Laptop

iMac 2021 Meninggalkan Tren Desain Klasik iMac Yang Kaku

IMac 2021 akhirnya muncul ke pasaran dengan semua peningkatan dari pendahulunya, iMac 2020. iMac 2020 mempunyai layar 21,5 inci, meski ada juga versi lebar dengan 27 inci. iMac 2021 ini mempunyai layar 24 inci, dengan desain modern, pilihan warna baru, dan memberikan kinerja luar biasa.

Meski iMac 2021 lebih besar dari iMac 2020, namun keduanya memiliki harga yang sama. Jika Anda mengincar all-in-one untuk bekerja dan bermain, ini adalah pilihan yang sangat baik.

©www.techradar.com
CPUApple M1 (8-core)
GrafisGPU 8-core terintegrasi
RAM16GB Unified LPDDR4 RAM
Layar24-inci, 4,5K 4.480 x 2.520 Retina display (IPS, kecerahan 500 nits, gamut P3 warna lebar)
Penyimpanan512GB PCIe
Dimensi18,1 x 21,5 x 5,8 inci (46,1 x 54,7 x 14,7 cm; W x D x H)
Ports2x Thunderbolt USB 4 (USB-C), 2x USB 3 (USB-C), jack headphone 3,5 mm
KonektivitasGigabit Ethernet, Wi-Fi 6, Bluetooth 5.0
Kamera1080p FaceTime HD webcam
Berat4,48 kg
Spesifikasi Apple iMac 2021

Ulasan Singkat

IMac 2021 tidak hanya merupakan peningkatan yang mengesankan dari pendahulunya dalam hampir segala hal, tetapi juga penemuan paling berani dari Mac all-in-one ikonik Apple selama hampir 15 tahun.

Perangkat ini menampilkan tampilan yang sama sekali baru yang ramping dan modern. Ini adalah pembaruan yang sangat disambut baik, karena desain sebelumnya mulai terasa agak basi.

iMac 2021 muncul dalam ukuran baru 24 inci yang menggantikan model iMac 21,5 inci, meskipun iMac 2020 versi 27 inci tetap dijual. Secara mengesankan, meskipun ukuran layarnya lebih besar, iMac baru 2021 mempunyai perbedaan yang sangat tidak signifikan dari model 21,5 inci.

iMac 2021 muncul dengan dimensi 54,7 x 46,1 cm, dan ketebalan hanya11,5mm. Hanya berbeda 1cm dengan iMac2020 yang memiliki 52,8 x 45cm dengan ketebalan 12,5mm.

Ini berarti Anda mendapatkan sedikit lebih banyak ruang layar di iMac baru, tetapi tanpa peningkatan ukuran yang signifikan secara keseluruhan. Faktanya, karena lebih tipis, dan juga lebih ringan dari pendahulunya (4,48kg dibandingkan dengan 5,68kg), iMac baru adalah PC all-in-one yang lebih serbaguna, karena lebih mudah untuk membawanya dan menempatkannya secara manis di ruangan.

Apple juga telah merilis iMac baru 2021 dalam tujuh warna cerah, yang mengingatkan kembali ke masa iMac G3, ini menunjukkan kepercayaan diri dan keceriaan dari Apple yang sangat disambut baik.

Dengan sentuhan yang bagus, Magic Keyboard, Mouse, dan Trackpad memiliki warna yang sama dengan iMac yang Anda pilih, dan elemen antarmuka pengguna macOS Big Sur juga memiliki warna yang sama. Keseluruhan efek ini tampak sangat indah.

Kami mengapresiasi bahwa iMac 2021 bisa tetap mempertahankan ukuran yang kecil, malahan lebih tipis dan lebih ringan daripada pendahulunya. Seperti MacBook Air 2021, iMac 2021 juga menggunakan chip Apple M1 , Apple sudah move on dari perangkat keras Intel.

Seperti yang telah kita lihat pada MacBook Air (M1, 2020) , MacBook Pro 13 inci (M1, 2020) dan Mac mini (M1, 2020) , penggunaan chip buatan Apple sendiri sebagian besar telah berhasil. Sistem operasi macOS Big Sur cepat dan tajam, dan aplikasi baru yang dirancang untuk perangkat keras M1 berjalan dengan cemerlang.

Bahkan aplikasi berbasis Intel yang lebih lama berjalan dengan baik berkat alat Apple’s Rosetta 2, dan Anda juga dapat menjalankan aplikasi dan game iOS, memberi Anda akses ke ribuan judul.

