Laptop

Huawei MateBook X Pro 2021, Simbol Kecantikan Sebuah Ultrabook

HUAWEI MateBook X Pro menghadirkan kemewahan di meja Anda. Hadir dalam 2 warna alami yang karismatik, Emerald Green dan Space Grey. Kecantikan sebuah perangkat dalam bentuk terbaiknya.

Dengan bodi logam ringan 1,33 kg dan 14,6 mm, plus lapisan berlian berlapis pasir, Anda mendapatkan notebook all-in-one ultra portabel dan profesional. Rekan ideal Anda di rumah, di kantor, dan di jalan.

Jika Anda pengguna ponsel Huawei, Anda bisa menampilkan layar ponsel ke monitor MateBook X Pro. Cukup ketuk ponsel Anda ke touchpad, ponsel Anda akan muncul di layar.

Fitur Kolaborasi Multi-layar yang ditingkatkan mendukung tampilan beberapa aplikasi telepon secara bersamaan di notebook Anda. Baik itu mengobrol dengan teman di media sosial atau menerima panggilan video, Anda dapat memiliki semuanya dalam satu layar.

Bagikan file dari ponsel ke MateBook X Pro Anda untuk mengeditnya lalu transfer kembali, semua hanya dengan beberapa ketukan. Menavigasi antar perangkat Anda tentu tidak pernah semudah ini sebelumnya.

CPUIntel Core i7-1165G7 generasi ke-11 (Base 2.79GHz, Boost 4.69GHz)
GrafisIntel Iris Xe
RAM16GB LPDDR4-4167
Layar13,9 inci (3.000 x 2.000p) layar sentuh
Penyimpanan1TB SSD (PCIe M. 2 NVMe)
Dimensi15.51 x 8.54 x 0.57 inci / 394 x 217 x 14,6 mm
Ports2 x USB Type-C, 1 x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1 x headphone/mikrofon combi jack
KonektivitasIntel Wi-Fi 6 AX 201 (2×2), Bluetooth 5.1
Kamera720p, tersembunyi di dalam
Berat1,33 kg
Spesifikasi HP Pavilion 15 2021
©www.huawei.com

Ulasan Singkat Huawei MateBook X Pro

Huawei MateBook X Pro mendapatkan pembaruan di tahun 2021 untuk bersaing dengan produk lain di pasar ‘laptop mewah’, seperti MacBook Pro M1 13 inci dan Dell XPX 15.

Faktanya, versi pertama MateBook X Pro sangat mengesankan kami pada tahun 2018. Sehingga kami memberinya penghargaan ‘terbaik di kelasnya’ dan menempatkannya tepat di bagian atas daftar laptop terbaik kami saat itu.

©www.huawei.com

Model ulasan kami hadir dengan CPU Intel Core i7 generasi ke-11 dan RAM DDR4 16GB. Perangkat ini dengan senang hati mengerjakan setiap spreadsheet, tab chrome, dan aplikasi streaming yang dapat kami lakukan dengan sangat sedikit keluhan.

Pengujian kami juga mengungkapkan bahwaMateBook X Pro adalah pekerja keras yang cakap yang akan dengan senang hati memenuhi kebutuhan harian Anda. Meskipun tidak dapat bersaing dengan mesin berspesifikasi serupa seperti HP Spectre x360.

Ada beberapa inovasi pada desain yang juga tidak memenuhi harapan. Seperti webcam yang disembunyikan dengan cerdik di dalam keyboard yang menghasilkan tampilan dagu yang tidak menarik.

Juga Ada beberapa perangkat lunak menarik yang memungkinkan Anda berbagi data melalui Wi-Fi atau Bluetooth , tetapi hanya jika Anda memiliki ponsel Huawei. Sedikit Eksklusif seperti Apple.

Harganya yang tinggi membuat kami meminta Anda untuk berpikir dua kali. MateBook X Pro terasa terlalu mahal untuk ukuran laptop mewah rata-rata.

Jika Anda peduli dengan gaya daripada fitur, tentu saja ini masih merupakan pembelian yang layak. Estetika premium dari laptop ini mengalahkan produk lain dengan fungsionalitas yang lebih baik.

Ulasanag, Laptop Dua Layar Kelas Sultan, Asus Zephyrus Duo 15 SE GX551

Desain Huawei MateBook X Pro

Desain Huawei MateBook X Pro benar-benar mewah dan elegan.  Ada dua pilihan warna untuk Anda, Space Grey dan Emerald Green. Jika Anda melihat foto produk di halaman ini dengan warna yang agak kebiruan, itu adalah hasil foto dari Emerald Green.

Terlepas dari perbedaan hasil jepretan, ini adalah laptop yang cantik. Warna cerah menonjol di antara lautan produk yang sebagian besar berwarna perak dan hitam di pasaran, dengan logo Huawei emas metalik menghiasi bagian belakang.

©www.techradar.com

Ini bukan laptop paling ringan dalam kategori ultra-ramping, berukuran 15,51 x 8,54 x 0,57 inci dan berat 1,3 kg. Tetapi ini masih sangat portabel dan mudah dimasukkan ke dalam tas.

Kami juga tidak menemukan bahwa lapisan biru yang indah itu mudah tergores. Tetapi kemungkinan akan lebih baik untuk memastikannya mendapat semacam pelindung jika Anda peduli tentang menjaga kecantikan bodi.

Layar 13,9 inci 3000 x 2000 piksel memiliki rasio aspek 3:2 yang memberikan visual yang sangat tajam, dan bezelnya sangat kecil. Sangat menyenangkan untuk menonton video,  jika streaming atau menonton film saat bepergian adalah prioritas Anda maka ini adalah pilihan yang bagus.

Fungsionalitas layar sentuh sangat reaktif dengan layar yang memiliki lapisan mengkilap. Tetapi ini menghasilkan sidik jari yang tidak sedap dipandang di seluruh permukaan bahkan dengan tangan yang paling bersih sekalipun.

Layar yang mengkilap juga berarti bahwa menggunakan laptop di lingkungan yang terang adalah mimpi buruk. Karena layar akan memantulkan cahaya yang menyinarinya.

Keyboardnya lumayan, dengan beberapa pencahayaan lembut untuk menerangi tombol di lingkungan yang lebih gelap.

©www.techradar.com

Tombol-tombol itu sendiri memang terasa sedikit dangkal, tetapi masih memiliki lebih banyak ‘klik’ daripada keyboard kupu-kupu Apple yang dalam. Cukup menyenangkan untuk mengetik tanpa merasa pegal di jari karena harus menekan terlalu dalam.

Tombol daya juga berfungsi ganda sebagai pembaca sidik jari dan kami sangat terkesan dengan keandalan dan kecepatannya.

Hanya ada satu kejadian di mana kami harus menyesuaikan kembali posisi jari kami agar sensor berfungsi, dan sensor itu dengan cepat mengenali jari kami pada upaya kedua.

Untuk urusan suara, MateBook X Pro memadukan speaker top-feering ke dalam desain, secara diam-diam membangun ventilasi langsung ke sasis di kedua sisi keyboard.

Audionya sangat mengesankan untuk laptop tipis ini. Meski bassnya kurang, dengan vokal yang tajam dan level volume yang bagus.

©www.huawei.com

MateBook X Pro juga dilengkapi dengan Nahimic yang sudah diinstal sebelumnya sehingga Anda dapat mengoptimalkan media yang Anda dengarkan, baik itu musik atau TV/Film.

Mendapat julukan “Free Touch”, touchpad 4,5 x 3,0 inci Matebook X Pro mungkin perlu membiasakan diri, dan tampaknya agak terinspirasi oleh yang ditemukan di MacBook. Permukaannya ramping dan tidak membuat hambatan apa pun.

Jika Anda memiliki ponsel Huawei maka Anda juga dapat menggunakan touchpad sebagai NFC (Near Field Communication) built-in. Ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat hanya dengan meletakkan ponsel Anda di atasnya seperti pembaca kartu. Sayangnya, fitur ini hanya berfungsi untuk ponsel Huawei, dan beberapa model tertentu saja.

Dalam semua hal di atas, kualitas build Huawei MateBook X Pro terasa sangat solid. Pelat keyboard memberikan sedikit kelenturan, dan sasis terbuat dari aluminium daripada akrilik.

Sama seperti banyak laptop ultra-tipis lainnya, Anda tidak mendapatkan banyak port untuk sambungan eksternal.

©www.techradar.com

Di sisi kiri perangkat Anda akan menemukan jack headphone 3.5mm dan dua port USB-C Thunderbolt, salah satunya diberi label untuk digunakan untuk mengisi daya MateBook X Pro.

Di sisi kanan, untungnya, Anda akan menemukan port USB-A. Pemandangan langka akhir-akhir ini di laptop modern yang berarti Anda tidak perlu menggunakan dongle jika ingin menghubungkan flash drive.

Baca yuk, MSI Stealth 15M, Ultrabook Sekaligus Laptop Gaming Ringan Dan Bertenaga

Kinerja Huawei MateBook X Pro

Mengingat MateBook X Pro hadir dengan Core i7-1165G7 generasi ke-11 dan RAM DDR4 16Gb, Anda mendapatkan kinerja yang cukup cepat. Meski kombinasi itu masih di belakang sebagian besar pesaingnya di pasar laptop premium, tetapi sepertinya Anda tidak akan memperhatikan sebagian besar aktivitas sehari-hari.

