Dibanderol Rp7 Jutaan? Inilah Foto Resmi Sony PlayStation 5!

Pada pertengahan April 2020 lalu, kami pernah membahas mengenai spekulasi tampilan hingga harga untuk konsol game yang paling ditunggu-tunggu tahun ini, Sony PlayStation 5 (PS5). Kini dua bulan setelah itu, raksasa teknologi dunia asal Jepang ituakhirnya memperlihatkan tampilan resmi sekaligus spesifikasi dari PS5.

Melalui situs resmi PlayStation, Sony akhirnya mengumumkan PS5 pada hari Kamis (12/6) dini hari pekan lalu. Tak butuh waktu lama, PS5 pun langsung jadi perbincangan para maniak game dan teknologi di seluruh dunia. Langkah Sony untuk mengenalkan PS5 di pertengahan Juni ini memang cukup tepat. Karena sudah banyak negara yang mulai melakukan transisi ke masa new normal setelah ‘bertarung’ melawan pandemi Covid-19.

Baca juga: 8 Game Offline PC Terbaik yang Cocok Untuk Ngabuburit

Dalam pengumuman mereka, Sony menyebutkan bahwa PS5 sebagai masa depan gaming dunia. Hanya sekitar 15 menit saja, Sony mengenalkan konsol PS5 sekaligus deretan game yang hadir dan langsung membuat fanboy PS tak mampu bersabar. Meskipun sudah memamerkan tampilan PS5 pada pekan lalu, Sony sepertinya masih menutup rapat-rapat kapan konsol bergengsi ini bakal resmi dijual.

Hanya saja rumor menyebutkan kalau PS5 akan mulai dijual secara global pada musim liburan 2020 di Amerika Serikat. Di mana jika dilansir TechRadar, maka musim liburan 2020 akan ada di sekitar bulan Oktober-Desember nanti. Lantas bagaimana dengan kemungkinan rilis di Indonesia? Sepertinya harus menunggu lebih lama lagi.

Tampilan Sony PS5: Fresh dan Inovatif!

tampilan Sony PlayStation 5 (1)
© Instagram/Youtube resmi PlayStation

Saat melihat foto resmi PS5 untuk pertama kali, tentu kesan fresh sangatlah terasa. Jika sebelumnya Sony selalu mengenalkan perangkat berwarna hitam, tidak dengan PS5. PS5 tampil dengan perangkat berwarna putih hitam yang uniknya bisa diletakkan secara vertikal atau horizontal. Bahkan desainnya pun lebih menawan, unik dan jauh berbeda dari generasi PS terdahulu.

Di mana untuk desainnya sendiri, Sony menampilkan PS5 secara futuristik dengan lekukan dan sudut-sudut tajam yang asimetri. Jika perangkat ini diletakkan dalam posisi horizontal, maka bagian atas yang berwarna putih tampak lebih menggembung tidak rata. Sementara itu di bagian tengah yang berwarna hitam pada PS5, Sony memasang sejumlah fitur ventilasi udara hingga port USB-A dan USB-C. Untuk memasukkan disk game PS5, Sony memasangnya di bagian putih yang menggembung.

Sony merilis PS5 dalam dua versi berbeda yakni Digital Edition dan 4K Blu-ray. Seperti namanya, PS5 Digital Edition tidak mempunyai slot/drive cakram optik yang dipasang di sisi putih yang menggembung. Sehingga dengan begitu, konsumen pemilik PS 5 Digital Edition tak perlu repot-repot membeli disk game fisik PS5, karena tinggal membeli game-game secara digital di PS Store. PS5 Digital Edition juga kehilangan beberapa tombol seperti eject untuk mengeluarkan cakram disk game.

Langkah Sony untuk merilis konsol dalam dua versi ini sendiri memang mengikuti jejak sang kompetitor Microsoft, saat merilis Xbox One S pada tahun 2016 silam. Nah karena tidak membutuhkan disk game, maka PS5 Digital Edition juga kehilangan fungsi 4K Blu-ray yang memungkinkan PS5 bisa dibuat menonton film-film berformat Blu-ray.

Lebih Gahar, PS5 10 Kali Lipat Lebih Cepat Dari PS4

tampilan Sony PlayStation 5 (2)
© Instagram resmi PlayStation

Jika foto resmi PS5 baru dirilis pekan lalu, untuk spesifikasinya sendiri sudah diumumkan terlebih dulu oleh Sony. Berjarak tujuh tahun sejak PS4 dirilis, sudah dipastikan kalau PS5 mengalami peningkatan spesifikasi. Hadir dengan prosesor AMD Zen 2 (octa-core), PS5 mampu mencapai kecepatan 3,5GHz yang artinya jauh lebih tinggi daripada PS4.

Baca juga: Dirilis Akhir 2020? Inilah Harga, Spesifikasi dan Keunggulan Sony PlayStation 5!

Sekadar informasi, PS4 ditenagai AMD Jaguar yang meskipun sama-sama menggunakan delapan inti alias octa-core, prosesor PS4 ‘cuma’ mencapai 1,6GHz. Bukan hanya dari segi prosesor, kapasitas RAM PS5 pun jauh lebih tinggi yakni 16 GB. Melengkapi spesifikasi, Sony juga membuat kemampuan grafis PS5 meningkat berkat RDNA 2 milik AMD.

Dengan spesifikasi tersebut, pengolah grafis PS5 memiliki 36 CU (Compute Units) serta daya komputasi mencapai 10,28 Teraflops! Angka ini bahkan jauh lebih besar daripada PS4 yang hanya diperkuat grafis 18 CU dengan daya komputasi 1,84 Teraflops. Belum berhenti di situ, Sony pun mengganti media penyimpanan yang dulu adalah HDD (Hard Disk Drive) di PS4, menjadi SSD (Solid State Drive) di PS5.

Pemilihan SSD untuk PS5 yang berkapasitas 825 GB dan masih bisa ditambah ini membuat waktu loading game pada PS5 jauh lebih singkat. Sony bahkan mengklaim kalau SSD ini membuat performa PS5 jauh lebih cepat 10 kali lipat dibandingkan PS4. Terakhir untuk membuat pengalaman gaming menjadi tidak tergantikan, PS5 mampu menampilkan gambar resolusi yang jauh lebih tinggi hingga 8K atau 4K, dengan audio 3D dan refresh rate 120Hz. Hasilnya? PS5 membuktikan dirinya sebagai masa depan dunia game.

Banyak Rumor Harga, PS5 Dijual Rp7 Jutaan?

tampilan Sony PlayStation 5 (3)
© Instagram resmi PlayStation

Perkenalan PS5 kepada publik global ini sebetulnya sudah ingin dilakukan Sony lewat sebuah event yang rencananya bakal digelar pada 5 Juni 2020. Namun menjadi ditunda sepekan kemudian, karena ada demo besar-besaran lantaran isu rasisme akibat kematian George Floyd di Amerika Serikat. Sebagai respon atas gelombang #BlackLivesMatter itulah, Sony menunda perilisan PS5 selama satu minggu.

Kendati harga dan kepastian tanggal rilisnya masih misterius, sudah banyak gamer yang memprediksi kalau harga PS5 akan berkisar US$499 (sekitar Rp7 juta). Bahkan untuk PS5 Digital Edition, besar kemungkinan harganya lebih murah karena Sony tidak memberikan slot drive untuk memasukkan disk game. Meskipun begitu komponen unggulan seperti SSD 852 GB, CPU AMD Zen 2 (octa-core) dan GPU AMD RDNA 2 tetap disematkan.

Hal inilah yang membuat harga PS5 Digital Edition diperkirakan sebesar US$399 (sekitar Rp5,6 juta). Namun kondisi pandemi Covid-19 dan situasi politik Amerika Serikat yang makin memanas, diduga kuat akan memicu harga PS5 jadi lebih mahal. Jika memang Sony mengikuti jejak Microsoft yang memakai selisih harga US$50 (sekitar Rp702 ribu) untuk Xbox One S versi reguler dan digital, maka prediksi harga itu besar kemungkinan masuk akal.

Baca juga: Jenuh di Rumah Terus Karena Corona? Ini 8 Game Seru yang Bisa Dimainkan di HP!

Marketplace Sebut Harga PS5 Capai Rp10 Juta!

Di tengah tebak-tebakan harga PS5 yang begitu misterius, marketplace kelas internasional yakni Amazon justru sempat memasang PS5 disertai harganya. Aksi ini sendiri terjadi di Amazon Inggris yang langsung jadi perbincangan netizen. Dari tangkapan layar postingan itu, disebutkan kalau PS5 dengan varian 2TB yang berlabel nama 2020 Dummy ASIN Sony PS5 2TB, dipajang dengan harga GBP600 (sekitar Rp10,5 juta).

tangkapan layar Sony PS5 di Amazon
tangkapan layar Sony PS5 di Amazon

Tak hanya sempat memajang harga saja, Amazon bahkan sudah memperlihatkan tata cara pemesanan konsol PS5. Yang cukup aneh, ada juga unggahan PS5 dengan varian 500GB yang dibanderol dengan harga sama. Tentunya hal ini membuat banyak orang menilai jika unggahan dari Amazon itu cuma hoax belaka. Apalagi Amazon juga sempat memajang game-game PS5 besutan Konami, Rockstar dan Bethesda yang dijual GBP70 (sekitar Rp1,2 juta).

