HP EliteBook x360 1040 G5, Laptop Bisnis Setipis Tablet

EliteBook x360 1040 G5 adalah predator puncak pada piramida dunia laptop, monster hebat dengan kekuatan kerja yang besar. Namun anda harus membayar harga yang juga besar, sepadan dengan performanya.

CPUIntel Core i7-8650U quad-core 1.9GHz (4.2GHz Turbo)
GrafisIntel UHD Graphics 620
RAM16GB DDR4
LayarResolusi 14 inci 1920 x 1080, Multi-touch
PenyimpananSSD 512GB
Dimensi321 x 215 x 16.9mm (W x D x H)
Ports2 x Thunderbolt 3, 2 x USB 3.1 Gen 1 Tipe-A, HDMI 1.4, jack audio
KonektivitasWi-Fi 802.11ac, Bluetooth 4.2
KameraFull HD
Berat1,35kg
Baterai8 jam
Fitur HP EliteBook x360 1040 G5

Desain

HP EliteBook x360 1040 G5
HP EliteBook x360 1040 G5 via www.techradar.com

Ini adalah pertama kalinya HP memperkenalkan laptop bisnis convertible yang benar-benar untuk level kelas atas dalam bentuk 14 inci. X360 1040 G5 masih mengusung DNA model EliteBook tetapi telah berkembang menjadi sesuatu yang sangat berbeda dari laptop bisnis lainnya di pasar kelas atas.

HP EliteBook x360 1040 G5 hanya tersedia dalam satu warna – yaitu silver, yang biasa Anda dapatkan dari sasis aluminium. Itu sangat kontras dengan Dell atau Lenovo yang cenderung mengadopsi warna antrasit yang lebih konservatif.

Baca juga yuk, 10 Laptop Terbaik Untuk Pemrograman, Programmer Harus Punya!!

Ini adalah desain unibody dengan jenis penyempurnaan yang Anda harapkan dengan hasil akhir satin yang cantik. Garis-garis tajam yang jelas, dengan keseimbangan kurva yang tepat dan tepi miring yang dibuat dengan halus.

Para desainer di HP bahkan telah berhasil mengecilkan pembangkit tenaga listrik 14 inci ini menjadi ukuran rata-rata laptop 13,3 inci, menjadi 321 x 215 x 16,9mm. Kira-kira berukuran sepertiga rim kertas A4, dengan ukuran awal berat 1,35kg.

Meskipun demikian, HP EliteBook x360 1040 G5 berhasil memasukkan sejumlah port yang mengesankan. Ada dua konektor Thunderbolt 3, port HDMI ukuran penuh, konektor audio 3,5mm, dan dua port USB 3.1 Gen 1 Type-A. Ada juga tombol power (di kiri) dan volume rocker (di kanan) tetapi tidak ada pembaca kartu.

Layarnya sendiri memiliki bezel tebal di bagian atas untuk mengakomodasi webcam Full HD dan kamera inframerah untuk login Windows Hello, serta mikrofon multi-array (perhatikan bahwa webcam tidak dilengkapi dengan penutup lensa). Ada juga bezel tebal di bagian bawah untuk menangani konektor dan komponen layar.

Di bawah laptop terdapat dua strip karet yang menopangnya pada permukaan datar, dengan ventilasi dan lubang untuk membantu mendinginkan komponen di dalamnya.

Ada juga dua speaker yang mengarah ke bawah yang melengkapi pasangan lain yang terletak di kedua sisi keyboard; keempatnya didukung oleh perangkat audio Bang & Olufsen.

Silsilah EliteBook mungkin tidak memiliki level prestis yang sama dengan ThinkPad atau Latitude, tetapi bahasa desain di x360 mengatakan sebaliknya.

Pilihan desain tertentu mungkin diperdebatkan, tetapi sangat sedikit yang mengatakan bahwa HP melakukan kesalah pada desain laptop yang menurut saya imut dan manis.

Spesifikasi Mesin

HP EliteBook x360 1040 G5 memiliki prosesor Intel Core I7 8565U quad-core, CPU generasi ke-8 dengan TDP 15W, diproduksi menggunakan proses 14nm dan dipasangkan dengan subsistem video UHD Graphics 920 terintegrasi.

HP EliteBook x360 1040 G5 mendukung memori hingga 32GB DDR4-2666 dalam konfigurasi saluran ganda untuk meningkatkan kinerja. Namun Anda tidak dapat mengubah atau menambahkan kapasitas pada DDR ini karena letaknya yang sudah dipatenkan di dalam motherboard. Ini mungkin salah satu kompromi terbesar yang perlu dibuat saat menggunakan laptop tipis dan ringan.

Anda dapat mengonfigurasi notebook untuk menggunakan SSD hingga berukuran 2TB. Lembar spesifikasi menyebutkan drive yang dienkripsi sendiri sebagai opsi – bagus untuk perusahaan – dan Optane.

Layar

HP EliteBook x360 1040 G5
HP EliteBook x360 1040 G5 via www.techradar.com

Layar pada EliteBook x360 1040 G5 adalah salah satu nilai jual terkuatnya, karena ini mengintegrasikan layar privasi Sure View HP yang dapat diaktifkan hanya dengan menekan tombol F2.

Hal ini membuat sangat sulit bagi orang lain di sekitar Anda untuk melihat apa yang ada di layar Anda, tetapi juga mengurangi kecerahan secara signifikan.

Layar IPS Full HD 14 inci dilapisi oleh lapisan Corning Gorilla Glass 5 dan memiliki lapisan matte. Membuat Anda tidak perlu khawatir dengan intensitas menyentuh layar, karena sidik jari Anda tidak akan tertinggal di layar sehingga akan mengganggu kejelasan tampilan.

