Ebook Reader Murah dibawah 2 Juta, Tidak Murahan

Mana yang lebih anda sukai, membaca buku cetak atau buku elektronik? Tentu masing – masing mempunyai kelebihannya sendiri. Namun Kebanyakan anak muda kini beralih untuk menikmati buku elektronik melalui gadget khusus untuk membaca buku yang akrab disebut dengan Ebook Reader.

Ebook Reader pertama kali dikembangkan oleh Amazon sejak tahun 2007 dengan produk andalannya yaitu Amazon Kindle. Amazon Kindle dengan beragam serinya merupakan jawara ebook reader yang menguasai pasar dunia sebesar 60%.

Ebook Reader mempunyai pasar dengan ceruk yang sangat spesifik, yaitu para pembaca buku. Bagi orang yang tidak terlalu suka membaca buku digital maka akan berfikir dua kali untuk membeli Ebook Reader mengingat aktifitas membaca pdf sebenarnya sudah bisa dicover oleh smartphone atau tablet.

Lalu mengapa sebagian orang lebih suka secara spesifik membeli satu gadget lagi yang sebenarnya hanya punya satu fungsi utama yaitu membaca buku. Ada beberapa alasan bagi para kutu buku untuk merasa penting memiliki satu gadget yang khusus untuk membaca buku.

Pertama, Ebook Reader mempunyai tampilan layar berbasis e-ink, ini merupakan teknologi layar dengan cahaya yang minimalis dan adem. Kenyamanan yang ditawarkan adalah seperti membaca pada kertas cetak, sehingga tidak akan membuat mata lelah meski menatap layar selama berjam – jam.

Dengan tidak memiliki banyak perangkat yang disematkan maka bobot Ebook Reader relatif ringan dan tidak membuat tangan lelah meski memegangnya selama 1 – 2 jam. Dengan satu kali pengisian daya, biasanya Ebook Reader bisa digunakan secara nonstop selama 5 jam. Tidak repot jika dibawa beraktifitas ke luar ruangan.

Ebook Reader juga merupakan investasi jangka panjang bagi para kutu buku, karena meski harga beli Ebook Reader ini lumayan di angka 1-2 juta namun dengan memiliki Ebook Reader ini anda bisa menikmati buku digital yang dijual dengan harga lebih murah daripada versi cetak.

Juga anda tidak perlu repot membawa tas yang besar untuk membawa beberapa buku karena memory Ebook Reader bisa untuk menampung ratusan hingga ribuan buku.

Jika anda baru akan memulai untuk menjadi penikmat buku digital, tentu anda kemudian berfikir untuk membeli Ebook Reader yang terjangkau di kantong dan nyaman di mata.

Baca juga, 8 Speaker Bluetooth Populer Terbaik dan Harga Terjangkau

Kami merangkum beberapa Ebook Reader dari berbagai pabrikan dengan harga terjangkau di kisaran 1 -2 juta. Murah tapi tidak murahan, ini dia!!

1. Amazon Kindle 2019

Amazon Kindle 2019
Amazon Kindle 2019

Dipatok dengan harga 1,3 juta, Amazon Kindle 2019 merupakan generasi ke 10 dari Amazon Kindle yang pertama.  

Amazon Kindle 2019 disebut sebagai Kindle pertama dengan harga dibawah $100USD, yaitu hanya $90USD saja di website resmi amazon.

Tentu layar Kindle 2019 ini berbasis e-ink dengan luas 6 inch dan resolusi 166 ppi. Layarnya memiliki 4 LED di masing-masing sudut sebagai penerangan saat membaca di tempat yang gelap.

Dibekali memori internal 4GB dan bisa ditambah dengan slot SD Card hingga 1TB maka anda tidak perlu khawatir untuk menyimpan ratusan buku.

Amazon mengklaim Kindle 2019 bisa bertahan hingga lima hari setelah satu kali pengisian daya, tentu dengan pemakaian hanya untuk membaca.

Ini akan berbeda apabila digunakan untuk mendengarkan Audio Book, bisa jadi berkurang ketahanannya hingga 50 persen.

Berat hanya 176 gram, desain persegi panjang dengan sudut melengkung membuat nyaman untuk digenggam. Sebagian orang lebih suka untuk membungkusnya dengan casing tambahan untuk melindungi Kindle dari goresan.

2. Amazon Kindle Paperwhite

Amazon Kindle Paperwhite
Amazon Kindle Paperwhite

Layar Amazon Paperwhite memiliki resolusi 300 ppi, hampir dua kali lipat dari model dasarnya yaitu Amazon Kindle.

Dengan ini Kindle Paperwhite memiliki tampilan yang lebih halus dan  meningkatkan resolusi “retina” dalam hal menampilkan tulisan dengan halus yang sulit dibedakan dari tinta di atas kertas.

Kualitas layar jauh lebih baik daripada model Kindle dasar, dengan kontras yang lebih tinggi dan pencahayaan yang lebih konsisten.

Posisi layar pada Paperwhite rata dengan bezel depan, sehingga tidak ada celah untuk serat dan debu serta remah-remah yang tersangkut.

Peningkatan terbesar pada generasi Paperwhite ini adalah anti air IPX8, sehingga Anda dapat membaca di bak mandi atau di tepi kolam renang tanpa khawatir. Anda bisa membawa Paperwhite sambil berjemur di tepi pantai atau kolam renang.

Paperwhite hanya terbuat dari bahan yang lebih baik daripada Kindle dasar. Punggungnya memiliki grippy yang terasa lebih bagus daripada Kindle. Dibanderol dengan harga 1,9 juta bisa dbilang layak untuk fitur istimewa dari Kindle Paperwhite.

3. Kobo Glo HD

Kobo Glo HD
Kobo Glo HD

Kobo merupakan Ebook Reader yang dibuat oleh perusahaan Kanada, Indigo Books & Music. Kemudian pada tahun 2011 dibeli oleh Rakuten, perusahaan Ecommerce asal Jepang.

Kobo Glo HD berwarna hitam dan persegi panjang, satu-satunya bagian yang menonjol adalah bagian belakangnya yang dilapisi karet, bukan yang plastik dengan sentuhan lembut biasa. Karetnya bermotif dots sehingga tidak licin di tangan dan meminimalisir terpeleset dari genggaman.

Glo HD mempunyai luas layar 6 inci dengan kerapatan 300 ppi,  tentu dengan teknologi e-ink dan warna latar layar cenderung kebiruan. Kelemahan dari Glo HD ini adalah tidak memiliki slot memori, jadi hanya akan bisa menyimpan buku dengan memori 4GB.

Dengan harga kisaran 1,5 juta, anda akan mendapatkan kepuasan membaca dengan warna layar yang sejuk dan motif dots untuk kenyamanan menggenggam tangan pasangan.

4. Xiaomi Mi Reader

Xiaomi Mi Reader
Xiaomi Mi Reader

Sejak 2019 Xiaomi tidak hanya fokus pada smartphone dan aksesorisnya, namun juga memproduksi perangkat digital lain yang mendukung aktifitas keseharian. Terbukti kini Xiaomi banyak meluncurkan produk digital untuk rumah tangga.

Dalam bidang Ebook Reader, Xiaomi juga tidak mau  tertinggal dengan pabrikan lain. Dengan meluncurkan Mi Reader pada tahun 2019, Xiaomi menjawab harapan pembaca buku digital tentang gadget dengan harga yang miring.

Ebook Reader ini hadir dengan lampu baca LED yang hadir dengan 24 tahap peredupan. Selain itu perangkat ini dapat diatur tingkat kecerahannya untuk menyesuaikan pengguna saat membaca buku di dalam ataupun diluar ruangan.

Sementara urusan performanya, Xiaomi eBook Reader hadir dengan dukungan chip prosesor Quad Core Allwinner dengan clock speed 1.8Ghz yang disandingkan dengan RAM 1GB serta penyimpanan internal 16GB. Urusan OSnya hadir dengan dukungan Android 8.1 Oreo.

eBook Reader milik Xiaomi ini hadir dengan dukungan berbagai konten, termasuk buku, karya yang berbasis web, komik berkualitas tinggi, file txt, EPUB, PDF dan ekstensi file lainnya.

Urusan baterai, e-book Reader ini hadir dengan dukungan kapasitas baterai sebesar 1.800 mAh yang diklaim mampu menawarkan waktu siaga dalam beberapa minggu hanya dalam sekali pengisian.

Baca juga artikel kami terkait ebook reader, Ini dia Gadget dan Aksesoris Wajib Untuk Membaca Para Kutu Buku.

Perangkat ini dilengkapi dengan port USB Type-C sebagai perangkat pengisian dayanya. Sementara untuk bobotnya hanya seberat 178 gram sehingga perangkat akan mudah dibawa bepergian.

Penutup

Sebenarnya masih ada beberapa Ebook Reader lain dengan kisaran harga dibawah 2 juta, namun kami menyimpulkan 4 Ebook Reader diatas merupakan yang terbaik di kelasnya. Murah tapi tidak murahan, keempat Ebook Reader diatas merupakan opsi buat anda yang mulai menyelami asyiknya membaca buku.