Ini dia Gadget dan Aksesoris Wajib Untuk Membaca Para Kutu Buku

Apakah anda termasuk orang yang tidak bisa melewatkan satu hari pun tanpa membaca beberapa halaman dari sebuah buku? Atau baru saja menyelami asyiknya dunia membaca dengan menenggelamkan imajinasi bersama rangkaian kata dan alur cerita.

Para ahli berpendapat bahwa setidaknya luangkan 15 menit dalam satu hari anda untuk membaca buku agar memperluas pemikiran anda, mengurangi stress, dan meningkatkan pengetahuan.

Membaca buku juga mampu meningkatkan kemampuan otak untuk konsentrasi, melakukan artikulasi dan meningkatkan kemampuan anda dalam memecahkan sebuah masalah.

Perkembangan teknologi juga tidak luput dalam hal memanjakan para kutu buku, ebook reader adalah hasil terbaik dari teknologi yang memungkinkan para kutu buku untuk membawa buku favorit mereka kemanapun pergi tanpa repot. Ratusan bahkan ribuan buku bisa ditampung dalam ruang penyimpanan sebuah gadget.

Namun selain ebookReader, masih banyak gadget lain yang sengaja diciptakan untuk kemudahan para kutu buku. Segala perangkat ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan para kutu buku untuk memenuhi kebutuhan membaca mereka dalam keadaan apapun.

1. EbookReader

Gadget dan Aksesoris Wajib Untuk Membaca Para Kutu Buku
EbookReader

EbookReader sebagai gadget nomor wahid yang paling tenar di kalangan BookWorm alias kutu buku. Bentuk dan dimensinya serupa dengan tablet, namun gadget ini fokus pada menyimpan dan menampilkan Ebook atau mempunyai pintasan ke banyak perpustakaan online dunia.

Ebook reader muncul pertama kali pada tahun 2007 dari Amazon, diawali oleh Jeff Bezos yang berinovasi pada penjualan buku versi digital kemudian dia berfikir untuk membuat gadget yang bisa mendukung aktifitas membaca dengan baik.

Maka muncullah Amazon Kindle dengan teknologi layar e-ink yang menampilkan tulisan pada buku digital tampak seperti buku konvensional pada umumnya.

Perkembangan EbookReader kini semakin canggih dengan berbagai fitur seperti penanda halaman, pencari kosakata atau istilah tertentu, penerjemahan, bahkan membacakan buku untuk anda dengan audio yang jelas dan lembut. Bahkan kini ada EbookReader yang dibuat khusus untuk para pembaca manga.

Dengan EbookReader anda tidak perlu khawatir mengenai lemari buku karena ratusan buku milik anda ada di genggaman.

2. Mobile Stand

Mobile Stand
Mobile Stand

Posisi membaca terbaik adalah dengan duduk di kursi dan letakkan buku di atas meja. Jika anda membaca menggunakan EbookReader maka anda perlu sebuah stand penyangga agar tangan anda tida lelah memegang EbookReader.

Ada banyak merk dan model mobile stand di Ecommerce. Ada yang berbahan plastik, kayu, atau seperti bantal kecil. Pilih sesuai dengan selera anda dan tentu mudah untuk dibawa kemana – mana.

Beberapa jenis mobile stand juga dilengkapi dengan lampu led kecil untuk menerangi anda membaca di kegelapan.

3. C Pen Reader

C Pen Reader
C Pen Reader

Alat ini seukuran pointer dengan sensor pembaca teks di bagian bawahnya, C Pen Reader bekerja pada buku konvensional dengan pengenalan karakter optik dan membaca dengan lantang rangkaian karakter yang dilewati oleh sensor.

Hingga tulisan ini diterbitkan, C Pen Reader baru bisa digunakan untuk membaca karakter dalam bahasa Inggris, Spanyol, dan Perancis. Meski begitu alat ini cukup membantu khususnya para mahasiswa yang sedang belajar bahasa asing untuk mengetahui cara pengucapan sebuah kata dengan benar.

