Kamera

Dashboard Camera (Dascam) Dengan Harga 1 Jutaan Untuk Keamanan Mobil

Dashcam atau Dashboard Camera, merupakan salah satu aksesoris mobil yang banyak produsen sarankan untuk keamanan pengendara mobil. Meski tidak secara langsung mampu menghalau pelaku kejahatan, namun Dashcam mampu melakukan perekaman apabila ada seorang yang melakukan kejahatan pada mobil Anda.

Jika Anda penggemar serial drama Korea Mouse yang sekarang masih on going,  Anda bisa melihat Dashcam sangat membantu Detektif Ko untuk melakukan penyelidikan. Pasalnya Dashcam juga merekam aktifitas di sekitar mobil, sejauh masih dalam jangkauan kamera.

Dashcam ini memiliki fungsi seperti black box pada pesawat. Apabila Anda mengalami insiden kecelakaan maka seorang penyidik bisa mengetahui penyebab insiden dengan melihat rekaman pada Dashcam.

Ada banyak jenis Dashcam, yang paling umum adalah diletakkan pada kaca depan mobil dengan kamera menghadap ke depan. Fungsinya adalah untuk merekam segala sesuatu yang terjadi di depan mobil.

Ada juga Dashcam interior yang merekam aktifitas di dalam mobil. Orang yang menggunakan Dashcam interior biasanya karena mempunyai sopir pribadi, fungsinya untuk merekam aktifitas sopir jika sedang bertugas atau menghindari penyalahgunaan mobil Anda

 Tentu Anda juga harus ingat bahwa ada kamera memantau bagian dalam mobil Anda. Jangan sampai melakukan mantap – mantap di dalam mobil saat Anda sedang menggunakan mobil tanpa sopir. Hehehe.

Beberapa tahun ini para produsen Dashcam mengembangkan mode dual channel. Dimana meletakkan kamera pada bagian depan dan bagian belakang mobil. Dengan ini Anda bisa merekam aktifitas dari dua sisi secara bersamaan.

Agar fungsi dashcam ini bisa maksimal, tentunya Anda harus mengetahui cara mengaplikasikannya di mobil. Selain agar tangkapan gambar maksimal, pemasangan yang baik juga membuat pengemudi lebih aman dan nyaman.

Apabila akan menaruhnya di bagian depan, sebaiknya anda memasang Dashcam ini di belakang kaca spion tengah mobil. Dengan begitu, kamera bisa menangkap semua obyek dengan presisi antara sisi kanan dan kiri.

Peletakan yang tepat sangat penting karena pada umumnya perangkat ini mampu mengambil gambar hingga ke sudut selebar 150 derajat. Jangan lupa untuk menyembunyikan kabel chargernya ke bagian dalam dashboard mobil, agar tidak mengganggu pandangan pengemudi.

Selain fungsinya yang dapat menjadi alat bukti atas sebuah insiden atau peristiwa di jalan raya, misalnya terjadi kecelakaan atau musibah, dashcam ini juga bisa membuat Anda terhindar dari pemerasan.

Biasanya saat terjadi kecelakaan tentu akan ada yang saling menyalahkan, dan rekaman dashcam ini bisa menjadi bukti Anda ketika harus menjelaskan pada pihak yang berwajib.

Selain itu, jika mobil Anda dilindungi oleh asuransi maka rekaman dari dashcam dapat membantu pihak asuransi menyelidiki penyebab kecelakaan. Dengan rekaman ini akan memperkuat temuan pihak asuransi terkait klaim apakah pemilik mobil berhak mendapat pertanggungan atas insiden yang terjadi atau tidak.

Harga Dashcam cukup variatif, mulai dari 500ribu rupiah sampai 5 jutaan. Tentu semakin mahal harganya maka semakin tinggi kualitasnya. Namun jika bujet Anda terbatas, tentu Anda harus jeli untuk menemukan Dashcam yang murah namun dengan kualitas bagus.

Baca ulasan tentang, Instax Mini 40, Seri Terbaru Kamera Legendaris Penuh Kenangan

Kami merangkum beberapa Dashcam mulai dari harga 500ribuan sampai jutaan. Apa saja Dashcam rekomendasi kami? Yuk kita simak di bawah ini.

1. Otodash Dashcam Full HD

©www.shopee.com

Kamera Otodash ini termasuk yang paling murah, kami menemukannya di marketplace dengan harga 300ribuan. Resolusi kamera 5MP dengan kualitas perekaman 1080p, namun format video masih AVI.

Otodash menggunakan lensa lebar 170 derajat dan mempunyai layar 2,4 inch. Anda mempunyai slot Micro SD hingga 32GB yang mampu merekam perjalanan secara non-stop 2,5 jam.

Anda bisa meletakkan Otodash di kaca atau langit – langit mobil, karena kamera ini memiliki Mounting yang fleksibel.

2. 70mai Smart Dash Cam 1S Midrive

©www.shopee.com

Apakah Anda merasa familiar dengan nama diatas, Midrive. Betul, Dashcam ini adalah produk buatan Xiaomi. Sepertinya Xiaomi memang benar – benar ingin menguasai pasar gadget dunia.

Yang paling kami sukai dari Cam1S ini adalah memiliki fungsi kontrol suara. Jadi Anda bisa memberikan perintah kepada kamera melalui suara. Namun pastikan bahwa perintah yang Anda berikan menggunakan bahasa inggris ya.

Cam1S memiliki kualitas rekaman 1080p dengan format HD. Lensa mampu merekam dengan luas 130 derajat dan mempunyai kemampuan night vision.