Menanggapi kasus ini, Amazon pun angkat bicara bahwa detail harga itu adalah palsu sesuai dengan label dummy yang beredar. Seperti dilansir IGN, perusahaan e-commerce asal Amerika Serikat itu mengakui bahwa kejadian ini adalah sebuah kesalahan dan harga yang diperlihatkan adalah dummy atau palsu.

Tak hanya Amazon, desas-desus harga PS5 juga sempat dibocorkan oleh PlayAsia, e-commerce populer asal Hong Kong yang menjual aneka konsol dan game resmi di kawasan Asia, termasuk Indonesia. Dari tangkapan layar pengguna Twitter dengan akun @Wario64, PlayAsia memperlihatkan harga jual PS5 sebesar US$700 (sekitar Rp9,8 juta) dan bakal dirilis pada Desember 2020. Sayang, informasi PS5 itu kini sudah dihapus oleh PlayAsia.

tangkapan layar Sony PS5 di PlayAsia
tangkapan layar Sony PS5 di PlayAsia

Namun jika memang harga-harga yang beredar di situs marketplace itu benar adanya, maka bisa dipastikan kalau harga PS5 jauh lebih mahal daripada PS3 dan PS4. Sekadar informasi, PS3 yang dirilis pada tahun 2006 silam dijual mulai US$500-600 (sekitar Rp4,6 juta – Rp5,5 juta kala itu). Sementara untuk PS4 yang dirilis pada 2013, dijual dengan harga US$400 (sekitar Rp4,9 juta kala itu).

Aksesoris yang Dirilis Sony Untuk PS5

Melihat tampilan, spesifikasi dan antusias masyarakat global terhadap PS5, tampaknya konsol keunggulan Sony ini akan mencetak kesuksesan seperti PS4. Seperti yang diketahui, PS4 kala itu mencatat pre-order yang sangat besar sehingga Sony berhasil menjual jutaan unit hanya dalam waktu beberapa minggu saja. Apalagi Sony mengumumkan bahwa akan ada lebih dari 4.000 judul game yang bisa dimainkan di PS5 nanti.

Tak hanya game-game generasi baru, PS5 juga mempunyai fitur Backward Compatibility, sehingga mampu memainkan game-game lawas yang ada di PS4. Beberapa judul game eksklusif seperti Horizon Zero Dawn, God of War, Ratchet & Clank, The Last of Us hingga Marvel Spider-man dipastikan akan hadir dengan sekuel terbaru di PS5 kelak. Bahkan game-game eSports populer seperti FIFA 2021 dan PES 2021 juga siap meluncur di pS5.

Baca juga: 10 Game Android Mengusir Bosan Terbaik, Ukuran Ringan

Jika sesuai dengan rencana, game-game PS5 iki akan dirilis mulai 2020 hingga 2021 mendatang. Sementara itu demi meningkatkan antusias gamer, Sony juga menampilkan empat aksesori tambahan yang bakal hadir bersamaan dengan PS5. Keempat aksesoris itu adalah:

tampilan aksesoris Sony PS5
© Instagram resmi PlayStation
  1. HD Camera: Dibekali dual lensa dengan resolusi 1080p, HD Camera sangat berguna untuk gamer yang aktif membagikan gameplay mereka di YouTube atau Twitch
  2. Pulse 3D Wireless Headset: Headset yang mendukung konektivitas nirkabel (tanpa kabel) alias wireless. Fitur utama dalam headset ini adalah 3D audio support sehingga suara saat main game jauh lebih nyata. Headset ini juga mempunyai mikrofon dengan fitur dual noise-cancelling yang mampu meredam suara bising, selain suara gamer
  3. Media Remote: Untuk keperluan navigasi film dan layanan streaming yang bisa diakses dengan PS5. Karena memiliki mikrofon bawaan, remote ini juga bisa dioperasikan dengan perintah suara
  4. Charging Dock DualSense: Modul pengisian daya kontroler DualSense yang bisa menampung dua kontroler sekaligus di waktu bersamaan

Sama seperti harga dari PS5, sampai saat ini Sony belum mengumumkan harga resmi untuk aksesoris tambahan tersebut. Meskipun begitu, keberadaan aksesoris tambahan itu mampu dipastikan akan membuat antusias publik global terhadap PS5 makin tak bisa ditahan lagi. Bagaimana? Tertarik untuk membeli? Yuk nabung, dulu!