Laptop

Dell XPS 15, Laptop Windows Terbaik dengan Desain Futuristik

Dell XPS 15 dikeluarkan untuk konsumen dengan desain yang futuristik, desain garisnya tegas dan seolah ingin mengatakan bahwa ini adalah laptop yang tangguhDilengkapi dengan komponen mesin yang cukup kuat untuk menangani pekerjaan desain 3D  sekalipun.

Satu kelebihan utama dari Dell XPS 15 2020 adalah tampilan InfinityEdge yang telah diperbarui. Model ini merobek bezel bawah yang tebal dari XPS 15 versi sebelumnya untuk memberi Anda layar yang tidak terlalu terhalang oleh tepian yang tebal. Dan itu membuat film dan game terlihat lebih imersif. XPS 15 memiliki tampilan yang sempurna, trackpad yang bagus, keyboard yang luar biasa, dan suara yang luar biasa.

Dell XPS 15 adalah bukti lain bahwa lini XPS adalah model dari laptop idaman. SSD 256GB, RAM 8GB, dan konfigurasi CPU Intel Core i5 Comet Lake generasi ke-10 memiliki harga yang lebih terjangkau daripada MacBook Pro 16 inci .

CPU1.3GHz Intel Core i7-10875H (8-core, 16MB Intel Smart Cache, hingga 5.1GHz dengan Turbo Boost)
GrafisNvidia GeForce GTX 1650 Ti
RAM16GB DDR4 (2.933MHz)
Layar15.6 inci 4K (3.840 x 2.400) layar sentuh
Penyimpanan512 GB SSD (PCIe, NVMe, M.2)
Dimensi13,57 x 9,06 x 0,71 inci (344,72 x 230,14 x 18 mm; W x D x H)
Ports2x USB-C 3.1 dengan Thunderbolt 3, 1 x USB-C 3.1, 1 x pembaca kartu SD, colokan audio kombinasi
KonektivitasWi-Fi 6 AX1650, 2 x 2, Bluetooth 5.0
Kamera1080p IR Webcam
Berat2,05 kg
Fitur Dell XPS 15

Masa pakai baterai Dell XPS 15 2020 bisa lebih baik (setidaknya pada model 4K), dan bisa menjadi sangat bising di bawah beban kerja yang berat.

Tetapi dengan kinerja hebat dan tampilan menawan yang dikemas dalam paket ramping dan menarik, Dell XPS 15 adalah salah satu laptop terbaik yang dapat Anda beli jika Anda mencari mesin produktivitas yang lebih besar.

Karenanya, Dell XPS 15 adalah rekomendasi yang baik bagi kebanyakan orang, terutama jika Anda belum familiar dengan macOS. Baik itu permainan kasual, peningkatan produktivitas, atau bekerja saat bepergian, menggunakan Dell XPS 15 tentu saja merupakan solusi yang solutif.

Desain

Dell XPS 15 via www.dell.com

Dalam hal inovasi laptop dari tahun ke tahun, kami benar-benar belum pernah melihat model seperti Dell XPS 15 2020.

Laptop ini lebih tipis, lebih ringan, memiliki bezel lebih kecil dan membawa speaker ke bagian atas perangkat. Dengan semua peningkatan ini, XPS 15 telah melejit di depan laptop model 13 inci menjadi laptop Windows favorit selanjutnya.

Sebagian besar orang tidak ingin membawa-bawa laptop berukuran besar 15 inci, tidak peduli peningkatan kinerja seperti apa yang disandingkan dengan perangkat keras yang lebih besar.

Namun, XPS 15 baru ini hanya setebal 0,71 inci (18mm) dan berat hanya 4,5 lb (2,05kg). Jelas bukan laptop teringan di dunia, tetapi dengan perangkat keras dan baterai semacam ini yang bertahan selama itu, laptop ini pasti lebih portabel daripada yang seharusnya.

Dell XPS 15 2020 menyempurnakan salah satu desain laptop terbaik yang pernah dibuat mendekati kesempurnaan. Sasisnya yang ramping tetap ramping seperti biasanya, dengan tutup aluminium perak halus dan tepi tajam 0,71 inci yang kontras dengan dek keyboard sentuh lembut di dalamnya.

XPS 15 terbaru membuat tatanan luar laptop tampak menarik dengan keycaps yang lebih besar, touchpad yang jauh lebih besar, dan speaker depan yang ramping yang semuanya ditata dengan elegan di dek.

