Tablet

Kenalan Dengan iPad Termurah Tahun Ini! Spesifikasi dan Review iPad 8

Banyak sekali berbagai tipe dan merek tablet, salah satu favorit banyak orang adalah iPad.Selain handphone dan laptop, produk gadget lain yang punya banyak penggemar dari Apple adalah tabletnya yakni iPad. Nah, beberapa waktu yang lalu, Apple baru saja merilis tablet terbarunya yakni iPad 8.

Bagi sebagian orang, keberadaan tablet adalah hal yang tidak kalah pentingnya dari handphone. Tablet, biasanya digunakan membantu dalam pekerjaan dan tugas-tugas, misalnya untuk presentasi, membaca & mengedit dokumen, membuat design. Bahkan beberapa waktu ini tablet juga hampir bisa menggantikan laptop karena populer di gunakan untuk mengetik tugas dengan simple menggunakan keyboard wireless/ bluetooth yang tipis. Walaupun terkenal mahal, iPad selalu laris dan di cari.

Berbeda dengan iPad pada umumnya, ipad Generasi ke-8 ini adalah tablet Apple paling murah yang di keluarkan pada tahun 2020. Bagi Anda yang belum tahu, sebenarnya iPad itu banyak serinya. Tidak melulu yang harganya super mahal seperti halnya iPad Pro yang bisa tembus belasan sampai puluhan juta. Ada iPad mini, iPad Air dan iPad seri seperti iPad 8.

Untuk iPad 8 ini memang termasuk tablet Apple yang berada dalam entry level. Harga dari iPad 8 versi storage 32 GB (wifi only) di Indonesia berdasarkan survey 18 November 2020 melalui online marketplace bisa Anda beli mulai dari Rp. 5,8 jutaan. Namun bukan Apple namanya, jika menjual barang yang tidak berkualitas dan unik. Apa saja yang bisa di lakukan oleh si iPad 8 ini? Kita simak dulu spesifikasinya!

Spesifikasi iPad 8

  • OS : iPadOS 14
  • Chip : A12 Bionic
  • Layar : 10,2 inch IPS
  • Kamera belakang : 8 MP
  • Kamera depan : 1,2 MP
  • Storage : 32 GB/ 128GB
  • Kartu SIM : Nano SIM, eSIM
  • Keamanan : TouchID
  • Apple Pencil : Compatible (dijual terpisah)
  • Smart Keyboard : Compatible (dijual terpisah)
  • Warna : Silver, Grey, Gold
  • Berat : 490 gram (mode wifi)/ 495 gram (mode wifi & cellular)

Review iPad 8

Ketika menerima paket berisi iPad 8, pasti pertama kali yang terlihat adalah packaging. Box iPad 8 di luarnya terdapat gambar unit iPad 8 yang di ambil pada bagian sisi/ menyamping, mungkin untuk memperlihatkan kelebihan bodynya yang tipis.

Karena pada seri iPad lain misalnya iPad Pro gambar pada boxnya memperlihatkan bagian layar dengan bezel yang tipis, karena memang hal tersebut yang ingin di tonjolkan. Pada bagian belakang boxnya tertulis iPad (8th Generation) dan kelengkapan unitnya.

Baca juga : Review Advan Tab 8elajar, Perangkat Rp1,4 Juta untuk Belajar Online

Di dalam setiap pembelian iPad 8 resmi pastikan Anda mendapatkan 1 unit iPad 8, kabel type-C to lightning, kepala charger 15/20 Watt, sticker apple, beberapa kelengkapan lain seperti manual book dll. Bagaimana dengan iPadnya sendiri? Mari kita ulas bagian-bagian menarik dari iPad 8 ini!

Build Quality, Design & Layar

Seperti produk Apple yang lain, body iPad 8 yang solid, minimalis dan elegan ini di klaim terbuat dari bahan-bahan daur ulang untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan.

Seperti 100% alumunium daur ulang, timah 100% daur ulang dan 60% atau lebih kandungan plastik daur ulang. Jadi walaupun ini iPad murah dari Apple tapi soal build quialitynya tidak perlu di pertanyakan lagi karena tetap berkualitas tinggi!