Berkat layar Retina 4,5K baru yang menawan, speaker hebat, dan webcam yang fantastis, bekerja dan berkreasi di iMac 2021 sungguh menyenangkan. Namun Anda juga harus memahami bahwa ini bukan PC paling kuat di luar sana.

PC Monitor ini tidak mempunyai kartu grafis khusus, dan Anda juga tidak dapat menggunakan GPU eksternal. Memori juga dibatasi pada 16GB, jadi jika Anda mencari PC workstation yang kuat, ini mungkin bukan pilihan terbaik untuk Anda.

Desain

Dalam pengamatan kami, desain iMac tidak pernah berubah sejak 2009 hingga 2020. Kami sedikit menyayangkan kenapa Apple suka berpegang teguh pada desain yang hampir sama setiap tahunnya. Meski bagi sebagian orang ini adalah hal ikonik, tapi sebagian orang lainnya menganggap ini ketinggalan jaman.

Sementara pembuat PC all-in-one lainnya, seperti Microsoft dan Lenovo, melakukan hal-hal baru dan menarik dengan variasi desain. Kemudian iMac mulai terasa ketinggalan zaman dan desain ikoniknya lebih menjadi kutukan daripada berkah.

Kami sangat senang melihat bahwa Apple telah membuat beberapa perubahan paling dramatis pada desain iMac 2021. Ini memberikan perubahan yang berani dan modern, sambil tetap mempertahankan tampilan Apple yang klasik.

©www.apple.com

Perubahan paling jelas yang mungkin Anda perhatikan adalah bagian punggung dan tepian iMac baru. Imac 2021 muncul dalam tujuh warna, memungkinkan Anda memilih hasil akhir yang tepat untuk estetika ruangan Anda.

Warna Apple iMac adalah: hijau, kuning, oranye, merah muda, ungu, biru, dan perak (meskipun Anda terbatas pada hijau, merah muda, biru, dan perak untuk model level awal).

Jika Anda ingat kembali di akhir 90-an dan awal 2000-an, variasi warna ini adalah norma untuk iMac, sebelum Apple beralih ke skema warna abu-abu yang sama untuk setiap komputer yang diluncurkannya.

Tetapi iMac 2021 tidak hanya diberi sentuhan baru. Ini memiliki desain yang sedikit lebih persegi panjang yang mengingatkan pada iPhone terbaru, dan sekarang lebih tipis dan lebih kompak dari sebelumnya. Sebagian besar berkat masuknya chip Apple M1 yang mendukung iMac 2021.

Ini memungkinkan Apple untuk secara drastis mengecilkan Logic Board, mengurangi volume iMac hingga 50%, dan hanya setipis 11,5mm. Seperti yang telah kami sebutkan, itu semua sambil meningkatkan tampilan menjadi 24 inci, naik dari 21,5 inci yang pernah ada di tingkat iMac ini.

Faktanya, total footprint iMac baru telah berkurang 30%, dengan dimensi 18,1 x 21,5 x 5,8 inci (46,1 x 54,7 x 14,7 cm).

IMac 2021 juga secara signifikan lebih ringan, pada 4,48kg (9,88 pon) dibandingkan dengan 5,68kg (12,52 pon) dari iMac 21,5 inci sebelumnya. Ini berarti bahwa saat Anda mengeluarkan iMac baru dari kardusnya, perubahan desain terbesar yang akan Anda lihat adalah betapa ringannya benda ini.

Sangat mengesankan, dan dikombinasikan dengan kedalaman dan footprint yang berkurang. Ini berarti iMac baru dapat dengan mudah dibawa-bawa, dan dipasang hampir di mana saja di rumah atau kantor Anda.

Sesuai sifatnya, PC all-in-one lebih kompak dan lebih mudah diatur daripada PC tradisional, karena tidak perlu menghubungkan kabel ke monitor.

Berkat keyboard dan mouse nirkabel yang menyertai iMac 2021 dan Magic Panel sentuh dalam beberapa konfigurasi, Anda hanya perlu menyambungkan satu kabel untuk mengaktifkan dan menjalankan, yaitu catu daya.

Bahkan di sini Apple telah membuat beberapa perubahan yang cukup rapi, menyoroti jenis perhatian terhadap detail yang diberikan desainernya pada iMac baru. Adaptor daya telah didesain ulang, sehingga sekarang dengan mudah disambungkan ke iMac melalui magnet pada soketnya.

