Infinix

Dijual Rp1,3 Jutaan, Infinix Hot 10 Play Punya Baterai Jumbo 6000mAh

Tahun 2021 sepertinya disambut cukup percaya diri oleh Infinix. Perusahaan elektronik yang berpusat di Hongkong ini memboyong produk smartphone baru lagi di Indonesia. Melalui Infinix Hot 10 Play, perusahaan yang jadi bagian dari TRANSSION Group ini tampaknya siap bersaing dengan produsen-produsen smartphone papan atas di Tanah Air.

Seperti kebanyakan acara perilisan, Infinix Hot 10 Play dikenalkan melalui acara live streaming di Youtube pada 9 Februari lalu. Sergio Ticoalu selaku Country Marketing Manager Infinix Indonesia kepada Suara menyebutkan jika target utama Hot 10 Play adalah kelompok muda milenial dan gen Z yang memang membutuhkan smartphone untuk kegiatan sehari-hari.

Baca juga: Debut di Indonesia, Infinix Zero 8 Dihargai Rp3,8 Juta

Spesifikasi Infinix Hot 10 Play

© Infinix Mobility
  • Sistem Operasi: Android 10 (Go edition), XOS 7
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM dual stand-by)
  • Layar: IPS LCD 6.82″ dengan resolusi 720 x 1640 piksel
  • Chipset: MediaTek Helio G25 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • Internal/RAM: 32GB/2GB, 64GB/4GB
  • Kamera Utama: 13MP (wide)
  • Kamera Selfie: 8MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 6000mAh

Meskipun sudah dikenalkan di Indonesia pada awal Februari kemarin, Hot 10 Play sebetulnya sudah diluncurkan secara global pada 21 Januari 2021. Dengan cukup percaya diri, Infinix menyebutkan kalau Hot 10 Play adalah Power Bank Killer alias Sang Pembunuh Power Bank dengan tagline #GakPernahPadam.

Sebagai penerus dari Hot 10 Lite, Hot 10 Play memang hadir dengan beberapa upgrade yang lebih baik daripada seniornya mulai dari lebar layar hingga baterai. Tentunya peurbahan yang lebih baik ini membuat Infinix cukup percaya diri meskipun pasar smartphone entry-level di Tanah Air sudah banyak dikuasai pabrikan asal Tiongkok.

Khusus untuk pembelian di masa promo Hot 10 Play, Infinix menyertakan sejumlah bonus aksesoris seperti hardcase. Berbeda dengan produk sebelumnya yang biasanya cuma memperoleh bonus jellycase. Selain itu ada juga tiket undangan dari komunitas penggemar Infinix, XFans Community, dalam bentuk mirip uang dollar.

Menurut Bang Jon selaku salah satu member XFans Community, setiap satu tiket yang disertakan dalam pembelian Infinix Hot 10 Play, akan memperoleh satu poin untuk ditukarkan dengan merchandise XFans Community. Dibanderol dengan harga resmi Rp1.349.000, masa promosi membuat Hot 10 Play ditawarkan dengan harga Rp1.249.999 di e-commerce Lazada.

Melalui akun penjualan resmi Infinix di Lazada, Hot 10 Play juga dijual dalam event flash sale sampai 11 Februari pekan lalu, dengan jumlah stok pertama sebanyak 9.500 unit. Ada empat variasi warna untuk Infinix Hot 10 Play yakni aegean blue, morandi green, obsidian black dan purple. Hanya saja saat dirilis pertama kali di Indonesia cuma ada dua pilihan warna yakni biru dan hitam.

Layar Lebar Pengalaman Sinematik Puas

© Youtube/Tech Reason

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kelebihan utama Hot 10 Play dibandingkan Hot 10 Lite adalah lebar layar. Tak main-main, dengan harga kurang dari Rp1,5 juta, ponsel ini mempunyai layar sinematik yang terbentang selebar 6.82″, sehingga sangat melegakan untuk kebutuhan entertainment.

Khusus untuk Anda yang suka menonton film/series serta gaming, Hot 10 Play menawarkan rasio screen-to-body sebesar 90.66% sehingga memungkinkan gambar tampil lebih hidup dan luas. Tak perlu cemas karena ukuran layarnya yang cukup lebar, karena ponsel ini nyaman digenggam. Begitu pula dengan mode satu tangan, menjadikannya cukup nyaman.

Desain dan Kamera Sederhana Entry-Level

Untuk bagian desainnya sendiri, Infinix tampaknya tidak mau cukup banyak bermain pada Hot 10 Play. Anda bisa menemukan goresan pada bodi belakang Hot 10 Play yang berbentuk persegi, alih-alih segitiga seperti series sebelumnya. Sementara untuk kamera belakang, cuma terdapat dua lensa dengan kamera utama 13MP dan lainnya adalah sensor depth.

Untuk lensa kamera selfie, dipasang dengan desain notch di bagian depan. Infinix juga menyematkan slot pemindai sidik jari seperti yang kini lazim digunakan pada ponsel-ponsel entry-level di bagian bodi belakang. Meskipun menggunakan material plastik baik pada keseluruhan bodi dan frame, sensasi memegang Hot 10 Play begitu ringan, tipis dan tidak mudah lepas.

