Review Spesifikasi dan Harga iPhone SE 2020, Apakah Layak Dibeli?

Apple akhirnya mengeluarkan iPhone baru yang disebut-sebut sebagai smartphone iPhone dengan harga yang lebih affordable yakni iPhone SE 2020.

Banyak yang tertarik dengan hp ini karena di negeri asalnya, Amerika iphone SE 2020 di jual seharga US$399 atau Rp. 6 jutaan iPhone untuk varian ROM 64 GB.

Sedangkan di singapura harganya sekitar S$649 atau kurang lebih sekitar Rp. 6,7 Juta. Benar-benar murah untuk ukuran smartphone iPhone, bukan?

Oleh karena itu, hp ini sudah dinanti oleh banyak penggemar iPhone di Indonesia. Namun saat ini belum secara resmi di jual di Indonesia.

Walaupun demikian, pihak Apple sudah mengkonfirmasi bahwa ponsel ini akan segera meluncur ke Indonesia pada Oktober 2020 yang akan datang.

Sebab pada situs resminya, Apple Indonesia sudah memperkenalkan iPhone SE 2020. Kabar terakhir, hp ini akan di jual secara resmi di Indonesia sekitar Rp. 7,99 Juta untuk varian penyimpanan ROM terkecilnya (64 GB).

Bagaimana menurut Anda, apakah masih minat membelinya walaupun harganya 2 juta lebih mahal dari harga di Amerika? Harga tersebut sebenarnya sudah termasuk harga impian.

Namun bagaimana dengan kualitasnya? Sebelum memutuskan untuk membeli ataupun menolak iPhone SE 2020 Ini, dari pada menyesal ada baiknya Anda menyimak review dan spesfikasi lengkap dari iPhone SE 2020 Ini.

Coba kita mulai dengan spesifikasinya terlebih dahulu!

Spesifikasi iPhone SE 2020

  • Processor : A13 Bionic
  • OS : iOS 13
  • RAM : 3 GB
  • ROM : 64 GB/ 128 GB/ 256 GB
  • Kamera Belakang : Wide 12 MP
  • Kamera Depan : 7 MP
  • Layar : 4,7 Retina HD
  • Baterai : 1.821 mAh
  • Touch ID : Yes, tombol home
  • Water Resistant : Yes, Level IP67
  • Berat : 148 gram
  • Warna : Red, Black, White

Review iPhone SE 2020

Review iPhone SE 2020

Sekilas kita sudah tahu spesifikasi umum dari iPhone SE 2020 seperti yang tertera di atas. Namun Anda mungkin perlu penjelasan lebih detail mengenai kualitas dan kinerja iPhone SE 2020 Mulai dari material, design ataupun spesifikasinya itu sendiri untuk menilai apakah hp ini layak di beli. Kini, mari kita bahas mengenai review dari iPhone SE 2020 ini secara lebih detail.

Design

Design iphone se

Walaupun harganya menarik, namun tidak berarti bahwa semua orang bisa langsung menerima iPhone SE 2020.

Banyak juga yang meragukan ponsel ini pada awal peluncuranya karena desainnya yang tidak terlihat seperti ponsen kekinian 2020.

Seperti yang kita tahu, rata-rata smartphone terbaru kini sudah full touchscreen, memilik triple atau bahkan 4 kamera belakang sekaligus. Selain itu layarnya juga terbilang lebar minimal 6 inches.

Sedangkan, iPhone SE 2020 terlihat kurang modern karena secara desain hp ini seperti menggunakan back cover iPhone jadul, layarnya lumayan kecil yakni hanay 4,7 inches saja.

Selain itu, iPhone SE 2020 juga masih memiliki bezel yang sangat tebal pada setiap sudut layarnya serta hanya memiliki 1 kamera belakang. Inilah yang membuat sebagian orang ragu.

Padahal smartphone lainnya sedang berlomba membuat layar yang cukup luas dan juga mempertipis bazel, bahkan hingga tidak terlhat lagi.

Secara dimensi body, bobot bodynya, ukuran layar hingga resolusi layarnya mirip dengan iPhone 8. Bagian yang berbeda hanya logo Apple yang sudah berada pada bagian tengah.

Walaupun terbilang lebih murah, masalah build quality nya tidak perlu Anda ragukan. Bagian belakang iPhone SE 2020 ini sudah menggunakan kaca, dan framenya menggunakan allumunium.