Sebenarnya jika dilihat dari segi design, iPad 8 ini sangat mirip dengan iPad generasi sebelumnya. Misalnya jika di bandingkan dengan iPad 5, body belakangnya sama persis namun yang membedakan hanyalah ukuran layar yang lebih besar. iPad 5 layarnya masih 9,8 inch sedangkan iPad 8 ini layarnya sudah10,2 inch dengan bezel yang sama.

Layar 10 inch dengan panel IPS pada iPad 8 ini memiliki retina display dengan pixel 1620×2160. Sehingga warnanya sudah sangat vibrant.

Jadi jika Anda ingin mengedit foto/gambar hal ini sangat bagus karena warna yang di hasilkan sudah hampir akurat dan bisa di andalkan. Pengaturan kecerahan pada layarnya juga masih sangat nyaman di gunakan di dalam ataupun di luar ruangan.

Ukuran bezel dan layarnya masih sangat nyaman dan pas digunakan untuk beraktifitas. Ukuran bodynya tipis walaupun tidak setipis iPad Pro. Beratnya pun masih cukup ringan, jadi saat Anda menggunakannya dengan posisi landscape ataupun porttrait tangan Anda tidak akan cepat pegal.

Support Accesoris : Smart Keyboard, iPad Pencil dan Mouse

Pada bagian bawah bodynya, terlihat ada konektor lightning USB, sama dengan generasi sebelumnya. Namun ada yang berbeda dari generasi sebelumnya yang belum bisa connect dengan keyboard, pada bagian sisi kiri iPad 8 ini sudah ada konektor baru yang bisa terhubung langsung ke smart keyboard-nya. Selain itu, iPad 8 juga sudah support iPad pencil dan mouse.

Namun jangan salah membeli keyboard atau iPad pencil untuk melengkapi iPad 8 Anda. iPad 8 ini memang mendukung penggunaan keyboard dan iPad pencil, tapi jenisnya adalah smart keyboard dan iPad pencil generasi pertama.

Sebab, Apple juga punya beberapa jenis keyboard dan iPad pencil. Misalnya ada yang kompatibel dengan Magic Keyboard dan Smart Keyboard Folio seperti iPad Pro, ada juga yang kompatibel dengan keyboard bluetooth seperti iPad mini serta smart keyboard seperti iPad seri 8 ini.

Selain itu kini pencil 1th generation ini sangat useful untuk di beli, karena bisa sangat mempermudah Anda bekerja menggunakan iPad.

Misalnya saja jika Anda ingin mencari sebuah file di iPad atau searching apapun, Anda tidak perlu mengetiknya di keyboard layar iPad yang lumayan besar, tapi Anda bisa menulisnya menggunakan apple pencil 1th generation ini asalkan bentuknya text field. Inilah hal yang menjadi bagian favorit banyak orang pengguna iPad.

Terakhir, iPad 8 juga sudah support dengan mouse. Jadi Anda bisa mengunakan iPad layaknya laptop dengan menggunakan mouse dan keyboard. Anda bisa menggocy file dengan mudah seperti di laptop salkan mempunya kabel connector lightning.

iPadOS 14

Selanjutnya ada hal yang menarik lain jika masuk kebagian dalam iPad 8 ini yakni OS-nya. Penggunaan OS terbaru dari Apple pada iPad 8 ini memungkinkan kita bisa merasakan experience seperti menggunakan macbook atau laptop.

Misalnya tersedianya searhbar yang semakin memudahkan kita mencari keseluruhan file yang ada di tablet, widgetnya pun sangat flexible dan usefull dan desktop yang sangat cepat untuk switching beberapa tab,

Selain itu, untuk Anda yang suka multi tasking iPad 8 dengan iPadOS 14 ini sangat usefull sekali. Karena kita bisa menggunakan 3 aplikasi secara bersamaan tanpa nge-lag atau kendala lainnya.

Misalnya kita ingin membuka browser, mengetik di microsoft ofiice dan mencorat-coret sebuah file dari adobe reader secara bersamaan. Sangat bisa! Anda tidak perlu membuang-buang waktu lagi, dengan kemampuan multitasking ini Anda bisa memangkas waktu lebih banyak karena tablet yang nge-lag atau kurang bisa multitasking.

