Google Pixel 5, Sebuah Kompromi Untuk Menekan Harga

Adakah dari kawan Arusgadget yang pernah memakai smartphone dari Google? Atau malah baru tahu kalau Google mempunyai perangkat smartphone. Sebagian orang hanya tahu Apple, Samsung, Nokia, atau Xiaomi sebagai pabrikan smartphone.

Untuk Anda yang baru tahu dan mungkin sudah tahu, sekarang kita akan membahas tentang Smartphone milik Google yang diluncurkan pada akhir tahun 2020. Google Pixel 5, namanya mirip dengan perangkat laptop buatan Google yang dinamai Google Pixelbook.

Google Pixel 5 diluncurkan pada awal tahun ini dengan kehilangan beberapa fitur dari pendahulunya. Kata Google, ini dilakukan untuk menekan biaya produksi sehingga harga jual di pasaran jadi lebih murah.

Google Pixel 5
©slashgear.com

Google Pixel 5 merupakan ponsel yang efisien dengan perangkat lunak kamera yang hebat dan antarmuka Android yang bersih. Tetapi tanpa beberapa fasilitas premium tersebut, seperti lensa telefoto, yang muncul di handset lain dengan tingkat harga yang sama.

Review Singkat

Google Pixel 5 muncul sebagai perubahan strategi dari sang raksasa teknologi. Sebuah ponsel dengan fitur yang lebih sederhana dan terukur dengan label harga yang lebih rendah.

Google Pixel 5
©slashgear.com

Dibandingkan dengan segala kehebatan Samsung Galaxy S21, Pixel 5 hanya fokus untuk menjadi sebuah smartphone sederhana. Dengan menawarkan pengalaman kamera yang hebat dan disederhanakan dan antarmuka Android yang sangat bersih.

Simplified, adalah sebuah kata yang tepat untuk Google Pixel 5. Dibalut dengan bodi all-in-one yang melengkung dari belakang ke samping, dan terbuat dari logam.  jadi Anda tidak perlu khawatir dengan benturan ringan.

Google juga telah kembali ke sensor sidik jari fisik di bagian belakang ponsel, yang jauh lebih mudah ditemukan daripada melihat pemindai di layar. Berjalan dengan versi Android 11 yang paling murni, membuat ponsel ini bebas dari bloatware atau komplikasi sistem operasi.

Simplified, bagi sebagian orang berarti sebauh langkah pengurangan. Google telah mengambil jalan pintas dalam mendesain Pixel 5 untuk menurunkan harga ke tingkat flagships yang lebih terjangkau seperti Samsung Galaxy S20 Fan Edition dan OnePlus 8.

Sebuah pengurangan yang sangat terasa adalah pada Chipset. Pixel 5 tidak akan cukup mengimbangi prosesor di handset S20 FE atau OnePlus yang baru. Kemudian kedua kameranya tidak memiliki kemampuan zoom yang serius.

Entah kenapa Google Pixel 5 menghapus sensor Soli yang pernah ada di Google Pixel 4. Sensor Soli adalah sensor yang mengaktifkan isyarat di udara sehingga kita bisa melakukan beberapa aktifitas tanpa menyentuh ponsel.

Setelah beberapa pengurangan yang sudah kita bahas, tidak adil jika kita tidak menyebutkan peningkatan pada Google Pixel 5. Ponsel ini memiliki pengisian nirkabel, tampilan kecepatan refresh 90Hz, dan dukungan 5G. Sementara baterainya 4.000 mAh jauh lebih besar, dan kemudian bertahan jauh lebih lama, daripada baterai 2.800mAh di Pixel 4.

Pada akhirnya, Pixel 5 adalah sebuah kombinasi aneh bagi kami. Beberapa kelalaian aneh di ponsel yang solid.

Ponsel ini dirancang untuk mencapai titik yang tepat bagi jenis konsumen tertentu yang bersedia melepaskan beberapa fitur andalan. Namun masih ingin mendapatkan pengalaman foto yang disetel dengan baik.

Desain

Google Pixel 5 adalah ponsel yang kini masih jarang ditemui, yaitu menggunakan logam untuk bagian belakangnya. Ketika semua ponsel bahkan di level premium lebih memilih menggunakan kaca untuk melapisi bagian belakang.

Desain
©slashgear.com

Logam membungkus sisinya untuk bodi all-in-one yang juga langka saat ini. Kami berharap desain ini jauh lebih tahan terhadap kerusakan, baik itu keausan atau kerusakan yang lebih serius.

Logam itu sendiri memiliki sentuhan akhir seperti matte yang membuatnya terasa lebih seperti polikarbonat daripada bingkai aluminium pada umumnya. Teksturnya terasa menarik tetapi tidak terlalu menarik. Meskipun satu hal yang pasti, ini memungkinkan kami untuk mendapatkan cengkeraman yang lebih kuat pada ponsel.

Ini penting karena, seperti yang disebutkan sebelumnya, ponsel ini terasa kecil. Meski memiliki layar 6 inci, bodi logam all-in-one dan bezel minimal membuat ponsel terasa lebih ringkas. Dengan ketebalan 8mm, ponsel ini juga salah satu dari ponsel yang lebih tipis daripada lainnya.

Tidak setiap aspek dari format kecil ini dirancang dengan sempurna. Tombol kunci logam dan volume rocker di sisi kanan ponsel hampir tidak menonjol dari badan ponsel dan memiliki ketahanan lebih dari yang Anda harapkan. Namun membuatnya agak sulit untuk ditekan.

Ini adalah perubahan dari tombol plastik besar dan menonjol pada Pixel 4 dan Google Pixel 4a.

Jadi jika bingkainya terbuat dari logam, bagaimana cara kerja pengisian nirkabel? Ternyata Google dengan sedikit trik mengebor lubang kecil di pelat belakang di atas koil pengisian, lalu menutupinya dengan resin dan mengecatnya.

Di bagian belakang ponsel ada blok kamera persegi yang hampir identik dengan yang ada di Pixel 4. Meskipun flash telah berpindah dari atas ke bawah array.

Sensor sidik jari berada di tengah-atas di bagian belakang dalam divot melingkar. Ini tidak seakurat yang kami inginkan, dan terkadang kami perlu beberapa kali mencoba untuk bisa terverifikasi.

Ada slot SIM di sisi kiri, sayangnya tidak ada slot microSD untuk memperluas penyimpanan. Ada port USB-C di bagian bawah ponsel, dengan speaker di sebelah kanan.

Baca review gadget terbaru, Flagship Zaman Now, Xiaomi Mi 11 Dijual Rp9,999 Juta

Sayangnya, kualitas audio speaker yang sangat kami puji di Pixel 4 kurang bagus di Pixel 5. Cenderung mengarah ke suara nyaring tanpa dentuman bass.

Tampilan Google Pixel 4

Layar 6 inci Full HD Plus (2340 x 1080) adalah layar yang tajam dan cerah, dengan bezel minimal dan lubang di kiri atas untuk menampung kamera depan. Rasio layarnya  jauh lebih baik daripada Pixel 4.

Layar mempertahankan kecepatan refresh 90Hz yang diluncurkan Google sejak di Pixel 4. Refresh rate 90Hz lebih menguras baterai lebih cepat, kami menyarankan Anda untuk menggunakan pengaturan 60Hz yang masih tetap berjalan mulus.

Tampilan
©slashgear.com

Kamera

Google Pixel 5 mengemas sepasang kamera belakang. Penembak utama hanya memiliki resolusi 12,2MP, kemudian ada lensa ultra-wide 16MP.

Lensa ultra-wide pada Pixel 5 dibiarkan tanpa kemampuan zoom yang layak. Namun, sebagai perbandingan, kamera zoom optik 2x Pixel 4 tidak tampil lebih baik daripada zoom digital pada Pixel 5.

Pemfokusan adalah masalah utama pada kamera di ponsel ini, khususnya pada subjek yang dekat atau yang sedang bergerak. Foto terbaik kami dapatkan di siang hari penu, terlihat tajam dan memiliki palet warna yang indah.

Pixel 5
©slashgear.com

Tetapi gambar dengan cahaya redup memiliki noise yang sama, atau sedikit lebih banyak, daripada foto serupa yang diambil dengan ponsel premium lainnya. Padahal Google mengatakan bahwa peningkatan kualitas ada pada penggunaan mode malam.

Ponsel ini menangkap warna yang akurat dalam cahaya rendah. Pixel 5 menangkap rona yang benar, meski sedikit redup. Lensa ultra-lebar juga menciptakan distorsi yang jauh lebih sedikit di bagian tepi daripada gambar yang diambil dengan lensa serupa di ponsel lain.