Tetapi perubahan desain terbesar adalah tampilan Infinity Edge 4-sisi baru laptop, yang membuang bezel bawah tebal dari iterasi sebelumnya untuk layar laptop 15 inci Dell yang paling mulus.

Mengenai port, beberapa jenis port memang tidak tampak pada XPS 15 sehingga hanya ada tiga port yang tersisa yaitu Thunderbolt 3, pembaca kartu SD dan jack headphone. Tampak sedikit menyusahkan bagi beberapa orang yang suka bekerja dengan beberapa komponen eksternal lainnya.

Dengan betapa cantiknya laptop ini, meski dengan sedikit kekurangan diatas, seluruh badannya terbuat dari aluminium CNC dengan tepi yang bersih dan logo khas Dell di bagian luar, ini adalah laptop yang bergaya dan elegan .

Dek keyboard terbuat dari bahan serat karbon, dan senyaman sebelumnya, meskipun mungkin akan lebih mudah kotor.

Performa

Dilengkapi dengan Intel Core i7-10875H dan Nvidia GeForce GTX 1050 Ti, Dell XPS 15 pasti masuk ke dalam apa yang kita sebut pasar “prosumer”.

Meski spesifikasi ini tidak begitu kuat untuk para editor video profesional atau seniman 3D yang pasti akan membuat mereka berpikir dua kali untuk membelinya, tetapi spesifikasi diatas pasti cukup memuaskan bagi siapa saja yang melakukan kedua hal itu untuk hobi, atau hanya karena tidak ingin diperlambat oleh tugas komputasi apa pun yang mungkin mereka jalankan.

Baca artikel lainya di, Mengintip Jajaran Laptop Terbaik di Awal 2021, Apakah Punyamu Termasuk?

Sementara GTX 1650 Ti secara teknis merupakan GPU gaming, Dell XPS 15 jelas bukan laptop gaming, dan desain sasis yang tipis dan ringan tidak benar-benar ditujukan untuk aktivitas gaming  yang panjang di mana naiknya panas komponen berpotensi menyebabkan masalah kinerja.

Dell XPS 15 via www.dell.com

Singkatnya, skor Dell XPS 15 hanya 3.654 poin dalam 3DMark Time Spy. Sebagai perbandingan, GTX 1660 Ti di Surface Book 3 yang dipasangkan dengan CPU yang jauh lebih lemah memperoleh skor 4.840 poin dalam pengujian yang sama. Berarti Dell XPS 15 kalah 25% dalam kinerja dengan Surface Book 3.

Namun dalam pengujian yang lain, XPS 15 benar-benar bersinar. Kinerja Intel Core i7-10875H  milik  XPS 15 sangat kuat dalam segala aspek umum. XPS 15 mencetak skor multi-core GeekBench 5 7.408, yang tidak hanya mengalahkan Gigabyte Aorus 17G, laptop dengan pendinginan yang jauh lebih kuat, tetapi juga berada dalam jangkauan AMD Ryzen 9 4900HS pada Asus Zephyrus G14.

Dalam sasis yang tipis dan ringan, Dell XPS 15 memberikan kinerja yang tidak akan membebani Anda dalam perjalanan kereta bawah tanah untuk bekerja. Tentu, GPU bisa lebih kuat, tetapi itu kemungkinan akan hadir dengan penambahan komponen lain, karena itu akan membutuhkan sistem pendingin yang lebih kuat dan berat.

Di kedua sisi keyboard, Anda akan menemukan dua kisi speaker yang menghadap ke atas. Di bawahnya adalah pengaturan quad-speaker yang sejauh ini merupakan salah satu yang terbaik yang pernah kami tahu di laptop, sebanding dengan MacBook Pro 16 inci terbaru.

XPS 15 dilengkapi dengan layar 3.840 x 2.400 yang mencapai 100% gamut warna Adobe RGB dan kecerahan 500 nits, ini adalah laptop yang luar biasa untuk menonton acara dan film favorit Anda – terutama dipasangkan dengan speaker yang luar biasa.

Dell XPS 15 tampillebih baik dengan bezel layar sangat kecil, jadi hampir semua yang Anda lihat hanyalah layar. Layar ini adalah salah satu alasan terbesar untuk menggunakan XPS 15, apakah Anda seorang profesional kreatif yang membutuhkan tampilan yang cerah dan akurat untuk bekerja, atau Anda hanya menyukai acara dan film resolusi tinggi setiap kali Anda istirahat.

