Laptop

MateBook D15, Laptop Unggulan Huawei Seharga Rp8 Jutaan

Pada masa pandemi seperti ini, pemerintah telah menganjurkan kepada seluruh warganya agar beraktivitas hanya di dalam rumah saja. Guna menunjang hal tersebut para produsen alat elektronik berlomba-lomba untuk menciptakan sesuatu yang keren dan canggih. Termasuk yang dilakukan oleh Huawei. Raksasa elektronik asal Shenzhen, Guangdong, China ini memboyong salah satu laptop unggulannya, MateBook D15 ke pasar Tanah Air.

Sebagai brand smartphone yang sudah mendunia, kehadiran lini laptop milik Huawei memang tak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan melalui MateBook D15, Huawei berambisi untuk bisa memenuhi segala kebutuhan para konsumennya serta mengacu pada gaya hidup baru dan modern.

Menurut Lo Khing Seng selaku Deputy Country Head of Huawei Consumer Business Groups Indonesia, MateBook D15 memang menjadi fokus unggulan Huawei dalam memberikan pengalaman terbaik kepada konsumen. Karena melalui MateBook D15, konsumen tak hanya bakal makin produktif, tapi juga stylish sekaligus inovatif baik ketika bekerja atau gaming.

Baca juga: Spesifikasi dan Review Macbook Air 2020 Lengkap!

Telah rilis sejak awal bulan September 2020 lalu, Huawei mengumumkan bahwa MateBook D15 telah banyak terjual sekitar 1000 unit hanya dalam kurun waktu lima hari saja sejak pembukaan masa pre-order. Dibanderol dengan harga resmi Rp8,6 juta per unit, MateBook D15 sudah tersedia di gerai resmi Huawei atau marketplace yang bekerja sama.

Tingginya permintaan akan MateBook D15 seolah jadi bukti bahwa masyarakat memang sangat antusias terhadap produk-produk yang dikeluarkan oleh Huawei. Mereka tertarik dengan berbagai fitur yang ditawarkan oleh MateBook D15. Diklaim memiliki berbagai fitur yang canggih, laptop ini mengusung performa yang lebih baik guna mendukung pengalaman pengguna lebih baik.

Nah, buat Anda yang tertarik untuk membeli laptop keluaran Huawei ini. Sebelumnya wajib banget untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana spesifikasi yang ditawarkan oleh produk ini. Yuk, simak spesifikasi lengkapnya!

Spesifikasi Huawei MateBook D15

Huawei MateBook D15 © The Star
  • Ukuran Layar: 15.6″ 1920 x 1080 pixel
  • Prosesor: AMD Ryzen 5 3500U (ID Official Model), AMD Ryzen 7 3700U // 10th Gen Intel Core i5-10210U
  • Grafis: AMD Radeon Vega 8 (ID Official Model), AMD Radeon RX Vega 10 // Intel UHD Graphics, NVIDIA GeForce MX250
  • RAM: DDR4 8GB
  • Penyimpanan (SSD): 256GB PCIe SSD / 256GB PCIe SSD + 1TB HDD
  • Konektivitas: Wi-Fi IEEE 802.11a/b/g/n/ac, 2.4GHz and 5GHz, 2 x 2 MIMO ; Bluetooth 5.0
  • Kemampuan Baterai: 42 WH
  • Port: 2 USB Type-A, 1 USB Type-C, HDMI, 3.5mm audio dan microphone 2-in-1 jack x 1
  • Kamera: 1MP (720P HD)
  • Audio: Speaker Power 2W each x 2 ; Number Of Microphone 2
  • Bobot: 1.62 kg
  • Sensor: Hall Sensor, Gravity Sensor dan Fingerprint Sensor

Dengan berbagai aspek dan spesifikasi yang telah dihadirkan, tak heran banyak orang yang tertarik untuk memiliki laptop satu ini. Laptop yang berukuran yang menawarkan dua versi prosesor/GPU yakni model AMD dan Intel ini memperkenalkan sebuah pengalaman baru yakni cross-platform dengan menggunakan fitur Huawei Share. Dengan Huawei Share, memungkinkan para pemiliknya untuk menggunakan laptop ini dengan banyak perangkat secara mudah hanya melalui satu perangkat.