Soket dengan magnet ini merupakan salah satu pengembangan dari teknologi MagSafe Apple. Ini membuatnya cepat dan mudah untuk memasukkan kabel, karena belajar dari penempatan kabel pada iMac sebelumnya yang agak menyulitkan rumit.  

Selain itu, pada model yang lebih canggih, adaptor daya dilengkapi dengan port Gigabit Ethernet, jadi Anda cukup mencolokkan kabel jaringan kabel ke ini, yang merupakan sentuhan bagus lainnya.

Adaptor daya juga dilengkapi kabel anyaman 2 meter, yang melengkapi pilihan warna iMac Anda. Ini adalah cara yang menarik dan berguna untuk menghubungkan dan memberi daya iMac Anda.

Kabel daya, Magic Keyboard, Magic Mouse, dan Magic Touchpad memiliki tone warna yang sama dengan monitor.

Kemudian saat Anda menjalankan macOS Big Sur (versi terbaru sistem operasi Mac), Anda akan melihat bahwa elemen antarmuka seperti latar belakang desktop, menggunakan warna yang sama dengan iMac Anda.

Ini mungkin hanya detail kecil, tetapi semuanya membantu memberi iMac baru tampilan dan nuansa yang menyatu dan membuatnya terasa lebih pribadi. Karena Anda sendirilah yang memilih skema warna tersebut.

Pemilihan warna ini bersifat personal dan Anda akan lebih cepat akrab dengan iMac baru ini. Membuatnya terasa bukan sekedar perangkat untuk bekerja, namun sebuah gadget yang menyenangkan.

Mouse dan Trackpad iMac 2021

Terlepas dari skema warna yang baru, Magic Mouse dan Trackpad belum mempunyai perubahan besar dari pendahulunya. Kami tidak pernah menjadi penggemar berat Magic Mouse, lebih suka menggunakan mouse dengan tombol terpisah dan roda gulir yang tentu saja dapat Anda lakukan jika Anda mau.

©www.techradar.com

Satu hal yang tidak berubah, Apple masih meletakkan port pengisian daya untuk mouse di bagian bawah perangkat. Ini berarti bahwa saat Anda mengisi daya mouse, Anda tidak dapat benar-benar menggunakannya dan sangat bisa membuat frustrasi.

Namun, Magic Keyboard telah mengalami beberapa perubahan besar. Muncul dengan tombol baru untuk emoji, Spotlight, Dikte, Don’t Disturb, dan Instant Key (diakses melalui tombol Fn dan tombol F di bagian atas).

Selain itu, pada model iMac kelas atas, keyboard kini dilengkapi dengan Touch ID. Ini bekerja dengan cara yang mirip dengan Touch ID di MacBook atau iPhone.

Letakkan jari Anda pada tombol Touch ID, dan Anda dapat langsung masuk ke iMac. Tombol ini juga dapat digunakan untuk beralih antar akun pengguna, dan untuk membayar hal-hal secara online dengan aman menggunakan Apple Pay.

©www.techradar.com

Pada keyboardnya nirkabel ini Apple telah meyakinkan kami bahwa transmisi sidik jari Anda dilakukan dengan aman dan terjamin. Keyboard berfungsi dengan baik, dengan cepat mengidentifikasi sidik jari dan memasukkan kami tanpa jeda waktu yang lama karena ke koneksi nirkabel.

Port Eksternal iMac 2021

Desain baru iMac 2021 juga menghadirkan perubahan pada jajaran port di bagian belakang. Pada model dasar, Anda mendapatkan dua port Thunderbolt / USB 4 Type-C, yang menawarkan kecepatan transfer data 40 Gb / dtk.

©www.techradar.com

Pada model yang lebih mahal, Anda juga mendapatkan dua port USB 3 Tipe-C tambahan, dengan kecepatan data 10 Gb / dtk. Perbedaan kinerja antara port-port ini memungkinkan Anda menyambungkan seperti hard drive eksternal, ke port yang benar.

Porta USB 4 yang lebih cepat ditunjukkan oleh ikon petir di atasnya, tetapi mungkin agak sulit untuk menemukannya dalam ruangan yang kurang terang.

Tombol daya tetap berada di sudut kiri belakang iMac, tetapi port headphone telah dipindahkan ke sisi kiri layar. Ini membuatnya lebih mudah untuk diakses.