Performa Chipset Terbaru A12 Bionic

Dengan menggunakan chipset A12 Bionic, performa dari iPad 8 ini meningkat 2 kali lipat di banding iPad generasi 7. A12 Bionic ini memiliki sistem fabrikasi sebesar 7 nano meter. Untuk Anda yang belum tahu tentang chipset A12 Bionic, chipset ini sama dengan chipset pada iPhone XS yang sudah ngebut!

Gambarannya, jika Anda hobby mengedit foto/gambar menggunakan adobe photoshop. Tentunya akan semakin mudah dengan bantuan apple pencilnya.

Edit video menggunakan imovie juga bisa dan lancar dengan asumsi Anda juga menyediakan space untuk menyiman file. Misalnya dari iCloud atau hard disk tambahan karena video biasanya menghabiskan memory yang cukup besar di banding foto/ gambar.

Selain itu, menggunakan iPad 8 untuk bermain game yang cukup berat seperti PUBG juga masih oke. Namun jika menggunakan game yang lebih berat lagi iPad akan lebih terasa cepat panas. Jadi mungkin iPad 8 ini cocok untuk game-game yang tidak terlalu berat jika ingin menjaga suhunya agar tidak cepat panas.

Sebagai informasi tambahan saja untuk Anda yang senang menggunakan tablet untuk aktifitas multimedia seperti menonton video dan bermain game, biasanya juga sering mempertanyakan tentang speakernya. Sama seperti generasi sebelumnya, terdapat 2 speaker pada terletak di bagian bawah ipad 8 ini yang kualitas suaranya sudah balance dan cukup kecang.

Privacy & Security yang Semakin Bisa di Andalkan

Di zaman internet seperti ini, perlindungan terhadap data-data pribadi adalah hal yang sangat penting. Dalam hal ini, Apple semakin bisa menunjukan kapabilitasnya termasuk dalam iPad 8-nya.

OS yang di miliki Apple memang teruji merupakan OS terbaik, teraman dan sulit di retas. Walaupun sangat kuat, tapi bukan berarti 100% tidak bisa di retas. Jadi Anda tetap saja harus berhati-hati.

Baca juga : Rekomendasi Tablet yang Cocok Untuk Bekerja, Apa Saja Ya?

iPad 8 ini di bekali dengan activity tracker yang berfungsi untuk memblock secara otomatis terhadap iklan-iklan yang tidak jelas. Selain itu, iPad 8 ini di bekali touchIDuntuk membuka kunci layar. Di tengah pandemi seperti ini biasanya kita harus menggunakan masker kemana-mana, jadi touch ID lebih nyaman di pilih dari pada faceID.

Baterainya Awet

iPad 8 ini di bekali dengan baterai lithium-polymer bawaan yang dapat diisi ulang 32,4 watt-jam. Bisa di bilang bahwa baterai pada iPad 8 ini sangat awet.

Walaupun di gunakan untuk di one note sambil mendengarkan musik di backgroud, lalau menonton video dan sesekali memainkan games sesekali tapi iPad ini bisa bertahan seharian dalam satu kali menge-cas.

Jika baterainya sudah habis, Anda juga bisa mengecas iPad ini dengan cukup cepat karena di bekali kepala charget 15/20 watt fast charging. Memang tidak super cepat, tapi juga tidak lambat. Jadi iPad 8 ini juga cocok untuk Anda yang membutuhkan tablet dengan ketahan daya baterai yang cukup kuat di bawa seharian beraktifitas.

Kesimpulan

Sebenarnya, jika Anda sudah memiliki iPad generasi sebelumnya mungkin iPad 8 ini tidak akan begitu membuat Anda tertarik untuk membelinya karena secara umum terlihat sama. Namun jika Anda baru mau membeli iPad yang harganya murah, iPad Generasi 8 ini bisa Anda pertimbangkan di banding generasi sebelumnya karena harganya yang murah dan sudah ada beberapa bagian yang di upgrade. Seperti sudah menggunakan chipset terbaru, luas layar, konektor smartkeyboad dan support iPad pencilnya. Nah itulah spesifikasi dan review iPad 8, apakah Anda minat membelinya?

Share
Yulinda Nurlisdiana

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago