Jenuh di Rumah Terus Karena Corona? Ini 8 Game Seru yang Bisa Dimainkan di HP!

Hingga Selasa (7/4) sore, jumlah pasien Covid-19 di Indonesia sudah menembus 2.738 orang atau bertambah 247 kasus dari hari sebelumnya. Tentu saja jumlah kasus positif yang terus melambung ini membuat setiap orang harus waspada dan semakin mengikuti anjuran pemerintah untuk berada di rumah alias stay at home.

Demi memutus rantai penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-Cov-2 itu, pemerintah pun menerapkan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Hal ini membuat banyak pusat keramaian terpaksa ditutup hingga adanya anjuran social dan physical distancing. Bahkan beberapa kantor sampai memilih untuk merumahkan karyawan hingga pilihan Work From Home (WFH).

Bukan hanya pegawai dan karyawan, para pelajar juga mulai merasakan imbas pandemi Covid-19 lantaran masa liburan diperpanjang. Lantaran tidak kunjung membaik, bukan tak mungkin kalau akhirnya anjuran tidak keluar rumah bisa sampai akhir bulan Ramadhan atau Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga: 10 Game Android Mengusir Bosan Terbaik, Ukuran Ringan

Bagi beberapa orang yang terbiasa menghabiskan kegiatan di luar rumah, tentunya kebijakan PSBB ini akan cukup menyiksa dan membosankan. Butuh kegiatan untuk menghilangkan rasa penat di dalam rumah? Maka Anda bisa coba bermain game menggunakan smartphone alias HP masing-masing. Asalkan terhubung dengan internet, berikut ini beberapa game yang bisa Anda coba.

8 Game Seru yang Bisa Dicoba Agar Tak Bosan Saat Pandemi Covid-19

1. PUBG Mobile

PUBG Mobile

Inilah game bergenre battle royale yang bisa dibilang paling populer dimainkan untuk mengusir penat saat harus di rumah. Bahkan saat parahnya kasus Covid-19 di China dan membuat pemerintah mereka memberlakukan karantina massal, server di Tiongkok sampai down lantaran adanya lonjakan pemain berkali-kali lipat.

Beruntung, Tencent sebagai pengembang PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds) Mobile langsung melakukan langkah antisipasi sehingga para gamer di kota Wuhan yang di-lockdown bisa menikmati permainan kembali. Apa yang membuat PUBG Mobile ini sangat seru? Karena Anda bisa bermain dengan 100 orang sekaligus secara online. demi untuk menjadi pemenang dan bertahan hidup paling terakhir.

Sebelum bisa dimainkan di smartphone, Tencent merilis PUBG untuk kali pertama di platform Microsoft Windows pada 20 Desember 2017. Belum genap setahun diluncurkan, PUBG sudah mencetak rekor dengan lebih dari 877 ribu gamer bermain online secara bersamaan pada platform Steam. Lantaran popularitasnya yang bahkan mengalahkan jumlah pemain Dota 2 saat itu, Tencent langsung menyediakan PUBG Mobile untuk pengguna Android dan iOS pada 19 Maret 2018.

2. Free Fire

Free Fire

Merasa grafis PUBG Mobile terlalu tinggi sehingga spesifikasi ponsel tidak mampu? Maka Anda bisa mencoba mengunduh Free Fire. Dikembangkan oleh Garena, Free Fire juga menjadi salah satu game online bergenre battle royale seperti PUBG. Hanya saja Free Fire dipadukan dengan TPS (Third Person Shooter) yang membuatnya makin seru. Lantaran battle royale, Anda sebagai pemain akan berperang dengan 50 gamer lain secara online dan saling bunuh agar bisa bertahan hidup hingga terakhir.

Dengan ukuran file tidak sebesar PUBG Mobile, Free Fire bisa dimainkan saat Anda harus melakukan physical distancing di dalam rumah. Apalagi saat ini ada banyak sekali panduan cepat naik rank ke level master, sampai pilihan senjata terbaik, sehingga gamer pemula tak bakal kesulitan main Free Fire. Resmi dirilis oleh Garena pada 4 Desember 2017, Free Fire bisa dimainkan di perangkat Android dan iOS.

