Ponsel Super Premium, Huawei Mate 40 Pro Dihargai Rp16 Juta

Jika banyak pabrikan ponsel merilis produk dengan harga terjangkau entah kelas entry-level atau menengah, kondisi berbeda justru tampak dari Huawei Mate 40 Pro. Yap, andalan baru Huawei ini bahkan bisa masuk kategori super flagship lantaran harganya yang cukup fantastis.

Ponsel yang sudah dijual Huawei secara global sejak awal November 2020 itu bahkan kini menyambangi Indonesia pada pertengahan Deember ini. Huawei sendiri mengklaim kalau Mate 40 Pro menghasilkan kinerja smartphone ke level terbaru, yang membuat smartphone ini akan cukup sulit disaingi oleh ponsel-ponsel flagship lainnya.

Baca juga: Punya RAM 6GB, Advan G9 Pro Dijual Rp1,6 Jutaan Saja

Fisher Jiang selaku Country Director Huawei CBG Indonesia kepada Selular menyebutkan jika Mate 40 Pro memang dibuat dengan paduan teknologi yang sangat canggih dengan tampilan menakjubkan. Kondisi ini sesuai dengan misi Huawei yang berambisi menciptakan masa depan lebih baik lewat aneka teknologi inovatif.

Jiang menambahkan bahwa Huawei Mate 40 Pro diharapkan bisa menghadirkan pengalaman AI (Artificial Intellegence) alias Kecerdasan Buatan termulus kepada seluruh konsumen. Tak heran kalau ponsel ini dibanderol dengan harga resmi Rp15.999.000 untuk pilihan warna Mystic Silver saja.

Spesifikasi Huawei Mate 40 Pro

box Mate 40 Pro
© Future
  • Sistem Operasi: Android 10, EMUI 11, no Google Play Services
  • SIM: Single SIM (Nano-SIM) atau Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: OLED, HDR10, 6.76″ dengan resolusi 1344×2772 piksel
  • Chipset: Kirin 9000 5G (5 nm)
  • CPU: Octa-core (1×3.13 GHz Cortex-A77 & 3×2.54 GHz Cortex-A77 & 4×2.05 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G78 MP24
  • Internal/RAM: 256GB/8GB
  • Kamera Utama: 50MP (wide), 12MP (periscope telephoto), 20MP (ultrawide)
  • Kamera Selfie: 13MP (ultrawide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE/5G
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 4400mAh (fast charging 66W, fast wireless charging 50W, reverse wireless charging 5W)

Melihat spesifikasi yang ditawarkan, Huawei Mate 40 Pro memang memenuhi dirinya sebagai smartphone flagship. Pabrikan yang berpusat di Shenzhen, Guangdong, China ini bahkan memasangkan aneka komponen premium untuk produk unggulannya ini.

Sudah dilengkapi dengan fitur NFC, menjadikan Mate 40 Pro sebagai gawai yang sangat dibutuhkan di masa kini. Seperti yang diketahui, pandemi Covid-19 berkepanjangan membuat banyak gaya hidup berubah termasuk cara pembayaran transaksi. Sehingga NFC bisa sangat membantu perilaku cashless.

Hanya saja jika Anda terbiasa menggunakan ponsel Android dan menggunakan Play Store dari Google, tampaknya harus sedikit melakukan adaptasi lewat Huawei Mate 40 Pro. Kenapa? Karena Mate 40 Pro tidak dilengkapi layanan Google.

Huawei menggunakan sistem HMS (Huawei Mobile Services) yang menjadikan ponsel ini makin nyaman, aman dan memperoleh pengalaman cerdas serta inovatif. Untuk menggantikan Google Play Services, HMS membekali Petal Search (mesin pencari), Petal Maps (aplikasi peta) dan Huawei Docs (layanan dokumen kata).

Dengan lebih dari 700 juta pengguna Huawei di seluruh dunia, HMS jelas akan menciptakan komunitas digital yang cukup besar dan mampu bersaing dengan raksasa Andoid atau iOS. Berminat memiliki Mate 40 Pro? Huawei Indonesia sudah memulai masa pre-order sejak 15-22 Desember 2020.

Anda bisa memperoleh Mate 40 Pro di seluruh gerai Huawei High-End Experience Store. Begitu pula dapat diakses secara online lewat beberapa marketplace seperti JD.ID, eraspace hingga Tokopedia. Beberapa penawaran spesial juga ditawarkan Huawei seperti voucher diskon early bird Rp1 juta, cashback sampai Rp1 juta, trade cashback Rp600 ribu, cashback bundling operator serta pilihan cicilan 0% dari kartu kredit tertentu.

Handset Premium dengan Fitur Canggih

Mate 40 Pro dalam genggaman

Dengan harga menyentuh Rp16 juta, tentu Huawei Mate 40 Pro tampil sebagai handset premium. Hal ini terlihat dari tampilan perangkat yang sangat nyaman untuk dipegang. Bodi material Mate 40 Pro bahkan tahan debu dan air IP68. Namun lepas dari seluruh tampilan yang classy itu, Huawei membenamkan aneka fitur canggih bikin melongo.

Contohnya seperti volume virtual, volume fisik, dan Smart Gesture Control sebagai peningkatan algoritma yang dirancang khusus mencegah kesalahan sentuh. Masih kurang? Huawei bahkan menyematkan fitur Air Wake dan Air Gesture Control yang membuat Anda bisa menggeser layar ponsel ke berbagai arah hanya dengan lambaian.

Dengan layar berpanel OLED, Mate 40 Pro memberikan pengalaman HDR10 dalam refresh rate 90Hz untuk para penggunanya. Hal ini membuat layar selebar 6.76″ itu akan menampilkan visual yang amat sangat tajam. Diperkuat dengan desain Huawei 88° Horizon Display, menjadikan Anda bisa menonton secara imersif.

Space Ring Design Lensa Leica Super Puas

tampilan modul Space Ring kamera Mate 40 Pro

Dan inilah hal yang paling membuat Huawei Mate 40 Pro masuk dalam jajaran ponsel istimewa, yakni kemampuan kamera. Huawei menggunakan modul yang berdesain Space Ring untuk keempat lensa kamera miliknya di bagian bodi belakang ponsel. Huawei mendesain kamera di seri Mate 40 ini bersama dengan Leica sehingga sudah pasti kualitas fotografinya di atas rata-rata.

Keempat lensa kamera belakang itu adalah wide angle 50MP Ultra Vision, ultra wide angle 20MP Cine Camera ganda dan lensa telefoto 12MP dengan kemampuan 5x Optical Zoom, 10x Hybrid Zoom dan 50x Digital Zoom. Lewat desain modul yang melingkar simetris ini, menjadikan kemampuan bidang pandang kamera lebih luas dan detail. Serta tentunya stabil berkat gyro-EIS.

Apalagi untuk lensa Ultra Wide Cine Camera memiliki kemampuan potret dan video yang meningkat dalam kondisi minim cahaya. Tak hanya kamera belakang yang mengesankan, lensa kamera selfie Mate 40 Pro beresolusi 13MP Ultra Vision yang membuat Anda bisa menghasilkan foto dan video berkualitas yang bersudut lebar baik dari depan atau belakang.

Uniknya, kamera selfie Huawei Mate 40 Pro ini tampak berukuran kecil dalam potongan cut-out. Namun lensa imut itu dikemas dengan teknologi tinggi sehingga mampu menawarkan fitur 3D Face Unlock dan merekam dalam kualitas [email protected]/60fps dan [email protected]/60/240fps.

Baca juga: Nokia 6300 & Nokia 8000 Kembali dengan 4G dan WhatsApp

Performa Kelas Atas Sangat Tangguh

Mate 40 Pro dengan wireless charging 50W
Mate 40 Pro dengan wireless charging 50W © Future

Sebuah ponsel flagship baru dianggap sebagai ‘monster’ jika memang punya performa di atas rata-rata bukan cuma sekadar layar, kamera atau desain ponsel yang canggih. Hal itulah yang ditawarkan oleh Huawei lewat Mate 40 Pro. Tak main-main, ponsel super premium ini menggunakan Kirin 9000 yang disebut-sebut sebagai chipset paling ngebut dan peraih posisi puncak saat ini.

Chipset besutan HiSilicon yang merupakan divisi perusahaan Huawei ini dilengkapi dengan CPU 8 inti dan GPU Mali-G78 24 inti. Ditambah dua inti Big dan satu inti NPU Tiny menjadikan Kirin 9000 begitu tanpa tanding. Dibangun dengan proses fabrikasi 5nm, chipset ini menggunakan teknologi ISP paling mutakhir milik Huawei.

Huawei mengklaim bahwa chipset ini punya 30% transistor lebih banyak daripada chipset Apple A14 sekalipun. Bahkan CPU-nya mampu 10% lebih cepat daripada Snapdragon 865+. Untuk kinerja NPU, Kirin 9000 lebih unggul 240% dari Qualcomm dan kecepatan unduh yang dua kali lipat lebih besar daripada Snapdragon X55 5G, seperti dilansir tek.id.

Baca juga: Debut di Indonesia, Infinix Zero 8 Dihargai Rp3,8 Juta

Lebih dari 15,3 miliar transistor dibenamkan dalam Kirin 9000 menjadikan chipset ini memiliki kemampuan AI ke level yang baru. Dengan GPU terkuat dalam perangkat Huawei, Mate 40 Pro tentu bisa ‘melahap’ aneka game dengan kinerja grafis sangat berat yang membuat Anda memperoleh pengalaman audio visual tak tergantikan.

Apalagi diperkuat dengan RAM 8GB dan kapasitas internal 256GB, menjadikan Huawei Mate 40 Pro akan sangat lancar menjalankan berbagai aplikasi dan kebutuhan multitasking. Tak perlu cemas baterai boros, Kirin 9000 sangatlah efisien dengan performa kelas atas. Lagipula keberadaan fast charging 66W membuat baterai 4400mAh bisa cepat terisi dalam waktu super singkat.

Jadi, Huawei Mate 40 Pro Layak Dibeli atau Tidak?

Bagaimana?

Tentunya dengan spesifikasi luar biasa yang ditawarkan, Mate 40 Pro jelas menjadi salah satu ponsel idaman sekaligus terbaik yang pernah ada. Meskipun memang tak punya akses Google Play Store sekalipun menggunakan sistem operasi Android, Mate 40 Pro tidaklah kehilangan kemampuan dasar dan unggulannya.

Dengan harga yang sebanding dengan kemampuannya, kapan Anda mau membeli Huawei Mate 40 Pro?

Baca juga: Honor Play 4 Pro, Ponsel Pertama dengan Termometer Untuk Cek Covid-19