Honor Play 4 Pro, Ponsel Pertama dengan Termometer Untuk Cek Covid-19

Sampai hari Minggu (21/6) malam ini, total kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah menembus 45 ribu pasien. Dengan peningkatan harian rata-rata mencapai 1.000 kasus di seluruh Tanah Air, wabah corona jelas belum enggan pergi dari bumi Nusantara.

Padahal sejak awal Juni 2020 ini, pemerintah sudah sepakat untuk mulai menerapkan kebijakan new normal, sebagai pengganti PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Dengan berbagai pertimbangan dan risiko yang bakal diterima, protokol kesehatan di masa transisi new normal pun perlahan mulai digunakan di banyak sektor ekonomi dan pusat-pusat keramaian.

Bicara soal protokol kesehatan di masa new normal, salah satu yang menjadi fokus adalah mengenai pengukuran suhu tubuh, selain menggunakan masker dan cuci tangan dengan sabun. Mencoba memanfaatkan kesempatan, vendor smartphone asal Shenzhen, China yakni Honor pun mengeluarkan produk baru yang bakal sangat berguna selama pandemi Covid-19 ini.

Baca juga: 10 HP yang Mendukung Fast Charging Terbaik Juni 2020 (Harga Terjangkau)

Yap, tepat pada 10 Juni 2020 lalu, brand yang merupakan anak perusahaan dari raksasa teknologi Huawei ini akhirnya meluncurkan Honor Play4 Pro secara global. Berbeda dengan produk-produk smartphone lainnya, Honor Play4 Pro menjadi HP pertama yang memiliki fitur termometer untuk mengecek suhu tubuh.

Spesifikasi Honor Play4 Pro

tampilan Honor Play4 Pro (1)
© huaweicentral
  • Sistem Operasi: Android 10.0
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, aktif dua-duanya)
  • Layar: IPS LCD berukuran 6.57″ dengan resolusi 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Kirin 990 (7 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.86 GHz Cortex-A76 & 2×2.09 GHz Cortex-A76 & 4×1.86 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G76 MP16
  • Internal/RAM: 128 GB/8 GB
  • Kamera Utama: 40MP (wide), 8MP (telephoto)
  • Kamera Selfie: 32MP (wide), 8MP (ultrawide)
  • Jaringan: GSM / CDMA / HSPA / LTE / 5G
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 4200 mAh dengan fast charging 40W

Kemampuan Kamera Play4 Pro Sangat Istimewa

Dari spesifikasi yang ditonjolkan, Play4 Pro jelas bukanlah ponsel abal-abal yang cuma mengutamakan fitur termometer saja. Untuk bagian kamera misalnya, Play4 Pro memang hanya dibekali dua kamera di bagian belakang, tapi bisa dibilang sangat istimewa. Lensa kamera utama dengan resolusi 40MP berbasis Sony IMX600 yang memiliki sensor 1/1.7″ dan filter RYBB.

tampilan kamera belakang Honor Play4 Pro
© gizmochina

Melalui lensa utama itu, Honor mengklaim jika kamera utama Play4 Pro bisa menangkap 40% cahaya lebih banyak daripada sensor pada umumnya. Bahkan ISO mampu meningkat hingga 204.800! Sementara untuk lensa kamera belakang yang kedua, meskipun ‘cuma’ 8MP, memiliki kemampuan 3x optical zoom serta 5x hybrid zoom dan 30x digital zoom. Lensa kedua inipun dibekali OIS (Optical Image Stabilization) serta Laser AF, sehingga dapat fokus secara otomatis.

Dengan kedua lensa dan kemampuannya itu, Play4 Pro bisa merekam video dengan ukuran 4K/60fps, lebih baik daripada Play4. Merasa OIS kurang memuaskan? Tenang saja, lensa kamera utama Play4 Pro sudah dilengkapi dengan AIS, stabilisasi yang ditenagai chipset Kirin 990.

Lalu bagaimana soal kamera selfie? Dengan ukuran layar mencapai 6.57″, Honor menempatkan dua lubang kamera depan di bagian punch hole, pada sudut kiri atas layar. Yang memuaskan, lensa kamera selfie utama punya ukuran besar yakni 32MP sementara lensa kedua yang ultra lebar, berukuran 8MP.

Kedua lensa kamera selfie ini telah dibekali lensa fokus tetap, sehingga membuat pengalaman selfie Anda jadi sangat memuaskan. Honor tampaknya paham betul bahwa saat ini ada banyak orang butuh smartphone dengan kemampuan kamera selfie mumpuni, untuk melakukan berbagai kegiatan seperti update foto atau video di Instagram, TikTok hingga pertemuan online yang mengharuskan tatap wajah di internet.

Baca juga: Mirip iPhone 11 Pro, Advan G5 Dijual Rp1 Jutaan Saja

Usung 5G, Dapur Pacu Play4 Pro Sangat Memuaskan

Dengan bodi berbahan glastic yakni paduan material kaca serta plastik, Play4 Pro memang tampil cukup elegan. Bagi Anda yang menginginkan ponsel berdesain minimalis, Play4 Pro adalah jawabannya karena Honor hanya membekali tampilan belakang Play4 Pro dengan motif poligonal berwarna biru.

tampilan Honor Play4 Pro (2)

Namun lepas dari tampilan desain minimalis elegan, dapur pacu Play4 Pro justru sangatlah istimewa. Kalau Play4 yang merupakan versi standar menggunakan MediaTek, maka Play4 Pro mengusung chipset flagship besutan Huawei sendiri yakni Kirin 990. Dirilis oleh Huawei pada September 2019, kehadiran Kirin 990 sudah sangat menarik perhatian karena diklaim lebih baik daripada Qualcomm Snapdragon 855.