Sungguh, dalam hal desain, tidak ada yang perlu dikeluhkan. Insinyur Dell benar-benar berhasil kali ini, dan cukup mudah untuk melihat bahwa Dell XPS 15 akan menjadi standar emas untuk laptop prosumer di masa mendatang.

Tampilan Layar

Layar XPS 15 ini sangat cerah untuk bekerja dan bermain, mencatat kecerahan rata-rata 434,2 nits pada pengukur cahaya kami. Itu sedikit lebih terang dari 429 nits MacBook Pro 16 inci dan lebih baik dari 380 nits Surface Laptop 3.

Performa warna dunia nyata XPS 15 didukung oleh pengujian lab kami, karena laptop mereplikasi 132,2% dari gamut warna sRGB yang mengesankan. Notebook Dell menduduki peringkat teratas MacBook Pro 113,9% serta peringkat 101% Surface Laptop 3.

Layar sentuh pada Dell XPS 15 2020 terbukti lancar dan responsif, kami tidak mengalami masalah saat menggulir halaman web atau melakukan sentuhan untuk memperbesar gambar dan dokumen.

Daya tahan baterai

Dell XPS 15 yang kami ulas di sini dilengkapi dengan baterai 86Whr, yang cukup besar untuk laptop setipis ini. Masa pakai baterai benar-benar mencengangkan, dengan kemampuan rata –masa pakai baterai 9 jam 44 menit.

Untuk pekerjaan kantoran, laptop ini akan dengan mudah bertahan seharian dan anda bisa mengisi daya sesampainya di rumah. Tentu hal ini berbeda jika digunakan untuk menonton film, kami hanya menemukan laptop akan bertahan hingga 6 jam 16 menit.

Software dan fitur

Dell XPS 15 via www.gadgetndtv.com

Sayangnya Dell adalah salah satu produsen laptop yang memuat banyak perangkat lunaknya bahkan pada laptop premiumnya. Beberapa orang tidak menyukai hal ini dan ingin membuang saja perangkat lunak bawaan pabrik.

Namun sebelum Anda membuang semuanya, kami akan menyarankan untuk menyimpan Pembaruan Dell dan Dell Customer Connect. Terutama jika Anda merasa tidak nyaman untuk mencari pembaruan driver kapan pun diperlukan. Ya, Anda dapat melakukan semua yang dilakukan oleh program ini sendiri, tetapi memiliki program yang nyaman ini tidak terlalu buruk juga.

Perangkat lunak lainnya tampak opsional, seperti Dell Cinema Color, yang akan menyeimbangkan profil warna layar Anda dengan beberapa preset berbeda. Namun karena tampilan XPS 15 cukup sempurna, jadi kami tidak melihat alasan untuk menggunakan Dell Cinema Color.

Dell melengkapi laptop ini dengan fitur keamanan yang menawan. XPS 15 baru ini memiliki fitur Windows Hello, memungkinkan Anda untuk masuk dengan wajah atau sidik jari Anda.

Ini mungkin terdengar berlebihan bagi sebagian orang, tetapi jika Anda biasanya memakai kacamata atau riasan sehingga login menggunakan wajah pada Microsoft tidak terlalu bagus, sehingga pemindai sidik jari menjadi solusi yang bagus.

Yuk baca ulasan kami yang lain, Macbook Air M1, Menjajal Prosesor Terbaru Buatan Apple.

Akan sangat jarang ada orang yang menggunakan kedua opsi ini, tetapi kami senang bahwa Dell memberikan pilihan kepada orang-orang.

Penutup

Dell XPS 15 merupakan laptop windows terbaik menurut kami. Desain yang futuristik, Prosessor yang sangar dan grafisnya begitu tajam akan memanjakan para pengguna dalam hal editing grafis atau menonton film dengan kualitas 4K. Tidak ada yang percuma dengan besarnya jumlah uang yang anda bayarkan, Dell XPS 15 memberikan kompensasi terbaik untuk menyelesaikan segala pekerjaan di bidang komputasi.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

22 jam ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

3 hari ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 minggu ago

Nikon Z Fc, Kamera Retro Untuk Teman Travelling Anda

Nikon Z fc mengusung desain yang nyaman dalam genggaman dan menawarkan pengalaman pengambilan gambar berbeda…

3 minggu ago

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar,…

3 minggu ago

Layar Luas 6.5”, Nokia C20 Dibanderol Rp1 Jutaan

Kalau bicara mengenai smartphone Android, banyak di antara kita yang akan identik menyebut brand Xiaomi,…

4 minggu ago