Baca juga: Infinix Note 7 Lite, HP Rp1,9 juta dengan 4 Kamera Belakang

Baik lensa kamera utama di belakang dan selfie sama-sama sudah dilengkapi fitur AI (Artificial Intelligence) sehingga mampu memotret gambar yang lebih tajam serta jelas, dalam berbagai situasi. Infinix juga melengkapi Hot 10 Play dengan fitur AI Portrait Blurring yang bisa meningkatkan fokus setiap gambar sekaligus menciptakan bidikan potret lebih alami.

Performa Dapur Pacu Memuaskan di Kelas Rp1 Jutaan

© carousell.ph/khelou

Sebagai ponsel kelas entry-level, Infinix Hot 10 Play hadir dengan tidak mengecewakan. Untuk dapur pacunya, MediaTek Helio G25 dipilih sebagai chipset. Sekadar informasi, chipset ini memang baru saja dirilis MediaTek pada tahun 2020 silam yang memang diperuntukkan kepada ponsel-ponsel gaming mainstream.

Dilansir Gizmologi, Helio G25 mengusung teknologi grafis HyperEngine sehingga membuat ponsel bisa bekerja lebih cepat serta lancar, terutama untuk kebutuhan gaming. Meskipun cukup ngebut, Anda tak perlu cemas dengan penggunaan daya baterai karena MediaTek merancang chipset ini dengan begitu efisien sehingga daya tahan baterai jadi awet.

Tak hanya itu saja, Helio G25 juga membawa fitur smartphone premium seperti lini G series lainnya. Terutama untuk kemampuan fotografi yang lebih baik berkat arsitektur CPU dan GPU yang dibenamkan. Bahkan clock-speed tertinggi untuk chipset ini menyentuh 2GHz dengan kecepatan pengolahan grafis di angka 650MHz.

Kapasitas Baterai Jumbo Memuaskan

© Infinix Mobility

Penyebutan Power Bank Killer pada Infinix Hot 10 Play sepertinya bukanlah sekadar kelakar saja. Karena kemampuan baterai pada ponsel ini memang benar-benar memuaskan dan sangat cocok untuk konsumen muda yang hobi menghabiskan waktu berjam-jam untuk gaming, streaming film atau series hingga mengikuti kelas-kelas online.

Tak main-main, Infinix memasang teknologi Power Marathon pada baterai dengan kapasitas jumbo 6000mAh. Dimana teknologi ini membuat performa baterai jadi lebih tahan lama sehingga Anda tak perlu cemas harus mengisi daya baterai berulang kali, atau sampai repot-repot membawa power bank yang mungkin kadang menyusahkan.

Bukan hanya punya kapasitas baterai yang besar saja, Hot 10 Play juga memiliki kualitas baterai yang tidak mengecewakan. Berdasarkan hasil uji coba dari pengisian daya sebanyak 800 kali, battery life yang tersisa masih di angka 80%. Semakin bikin sempurna, smartphone ini juga bisa bertahan hingga 55 hari dalam mode standby atau 53 jam dalam aktivitas normal.

Jika Anda gunakan untuk gaming, ponsel ini diklaim bisa bertahan selama 14 jam non-stop. Sementara untuk mendengarkan musik hingga 155 jam pemutaran. Masih kurang? Terdapat mode Daya Ultra yang memungkinan masa pakai baterai bertambah hingga 19 jam ketika performa baterai turun jadi 5%.

Baca juga: Infinix S5 Lite, Berikut 10 Kelebihan dan Kekurangannya

Tak heran kalau Hot 10 Play memang cukup percaya diri menyebutkan dirinya sebagai Power Bank Killer. Di saat banyak ponsel-ponsel dari pabrikan populer dijual dengan harga lebih mahal tapi kapasitas baterai lebih rendah, Hot 10 Play seolah menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakat dan daya beli di masa pandemi Covid-19.

Jadi Apakah Infinix Hot 10 Play Layak Dibeli?

Setelah melihat sejumlah keunggulan dengan berbagai spesifikasi dan fitur yang ditawarkan, tentu pertanyaan terbesar yang bakal muncul adalah apakah Infinix Hot 10 Play ini cukup layak dibeli? Jawabannya sangat layak dipertimbangkan. Apalagi kalau Anda hendak membeli ponsel baru tapi dana pas-pasan dan ingin yang berkualitas, smartphone tangguh yang satu ini bisa dipinang.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

Perbedaan realme Narzo 50A dan Narzo 50i

Jelang akhir tahun 2021 sepertinya dianggap sebagai momen yang tepat bagi realme untuk memboyong ponsel-ponsel…

1 minggu ago

Kamera Selfie 32 MP, Samsung Galaxy M52 5G Dihargai Rp5,3 Jutaan

Kendati pasar smartphone di Indonesia seolah digempur oleh ponsel-ponsel pabrikan Tiongkok, tampaknya itu bukanlah masalah…

4 minggu ago

Siap-Siap, Sederet Ponsel ini Tidak Bisa Pakai WhatsApp Per November

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, industri smartphone memang memiliki pergerakan yang luar biasa dinamis.…

1 bulan ago

Dijual Rp1,5 Jutaan, realme C11 2021 Punya RAM 4GB

Peta persaingan ponsel-ponsel asal Tiongkok di Indonesia memang sangat seru untuk diperhatikan. Segera setelah resesi…

1 bulan ago

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

1 bulan ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

1 bulan ago