Baca juga: Laptop Screenpad Canggih, ZenBook 14 UX434

MateBook D15 hadir dengan desain yang cantik dan mengusung teknologi yang inovatif. Dengan menghadirkan performa yang tinggi, kualitas gambar atau display terbaik dan desain yang apik. Untuk urusan pengalaman layar, Anda juga akan dimanjakan karena MateBook D15 telah dilengkapi dengan layar FullView Display. Layar yang cukup istimewa akan membuat Anda bertah berlama-lama di depan MateBook D15 sekalipun sedang #DiRumahAja.

Bodi Tipis dan Panel Layar Tersertifikasi

tampilan bodi Huawei MateBook D15 © everyeye

Dalam sekali lihat, tampilan MateBook D15 memang tak jauh berbeda dengan sang senior, MateBook D14. Sebagai laptop produk entry-level dari Huawei, desain tampilan MateBook D15 jelas tidak mengecewakan. Keberadaan layar FullView Display dilengkapi dengan crystal-clear image, menjadikan layar MateBook D15 bahkan bisa menampilkan 178 derajat wide viewing angle yang memuaskan.

Memperkuat kesan classy, Huawei memilih menggunakan desain bezel ultra tipis. Hal ini membuat MateBook D15 hanya setipis 5.3mm yang disempurnakan dengan tiga bezel ultra-thin yang telah membingkai layar.

MateBook D15 juga memiliki desain yang ramping serta mempunyai tepi agak melengkung. Dengan begitu dapat menimbulkan kesan laptop yang lebih rapi dan ramping. Laptop satu ini menjadi salah satu laptop 15,6″ dengan desain yang kecil dan sangat ringan. Tak hanya itu, laptop satu ini dapat memberikan pengalaman menonton yang tak kalah serunya.

Hadir dengan lapisan anti glare atau anti silau dan didukung oleh resolusi full HD, MateBook D15 memiliki layar yang premium. Sehingga Anda bisa menggunakan laptop yang satu ini untuk menonton konten apapun, mulai dari film atau video resolusi tinggi bahkan untuk melihat video Blu-ray. Panelnya telah disertifikasi TÜV Rheinland yang mana untuk emisi cahaya biru rendah, sekaligus dapat memberikan perlindungan pada mata yang baik serta menciptakan pengalaman screening yang jauh lebih nyaman.

Menggunakan Prosesor dengan Kinerja yang Kuat

Huawei MateBook D15

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada dua model prosesor yang ditawarkan Huawei untuk MateBook D15 yakni AMD serta Intel. Untuk AMD, menggunakan Ryzen 5 3500U (model resmi) dan Ryzen 7 3700U. Sementara pada model Intel, Huawei memilih memasang Intel Core i5-10210U generasi kesepuluh.

Baca juga: HP ProBook x360 435 G7, Laptop Untuk Pelaku UMKM Indonesia

Di pasar Indonesia sendiri, Huawei memilih mengusung MateBook D15 dengan komponen aslinya yakni Ryzen 5 3500U. Sebagai prosesor yang didesain untuk bekerja, berselancar, nonton film, gaming hingga kebutuhan multitasking lain, performa Ryzen 5 3500U cukup cepat di kelasnya.

Lantas bagaimana jika dibandingkan dengan Intel Core i5-10210U? Sebetulnya kedua prosesor ini memiliki performa hampir sama. Hanya saja Ryzen 5 3500U lebih unggul untuk menjalankan aneka aplikasi serta proses multi-thread, sementara Intel Core i5-10210U bakal begitu perkasa dalam gaming.

Meskipun begitu, Ryzen 5 3500U bisa menampilkan kinerja yang begitu kuat. Bahkan prosesor itu akan membantu mempertahankan stabilitas dan keandalan yang tinggi serta memberikan pengalaman pengguna yang sempurna. Dipadu dengan kartu grafis AMD Radeon Vega 8, MateBook D15 bisa mengolah tampilan data dan visual tanpa cela.