Pixel 5 benar-benar hadir dengan perangkat lunak pengeditannya sendiri. Buka gambar dan klik tombol tiga ‘level’, Anda akan menemukan sejumlah besar tombol pengeditan yang telah diatur ulang menjadi antarmuka yang lebih ramah pengguna daripada di Pixel 4.

Bahkan ada trik perangkat lunak baru, seperti Portrait Light yang mensimulasikan cahaya pengisi untuk mencerahkan wajah dan subjek pada sudut tertentu. Ini berguna jika Anda ingin menambahkan pencahayaan dramatis, atau menyorot bagian subjek Anda setelah mengambil bidikan.

Yuk baca juga, Pengganti Kamera Pro, Ini 8 Hp Kamera Terbaik Cocok Untuk Vlog

Seperti tipikal untuk jajaran ponsel Pixel, Pixel 5 mengandalkan perangkat lunaknya untuk menghasilkan bidikan dinamis dengan warna yang bagus. Bahkan memperkenalkan cara baru yang menarik untuk menangani foto setelah diambil.

Spesifikasi dan performa

Spesifikasi Pixel 5 adalah salah satu dari beberapa area yang mengalami penurunan, dilakukan untuk menghemat biaya. Chipset Snapdragon 765G tidak setinggi Snapdragon 865 yang mendukung ponsel Android terkemuka tahun 2020, seperti lini Samsung Galaxy S20 atau Snapdragon 865 Plus di OnePlus 8T baru , misalny. Tetapi berfungsi dengan cukup baik.

Prosesor ini dipasangkan dengan RAM 8GB, dan Pixel 5 bisa mengerjakan banyak aktifitas mulai dari menjelajahi web hingga bermain game dan memutar media. Kami tidak mengalami perlambatan yang luar biasa, meskipun setelah memainkan beberapa putaran Call of Duty: Mobile. Meskipun kami memang melihat beberapa gerakan animasi yang mengalami hambatan.

Spesifikasi Pixel 5 memiliki kinerja lebih buruk daripada Samsung Galaxy S20 Fan Edition (2928) dengan harga yang sebanding, yang didukung oleh chipset Snapdragon 865. Namun tetap lebih baik dari Google Pixel 4a 5G.

Pixel 5 mengemas memori 128GB, tanpa menyediakan pilihan lainnya. Sedikit frustasi bagi kami adalah tidak ada slot micro SD di sini. Ini berarti bahwa jika Anda menginginkan lebih banyak penyimpanan, Anda harus memilih solusi Google Cloud.

Pixel 5 menjalankan Android 11 dengan memanfaatkan fitur-fitur baru termasuk merekam gerakan layar. Ada juga fitur Percakapan yang mengumpulkan semua pesan Anda dari berbagai aplikasi di satu tempat, dan ada fitur kontrol untuk aneka perangkat Smart Home.

Daya tahan baterai GooglePixel 5

Salah satu peningkatan terbesar Pixel 5 dari pendahulunya adalah baterai 4.000 mAh. Untuk penggunaan normal baterai tersebut bertahan hingga satu hari penuh. Sementara itu pada Pixel 4, dengan baterai 2.800 mAh, hanya bertahan hingga sore hari.

Daya tahan baterai GooglePixel 5
©slashgear.com

Masa pakai baterai adalah keluhan utama Pixel 4, dan Google tampaknya telah menerima pesan tersebut. Selain kapasitas yang ditingkatkan, Pixel 5 juga memiliki fitur perangkat lunak baru, Penghemat Baterai Ekstrim.

Seperti yang mungkin Anda tebak, ini adalah versi yang disempurnakan dari Penghemat Baterai standar. Fitur ini lebih dari sekadar mengaktifkan Mode Gelap dan menjeda aktivitas latar belakang untuk mematikan hot-spot Wi-Fi dan aktivitas lain yang menguras baterai.

Yuk baca review, OnePlus 9 Pro, Pesaing Ketat Samsung Galaxy S21 dan IPhone 12

Pixel 5 hadir dengan pengisi daya cepat 18W di dalam dusbox dan juga mendukung pengisian nirkabel Qi. Anda juga dapat menggunakan ponsel untuk mengisi ulang daya perangkat lain secara nirkabel. Tentu jangan memberi terlalu banyak daya pada ponsel lain yang malah akan membuat ponsel Anda sendiri kehabisan daya.