Fitur Water Resistant & Touch ID

Fitur Water Resistant & Touch ID

iPhone SE 2020 sudah dilengkapi dengan fitur water resistant IP67. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika hp terkena cipratan air atau ingin membawanya ke kolam renang.

Dengan IP67, hp ini bisa bertahan pada kedalaman maksimum 1 meter hingga selama 30 menit. Mulai dari body, kamera, hingga perangkat lainnya dalam hp tidak akan bermasalah, iPhone Anda di jamin akan tetap baik-baik saja.

Baca juga : Terjangkau, Ini 10 Ponsel Gaming dengan Harga di Bawah Rp2 Juta!

Selain itu, iPhone SE 2020 juga tetap memiliki touch ID, yakni fitur keamanan sidik jari. Keakuratannya bisa Anda andalkan. Anda bisa membuka kunci iPhone dengan aman dan masuk ke aplikasi favorit dengan cepat.

Layar

Dengan bezel yang tebal, layarnya pun menjadi lebih kecil. Sehingga iPhone SE 2020 Ini kurang di sarankan untuk bermain game yang memiliki banyak tombol dengan jarak yang berdekatan dan membutuhkan banyak pergerakan jari.

Untuk Anda yang sangat sering melihat layar hp seharian, ukuran layar yang kecil mungkin perlu Anda pertimbangkan untuk hp seharga 8 jutaan.

Apakah masih worth it?

Namun sisi positifnya, hp ini masih sangat nyamandalam genggaman atau saat kita mengoperasikannya dengan satu tangan.

Begitupun ketika kita perlu memasukannya kedalam saku pakaian. Selain itu kualitas panelnya tetap bagus seperti produk apple pada umumnya.

Resolusi 720p masih cocok dan enak kita lihat untuk memutar video dengan layar 4,7 inchesnya. Apalagi iPhone SE 2020 memiliki 2 speaker stereo yang terletak pada bawah layar dan earpiece.

Tampilan menunya yang simple dan flexible untuk menyimpan aplikasi yang jarang kita pakai adalah hasil dari penggunaan iOS 14 pada smartphone ini.

Sebenarnya iOS bawaan dari iPhone SE 2020 adalah iOS 13, tapi Anda bisa mengupgradenya ke iOS 14.

Performa Chipset A13 Bionic

spesifikasi iphone se

Untuk masalah performa, Anda sudah tidak perlu meragukannya lagi. Hp yang menggunakan chipset yang sama dengan iPhone 11 pro max ini memiliki performa yang luar biasa kencang.

Smartphone yang menggunakan chipset A13 Bionic Neural Engine generasi ketiga ini sama cepatnya dengan iPhone 11 pro max untuk melakukan aktifitas apapun dalam ponsel.

Untuk bermain game PUBG sangat smooth tanpa kendala, atau bahkan editing video yang cukup berat. Sepertinya tidak ada game yang tidak bisa Anda jalankan menggunakan iPhone ber-chipset A13 Bionic ini.

Tapi mungkin kekurangannya hanya sulit bermain game tertentu karena ukuran layarnya yang cukup kecil. Jadi dari segi chipset, iPhone 8 jutaan ini sudah keren sekali.

Seperti tidak ada bedanya dengan menggunakan iPhone 11 pro max yang harganya lebih dari 2 kali lipat yakni sekitar Rp. 20 jutaan.

Baca juga : 10 Daftar Smartphone 2 Jutaan Terbaik Tahun Ini

Jika kita membicaran kegunaannya untuk masa depan, iPhone SE 2020 yang sudah menggunakan chipset A13 Bionic ini sangat recommended karena akan tetap bisa menerima update chipset sampai bertahun-tahun kedepan.

Kamera

kamera iphone se

Nah, sejak awal kamera dari iPhone SE 2020 ini sudah menjadi perhatian banyak. Hal ini karena Apple hanya menyematkan 1 kamera belakang saja.

Hal ini membuat Phone SE 2020 terlihat seperti smartphone jadul walaupun di rilis pada tahun 2020.

Banyak yang mengira bahwa untuk mendapatkan harga jual yang rendah, Apple harus mengorbankan kamera pada iPhone SE 2020 Ini. Jadilah kamer belakangnya hanya satu saja dan hanya beresolusi 12 MP.