Bentuk Cam1S sangat minimalis, hanya seperti stik tabung kecil. Cam1S tidak mempunyai layar display, namun dia mempunyai fitur wifi sehingga Anda bisa mengakses hasil rekaman melalui smartphone.

Semua fitur hebat ini bisa Anda dapatkan hanya dengan harga 400ribuan. Xiaomi memang selalu bisa diandalkan dalam harga yang hemat dengan fitur yang hebat.

Ulasan lainya, Canon EOS M50 Mark II, Kamera Khusus Konten Kreator Untuk Merekam Video Vertikal

3. HD DVR HD1080 Car Dashcam

©www.shopee.com

Kamera Dashcam ini harganya hanya 500ribuan di marketplace. Dengan resolusi kamera 5MP, namun mampu merekam dengan format HD dengan kualitas 1080p.

Dashcam ini menggunakan lensa lebar, 120 derajat. Memudahkan Anda untuk melihat seluruh pandangan di depan mobil.

Kamera dashboard dari DVR ini memiliki mount yang membuatnya dapat dipasang di langit-langit mobil, sejajar kaca spion tengah.  Kamera memiliki layar display 2,7 inch, memudahkan Anda untuk melihat rekaman kejadian tanpa  mencolokkannya ke komputer.

4. DDPAI Dash Cam Mola N3

©www.shopee.com

DDPAI ini mungkin jarang kita dengar, sebuah perusahaan teknologi asal China yang didirikan oleh senior enginer alumni Huawei. Jika Anda melihat di marketplace, DDPAI ini juga menciptakan aneka perangkat pendukung Smarthome seperti Xiaomi.

Mola N3 merupakan Dashcam yang bisa berputar hingga 360 derajat. Jadi kamera ini bisa berfungsi merekam depan mobil, atau situasi dalam ruangan.

Sudut pandangnya bisa diatur dari 105 derajat hingga 140 derajat. Ini juga menyesuaikan apakah Anda menggunakannya untuk kamera depan atau kamera interior.

Desain bodinya Mola N3 ini minimalis tanpa layar display. Jadi Mola N3 mempunyai sambungan wifi untuk tersambung pada layar smartphone Anda.

Anda bisa mendapatkan Mola N3 dengan harga 800 ribuan.

5. 70mai Dash Cam Pro Plus A800 S

©www.shopee.com

Meski tidak ada embel-embel Midrive, tapi 70mai memang produk Xiaomi. Edisi Pro Plus ini memiliki dua kamera, depan dan belakang.

70mai mengklaim bahwa kekuatan kameranya bisa sampai 1944/p, depan belakang. Ini karena kekuatan dari lensa Sony IMX335 dan kekuatan sensor Hi3556 V100.

Lensa pada kedua kamera mempunyai sudut pandang 140 derajat. Anda bisa melihat tampilan pada kamera depan yang mempunyai layar display 2 inch.

Dengan embel-embel PLUS pada namanya, 70 mai menyertakan fitur unggulan daripada produk dengan level di bawahnya. Cam Pro Plus ini memiliki fitur alarm peringatan pada bagian depan atau belakang.

Cam Pro Plus memiliki sensor untuk jarak aman antara bagian depan dan belakang mobil Anda. Ini memberikan peringatan jika posisi Anda terlalu dekat dengan objek lain. Fitur ini ada bermanfaat ketika melakukan parkir atau berhenti di lampu merah.

Baca yuk, Insta 360 One R 1-inch action, Action Cam Pesaing Go Pro

Cam Pro Plus mempunyai Slot Micro SD hingga 128GB. Anda bisa merekam segala aktifitas harian Anda tanpa takut kehabisan ruang penyimpanan. Kamera ini juga mempunyai konektivitas wifi untuk tersambung dengan smartphone Anda.

Dengan segala fitur hebat yang dimiliki, maka wajar jika kamera ini dibanderol harga 1 juta rupiah.

6. Camecho 3 in 1 4 inch

©www.shopee.com

Pertama kali membaca barang ini di marketplace, sontak kami terkejut. Bagaimana tidak, bayangkan ada perangkat dengan kamera depan, belakang, interior sekaligus layar display 4 inch hanya dibanderol dengan harga 400ribu rupiah.

Meski sebagian besar pembeli hanya memberi bintang tiga, tapi apa salahnya jika kami ulas sedikit disini. Camecho 3 in 1 dikirim dari luar negeri, firasat kami tak lain dan tak bukan adalah dari China.

Dalam deskripsi produk ditulis bahwa Camecho mempunyai kamera depan dengan sudut pandang 170 derajat. Kamera belakang 140 derajat, dan kamera interior 110 derajat.

Camecho mempunyai fitur yang sangat lengkap seperti Loop recording, Motion detection, Parking Mode, Night Vision, Lens Adjustable, Full Screen Reversing, dan Picture in picture. Paket lengkap harga hemat yang menggiurkan untuk kaum bujet pas-pasan. Hehehe.

Baca juga, Kamera CCTV Terbaik, Modern dengan Harga Terjangkau

Layar display dipasang dengan mounting holder, bisa Anda tempatkan di kaca depan bagian atas. Kami berharap layar 4 inch tidak mengganggu pemandangan Anda saat berkendara.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

21 jam ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

3 hari ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 minggu ago

Nikon Z Fc, Kamera Retro Untuk Teman Travelling Anda

Nikon Z fc mengusung desain yang nyaman dalam genggaman dan menawarkan pengalaman pengambilan gambar berbeda…

3 minggu ago

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar,…

3 minggu ago

Layar Luas 6.5”, Nokia C20 Dibanderol Rp1 Jutaan

Kalau bicara mengenai smartphone Android, banyak di antara kita yang akan identik menyebut brand Xiaomi,…

4 minggu ago