Layar matte – dengan tingkat kecerahan 700 nits – memastikan bahwa Anda dapat bekerja di lingkungan yang sangat terang tanpa terlalu banyak silau.

Meski hal ini menimbulkan perdebatan karena beberapa rekan kami menggambarkannya sebagai yang terbaik di kelasnya, sementara yang lain menganggapnya memiliki kualitas tampilan yang kabur.

Kami berpihak pada pendapat yang terakhir, kami merasakan bahwa pinggiran area tempat mata kami fokus cenderung lebih kabur, berbintik, dan lebih redup dari yang diharapkan. Anda selalu dapat menukar panel untuk versi glossy, atau memang layar 4K, meskipun tidak disertai dengan opsi Sure View.

Menulis di layar – yang seukuran selembar kertas A4 – benar-benar pengalaman yang menyenangkan, dengan permukaan matte yang memberikan tingkat gesekan dan perincian yang tepat.

Stylus mendukung 4.096 tingkat tekanan yang berarti dapat dengan tepat meniru interaksi fisik antara pena dan kertas. Aplikasi yang menyertainya juga menawarkan beberapa opsi penyesuaian yang berguna.

Keyboard

HP EliteBook x360 1040 G5
HP EliteBook x360 1040 G5 via www.techradar.com

Mengetik pada keyboard – yang diganti namanya oleh HP sebagai Keyboard Kolaborasi Premium – terasa hampir sempurna.

Sasis yang sedikit lebih besar berarti bahwa tombol-tombol tersebut diberi jarak yang wajar – ada tombol halaman atas / bawah khusus serta tombol Skype / telepon dan kalender khusus.

Kami menyukai fakta bahwa tombol Shift sangat panjang, dan, secara umum, tombol tersebut memiliki umpan balik yang sangat baik, tidak ada goyangan yang terlihat, dan banyak perjalanan.

Periferal input ketiga – touchpad – terbuat dari kaca dan secara default mendukung gerakan. Ini tidak terlalu besar atau terlalu kecil, karena ukurannya yang pas di 110 x 64mm. Selain itu, touchpadnya sebagus (dan mulus) meskipun tidak memiliki tombol fisik khusus.

Konektivitas

HP EliteBook x360 1040 G5
HP EliteBook x360 1040 G5 via www.techradar.com

Kelebihan lain yang perlu diperhatikan adalah HP menyediakan adaptor daya monoblok USB Type-C 65W dengan steker yang dapat diganti. Juga ada baterai non-removable 58WHr 4-sel di dalamnya, salah satu yang terbesar yang pernah kami lihat di Ultrabook.

Selain itu, port HDMI adalah v1.4 daripada v2.0, dan tidak ada dok (lubang / slot) untuk pena stylus aktif Wacom – ia menempel ke samping secara magnetis, meskipun itu merupakan sedikit kompromi bagi kami untuk desain yang tipis.

Laptop ini juga dilengkapi dengan NFC secara default, dan konektivitas LTE opsional, tetapi tidak ada Bluetooth 5.0. Ada sensor sidik jari plus chip keamanan TPM 2.0 yang disematkan.

Keamanan

Berbicara tentang keamanan, laptop ini bersertifikat militer MIL-STD 810G dan keyboard dengan lampu latar yang tahan dengan percikan air. Sertifikasi militer ini berarti laptop telah melalui sejumlah uji ketahanan.

Satu hal yang dapat Anda harapkan dari laptop bisnis adalah jumlah keamanan yang lumayan (dalam hal ini, Sure Start Gen4 dari HP, SureRun, SureClick) dan perangkat lunak manajemen (JumpStart) yang disematkan sebagai bundling.

Beberapa di antaranya mungkin dianggap sebagai bloatware, padahal sebenarnya semua ini menyediakan lapisan dasar aplikasi yang memisahkan pemain mapan dari pasar lainnya.

Untungnya, hanya ada dua aplikasi HP yang dimuat saat startup. Salah satunya, Telepon, memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima teks serta membuat dan menerima panggilan langsung dari PC Anda.

Orang mungkin berpikir cukup berguna, tetapi sayangnya, HP telah mengonfirmasi telah mengakhiri dukungan untuk aplikasi ini, dan mungkin tidak kompatibel dengan versi Windows yang akan datang.

Performa

CPU Intel 15W didinginkan oleh kipas aktif yang suaranya semakin keras saat dibebani – sekeras 62dB. HP EliteBook x360 1040 G5 bertahan beberapa menit kurang dari tujuh jam (tepatnya 6:53) ketika digunakan non-stop menonton video YouTube.

Sedangkan untuk speaker di laptop menghasilkan suara yang sangat bagus; jauh lebih baik daripada yang kita harapkan dari laptop bisnis. Kualitas audionya penuh dengan body, punchy, dan memiliki banyak karakter, tidak peduli apakah Anda memutar musik jazz atau film aksi.

HP EliteBook x360 1040 G5
HP EliteBook x360 1040 G5 via www.techradar.com

Penutup

Jadi kita sudah mengulas bahwa HP EliteBook x360 1040 G5 dibuat sebagai laptop bisnis dengan fitur aman dan kemampuan untuk digunakan sebagai tablet, meskipun berat.

Ini adalah laptop tampan dan elegan, ditambah stylus yang bekerja dengan sangat baik, audio yang mengesankan di bagian depan, dan putaran engsel x360 yang cepat dan kuat. Ada juga banyak port, dan semua ini ditambahkan untuk membuat laptop keseluruhan yang luar biasa.

Baca yuk, Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3, Mahalnya Sesuai Dengan Performanya

Meskipun demikian, ada beberapa kelemahan yang tidak terlalu signifikan. Masa pakai baterai lebih rendah dari yang kami harapkan, dan kipas laptop memnuculkan suara berisik saat bekerja dengan keras.