Murah Meriah, Xiaomi Jual Redmi 8A Pro Seharga Rp1,6 Juta

Menyambut awal April 2020 ini, Xiaomi sepertinya ingin memberikan kejutan kepada penggemar smartphone di Tanah Air. Jika banyak produsen memilih merilis HP kelas menengah hingga flagship yang dibanderol di atas Rp3 juta, tidak dengan Xiaomi. Pabrikan asal Haidian, Beijing, China ini justru percaya diri dengan Redmi 8A Pro yang dijual kurang dari Rp2 juta.

Yap, harga yang sangat terjangkau ini memang seolah jadi angin segar di tengah pandemi Covid-19. Seperti yang diketahui, hingga Kamis (2/4) sore kemarin, sudah lebih dari 1.700 orang di Indonesia positif terkena penyakit yang berasal dari virus SARS-Cov-2 tersebut. Semakin menggilanya Covid-19 membuat perekonomian Tanah Air memang bergejolak, lantaran masyarakat banyak yang diminta untuk membatasi kegiatan di luar rumah.

Kondisi ini akhirnya membuat berbagai harga kebutuhan pokok perlahan meningkat Di tengah krisis ekonomi dan banyak yang harus berhenti sementara dari pekerjaannya, Xiaomi sepertinya tak mau memberikan beban terlalu banyak. Mengusung ponsel di kelas entry-level, Xiaomi mengenalkan Redmi 8A Pro kepada konsumen Tanah Air dengan harga mulai Rp1,6 juta saja.

Baca juga: Inilah Cara Mudah Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi dan Redmi

Seperti namanya, Redmi 8A Pro ini masuk dalam seri Redmi 8 yang berarti adalah penerus Redmi 8 dan Redmi 8A. Lewat harga yang begitu terjangkau, Redmi 8A Pro siap membawa kembali Xiaomi sebagai salah satu produsen smartphone paling favorit di Indonesia.

Inilah Spesifikasi Xiaomi Redmi 8A Pro

unboxing Xiaomi Redmi 8A Pro
© Tribun News
  • Sistem Operasi: Android 9.0 (Pie)
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, aktif dua-duanya)
  • Ukuran Layar: 6.22″ Corning Gorilla Glass 5
  • Resolusi Layar: IPS LCD 720 x 1520 pixel
  • Chipset: Qualcomm SDM439 Snapdragon 439
  • CPU: Octa-core (4×1.95 GHz Cortex-A53 & 4×1.45 GHz Cortex A53)
  • GPU: Adreno 505
  • Memori/RAM: 32GB/2GB, 32GB/3GB
  • Kamera Utama: 13MP (wide) dan 2MP (depth)
  • Kamera Selfie: 8MP (wide)
  • Koneksi Internet: GSM/HSPA/LTE
  • Kapasitas Baterai: 5000 mAh dengan fitur fast charging 18W

Dengan harga yang dibanderol Rp1,6 juta, Redmi 8A Pro menawarkan spesifikasi yang cukup memuaskan. Tak heran kalau ponsel ini memang digadang-gadang mampu melanjutkan kesuksesan seri 8 di Indonesia. Bagi Anda yang hendak membeli ponsel entry-level, Redmi 8A Pro bisa jadi pilihan yang begitu menguntungkan. Berikut kami bahas lebih lanjut perihal spesifikasinya.

Ponsel Pertama dengan Dua Kamera Belakang

Seperti dilansir Selular, Alvin Tse selaku Country Director Xiaomi Indonesia lewat live streaming peluncuran Redmi 8A Pro di Youtube hari Kamis (2/4) kemarin menyebutkan, jika produk ini adalah versi upgrade dari Redmi 8A. Hal ini akhirnya membuat Redmi 8A Pro memiliki seluruh fitur yang disematkan pada seniornya, tapi dengan berbagai penambahan yang lebih memuaskan.

tampilan belakang Xiaomi Redmi 8A Pro
© Selular

Penambahan yang tentunya paling bikin pengguna tersenyum lebar adalah Redmi 8A Pro dibekali dua kamera di bagian belakang. Dengan harga di bawah dua juta rupiah, dual-camera tentu membuat Redmi 8A Pro cukup mewah di kalangan entry-level. Menurut Alvin, fakta ini menjadikan Redmi 8A Pro sebagai ponsel pertama Xiaomi di jajaran Redmi A yang memiliki kamera ganda di bagian belakang.

Dengan dua lensa kamera di panel belakang bodinya, kemampuan memotret Redmi 8A Pro tentu tak bisa diremehkan. Apalagi Xiaomi juga membenamkan fitur kamera Face Detection, mode HDR hingga ISO control yang semakin membuat siapapun bisa menghasilkan foto atau video yang menarik. Paduan lensa 13MP dan 2MP menjadikan Redmi 8A Pro bisa merekam video 1080p pada 30fps.

Beralih ke kamera depan, Xiaomi memberikan kamera selfie dengan ukuran lensa 8MP yang dibekali fitur HDR dan memotret bokeh. Kemampuannya merekam video [email protected], membuat Redmi 8A Pro juga bisa menghasilkan video-video selfie yang cukup memuaskan. Apalagi dengan era TikTok dan Instagram/WhatSapp Stories seperti saat ini yang cukup banyak seputar video selfie, Redmi 8A Pro tentu bisa memenuhi segala kebutuhan pengguna masa kini.

Baca juga: Redmi K30 Rilis di China Dengan Jaringan 5G, Kapan di Indonesia ?

Layar Besar Bikin Tampilan Lega

Bukan hanya ponsel-ponsel kelas menengah saja yang berhak memiliki tampilan layar besar, Redmi 8A Pro demikian. Meskipun masuk lini smartphone entry-level, Xiaomi memilih layar sebesar 6.22 inci dengan resolusi 720×1520 piksel untuk Redmi 8A Pro. Dengan ukuran layar itu, tentu tampilan ponsel ini sudah sangat bikin lega tapi tetap nyaman digenggam dan tak mudah terlepas berkat Aura XGrip, seperti dilansir Liputan6.

tampilan layar depan Xiaomi Redmi 8A Pro
© Liputan6.com/Yuslianson

Berbekal rasio 19:9 dan 270 ppi density, Redmi 8A Pro bisa memberikan pemandangan layar yang tidak mengecewakan. Lepas dari harganya yang begitu terjangkau, layar Redmi 8A Pro ternyata dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5. Sekadar informasi, Corning Gorilla Glass adalah teknologi coating untuk melindungi lapisan layar smartphone paling atas dari goresan dan benturan. Gorilla Glass 5 adalah teknologi paling update dari Corning, pabrik kaca asal Amerika Serikat.

Melengkapi tampilan layarnya yang memuaskan, Redmi 8A Pro juga memiliki fitur pemindai sidik jari yang diletakkan pada cover belakangnya. Bisa dibilang kalau fitur ini adalah terobosan inovatif dari Xiaomi, mengingat sebelumnya fitur keamanan tersebut tidak dihadirkan. Dengan tiga pilihan warna yakni sky white, sea blue dan midnight grey, Redmi 8A Pro tentu akan sangat menarik saat digenggam.

Untuk perlindungan maksimal pada keseluruhan ponsel ini, Xiaomi menggunakan teknologi nano coating di seluruh bodi Redmi 8A Pro. Alvin memaparkan, teknologi itu membuat Redmi 8A Pro terlindung dari percikan air dengan sertifikasi P2i. Tentu akan cukup aman jika Anda harus mengirimkan pesan saat hujan mulai turun.

Baterai Jumbo, Performa Oke

Hanya ponsel-ponsel dengan harga di atas dua-tiga juta rupiah memiliki baterai jumbo? Buang jauh-jauh pendapat itu. Karena untuk Redmi 8A Pro, Xiaomi membenamkan baterai dengan kapasitas cukup besar yakni 5000 mAh. Tak hanya ukuran besar, Xiaomi juga memberikan dukungan pengisian daya cepat yakni 18W. Bahkan Redmi 8A Pro ini dapat difungsikan untuk mengisi daya smartphone lain seperti powerbank, lewat fitur reverse charging.

Xiaomi Redmi 8A Pro (2)
© Gizmologi

Beralih ke dapur pacu, Xiaomi memadukan komponen Qualcomm Snapdragon 439 di bagian chipset dan Adreno 505 di bagian GPU. Keberadaan konfigurasi octa-core pada bagian CPU semakin menjadikan Redmi 8A Pro cukup mampu dalam mengerjakan berbagai aplikasi bersamaan.

Bagi Anda yang hobi berselancar di Chrome lalu berganti streaming di Youtube dan kemudian bermain media sosial secara bersamaan, kinerja Redmi 8A Pro tidak akan mengalami masalah. Apalagi untuk kapasitas memori internalnya, Xiaomi memberikan ruang yang cukup lega yakni hingga 32GB. Masih kurang? Tenang saja, Xiaomi menyediakan kapasitas penambahan eksternal yang mendukung microSD hingga 512GB.

