Kamera

Insta 360 One R 1-inch action, Action Cam Pesaing Go Pro

Insta 360 One R 1-inch action, sebuah Action Cam besutan Insta360. Action Cam ini merupakan pesaing berat Go Pro di pasar Action-Cam dunia.

Insta360 merupakan perusahaan yang bermarkas di  China, tapi mempunyai kantor perwakilan di Los Angeles, Tokyo, dan Berlin. Banyak pengamat menyebut bahwa One R 1-inch action mengisi pasar yang tidak dijangkau oleh Go Pro.

Bagi Anda yang suka melakukan travelling atau aktifitas outdoor, pasti tidak asing dengan kamera action-cam. Itu lho kamera kecil yang biasanya ditempel di kepala, helm atau diletakkan di ujung tongsis.

©youtube.com

Action Camera atau sering disingkat Action-Cam. Ini adalah jenis kamera yang dirancang untuk merekam kegiatan atau aktifitas di luar ruangan. Biasanya aktifitas olahraga dan kegiatan yang bersifat ekstrim.

Kamera ini memiliki body yang compact dan kokoh serta tahan terhadap berbagai cuaca. Siapa sangka dalam bodi kecilnya, terpasang beragam fitur-fitur canggih untuk mengambil gambar dan video.

Begitu pula fitur yang dimiliki oleh One R 1-inch edition. Action-Cam ini dapat menghasilkan video 4K bahkan 5K dengan indah dan gambar diam yang sangat baik.  One R 1-inch edition mampu mengambil gambar hingga sudut 360 derajat.

Kemampuan mengambil sudut 360 derajat ini dihasilkan dari lensa utama. Coba Anda perhatikan model lensa One R 1-inch edition. Ini tampak seperti lensa DSLR yang diperkecil hingga ukuran 1 inch.

Bentuk lensa modular ini memang terinspirasi dari kamera DSLR. Bahkan diklaim mempunyai stabilitas dan sistem menu yang sama dengan kamera DSLR.

Lensa dengan ukuran hanya 1 inci ini ternyata sangat hebat. Lensa ini memiliki kekuatan pengumpulan cahaya sebanyak 25p dalam mode 5.3K dan 60p dalam mode 4K. Sehingga bisa menghasilkan video yang tajam dengan warna yang jelas.

One R 1-Inch juga menghasilkan jepretan dengan warna seperti aslinya. Mempunyai pilihan mode RAW atau JPEG, ini memberikan opsi untuk menarik tumpukan detail dari bayangan tanpa terlalu banyak noise yang dihasilkan.

Desain

©apple.com

Reaksi pertama Anda terhadap Insta360 One R 1-inch Edition mungkin sama dengan kami. Sebuah lensa yang tampak besar dan serius.

Namun sebenarnya yang membuatnya tampak besar adalah pelindung lensa. Pelindung ini bisa dibuka dan memperlihatkan kaca lensa di bawahnya.

Lalu mengapa harus memakai pelindung begitu besar? Karena pelindung lensa juga berfungsi untuk mengumpulkan cahaya yang lebih banyak.

Dengan ukuran pelindung lensa yang lebar maka bisa mengumpulkan cahaya lebih banyak untuk lensa dengan sudut pandang yang lebar. Juga menurut kami, Insta360 mungkin ingin terlihat sangat serius dan profesional.

Dalam pembelian perangkat Insta360 One R 1-inch Edition, Anda akan mendapatkan beberapa hal. Paling utama tentu modul Core, 1″ Mod, Battery Base, dan Mounting Bracket, juga dikenal sebagai frame.

Core module berfungsi sebagai perangkat utama dari kamera. Ini memiliki touchscreen live-view display dengan kontrol dan dapat dibalik sehingga layar dapat digunakan untuk foto selfie / vlog.

Modul 1″ Mod dan Core dipasang berdampingan di Battery Base, menghubungkan ke electronic contact di atasnya. Battery Base memiliki baterai built-in yang memberi daya modul sekitar 65-70 menit. Battery Base dapat diisi ulang melalui USB interface.

Anda harus menggunakan housing atau pelindung agar perangkat menjadi lebih tahan air. Jika tidak, maka yang bisa Anda lakukan adalah dengan memastikan semua bagian terpasang dengan kencang. Kemungkinan air akan masuk menjadi sangat kecil.

Meski kami mencatat bahwa OS tidak selalu berjalan dengan mulus. Kemudian layar pengaturan agak terlalu kecil, apalagi jika jari Anda terlalu lebar. Tapi secara umum bisa digunakan untuk aktifitas sehari – hari.

