10 Rekomendasi Earphone TWS Terbaik di 2020

Akhir-akhir ini, informasi mengenai earphone TWS terbaik begitu banyak diburu oleh gadget freak.

Yap, popularitas earphone TWS memang tengah melonjak dalam setahun terakhir. Seolah tak mau ketinggalan dari smartphone atau laptop, earphone juga mengalami kemajuan dengan menciptakan produk terbaru yang dianggap lebih inovatif yakni TWS.

Sekadar informasi, TWS sendiri adalah kependekan dari True Wireless Stereo. Seperti namanya, TWS adalah sebuah sistim penyaluran audio tanpa kabel, dengan menggunakan media speaker stereo berukuran kecil yang membuat pengguna bisa mudah membawanya ke mana-mana.

Wah kalau begitu, mirip dong dengan earphone bluetooth yang juga sama-sama tanpa kabel?

Tentu saja berbeda!

Baca juga: Dirilis 2030? Apple dan Google Mulai Kembangkan Jaringan 6G

Jika sepasang earphone bluetooth masih saling terhubung, earphone TWS sama sekali tidak ada kabel yang menyambungkan. Earphone TWS benar-benar berdiri masing-masing untuk telinga kanan dan telinga kiri. Kemudian juga untuk audio yang disalurkan, earphone TWS menggunakan sistim stereo yang artinya dalam sepasang earphone TWS mengeluarkan suara tidak sama persis lantaran saling melengkapi.

Dengan menggunakan sistim stereo itulah, earphone TWS diklaim mampu memproduksi konfigurasi suara yang lebih natural dan sudah pasti mantap didengar. Absennya kabel penghubung membuat perangkat ini sangat cocok untuk Anda yang begitu dinamis. Asalkan memilih eartip yang sesuai bentuk telinga, tentu earphone TWS sangat cocok dipakai dalam berbagai kebutuhan, termasuk berolahraga.

Kini dengan semakin populernya earphone TWS di kalangan masyarakat, berikut akan kami bahas 10 earphone TWS terbaik di tahun 2020 yang bisa Anda pertimbangkan.

Inilah 10 Earphone TWS Terbaik yang Layak Dibeli Tahun Ini

1. Bose SoundSport Free

Bose SoundSport Free
Bose SoundSport Free © techgoondu

Inilah earphone TWS termahal dalam daftar, yang memang mempunyai kemampuan tak main-main. Diproduksi oleh Bose, earphone TWS ini memang seolah punya kualitas tersendiri. Sekadar informasi, Bose adalah sebuah produsen peralatan audio asal Amerika Serikat, yang memang sudah lama dikenal berkat berbagai produk sistem audio, headphone penghilang derau sampai sistem audio otomotif.

Lantaran pengalamannya lewat serangkaian produk audio profesional itulah SoundSport Free bakal amat sangat menjanjikan sebagai earphone TWS milik Bose. Dibanderol dengan harga lebih dari Rp3,5 juta di beberapa marketplace, earphone TWS ini memang sangat nyaman di telinga, anti air dan ideal dipakai dalam berbagai jenis olahraga.

Desainnya yang ringkas, ergonomis dan tambahan pengait serta noozle khusus, menjadikan earphone TWS ini sangat terkenal di kalangan atlet. Bukan hanya aman dipakai saat penuh keringan, Bose SoundSport Free juga bisa bertahan saat terkena tetesan air hujan berkat jaring anti air.

2. Sony MDR WF1000X

Sony MDR WF1000X
Sony MDR WF1000X © The Verge

Berada dalam kedua daftar rekomendasi earphone TWS paling memuaskan di tahun 2020 ini, MDR WF1000X hadir begitu tangguh dengan tidak ingin mempermalukan Sony. Produsen elektronik kelas dunia asal Jepang ini memang sudah dari generasi ke generasi dikenal sebagai penghasil perangkat audio yang memuaskan. Tak heran kalau produk earphone TWS mereka kali ini sangat mencuri perhatian.

Sony sendiri memang mampu menjanjikan suara yang jernih dan nyaman didengar, berkat driver dan sistem audio berkualitas. Khusus untuk MDR WF1000X ini, Sony mengusung kualitas bass memukau dan fitur Noise Cancelling yang membuat pengguna hanya mendengar suara jernih di telinganya, tanpa terganggu kebisingan di luar.

Baca juga: Inilah Daftar 6 Monitor LCD Terbaik 2020, Tertarik?

MDR WF1000X diklaim memiliki kapasitas baterai yang dapat bertahan selama 24 jam. Belum lagi fitur Quick Attention yang membuat Anda bisa mengobrol santai tanpa melepas smartphone. Dijual di kisaran harga Rp2,5 juta – Rp3 jutaan di marketplace Tanah Air, harga yang dibanderol Sony untuk MDR WF1000X ini memang cukup mahal tapi menjanjikan kualitas yang tak bakal mengecewakan.

3. Jabra Elite 75t

Jabra Elite 75t
Jabra Elite 75t © The Verge

Dijual di rentang harga Rp2,2 juta – Rp2,5 juta, Elite 75t adalah earphone TWS unggulan Jabra di tahun 2020 ini. Jabra sendiri adalah perusahaan perlengkapan audio yang berpusat di Kopenhagen, Jerman. Selain earphone TWS, Jabra juga menyediakan kebutuhan audio seperti noise-cancelling headphone, headset dengan AI (kecerdasan buatan) sampai produk-produk khusus atlet.

Pengalaman panjang itulah yang menjadikan Elite 75t sebagai salah satu earphone TWS yang layak untuk dipilih saat ini. Sesuai dengan namanya, produk ini adalah penyempurnaan dari Elite 65t yang sebetulnya juga cukup memuaskan. Anda tak perlu cemas telinga sakit, karena Elite 75t sangat nyaman digunakan dengan produksi suara lembut. Tidak mudah rusak, menjadikan Elite 75t sebagai produk unggulan Jabra.

4. HUAWEI TWS FreeBuds 3

HUAWEI TWS FreeBuds 3
HUAWEI TWS FreeBuds 3

Perwakilan pertama dari Tiongkok dalam daftar earphone TWS terbaik adalah HUAWEI TWS FreeBuds 3. Bahkan bisa dibilang kalau FreeBuds 3 ini adalah salah satu earphone TWS dengan desain yang paling baik karena bisa cukul fleksibel dengan berbagai bentuk telinga.

HUAWEI melengkapi FreeBuds 3 dengan tiga mikrofon yang bisa mendeteksi kebisingan sekitar dan mengurangi suara masuk saat menelepon. Kemampuan mendeteksi ini disebut sebagai fitur ANC (Active Noise Cancellation). HUAWEI mengklaim kalau fitur ANC bisa menurunkan kebisingan dengan kemampuan deteksi hingga 32dB.

Namun meskipun mampu meredam suara dari luar, FreeBuds 3 menawarkan mode awareness sehingga Anda tak perlu takut telinga tersumbat saat sedang jogging dan ada kendaraan di belakang mau lewat. Dijual dengan harga Rp1,7 jutaan, FreeBuds 3 bisa bertahan sampai 14 jam (dengan charging port). Meskipun tak ada sertifikat standar anti air, earphone TWS ini punya tiga karet pilihan eartip.

5. Samsung Galaxy Buds+

Samsung Galaxy Buds+
Samsung Galaxy Buds+ © droid-life

Membicarakan earphone TWS jelas tak lengkap tanpa menyebut raksasa elektronik asal Korea Selatan, Samsung. Kali ini, Samsung menawrkan Galaxy Buds+ yang adalah penerus dari Galaxy Buds. Meskipun punya desain glossy dan lebih licin daripada pendahulunya, Galaxy Buds+ memiliki tiga pilihan ukuran eartip dan wingtip, sehingga tak mudah lepas dari telinga meskipun dipakai sambil lari.

Yang istimewa, Galaxy Buds+ sudah dilengkapi fitur wireless charging dengan menggunakan deck charger, sehingga Anda tak perlu cemas saat tiba-tiba kehabisan baterai. Bukan itu saja, Samsung rupanya sudah mengantongi sertifikat IPX2 untuk earphone TWS ini. Sehingga Galaxy Buds+ memiliki kemampuan tahan terhadap percikan air dan keringat. Namun meskipun cukup anti air, tetap saja pengguna tidak disarankan menggunakan Galaxy Buds+ di bawah air hujan.

Meski tak ada fitur ANC, Samsung menambah satu mikrofon di tiap-tiap earbud agar meningkatkan kualitas Ambient Sound. Dibanderol di kisaran harga Rp1,4 jutaan, Galaxy Buds+ tetap menjadi salah satu pilihan earphone TWS menjanjikan di 2020.

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Video Terbaik di Smartphone Untuk Vloger Pemula

6. realme Buds Air Pro

realme Buds Air Pro
realme Buds Air Pro © Gizmologi

Baru saja diboyong ke Indonesia pada awal November 2020 ini, realme Buds Air Pro adalah salah satu earphone TWS yang layak dipertimbangkan untuk Anda beli. Dijual di rentang harga Rp1,2 jutaan, realme mengklaim kalau Buds Air Pro mempunyai kemampuan layaknya earphone TWS premium di harga Rp3 jutaan.

Tak main-main, karena earphone TWS ini memang sudah memiliki fitur ANC, Dual Mic Noice Cancellation saat menelepon, sertifikat IPX4 yang membuatnya tahan air hingga 10mm Bass Boost Driver. Dengan segudang kemampuan itu, Buds Air Pro tidak boros baterai karena menurut realme, earphone TWS yang ditawarkan dengan warna rock black dan soul white ini bisa tahan hingga 25 jam pemakaian.

7. Vivo TWS Neo

Vivo TWS Neo
Vivo TWS Neo

Sebagai produsen yang sangat rajin merilis produk, Vivo rupanya tak mau ketinggalan booming earphone TWS. Pabrikan asal China ini mengenalkan Vivo TWS Neo yang dijual di rentang Rp1 jutaan saja. Dirilis pada awal Juli 2020, Neo memiliki tiga mode audio utama yakni bass-heavy mode (dentuman bass maksimal), clear voice mode (suara vokal meningkat) dan high pitch mode (audio berfrekuensi tinggi).

Sudah menukung konektivitas Bluetooth 5.2 dan audio codec aptX, membuat Neo langsung terdeteksi dan tersambung otomatis saat case smartphone Vivo dibuka. Keberadaan sertifikan standar IP54 membuat Neo tahan cipratan air. Anda bisa mengatur volume dengan fitur slide gestur dan otomatis mengaktifkan fitur low latency saat mau nge-game atau video call.

8. HONOR CHOICE True Wireless Earbuds

HONOR CHOICE True Wireless Earbuds © Gadgetren

Meskipun punya model in-ear yang sederhana, HONOR CHOICE True Wireless Earbuds ini tak bisa diremehkan. Honor bahkan merancang earphone TWS ini dengan ergonomis sehingga begitu nyaman dipakai dalam waktu lama. Rahasia audio yang jernih dan bass kencang dari perangkat ini adalah adanya unit driver yang memanjang hingga 7mm.

Perangkat HONOR CHOICE ini sudah memakai teknologi sinkronisasi Bluetooth 5.0 yang membuat waktu latensi berkurang sampai 130 ms. Dibanderol dengan harga Rp500 ribuan, HONOR CHOICE True Wireless Earbuds adalah salah satu earphone TWS yang layak dipilih bagi Anda pemilik budget pas-pasan. Dapat bertahan sampai enam jam pemakaian tanpa henti, Anda tentu akan dimanjakan oleh earphone TWS ini.

Baca juga: 10 Rekomendasi TV LED Harga 1 Jutaan Terbaru

9. Mi True Wireless Earbuds Basic S

Mi True Wireless Earbuds Basic S
Mi True Wireless Earbuds Basic S © xda-developers

Daritadi membahas earphone TWS dengan harga di atas Rp500 ribu. Adakah yang murah meriah dan cocok untuk kantong milenial muda serta generasi Z? Jawabannya adalah ada yakni Mi True Wireless Earbuds Basic S. Dari namanya saja, Anda tentu bisa menebak kalau earphone TWS ini diproduksi oleh Xiaomi, salah satu raksasa earphone Tiongkok yang dikenal dengan ponsel berkualitas dan harga sangat terjangkau.

Untuk Mi True Wireless Earbuds Basic S, Xiaomi memberikan desain yang simple elegan lewat finishing doff. Sudah mendukung Bluetooth 5.0, earphone ini sudah mempunyai mode single ear yang dapat menghasilkan audio meyakinkan meskipun dipasang di satu telinga saja. Earphone ini juga mempunyai mode gaming khusus yang mengurangi audio delay. Dibanderol di harga Rp300 ribuan, tak pelak lagi kalau Mi True Wireless Earbuds Basic S adalah salah satu earphone TWS paling baik di 2020.

10. QCY T1C

QCY T1C
QCY T1C © xiaomiplanet

Menutup daftar jajaran earphone TWS yang wajib dipertimbangkan adalah QCY T1C. Meskipun mungkin namanya cukup asing, perangkat ini diproduksi oleh QCY yang merupakan anak perusahaan Xiaomi. Dengan harga maksimal Rp200 ribu, T1C adalah pilihan terbaik untuk earphone TWS bagi pemilik dana terbatas.

Kendati murah, T1C justru mampu hadir sebagai earbud yang sudah didukung chipset Realtek, sehingga sudah pasti punya kualitas suara jernih. QCY membenamkan fitur CVC 6.0 dengan noise reduction pada perangkat ini yang membuat telinga sangat nyaman. Bisa dibuat untuk mendengarkan selama empat jam non-stop, T1C jelas layak untuk dipilih.

Bagaimana? Sudah cukup menemukan pilihan dalam daftar earphone TWS terbaik tahun 2020 di atas? Tentu saja Anda bisa memilih salah satu di antaranya yang paling sesuai dengan kantong. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh perangkat earphone terbaik, sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Selamat memilih!