Baca juga: Review Mi Note 10, Hp dengan Penta Kamera 108 Megapixel Pertama

Agar performa ponsel semakin memuaskan dan bisa menyesuaikan kebutuhan, Xiaomi menawarkan dua pilihan RAM untuk calon konsumen yakni 2GB dan 3GB. Tentunya beda kapasitas RAM, membuat harga jual Redmi 8A Pro berbeda. Di pasar Indonesia sendiri, varian 2GB dijual dengan harga Rp1,599 juta sementara varian 3GB dipatok harga Rp1,699 juta. Tentunya Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Lebih Mahal Rp200 Ribu, Inilah Keunggulan Redmi 8A Pro

Informasi perilisan sekaligus penjualan Redmi 8A Pro ini memang diumumkan langsung oleh Xiaomi. Melalui media sosial resmi mereka, Kamis (2/4) kemarin dipilih sebagai sesi penjualan perdana. Perilisan Redmi 8A Pro ini memang hanya berjarak 3-4 bulan saja dari Redmi 8 dan Redmi 8A yang sudah dikenalkan pada akhir 2019 silam.

Kendati sudah dikenalkan kemarin, Redmi 8A Pro justru baru tersedia pada pekan depan, tepatnya hari Selasa (7/4). Xiaomi Indonesia memilih menjual Redmi 8A Pro untuk versi RAM 2GB terlebih dulu di e-commerce Lazada yang memang menjadi mitra bisnis. Barulah pada 14 April nanti, Redmi 8A Pro akan bisa dibeli di seluruh gerai ponsel Tanah Air.

Jika melihat harga yang ditawarkan, Redmi 8A Pro ini hanya memiliki selisih harga Rp200 ribu dari pendahulunya yakni Redmi 8A. Sekadar informasi, saat dirilis pada Desember 2019 lalu, Redmi 8A dijual Xiaomi di kisaran Rp1,399 juta untuk varian RAM 2GB, meskipun sama-sama mempunyai memori internal 32GB. Memang apa sih yang membuat Redmi 8A Pro dipatok lebih mahal? Perbedaan apa yang diunggulkan oleh Xiaomi?

Redmi 8A dan Redmi 8A Pro

Jawabannya sangat mudah yakni pada kamera utama. Jika Redmi 8A cuma dibekali satu kamera belakang dengan ukuran lensa 12MP, Redmi 8A Pro mempunyai dua lensa kamera belakang yakni 13MP dan 2MP yang sudah dilengkapi depth sensor. Lensa kamera tambahan ini bisa memberikan efek background ngeblur alias bokeh saat memotret obyek wajah manusia, seperti dilansir Kompas.

Sementara itu untuk bagian spesifikasi, baik Redmi 8A dan Redmi 8A Pro memang nyaris identik. Bahkan kedua ponsel ini sama-sama memiliki desain layar notch-waterdrop di bagian atasnya, untuk menampung lensa kamera selfie. Sehingga bisa disimpulkan, perbedaan utama yang bikin Anda wajib mempertimbangkan Redmi 8A Pro adalah pada keberadaan kamera ganda untuk ponsel di bawah Rp2 juta.

Rupiah Melemah, Xiaomi Naikkan Harga HP di Indonesia

Kehadiran Redmi 8A Pro memang tidak hanya disambut hangat oleh masyarakat Tanah Air, tapi juga oleh Xiaomi Indonesia sendiri. Apalagi sekadar informasi, Redmi 8 series mampu menjual sebanyak 500.000 unit di Indonesia dalam waktu tiga bulan saja. Sehingga bisa dibilang, kehadiran Redmi 8A Pro ditanggapi begitu optimis kendati masih di masa krisis akibat pandemi Covid-19.

kelengkapan Xiaomi Redmi 8A Pro
© Liputan6.com/Yuslianson

Namun meskipun begitu, Xiaomi Indonesia tidak bisa menampik jika limbungnya perekonomian Indonesia lantaran Covid-19 membuat mereka harus melakukan penyesuaikan harga. Apalagi hingga Jumat (3/4) pagi ini, nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) sudah menembus level Rp16.567 per Dolar AS.

Baca juga: 4 Hp Redmi Seri Note Terbaik Saat ini, Spesifikasi dan Harga Update

Melalui Instagram pribadinya, Alvin mengunggah surat terbuka mengenai penyesuaian harga ponsel Xiaomi di Tanah Air. Adalah produk Redmi 8 untuk varian 4GB/64GB yang naik jadi Rp1.849.000, di mana sebelumnya dijual di kisaran Rp1,7 jutaan. Tetapi menurut Alvin, kenaikan harga itu tidaklah berbeda jauh dengan harga jualnya saat diperkenalkan pertama kali pada Desember 2019 yakni Rp1,8 juta.

Tak perlu cemas, penyesuaian harga akibat imbas melemahnya nilai tukar Rupiah ini tidak dialami seluruh produk Xiaomi. Di mana hanya produk-produk tertentu saja yang mengalami koreksi harga. Terlepas dari harga jualnya yang jadi lebih mahal, Xiaomi tetap berkomitmen untuk memberikan produk terbaik dengan harga sebenarnya. Jadi, sudah tertarik untuk membeli Redmi 8A Pro?