Smartwatch

5 Jam Tangan Pintar Baru di Bulan Mei 2021, Mana Pilihanmu?

Apakah Anda suka memakai jam tangan atau sedang mencari jam tangan yang multi fungsi? Memang apa fungsi jam tangan selain menunjukkan waktu, apakah bisa untuk merubah suara seperti jam tangan Detective Conan?

Meski tidak bisa merubah suara Anda, jam tangan pintar mempunyai banyak kegunaan. Bisa melihat pesan yang masuk di ponsel Anda, bisa memberitahu kondisi kesehatan Anda, bisa memutar musik, juga bisa melakukan panggilan telepon.

Ada dua model jam tangan pintar yang akan Anda temui. Smart Watch dan Smart Band. Yang membedakan keduanya adalah dari ukuran, Smart Watch mempunyai ukuran yang lebih lebar, biasanya persegi atau bulat. Sedangkan Smart Band bentuknya lebih ramping seperti kapsul yang berdiri.

Pada artikel ini, kami akan mengulas beberapa Smart Watch dan Smart Band yang baru saja meluncur ke pasaran pada bulan Mei 2021.

Ini bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang sedang mencari jam tangan yang tidak hanya bisa menunjukkan waktu, tapi juga bisa menunjukkan jodohmu kondisi kesehatan Anda atau pesan yang masuk ke ponsel Anda.

Baca juga: 5 Speaker Eksternal Edisi 2021, Pilih Speaker Pintar Atau Bass?

Mobvoi TicWatch GTH

©www.techradar.com

Jam tangan pintar ini mungkin terlihat seperti Apple Watch pada pandangan pertama, tetapi kemiripannya berakhir di sana. Tentu fiturnya tidak sama seperti Apple Watch, namun bolehlah dipakai untuk bergaya. Ehehe.

TicWatch GTH merupakan produk dari Amazfit, perusahaan asal China. TicWatch GTH mempunyai beberapa fitur dasar kesehatan seperti pemantau tidur, detak jantung, dan kadar oksigen.

Karena TicWatch GTH merupakan jam tangan pintar level mid-end, tentu tidak mempunyai semua fitur premium.

Misal, tidak ada GPS on-board pada ponsel ini. Berarti Anda harus membawa ponsel saat berlari, bersepeda, dan berjalan sehingga TicWatch dapat mendukung penerima GPS nya.

Kabar baiknya adalah TicWatch bisa membangun koneksi dengan semua ponsel berbasis Android. Sehingga Anda bisa melihat pesan masuk dan mengontrol pemutar musik pada Ponsel Anda.

TicWatch memiliki berbagai mode pelacakan olahraga termasuk lari di dalam dan di luar ruangan, berenang, lompat tali, dan yoga. Ada juga beberapa opsi yang lebih tidak biasa seperti bola basket, senam, dan sepak bola.

Meski beberapa opsi olahraga tadi hanya mengukur waktu, detak jantung, dan kalori. Setidaknya Anda bisa menjadikannya patokan untuk aktifitas olahraga harian.

Ini cocok dengan slogan TicWatch GTH ketika pertama kali muncul di pasaran, Your Health Partner. Jadi Amazfit berharap dengan jam tangan pintar yang tidak terlalu mahal ini, semua orang bisa mengetahui kebugaran mereka setiap saat.

Anda bisa mendapatkan TicWatch GTH di berbagai marketplace dengan harga 900ribuan saja.

Huawei Band 6

©www.techradar.com

Huawei Band 6 mampu terhubung ke ponsel Anda, namun kami melihat koneksinya agak lambat dan pemberitahuan notifikasi muncul dengan telat. Kadang – kadang menjengkelkan, apalagi jika Anda membutuhkan informasi yang real time.

Namun dengan harga yang terjangkau, permasalahan koneksi mungkin agak bisa dimaklumi. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 500 ribuan untuk mendapatkan Huawei Band 6.

Dengan harga itu, Anda akan mendapatkan jam tangan dengan layar AMOLED tinggi, masa pakai baterai dua minggu, dan serangkaian fitur kebugaran dan kesehatan yang berguna.

Band 6 menjalankan Lite OS, yang memiliki sebagian besar rangkaian pelacakan kebugaran dan kesehatan yang ditemukan pada perangkat wearable Huawei yang lebih mahal.

Anda dapat mengaktifkan beragam menu latihan di Band 6. Ada juga banyak pelacakan kesehatan seperti detak jantung sepanjang hari, stres, dan pemantauan SpO2 serta pelacakan tidur.