MateBook D15 Dibekali Kemampuan Anti Lelet

webcam tersembunyi milik MateBook D15 © nst

Selain komponen dapur pacu yang istimewa lewat serangkaian prosesor terbaik, Huawei juga membenamkan teknologi anti lelet pada MateBook D15. Dimana laptop ini sudah menyertakan versi paling terbaru dari HUAWEI Shark Fin Fan. Menggunakan bilah kipas baru dengan bentuknya S dapat mengoptimalkan aliran udara secara dinamis. Dengan begitu dapat meningkatkan pendinginan dan kinerja laptop tidak menjadi lambat.

MateBook D15 juga telah dilengkapi dengan sistem pengisian daya USB-C 65W portable dan kabel USB-A ke USB-C. Pengisi daya yang ada dapat mendukung semua ponsel pintar dan tablet, yang mana pada perangkat tersebut dilengkapi dengan port USB-C. Selain itu, juga dilengkapi sebuah perlindungan dari panas sistem yang berlebihan sehingga dapat secara otomatis menghentikan pengisian bila sudah melewati ambang batas suhu.

Sebagai pelengkap, laptop ini juga memiliki memori yang cukup besar untuk para penggunanya dapat mengunduh aplikasi sesuka hati tanpa takut atau khawatir apabila kinerjanya menjadi lambat. MateBook D15 mempunyai dua opsi konfigurasi penyimpanan, sehingga dapat memberikan ruang lebih dalam menyimpan suatu data.

Telah didukung oleh G-sensor, yang mana dapat melindungi semua data-data yang disimpan di harddisk jika kapasitas memori rendah, menjadikan pengguna MateBook D15 tak perlu cemas kalau penyimpanan sudah mencapai batas. Untuk urusan konektivitas, Huawei memasang Modul WLAN antena ganda pada laptop ini agar dapat meningkatkan suatu kecepatan dan stabilitas koneksi yang berada di laptopnya.

Baca juga: Dijual Mulai Rp24 Juta, Microsoft Rilis Laptop Surface Book 3

Fitur Inovatif Untuk Transfer Data

fitur sharing tampilan gawai © The Star

Tak cuma ingin dikenal sebagai laptop harga terjangkau yang berdesain menawan dan performa memuaskan, MateBook D15 juga memiliki serangkaian fitur inovatif. Fitur-fitur ini sangat membantu perpindahan data antar perangkat, yang tidak akan bikin ribet penggunanya. Salah satunya adalah keberadaan fitur Huawei Share yang mana dapat memungkinkan laptop dan smartphone untuk berbagi satu layar.

Dengan begitu, pengguna dapat menarik file dari satu interface pengguna ke interface lainnya untuk mentransfer file, dan melihat konten yang disimpan di smartphone langsung di laptop. Fitur ini jelas sejalan dengan ambisi Huawei untuk menciptakan masyarakat yang lebih cerdas, modern dan pastinya canggih.

Itulah pembahasan seputar Laptop Huawei MateBook D15, yang dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan ketika akan membeli laptop satu ini. Hadir dengan berbagai fitur, membuat MateBook D15 menjadi incaran bagi para pecinta gadget. Dengan berbagai kelebihan yang dihadirkan oleh Huawei, tentunya dapat membantu Anda dalam mengerjakan berbagai hal atau tugas secara mudah.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

12 jam ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

2 hari ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 minggu ago

Nikon Z Fc, Kamera Retro Untuk Teman Travelling Anda

Nikon Z fc mengusung desain yang nyaman dalam genggaman dan menawarkan pengalaman pengambilan gambar berbeda…

3 minggu ago

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar,…

3 minggu ago

Layar Luas 6.5”, Nokia C20 Dibanderol Rp1 Jutaan

Kalau bicara mengenai smartphone Android, banyak di antara kita yang akan identik menyebut brand Xiaomi,…

4 minggu ago