Begitupula pada bagian kamera depan. Hanya beresolusi 7 MP saja. Selain itu, mode foto yang tersedia pada hp ini sangat terbatas, bahkan tidak ada night mode.

Ini cukup jelas bahwa, hp ini tidak hendak menjual kamera ponselnya. Namun mengenai hasil fotonya sendiri, bisa kita bilang cukup bagus khas kamera Apple biasanya.

Walaupun tidak begitu istimewa, dan belum setara dengan seri iPhone lain yang sudah memiliki lebih dari satu kamera belakang seperti iPhone 11 Pro.

Jadi untuk penggunakan fotografi ringan, sepertinya kamera ini masih sangat cukup. Tapi jika sebelumnya Anda sudah menggunakan smartphone dengan kamera yang lebih pro, tentu saja kamera pada iPhone SE 2020 ini mungkin akan merasa kecewa ketika beralih menggunakan kamera pada hp ini.

Untuk perekaman video, kamera belakang dari smartphone ini bisa merekam video 4K pada kecepatan 24 fps, 30 fps, atau 60 fps.

Baterai

Hal yang patut Anda pertimbangkan selanjutnya dari iPhone SE 2020 ini adalah soal baterainya yang hanya 1.821 mAh.

Apakah Anda nyaman menggunakan hp berkapasitas baterai kecil? Padahal kenyataannya saat ini hampir seharian, kita sulit lepas dari yang namanya smartphone. Tentunya hal ini menjadi hal yang patut di pertimbangkan dengan baik.

Tapi ternyata, walaupun kapasitas baterainya kecil berkat kemampuan jempolan dari manajemen daya iPhone, ketika Anda menyalakan iPhone SE 2020 dengan mode standby sleama 5 jam, baterainya hanya berkurang sekitar 5% saja.

Hal ini tentu saja menjadi nilai plus hp ini ketimbang android. Selain itu dengan menggunakan iOS 14, baterai handphone yang yang kecil dari iPhone SE 2020 bisa lebih hemat.

Ketika Anda menggunakan hp ini untuk membuka sosmed, menonton video youtube atau chatting, baterai iPhone SE masih tetap hemat.

Tapi berbeda cerita ketika Anda menggunakannya untuk bermain game. Baterainya akan sangat cepat habis. Hanya setengah jam menggunakannya untuk bermain PUBG, baterainya sudah menurun hingga 20%.

Hal berbeda mungkin Anda rasakan ketika menggunakan android dengan kapasitas bataerai 4000 mAh yangbateranya mungkin hanya akan berkurang sekitar 5-6% saja.

Jangan lupa bahwa baterai smartphone yang satu ini yang bahkan tidak sampai 2000 mAh. Hal ini mungkin menjadi suiatu catatan, karena dengan chipset yang canggih, hp ini mungkin tidak terlalu di dukung oleh kapasitas baterai yang setara. Tapi untuk Anda yang tidak terlalu suka main game, hp ini masih cocok Anda gunakan.

Penutup

iPhone SE 2020 adalah smartphone yang sangat menarik baik secara harga maupun kualitas. Walaupun beberapa orang mungkin meragukannya karena sekilas penampakan iPhone SE 2020 tidak seperti smartphone kekinian.

Namun ternyata handphone ini tetap memiliki nilai jualnya tersendiri, sehingga menjadikannya sangat layak untuk di beli. Apalagi iPhone ini bisa kita katakan masih bisa mewadahi kebutuhan chipset yang futuristik dalam kebutuhan gadget kita 5 tahun kedepan.

Karena tentu saja, untuk membeli sebuah gadget kita tidak hanya memikirkan kegunaan masa kini, tapi juga bagaimana kegunaannya pada masa yang akan datang.

Baca juga : Kelebihan dan Daftar Iphone Murah Terbaik 2020, Mulai dari Sejutaan!

Tapi mungkin hp ini kurang cocok untuk Anda yang sangat membutuhkan baterai berkapasitas besar, kecuali Anda menggunakannya untuk keperluan sehari hari saja seperti medsos, nonton youtube atau chatting. Semoga review di atas dapat membantu Anda yang masih mempertimbangkan untuk membeli iPhone SE 2020 dalam waktu dekat ini.