Untuk analisa lebih lengkap, Anda dapat mengakses informasi dasar pada jam tangan atau pindah ke aplikasi Huawei Health di ponsel untuk mendapatkan rincian dan grafik rinci tentang kondisi Anda.

Fitur unggulan Band 6 adalah rangkaian pelacakan kebugaran dan kesehatan serbaguna yang ditemukan di hampir setiap perangkat yang dapat dikenakan Huawei saat ini.

Ada juga sistem aktivitas tiga dering yang mirip dengan cincin aktivitas Apple yang memungkinkan Anda menetapkan target untuk kalori yang terbakar, waktu yang dihabiskan untuk berdiri, dan jam olahraga.

Mulai dari berjalan kaki, berlari, bersepeda, dan berenang hingga tari perut, melempar panah dan skating, mode olahraga Band 6 yang lebih dari 90+ ​​dapat melacak beragam aktivitas.

Baca review, Apple Watch SE, Fitur Mewah Dengan Harga Murah

Yang harus Anda lakukan adalah menggesek daftar latihan dari menu band, ketuk mulai dan band mulai bekerja. Ada deteksi latihan otomatis jika Anda tidak ingin membuka menu, yang berfungsi hampir setiap saat

Huawei Band 6 memiliki desain yang lebih kompak dan kecil. Bodi jam tangan polimer memiliki lapisan tekstur logam di sekeliling sisinya dan lapisan plastik matte di bagian bawah yang menjadi tempat sensornya.

Tali karetnya sempit dengan tekstur lembut dan halus yang terasa nyaman di kulit. Tidak menumpuk debu dan mudah dibersihkan saat pergelangan tangan Anda berkeringat.

Karena bentuknya yang kecil, membuat Band 6 ringan di tangan. Huawei mengklaim bahwa Band 6 mempunyai ketahanan di dalam air hingga 50 meter. Jadi Anda tidak perlu melepasnya ketika sedang berenang atau hanya sekedar mandi.

Huawei Band 6 memiliki layar AMOLED 1,47 inci dengan warna cerah dan responsif. Meskipun tidak setajam dan sehalus tampilan pada jam tangan Huawei lain yang lebih mahal.

Kami menyukai rasio aspek tinggi pada Huawei Watch Fit dan ini adalah pilihan desain yang cerdas pada Band 6, karena menjaga faktor bentuk band tetap ringkas sambil tetap menampilkan sejumlah informasi yang baik. 

Oppo Band

©www.techradar.com

Ini adalah Band pertama dari Oppo, harganya yang terjangkau membuatnya menjadi pesaing Huawei Band 6. Tahun lalu Oppo juga mempunyai Oppo Watch, tentu dengan ukuran yang lebih besar.

Karena ini adalah sebuah Band, maka desainnya sederhana. Dengan memiliki pita hitam dan tubuh yang ramping. Bodi bisa dilepas untuk mengisi daya.

Salah satu fitur terbaiknya adalah layar OLEDnya yang cerah dan tajam. Layar responsif dan sempurna untuk statistik dan latihan.

Meskipun ini bukan pilihan terbaik jika Anda suka membaca notifikasi dari pergelangan tangan Anda. Oppo Band memang memiliki fitur notifikasi yang berfungsi dengan baik, namun ukuran layar membuatnya sulit untuk melihatnya.

Oppo Band menawarkan masa pakai baterai hingga 12 hari. Tetapi mengaktifkan semua fitur pelacakan kesehatan, tentu dapat memengaruhi masa pakai baterai. Mungkin bisa menjadi hanya 8 hari saja.

Oppo Band dapat melacak 12 latihan yang berbeda, termasuk lari, bersepeda dalam ruangan dan yoga. Ada juga banyak fitur kesehatan, termasuk latihan pernapasan, peringatan berdiri, pemantauan detak jantung, pelacakan tidur, dan sensor SpO2.

Baca review, Dijual Rp1,8 Jutaan, Realme Watch S Pro Tahan Air Hingga 50 Meter!

Oppo Band memiliki sensor detak jantung di bagian belakang dan layar AMOLED 1,1 inci di bagian depan, yang tajam dan cerah. Namun, saat Anda menggunakannya di luar, tampilan tampak kurang bercahaya.

Anda bisa mengatur semua fitur Oppo Band melalui aplikasi Oppo Hey Tap di Play Store. Jadi Smart Band ini bisa menjadi partner untuk semua ponsel Android.