Stabilisasi

Stabilisasi Insta360 disebut FlowState dan setara dengan HyperSmooth dari GoPro.

©techradar.com

Stabilisasi berjalan dengan luar biasa karena menggunakan bidang pandang ultra-wide yang mendekati asli. Mungkin Anda masih akan melihat beberapa gerakan bergetar, tetapi tidak memperburuk tampilan.

Bahkan tampilan ‘wide’ default sudah sangat mulus bahkan jika digunakan untuk merekam gerakan cepat saat berlari.

Di sinilah sensor besar Insta360 One R 1-inch Edition mulai menunjukkan kinerjanya. Gunakan bidang pandang paling sempit di sebagian besar Action Cam dan gambar akan sering terlihat sangat lembut.

Ini tidak mengherankan, karena ini hanya zoom digital dengan sedikit koreksi geometris yang diterapkan. Tetapi sensor 1 inci menangani pemangkasan jauh lebih baik daripada kebanyakan.

Meskipun sebenarnya tidak ada detail yang lebih berarti daripada potongan tampilan ultra-wide asli. Ini terlihat saat Anda menggali lebih dalam dan menganalisis frame demi frame.

Bagaimana dengan cahaya redup? Video cahaya redup Insta360 One R 1-inch Edition jauh lebih baik daripada GoPro. Lebih cerah, lebih bersih, dan lebih detail.

Namun Anda juga jangan berharap terlalu tinggi. Beberapa ponsel kelas atas masih dapat merekam video yang lebih baik, bahkan dengan sensor yang lebih kecil. Dalam arti yang lebih luas, video malam Insta360 One R masih payah.

Baca, Canon PowerShot G7 X Mark III, Kamera Khusus Videografer Dengan Kemampuan Super

Hanya karena Insta360 One R memiliki sensor besar, tidak langsung menjadikannya kamera yang akan Anda gunakan untuk merekam film indie. Apalagi hanya dengan penerangan dari lampu rumahan biasa.

Mode pemotretan

Insta360 One R mempunyai dua mode video tambahan. Anda bisa memilih antara fitur Timelapse dan Timeshift,  yang terakhir lebih menyenangkan untuk digunakan.

Timeshift meningkatkan gerakan hingga 16x. Untuk efek gaya “forward” yang dapat Anda gunakan untuk membuat tur cepat pemandangan saat berlibur.

©apple.com

Namun pemrosesan bisa dilakukan hanya melalui aplikasi telepon atau Insta360 Studio. Sedikit menyebalkan karena klip 4K berdurasi satu menit membutuhkan waktu lama untuk mengekspor.

Jadi untuk menggunakan efek percepatan 16x, hanya bisa dilakukan dalam proses pengeditan.

Pada proses editing, Anda bisa menambahkan efek blur. Efek ini tampak rapi menyesuaikan data gambar dari beberapa bingkai ke dalam setiap bingkai di klip akhir, menambahkan drama visual.

Baca juga, Canon EOS M6 Mark II, Performa besar Dalam Bodi Mungil

Mode Timeshift memberikan Anda kemampuan untuk mengubah kecepatan secara otomatis. Anda dapat melihat hasilnya langsung di kamera. Tetapi Anda masih harus menunggu selama 30 menit atau lebih di laptop Anda agar file akhir dapat dirender.

Kualitas video dan foto

Kualitas gambar yang superior adalah satu-satunya alasan untuk membeli Insta360 One R Edisi 1-inci.

Hampir semua Action Cam memiliki sensor 1 / 2,3 inci, termasuk semua model GoPro Hero Black. Sensor ini berukuran sekitar seperempat dari ukuran chip satu inci.

Empat kali ruang pengumpulan cahaya memberi kamera jangkauan dinamis yang lebih baik dan kemampuan cahaya rendah. Sekaligus memperkenalkan chip sensor yang lebih besar dan elemen lensa yang lebih besar.

Hasil pemotretan dengan Insta360 One R 1-inch Edition lebih baik dari Insta 360 One R biasa. Meski kadang masih terlihat bayangan pada pengambilan gambar yang menampilkan matahari.

Namun secara umum area bayangan tampak lebih cerah, lebih bersih, dan jauh lebih detail dalam gambar Insta360 One R 1-inch Edition. Dengan resolusi 19MP, maka kamera ini beberapa tingkat lebih baik dari One R biasa, hanya 12MP.