Referensi yang baik adalah uji PCMark 10 yang mereplikasi tugas-tugas umum yang Anda perlukan dari laptop Anda seperti spreadsheet, panggilan konferensi, dan penjelajahan web. Huawei MateBook X Pro meraih 4.459 poin, sementara beberapa pesaing seperti HP Spectre x360 meraih 4.721 dan Dell XPS 13 memimpin dengan 4.816.

©www.huawei.com

Grafik Intel Iris Xe terintegrasi adalah manfaat tambahan untuk memainkan video lebih baik. Meskipun Anda pasti tidak akan memainkan game Asphalt terbaru pada 60+fps, ini hanya cukup kuat untuk beberapa game dengan resolusi rendah.

Anda seharusnya tidak memiliki masalah saat memainkan Fortnite atau CS:GO pada framerate yang dapat dimainkan jika Anda memahami pengaturan grafis dalam game.

Mengingat MateBook X Pro hadir dengan Core i7-1165G7 generasi ke-11 dan RAM DDR4 16Gb, Anda mendapatkan kinerja yang cukup cepat. Itu tertatih-tatih di belakang sebagian besar pesaingnya di pasar laptop premium, tetapi sepertinya Anda tidak akan memperhatikan sebagian besar aktivitas sehari-hari.

Referensi yang baik adalah uji rumah PCMark 10 yang mereplikasi tugas-tugas umum yang Anda perlukan dari laptop Anda seperti spreadsheet, panggilan konferensi, dan penjelajahan web, lalu memberikan poin berdasarkan seberapa baik kinerja benchmark tersebut. Sementara Huawei MateBook X Pro meraih 4.459 poin, HP Spectre x360 meraih 4.721 dan Dell XPS 13 memimpin dengan 4.816.

Grafik Intel Iris Xe terintegrasi adalah manfaat tambahan yang dapat mempengaruhi Anda dibandingkan produk lain, karena meskipun Anda pasti tidak akan memainkan game AAA terbaru pada 60+fps, itu cukup kuat untuk menjalankan judul indie dan penembak bersyarat rendah.

Anda seharusnya tidak memiliki masalah saat memainkan Fortnite atau CS:GO pada framerate yang dapat dimainkan jika Anda memahami pengaturan grafis dalam game.

Pada tes ketahanan panas menunjukkan bahwa laptop masih bisa mengatur panas meski melakukan banyak pekerjaan. Perangkat masih berada di level termal yang baik terlepas dari seberapa banyak kami mengajaknya untuk berlari.

Bagian bawah menjadi sedikit panas setelah beberapa saat streaming musik dan video saat bekerja dengan jumlah tab Google Chrome yang terbuka, tetapi suhunya masih ramah dan suara kipas tidak mengganggu.

©www.huawei.com

Anda juga akan menemui beberapa aplikasi bawaan khusus Huawei. Ada beberapa fitur seperti ‘Huawei Share’ untuk menyambungkan antara ponsel Huawei dan MateBook ini.

Selain NFC khusus huawei, ada juga Wifi 6 yang memaksimalkan koneksi internet dengan router Wifi. Bluetooth 5 juga mempercepat transfer pengiriman file untuk ponsel non Huawei.

Baca juga review lainya, HP Pavilion 15 2021, Laptop Ultrabook Kualitas Mid-End Dengan Prosesor AMD Ryzen 7

Daya tahan baterai Huawei MateBook X Pro

Masa pakai baterai Huawei MateBook X Pro adalah faktor lain yang berada di bawah rata-rata untuk laptop premium. Laptop ini berhasil bertahan selama 10 jam dan 13 menit dalam tolok ukur masa pakai baterai PCMark.

Kemudian pengujian dengan memutar video berulang selama delapan jam 46 menit, kurang dari 10 jam pemutaran video yang diklaim oleh Huawei. Laptop ini mampu mengisi daya penuh kurang dari dua jam, dan mampu menemani Anda seharian.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

13 jam ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

2 hari ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 minggu ago

Nikon Z Fc, Kamera Retro Untuk Teman Travelling Anda

Nikon Z fc mengusung desain yang nyaman dalam genggaman dan menawarkan pengalaman pengambilan gambar berbeda…

3 minggu ago

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar,…

3 minggu ago

Layar Luas 6.5”, Nokia C20 Dibanderol Rp1 Jutaan

Kalau bicara mengenai smartphone Android, banyak di antara kita yang akan identik menyebut brand Xiaomi,…

4 minggu ago