Di luar negeri, C Pen Reader berguna untuk para penderita gangguan penglihatan untuk tetap menekuni hobi membaca buku.

Fitur keren lainnya adalah C-pen dapat menyimpan teks yang dipindai dan mentransfernya ke komputer , sehingga menjadikannya perangkat yang hebat bagi mereka yang cenderung membuat catatan banyak dari buku cetak.

Terlebih lagi, tidak perlu khawatir mengganggu pasangan, kolega, atau pengunjung perpustakaan lainnya dengan audio karena Anda dapat memilih untuk mendengarkan dengan menggunakan port earphone serta speaker internal.

4. Lampu Baca Panel

Lampu Baca Panel
Lampu Baca Panel

Jika anda mempunyai kebiasaan membaca buku sebelum tidur dan tidak ingin mengganggu pasangan anda yang sudah tertidur pulas dengan nyala lampu yang terang, anda bisa menggunakan lampu baca panel untuk menerangi halaman buku yang sedang anda baca.

Dengan bantuan lampu baca berbentuk lembaran panel portabel ini, Anda bisa membaca buku di mana pun dan kapan pun. Berkat ukurannya yang tipis, Anda dapat menyelipkan panel ini di bagian tengah buku layaknya pembatas buku. Cukup dengan tiga buah baterai, lampu baca berbentuk unik ini siap menemani kegiatan membaca Anda!

Lampu baca ini biasanya memiliki lebar yang sama dengan halaman buku. Dengan begitu, Anda bisa membaca satu halaman penuh dengan terang dan tidak terganggu harus mengarahkan lampu baca. Pencahayaannya menggunakan super bright LED yang hemat energi.

5. Kacamata Dengan Lampu

Kacamata Dengan Lampu
Kacamata Dengan Lampu

Jika anda lebih suka pencahayaan yang bisa mengikuti pandangan anda saat membaca buku, maka akan lebih baik untuk membeli kacamata yang dilengkapi dengan lampu led di sisi kanan dan kirinya.

Dengan pencahayaan yang cukup untuk menerangi halaman buku dan tidak membuat orang disekitar anda terganggu.

Baca juga : 6 Rekomendasi Gadget Edukasi Untuk Belajar Anak

Cukup ketik pada ecommerce kata kunci “Kacamata baca dengan lampu”, anda akan menemui banyak pilihan. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan anda, dan jangan lupa baca spesifikasi dengan teliti.

6. Kacamata Prisma

Kacamata Prisma
Kacamata Prisma

Meski alat ini tidak disematkan teknologi elektronik apapun, tapi dengan teknologi sederhana berupa kaca prisma membuat alat ini masih tetap bisa disebut sebuah gadget sederhana. Dengan kaca berbentuk prisma yang berdiri, anda bisa tetap membaca buku sambil berbaring tanpa harus mengangkat buku ke atas wajah anda.

Sebuah solusi untuk anda yang lelah membaca dalam keadaan duduk dan ingin berbaring sejenak sambil tetap melanjutkan membaca karena alur pembahasan yang sedang seru dan menarik.

Baca juga : Samsung The Sero, TV Yang Bisa Berputar

Lazy ReaderEyeglass, ini adalah kata kunci yang bisa kamu gunakan untuk mencarinya di Ecommerce. Kamu harus bersabar menunggu pengirimannya karena kebanyakan penyedia kacamata model ini adalah dari luar negeri.

Penutup

Aktivitas membaca bagian sebagian orang memang sangat menyenangkan, apalagi kini teknologi juga semakin memanjakan dengan perangkat yang memudahkan dan memungkinkan anda untuk menghabiskan waktu lebih panjang untuk membaca tanpa harus merasa lelah.

Khususnya untuk anda masih muda, kami sarankan untuk mulai meluangkan waktu membaca buku baik itu buku konvensional ataupun buku elektronik.