktivitas lebih efektif dan efisien. Di era digital ini, strategi pemasaran sudah tidak sekaku seperti masa lalu. Selain itu ternyata, teknologi juga mampu memberikan banyak peluang baru untuk orang-orang yang tekun mempelajarinya. Semoga artikel tutorial ini dapat membantu Anda melakukan live streaming FB sesuai kebutuhan Anda masing-masing. Selamat mencoba!