Insta360 One R 1-inch Edition dapat memotret hingga 5,3k / 25p, atau 4K hingga 60 bingkai per detik. Ketepatan pemotretan dan detail yang Anda peroleh akan tampak luar biasa.

Rekamannya kontras dan tajam, dengan sedikit kehilangan detail di sudut bingkai dibandingkan dengan kamera ponsel sudut lebar.

Namun One R 1-inch Edition  tampak kehilangan kontras dan ketepatan warna begitu Anda berada di bawah pohon. Ini bukan adegan ‘cahaya rendah’ ​​yang sebenarnya, tetapi masih menyebabkan masalah pada Action Cam.

Insta360 One R 1-inch Edition mempertahankan kejelasan gambar yang jauh lebih baik. Gambar tidak terlalu rentan terhadap keburaman dalam bingkai.

Dalam sebagian besar rekaman Action-Cam, kualitas gambar akan menurun segera setelah tingkat cahaya turun sedikit. Salah satu alasan mengapa GoPro tetap dominan begitu lama adalah karena kualitas gambarnya cenderung lebih stabil. Begitu juga dengan Insta360 One R 1-inch Edition ini.

Namun ada satu masalah yang masih tersisa di sini. Yaitu saat Anda mengambil beberapa rekaman saat berlari atau bersepeda di sepanjang jalan setapak. Anda akan melihat detail kerikil yang sedikit goyang.

Masalah tersebut bisa sedikit Anda sembunyikan saat pemrosesan akhir. Pemrosesan Insta360 memungkinkan Anda untuk memperhalus detail frame. Bahkan pada perekaman dengan cahaya yang redup.

Di sinilah Insta360 One R 1-inch Edition menghasilkan detail paling halus melalui bingkai, menyinari batas antara ‘noise’ dan ‘detail’ dengan lebih jelas. Aplikasi Insta360 video akan menghilangkan kegundahan Anda dengan meminimalisir noise.

Bahkan saat menggunakan pemrosesan JPEG standar kamera, ada detail yang jauh lebih koheren saat senja. Dan kualitas gambar melompat ke tingkat lain saat Anda menangkap DNG dan menggunakan Lightoom atau Photoshop untuk pemrosesannya.

Di sinilah Anda benar-benar melihat kemampuan sensor 1 inci. Anda dapat menarik tumpukan detail keluar dari bayang-bayang. Lengkap dengan warna yang kuat, tanpa berakhir dengan kekacauan.

Alur Kerja

Pertimbangan alur kerja Insta360 One R 1-inch Edition juga patut untuk dipertimbangkan. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari kamera ini, Anda harus mengimpor dan mengekspor file melalui aplikasi seluler Insta360 atau Insta360 Studio untuk Windows / MacOS.

Ini melakukan banyak pemrosesan dan stabilisasi gambar. Meskipun ada beberapa preset populer yang memungkinkan stabilisasi dalam kamera yang sebenarnya (hingga 4K, 25fps), Anda masih akan melihat hasil terbaik saat Anda melakukan pekerjaan di komputer atau ponsel.

Yuk baca review lain, Fujifilm GFX 100S, Kamera 100 MP Seharga 50MP

Audio dan Baterai

Insta360 One R 1-inch Edition memiliki array mikrofon stereo. Menggunakan satu mikrofon lubang jarum di bagian atas modul kontrol, dan satu lagi di sisinya.

Penentuan posisi dan kinerja mikrofon dipengaruhi oleh desain modular One R. Tentu saja, jika Anda tertarik dengan gambar dengan fidelitas yang lebih tinggi dari modul sensor 1 inci, Anda mungkin tetap ingin menggunakan mikrofon eksternal.

Insta360 membuat adaptor mikrofon 3,5mm untuk One R dengan harga 200ribuan.

Baterai 1-inch Edition bisa bekerja dalam waktu 75 menit untuk melakukan perekaman video 4K. Akan turun menjadi 65 menit jika Anda merekam dengan fitur lensa Ultra-Wide. Namun ini akan menemani Anda seharian jika hanya untuk mengambil gambar.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

18 jam ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

3 hari ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 minggu ago

Nikon Z Fc, Kamera Retro Untuk Teman Travelling Anda

Nikon Z fc mengusung desain yang nyaman dalam genggaman dan menawarkan pengalaman pengambilan gambar berbeda…

3 minggu ago

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar,…

3 minggu ago

Layar Luas 6.5”, Nokia C20 Dibanderol Rp1 Jutaan

Kalau bicara mengenai smartphone Android, banyak di antara kita yang akan identik menyebut brand Xiaomi,…

4 minggu ago