3. Mobile Legends

Mobile Legends

Jika PUBG Mobile bisa disebut sebagai game battle royale terfavorit di smartphone, maka Mobile Legends (ML): Bang Bang adalah game berjenis MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) terpopuler. Di Indonesia sendiri, penikmati ML bisa dibilang sangat besar dan datang dari berbagai usia mulai dari pelajar hingga pegawai. Apalagi semenjak adanya update besar-besaran pada akhir 2019 hingga jadi versi 2.0, ML semakin membuktikan sebagai game MOBA smartphone terbaik di Tanah Air.

Baca juga: Baterai 6000 mAh dan Kamera 64MP, Samsung Galaxy M31 Dijual Rp3,6 Juta

Untuk bisa menikmati keseruan ML, tentu Anda harus mempelajari banyak hal. Mulai dari tingkatan rank Mobile Legends, tips-tips untuk pemain pemula hingga daftar hero terbaik dan terkuat yang bisa dimainkan. Dikembangkan oleh Moonton, ML memilih dua negara dengan jumlah gamer smartphone terbesar di Asia yakni China dan Indonesia sebagai server rilis pertama untuk Android pada 11 Juli 2016.

Bukan cuma sekadar bermain game saja, ML bahkan bisa menjadi ajang mencari penghasilan bagi para gamer profesional. Di Indonesia sendiri, ML memberikan sumbangsih yang cukup besar untuk perkembangan sektor e-Sports. Nama-nama seperti Aerowolf Roxy, ONIC, Louvre, EVOS dan RRQ.O2 adalah tim-tim raksasa terbaik di jagat ML yang begitu diidolakan banyak gamer se-Tanah Air.

4. Fortnite

Fortnite

Dikembangkan oleh Epic Games, Fortnite pertama kali disediakan untuk perangkat PC dan konsol game pada tahun 2017. Dengan nama Fortnite: Save the World, Epic Games mengajak para pemain untuk bekerjasama melawan zombie sambil mempertahankan benteng yang dibangun. Namun ketika dirilis untuk para pengguna smartphone, Epic Games melakukan beberapa perubahan yakni memasukkan konsep battle royale.

Dengan perubahan konsep permainan, Fortnite yang bisa dimainkan di perangkat iOS dan Android ini memungkinkan ada 100 gamer yang online bersamaan. Nantinya para pemain akan bertarung di ruangan yang luasnya makin menyempit dan harus saling bersaing untuk hidup paling akhir. Dalam perkembangannya, Fortnite makin menarik perhatian hingga disebut jauh lebih baik daripada PUBG. Beberapa alasannya adalah Fortnite minim bug, adanya komunitas online yang solid, rutin fitur baru, sistem inventaris anti ribet hingga keseruan ukuran peta yang makin lama makin sempit.

5. Candy Crush

Candy Crush

Tidak bisa bermain game FPS (First Person Shooter), RPG (Role Playing Game), battle royale atau MOBA? Maka Anda bisa mencoba Candy Crush. Dikembangkan oleh King, Candy Crush adalah salah satu permainan game klasik yang sangat populer di kalangan pengguna smartphone. Bisa dimainkan dengan internet atau tidak, Anda diharuskan untuk menghancurkan permen-permen dengan warna yang sama. Agar makin seru, ada banyak sekali rintangan yang harus ditaklukan pemain seperti adanya balok-balok yang membeku hingga tenggat waktu.

Baca juga: Ramai Corona, Huawei Justru Mulai Pre-Order Mate Xs Seharga Rp39 Juta

Kendati awalnya sederhana, Candy Crush menawarkan kesulitan yang makin meningkat seiring dengan pertambahan level. Tak heran kalau para pemain Candy Crush bisa benar-benar ketagihan hingga lupa waktu. Resmi dirilis untuk pengguna Android pada 14 Desember 2012, Candy Crush bakal genap berusia delapan tahun pada 2020. Sebagai game lawas, Candy Crush tetap mampu bertahan dan tetap jadi pilihan mengusir penat.

Sebelum bisa dimainkan di Android, Candy Crush pertama kali dirilis King di platform media sosial Facebook pada 12 April 2012 dan kemudian kepada pengguna iPhone/iPad pada 14 November 2012. Hanya butuh waktu satu tahun saja, Candy Crush langsung mengalahkan FarmVille 2 sebagai permainan terpopuler di Facebook. Tak main-main, rata-rata ada 46 juta pengguna bulanan yang bermain Candy Crush kala itu.

6. Subway Surfers

Subway Surfers

Sama seperti Candy Crush, Subway Surfers adalah salah satu game ‘senior’ di smartphone yang bisa dimainkan oleh semua umur. Sangat mudah untuk dimainkan, bahkan Anda yang pertama kali nge-game tidak perlu kesulitan menikmati Subway Surfers karena tak ada tutorial khusus atau keterampilan tertentu. Anda hanya diminta untuk terus berlari di atas papan seluncur sambil menghindari rintangan dan mengumpulkan koin.

Tampak terdengar seperti Temple Run? Yap! Hanya saja Subway Surfers mempunyai lintasan yang cukup seru sehingga membuat siapapun lupa waktu dan tidak akan bosan saat harus di rumah saja. Diusung oleh perusahaan asal Denmark yakni Kiloo Games dan Sybo Games, Subway Surfers dirilis untuk kali pertama pada 24 Mei 2012.

Tidak membutuhkan ruangan penyimpanan cukup besar, Anda bisa mengunduh dan memasang Subway Surfers pada sistem operasi apapun. Hingga saat ini, Subway Surfers bisa dimainkan di perangkat Android, IOS, Kindle dan Windows Phone. Lantaran penggemar sang remaja hooligan yang doyan memasang grafiti ke sisi kereta api sangat tinggi, Subway Surfers menyediakan pembaruan berdasarkan libur musiman sejak 2 Januari 2013.

7. Tiny Tower

Tiny Tower

Menyukai game-game dengan genre simulasi? Begitu gemar melakukan strategi bisnis? Maka Tiny Tower bisa jadi pilihan game terbaik di masa pandemi Covid-19 ini. Dirilis dan dikembangkan oleh NimbleBit, Tiny Tower sudah bisa dinikmati baik pengguna iOS dan Android sejak tahun 2011 silam. Tiny Tower memiliki gameplay yang cukup sederhana dan ringan sehingga begitu cocok untuk menghalau rasa bosan di dalam rumah.

Pada game ini, gamer diminta untuk membangun gedung-gedung pencakar langit supaya bisa menarik perhatian bitizen. Apakah bitizen itu? Sekelompok karakter manusia berukuran sangat kecil di dalam Tiny Tower. Tentunya jika gedung yang Anda bangun menarik perhatian bitizen, maka poin dan gold yang diperoleh bakal makin bertambah dan Anda bisa naik level pula.

Semakin banyak poin dan gold yang didapatkan, tentu level permainan pun meningkat. Gamer akan bisa membangun gedung yang lebih bagus. Tampak menarik bukan? Tak heran kalau akhirnya Tiny Tower termasuk game laris di Play/App Store.

8. WormZone.io

WormZone.io

Inilah game yang sangat bikin kecanduan, sehingga mereka yang sama sekali tak pernah main game atau tak suka gaming, akan jatuh cinta. Yap, game besutan Casual Azur Games ini memang tampak sederhana tapi jelas tidak membosankan. Anda bisa menjadi cacing dan berburu skor hingga ukuran tubuh sangat panjang, selama berjam-jam saat bermain WormZone.io ini.

Baca juga:

Dengan mode game yang sangat familiar di kalangan masyarakat, tak heran kalau popularitas WormZone.io begitu tinggi di awal 2020 ini. Untuk bisa menjadi jagoan dari game ini hanyalah mampu menjaga fokus dan strategi. Karena Anda akan mengontrol gerakan cacing meliuk-liuk pada layar. Siapapun yang ingin meraih nilai tinggi tentu harus mampu menjaga ukuran cacingnya berkembang sangat panjang.

Kesimpulan

Wah, ternyata ada banyak sekali pilihan game yang bisa dimainkan saat pandemi Covid-19 ya! Hal ini menjadi bukti bahwa Anda tak perlu khawatir jika harus berada di dalam rumah sepanjang waktu. Dengan game-game seru di atas, tentu karantina mandiri di rumah tidak akan akan terasa membosankan. Jangan lupa, tetap jaga kesehatan dan kebersihan diri supaya bisa benar-benar terhindari dari Covid-19.