Daya tarik pertama dari Kirin 990 adalah sudah dibekali modem 5G terintegrasi, sehingga membuat Play4 Pro mampu berjalan di internet dengan kecepatan 5G. Dengan arsitektur octa-core, tak heran kalau Kirin 990 bisa melakukan perekaman video hingga 8K pada 30fps, serta noise pada video yang berkurang.

Sementara untuk bagian GPU, Play4 Pro menggunakan Mali-G76 MP16 yang mempunyai performa tinggi lantaran diperuntukkan smartphone gaming dan machine learning (ML). Dengan jumlah core lebih sedikit daripada sebelumnya, performa Play4 Pro bisa meningkat hingga 25% tapi daya tahan baterai lebih lama. Hal inilah yang membuat Play4 Pro tak bermasalah untuk kebutuhan multitasking, multimedia hingga bermain game, sekalipun smartphone ini tidak diusung menjadi ponsel gaming.

Fitur Termometer Jadi Unggulan Play4 Pro

fitur termometer Honor Play4 Pro (2)
© akun Weibo Honor

Dengan spesifikasi yang sangat memuaskan, tidak butuh waktu lama kalau akhirnya Play4 Pro menjadi salah satu unggulan dari Honor. Apalagi seperti yang sudah disinggung sebelumnya, daya tarik yang membuat Play4 Pro layak dibeli di kala pandemi Covid-19 ini adalah kemampuannya untuk mengukur suhu tubuh bak termometer.

Seperti yang diketahui, dalam menerapkan protokol kesehatan, pengukuran suhu tubuh merupakan hal wajib. Di mana untuk orang dewasa normal, suhu tubuhnya harus berkisar 36,5 – 37,5 derajat celcius. Sehingga jika ada orang yang suhunya tercatat di atas 38 derajat celcius, akan dianggap tengah mengalami demam tinggi, salah satu gejala Covid-19.

Melalui video yang diunggah Honor di jejaring sosial Weibo, kemampuan fitur suhu tubuh itu pun diperlihatkan. Di mana fungsi bak termometer itu berjalan dengan menggunakan sensor inframerah (IR). Honor mengklaim kalau fitur termometer pada Play4 Pro mampu mendeteksi sekaligus mengukur suhu tubuh manusia dalam rentang -20 sampai 100 derajat celcius.

Baca juga: Ubah Peruntungan di Pasar HP, LG Kenalkan Velvet

fitur termometer Honor Play4 Pro (2)
© akun Weibo Honor

Hanya saja satu yang wajib digarisbawahi, Honor menyebutkan kalau fitur pengukuran suhu tubuh pada Play4 Pro ini tidaklah seakurat thermal scanner. Namun tetap saja, kemampuan Play4 Pro ini akan mempermudah pendeteksian dini Covid-19. Bahkan cara penggunaannya pun sangat mudah yakni tinggal mengoperasikan aplikasi bawaan Play4 Pro yang bisa mengukur suhu tubuh. Sehingga pengguna tinggal mendekatkan ponsel dagu seseorang untuk melihat suhu tubuhnya.

Secara real-time, sensor inframerah akan langsung melakukan pengecekan suhu tubuh dan memperlihatkan hasilnya langsung dengan otomatis. Tak heran kalau akhirnya kemampuan ini membuat Play4 Pro menjadi smartphone pertama dengan fitur pengukuran suhu tubuh. Ke depannya, bukan tak mungkin kalau banyak vendor ponsel bakal mengikuti jejak Honor, seperti dilansir The Next Web.

Apakah Play4 Pro Tersedia di Indonesia?

Melalui fitur unggulannya yakni mampu mengukur suhu tubuh, tampaknya Play4 Pro bisa jadi jawaban untuk Anda yang ingin memiliki ponsel baru dengan spesifikasi istimewa, tapi memenuhi protokol kesehatan. Apalagi seperti yang sudah disinggung di atas, jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah sehingga kehadiran Play4 Pro bisa cukup membantu pendeteksian awal gejala virus corona.

Hanya saja sepertinya keinginan bisa memiliki Play4 Pro di Tanah Air masih harus menunggu. Karena hingga saat ini, Honor masih mengedarkan Play4 Pro di pasar China saja. Honor dan juga Huawei belum memutuskan bakal memboyong Play4 Pro ke negara-negara lain. Termasuk dengan pertimbangan sektor ekonomi di banyak negara yang belum memperlihatkan kondisi positif, sehingga penjualan smartphone sampai pertengahan 2020 ini masih cukup muram.

Baca juga: Kyocera DuraXV Extreme, HP Rp3,6 Juta yang Bisa Dicuci dengan Sabun

Meskipun begitu dari informasi yang beredar, Play4 Pro dijual di Tiongkok dengan harga 2.900 yuan atau sekitar Rp5,7 juta. Info harga ini juga diungkapkan oleh GSM Arena yang menuliskan kalau Play4 Pro dibanderol 360 euro (sekitar Rp5,6 juta). Tentunya dengan kemampuan kamera, spesifikasi dapur pacu hingga fitur termometer, Play4 Pro sangatlah layak dibeli.