Layar iMac 2021

Apple telah menyusutkan bezel di sekitar layar hampir 50%. Ini memungkinkan iMac 2021 memiliki layar 24 inci yang lebih besar tanpa harus membuat ukuran bodi monitor membesar secara signifikan.

©www.techradar.com

iMac 2021 terasa lebih nyaman dengan desain lebih modern dan kontemporer. Layarnya cantik dengan resolusi Retina 4,5K yang setara dengan 4480 x 2520 dan kerapatan piksel 218ppi (piksel per inci).

Dibandingkan dengan resolusi 4K (4096 x 2304) model sebelumnya, Anda mendapatkan tampilan yang jauh lebih baik, menawarkan kualitas gambar terbaik yang pernah kami lihat di PC all-in-one baru-baru ini.

Layar juga menawarkan kecerahan 500 nits, dan mendukung gamut warna lebar P3, yang menghasilkan warna cerah, cerah, dan akurat. Gambar benar-benar terlihat mengesankan di layar ini, dan itu berarti iMac (24 inci, 2021) adalah PC yang layak untuk pengeditan foto dan pengeditan video.

Layar iMac 2021 mengemas konten 8K dengan hebat. Dan karena layar ini mempunyai titik minimal pada 4,5K, itu berarti Anda dapat menonton konten 4K dalam resolusi penuh tanpa harus menggunakan layar penuh. Layar yang cerah dan bersemangat membuat bekerja di iMac menyenangkan.

Performa iMac 2021

Ini adalah iMac pertama yang berjalan menggunakan chip Apple M1. Ini adalah chip yang sama yang memberi daya pada Mac mini (M1, 2020), MacBook Pro 13 inci (M1, 2020) dan MacBook Air (M1, 2020), dan menggantikan prosesor Intel yang sebelumnya mendukung iMac.

Perpindahan Apple dari Intel ke chipnya sendiri adalah hal yang berani. Keberanian Apple telah terbayar  dengan semua perangkat yang menggunakan M1 memberikan kinerja yang mengesankan.

Menurut Apple, dengan menggunakan chip M1 berarti iMac 2021 lebih cepat hingga 85% dari iMac sebelumnya yang berbasis silikon Intel. Sementara itu, Apple mengklaim bahwa iMac akan memiliki kinerja GPU hingga 2x lebih cepat daripada GPU milik pabrikan lain.

Baca juga, Lenovo ThinkPad X1 Titanium Yoga 2-in-1, Perangkat Fleksibel Untuk Pengguna Bisnis

Dalam iMac 2021, Anda mendapatkan pilihan chip M1 dengan CPU 8-core (dengan empat core kinerja dan empat core efisiensi) dan GPU 7-core atau 8-core. Opsi yang sama Anda dapatkan dengan M1 MacBooks dan Mac Mini.

Kamera iMac 2021

Kamera web iMac 2021 juga mengalami peningkatan. Ini adalah kamera FaceTime 1080p, yang merupakan peningkatan instan dari kamera 720p dalam model 21,5 inci.

©www.techradar.com

Seiring dengan peningkatan resolusi, ia memiliki sensor yang lebih besar untuk kinerja cahaya rendah yang lebih baik. Sementara fitur prosesor sinyal gambar (ISP) canggih dari chip M1 meningkatkan kualitas gambar lebih jauh.

Hal ini menghasilkan gambar yang secara umum sangat baik dari webcam internal, dengan warna yang sangat baik, kejernihan tinggi, dan sedikit jeda.

Baca, Moto G100, Ponsel Kelas Menengah Dengan Prosesor Level Premium

Peningkatan pada webcam dan mikrofon sangat penting dengan begitu banyak orang yang bekerja dari rumah dan sangat bergantung pada panggilan video untuk tujuan profesional dan sosial. Jika Anda sering mengikuti webinar atau panggilan Skype dengan teman, keluarga, atau rekan kerja, kamera web dan mikrofon iMac yang sangat baik akan menjadi nilai jual utama.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

8 jam ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

2 hari ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 minggu ago

Nikon Z Fc, Kamera Retro Untuk Teman Travelling Anda

Nikon Z fc mengusung desain yang nyaman dalam genggaman dan menawarkan pengalaman pengambilan gambar berbeda…

3 minggu ago

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar,…

3 minggu ago

Layar Luas 6.5”, Nokia C20 Dibanderol Rp1 Jutaan

Kalau bicara mengenai smartphone Android, banyak di antara kita yang akan identik menyebut brand Xiaomi,…

4 minggu ago