Tablet

Huawei MatePad Pro 2021 Dengan OS Terbaru Buatan Huawei, HarmonyOS

Huawei MatePad Pro 2021 hadir dengan dua pilihan layar, 10.8 inci dan 12.6 inci. Untuk pilihan 10.8 inci, dia memiliki layar IPS dengan refresh rate 120hz. Ini berbeda dengan pilihan 12.6 inci dengan layar OLED namun refresh rate nya hanya 60hz.

Satu hal spesial bahwa MatePad Pro 2021 mempunyai  OS nya sendiri, HarmonyOS. OS ini berjalan dengan sistem Android, meski dengan beberapa kustomisasi khusus dari Huawei.

Mulai juni 2021, Huawei juga akan menggunakan HarmonyOS ini pada semua ponsel flagship seperti seri Mate 40, Mate 30, P40 dan Mate X2.

Meski begitu, OS ini tetap mendukung semua aplikasi berbasis Android. Anda bisa mengunduh di HuaweiApp Gallery, atau mengunduh file APK untuk playstore.

HarmonyOS tidak memasang Google sebagai browser bawaan, jadi jika Anda lebih familiar menggunakan Google maka harus mendownload sendiri.

Kami suka dengan speaker Huawei Mate Pad Pro 2021 yang keras dan jernih. Layarnya juga jernih dan tajam. Tampilan desainnya memang menonjolkan modernitas ala 2021.

Desain Huawei MatePad Pro 2021

©www.gsmarena.com

Huawei telah mempertahankan bahasa desain MatePad dari tahun 2020. Dengan tampilan yang bersahaja di seluruh sisinya.

Huawei MatePad Pro 2021 mempunyai empat pilihan warna. Warna logam uber-frosty Samsung berubah menjadi warna Mystic Bronze.

©www.techradar.com

Huawei mempunyai pilihan warna yang paling flamboyan yaitu Olive Green. Ada juga alternatif yang sedikit lebih kalem yaitu Matte Grey dan Silver Frost.

Desain MatePad Pro 2021 sangat bermanfaat, praktis, dan bersahaja. Lebih praktis daripada iPad atau Galaxy Tab S7 Plus dengan sudut dan lekukan yang lebih lembut. Terasa nyaman di tangan, meskipun terlihat kurang premium dari pesaing utamanya.

Karena ini adalah tablet yang akan mengalami pergeseran tampilan dari portrait ke landscape, maka kamera depan tidak ada di bagian tengah. Huawei meletakkannya di bagian sudut kiri atas, apabila tablet dalam posisi landscape.

Hal ini tidak hanya menghasilkan tampilan yang tidak terganggu tetapi juga kamera video call yang tidak off-angle – jauh lebih baik.

Saat dalam posisi lanskap MatePad Pro 12.6 menampilkan tombol daya di sisi kiri bawah, dan pengatur volume di kiri atas. Ini adalah peletakan yang membutuhkan intuisi tinggi dan menghasilkan sedikit kebingungan saat memilih satu atau yang lain karena mereka tidak berdampingan.

M Pen baru secara magnetis menempel di kanan atas tab, sedangkan port USB-C ada di sisi kanan. Tidak seperti Galaxy Tab S7 Plus dan iPad Pro yang datar, bingkai logam MatePad Pro 2021 membulat untuk memberikan rasa nyaman saat dipegang.

Bagian belakang kehilangan lapisan logam, yang merupakan alasan lain untuk bingkai MatePad yang ramping dan bobot yang relatif ringan.

Seperti model tahun lalu, MatePad Pro 2021 juga mendukung pengisian nirkabel dan nirkabel terbalik. Sehingga dapat digunakan untuk memberi daya pada perangkat wearable atau ponsel cerdas Anda, yang merupakan fitur praktis mengingat baterai tab kapasitasnya cukup besar.

MatePad Pro memiliki bezel yang lebih ramping daripada yang pernah kita lihat sebelumnya pada tablet dari Huawei. Mereka seragam di keempat sisinya, membuat bagian depan yang bersih.

Satu-satunya gangguan penting di bagian belakang tab adalah tiga kamera, yang gayanya mirip dengan P40 Pro Huawei dengan bentuk persegi panjangnya.

Pada akhirnya, MatePad Pro 12.6 memberikan desain berkualitas, tanpa harus menawarkan gaya yang menonjol.

Ini adalah tablet yang ramping dan dibuat dengan baik, dan perangkat kerasnya berfungsi sebagai mesin kerja untuk sebuah perangkat yang impresif.

Tampilan Huawei MatePad Pro 2021

MatePad Pro 12.6 menampilkan layar FullView OLED, menjadikannya satu-satunya tablet layar lebar dengan teknologi layar OLED. Ini menjanjikan warna hitam pekat, hitam pekat, dan warna mencolok.

©www.techradar.com

Dengan layar resolusi 2560 x 1600, yang menghasilkan kerapatan piksel sekitar 240 piksel per inci (PPI), mirip dengan 265 PPI iPad Pro dan Tab S7 Plus, tetapi tidak begitu tajam.

Dengan gamut warna lebar DCI-P3, rasio kontras 1.000.000:1, dan Delta E di bawah 0,8 persen, kualitas di atas kertas tidak kalah dengan tablet kualitas premium yang lebih unggulan.

Dalam interaksi singkat kami dengan MatePad Pro 2021, kualitas layar tetap mempunyai sedikit perbedaan apabila berdampingan dengan tab tingkat atas lainnya.

Satu hal yang MatePad Pro 12.6 tidak berikan adalah kecepatan refresh yang tinggi. Huawei hanya membatasi pada 60Hz, meskipun terlihat sangat mulus saat menonton Netflix,  namun menggulir feed tidak semudah di iPad Pro.

Kamera Huawei MatePad Pro 2021

Huawei dikenal dengan kualitas kamera yang diatas rata – rata. Biasanya konsep tiga kamera ini ada di ponsel, namun kini Huawei mengusungnya ke ranah tablet.

©www.techradar.com

Meski kami sendiri masih kurang nyaman untuk mengambil foto dengan tablet, nampak terlalu besar jika harus mengangkatnya sambil membidik objek.

Tiga kamera di belakang terdiri dari kamera utama, kamera wide dan ultrawide. Kamera utama mempunyai resolusi  13MP, namun tanpa menyertakan sensor unggulan seperti modul Sony 50MP yang ada di P40 Pro Plus .

Kamera wide mempunyai resolusi sama seperti kamera utama, 13MP. Sedangkan kamera ultrawide resolusinya 8MP dengan bidang pandang 120 derajat dan sensor Time of Flight.

Sedangkan kamera depan resolusinya 8MP, tanpa kemampuan wide.

Spesifikasi dan performa

MatePad Pro 12.6 bekerja dengan tenaga prosesor Kirin 9000E, ini adalah unggulan di dalam maupun di luar. Mampu berjalan dengan baik saat bekerja dengan browser, editor teks, dan penampil pdf.

©www.techradar.com

Meski menurut beberapa orang menilai tampilan HarmonyOS cukup berat, namun kami merasa ini alternatif yang baik untuk mengatasi kebosanan pada Android. Kami juga tidak tidak menemukan gangguan, jeda, atau crash aplikasi.

Tablet ini juga dilengkapi dengan RAM 8GB dan penyimpanan hingga 256GB. Meskipun tidak ada kartu SIM atau slot kartu microSD, MatePad Pro mendukung ekspansi kartu Memori Nano. Jadi gunakan kartu penyimpanan khusus milik Huawei jika Anda kehabisan ruang di dalamnya.

HarmonyOS

Poin paling menonjol tentang HarmonyOS 2.0 pada MatePad Pro adalah bagaimana antarmuka yang sangat optimal untuk tablet. Huawei mengambil banyak inspirasi dari iPad OS dan Windows 10, dan melakukan modifikasi agar lebih baik.

©www.techradar.com

Layar beranda, misalnya, memiliki tab dinamis di bagian bawah ala iPad, menampilkan aplikasi terbaru. Arahkan kursor ke atasnya dengan M Pen, dan Anda akan mendapatkan pratinjau pop-up bergaya Windows.

Geser ke atas Anda akan menemukan menu pintasan. Anda juga dapat mengaktifkan cuplikan, widget milik Huawei.

Menu pintasan dan widget ada berdampingan, membuat tampilan lebih cantik. Ada juga cuplikan aplikasi yang memiliki lebih banyak opsi dibandingkan dengan rekan widgetnya.

Kami menilai Huawei Mate Pad Pro 2021 ingin tampil dengan gaya yang mirip Chromebook, bukan lagi dipandang sebagai gadget Android tradisional.

Baca juga, MateBook D15, Laptop Unggulan Huawei Seharga Rp8 Jutaan

Huawei telah menghadirkan kembali beberapa fitur favorit seperti jendela mengambang dan multitasking layar terpisah, sehingga hingga empat aplikasi dapat berjalan di layar sekaligus.

Tampilan antarmuka lainnya agak berat seperti melihat sebuah gambar dalam gambar.

Kabarbaiknya adalah ketika dihubungkan dengan dock keyboard dan mouse atau M Pen, tablet besar ini dapat digunakan lebih seperti laptop Windows.

Meski HarmonyOS mendukung aplikasi android, tapi tidak ada dukungan Google Play Store, atau pemasangan aplikasi Gmail atau YouTube pada MatePad Pro.

Layanan Google memang hari ini menjadi primadona semua orang, namun tampaknya Huawei ingin mengurangi ketergantungan ini.

Namun jika Anda ingin menggunakan aplikasi Google favorit Anda, aplikasi dapat diunduh melalui AppGallery atau Petal Search Huawei. Atau bisa juga mengakses segala layanan Google melalui versi website.

Faktanya, banyak aplikasi yang memerlukan dukungan Play Store seperti HBO Max berfungsi dengan baik melalui browser dengan menawarkan solusi yang dapat digunakan. Keterbatasan utama menggunakan browser, bagaimanapun, adalah tidak ada dukungan offline.

Fitur utama yang menarik pada MatePad Pro 12.6 adalah mode Wireless Extend. Anda bisa memperluas tampilan MatePad Pro pada tablet lain, PC, atau Smart TV. Dengan catatan selama itu kompatibel dengan MatePad Pro.

Lebih jauh lagi, MatePad Pro juga bekerja dalam mode Proyeksi Berbagi yang sangat keren. Ini memungkinkan clipboard, mouse, keyboard, dan bahkan transfer file bersama di semua PC dan MatePad.

Aksesori Tambahan Huawei MatePad Pro 2021

Huawei MatePad Pro menjadi perangkat tangguh dengan tambahan Huawei M-Pencil dan Smart Magnetic Keyboard, yang biasanya dijual terpisah.

©www.techradar.com

M-Pencil perlu dipasangkan dengan MatePad Pro sebelum Anda dapat menggunakannya. Ini menempel secara magnetis ke sisi tablet dan memegang dengan sangat kuat.

M-Pencil memiliki baterai hingga 10 jam dan diisi ulang saat berada di samping tablet atau melalui pengisi daya magnetnya sendiri. Sangat pas di tangan dan menyenangkan untuk digunakan sebagai pena untuk mencatat.

Bagi mereka yang lebih suka membuat catatan dengan keyboard khusus, Smart Magnetic Keyboard adalah alat yang hebat.

Tombol memberikan nuansa sentuhan yang responsif dan memiliki perjalanan yang wajar untuk aksesori semacam itu. Kami segera terbiasa menggunakan pintasan keyboard khas seperti Alt + Tab dan kembali ke layar beranda dengan tombol Aplikasi + D (analog dengan pintasan Windows).

Daya tahan baterai

MatePad Pro 12.6 mempunyai pengisi daya 40W di dalam kotak. Memberi daya baterai 10.050 mAh tab sekitar satu persen per menit hingga mencapai sekitar 80 persen.

Antara 80-100 persen, semuanya melambat, dan pengisian penuh tab hanya membutuhkan waktu lebih dari dua jam.

Baca review, Huawei MateBook X Pro 2021, Simbol Kecantikan Sebuah Ultrabook

Tablet ini nyaman bertahan beberapa hari dengan penggunaan yang relatif berat. Menghabiskan sekitar lima persen setelah satu jam streaming Netflix melalui WiFi dengan kecerahan penuh. Jadi MatePad Pro bisa menjadi partner menonton yang baik.

Perhatikan juga, MatePad Pro 12.6 mendukung pengisian nirkabel dan nirkabel terbalik. Sempurna untuk pengisian daya nirkabel atau pemilik ponsel, ini adalah fitur yang tidak ditemukan pada kebanyakan tablet.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Oppo A94 5G, Lebih Mahal Tapi Tidak Lebih Baik dari Oppo A54

Oppo A94 5G adalah ponsel Android yang solid, dan layak menjadi perangkat andalan yang tidak…

2 hari ago

Realme GT Tampil Mewah Mengadopsi Warna Mustang GT

Realme GT adalah smartphone Android kecil yang kuat dengan prosesor level atas. Xiaomi menyematkan semua…

1 minggu ago

Manjakan Content Creator, Oppo Reno6 Dibanderol Rp5,2 Juta

Situasi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat di Indonesia sejak 3 - 20 Juli 2021,…

2 minggu ago

The Real 5G Killer, Xiaomi POCO M3 Pro 5G Dijual Rp2,5 Jutaan

Pertama kali dikenalkan pada bulan Agustus 2018, sub-brand milik Xiaomi yakni POCO, kini sudah menjelma…

2 minggu ago

Sony Xperia 1 III, Pertama di Dunia Dengan Layar 4K

Sony Xperia 1 III memang bukan untuk banyak orang, tetapi bagi para pengguna ponsel puluhan…

3 minggu ago

Standar Emas TV OLED 2021, LG C1 OLED

LG C1 OLED merupakan salah satu TV terbaik dengan harga berapa pun. C1 menghasilkan gambar…

4 minggu ago