Honor Band 6

©www.techradar.com

Honor Band 6 memiliki desain yang sedikit lebih lebar dari Band pada umumnya. Ukurannya  1,47 inci, masih lebih kecil dari SmartWatch. Tampilannya cukup untuk membuat menu, opsi, dan gambar lebih mudah dilihat.

Tali pengikatnya tebal dan sedikit lebih sulit dilepas daripada kebanyakan tali jam. Tali terbuat dari silikon, yang bukan merupakan bahan tali paling nyaman di dunia, tetapi ini bahan standar untuk produk level mid-end.

Tali memiliki banyak lubang agar mudah dipasang dan juga sangat panjang, jadi Anda tidak perlu khawatir pergelangan tangan Anda terlalu besar.

Namun jika Anda kurang suka tali konvensional ini, tali Honor Band 6 bisa diganti dengan tali yang dibuat oleh pembuat aksesoris di pasaran.

Honor Band 6 memenuhi semua kebutuhan untuk penggunaan sehari-hari. Penanganan pemberitahuan berfungsi dengan baik, laporan cuaca cukup akurat, dan pelacakan aktivitas sekitar sebagian besar akurat.

Ada pelacakan detak jantung dan pemantauan stres yang konstan, serta penghitungan langkah dan jam aktif. Anda juga dapat mengatur pengingat untuk mengingatkan Anda jika Anda terlalu lama tidak melakukan gerakan, meski hanya sekedar berjalan.

Satu hal yang kurang mengesankan adalah pemantauan tidur, terkadang terasa tidak akurat. Feedback di Aplikasi sudah cukup baik mencakup skor tidur, uraian jenis tidur yang Anda miliki, dan perbandingan dari malam ke malam.

Namun pelacak tidur sering menggabungkan antara ‘berbaring di tempat tidur’ dengan ‘tertidur’. Sehingga aktifitas semacam berbaring di tempat tidur, membaca sebelum tidur tetap dihitung sebagai tidur. Sehingga jumlah jam tidur kita akan lebih banyak dari aktifitas “tidur” aslinya.

Masalah lain yang kami temukan dengan band dalam penggunaan sehari-hari adalah pada kontrol musik. Honor Band sering memberi tahu kami bahwa kami sedang mendengarkan lagu yang sebenarnya adalah beberapa lagu di daftar putar.

Namun secara umum, tombol kontrol musik seperti skip dan berhenti bekerja dengan baik.

Honor Band bekerja paling optimal dengan ponsel buatan Huawei dan Apple. Jika Anda menggunakan ponsel selain kedua merk itu, Anda akan kehilangan fitur GPS yang akan mengukur seberapa jauh Anda berjalan atau berlari.

OnePlus Watch

©www.techradar.com

OnePlus Watch sekilas mirip dengan smartwatch kelas atas lainnya seperti Samsung Galaxy Watch 3. Desainnya mewah dengan desain melingkar dan dua tombol fungsi di sisi kanan.

Badan logam stainless steel memiliki lapisan mengkilap, yang sebenarnya merupakan perubahan yang bagus dari lapisan matte atau aluminium berwarna pada sebagian besar jam tangan saat ini.

Ini juga merupakan jam tangan pintar yang cukup kuat, dengan lebar dan berat 46mm. Ini mungkin  akan membuatnya terlalu besar untuk mereka yang memiliki pergelangan tangan lebih ramping atau yang lebih menyukai tampilan jam yang lebih kecil.

Secara pribadi, saya suka dengan desain OnePlusWatch. Bodinya tebal, dengan desain dan sentuhan akhir material yang terasa lebih halus daripada jam tangan pintar lainnya.

OnePlus Watch memiliki masa pakai baterai yang bertahan sekitar seminggu dengan penggunaan reguler. Jam tangan ini mampu mengisi ulang dari 0 hingga 100% hanya dalam waktu kurang dari setengah jam. Kami suka kecepatan ini.

Singkatnya, arloji ini terlihat berkualitas lebih tinggi daripada jam tangan pintar lainnya. Dengan harga yang lebih murah dari Jam Tangan Apple dan Jam Tangan Samsung Galaxy, dengan fitur yang hampir sama.

Tentu segala fitur dan kemewahan desainnya membuatnya pantas untuk dijual dengan harga 3 jutaan. Namun harga ini sebanding dengan gaya yang stylish. Tentu akan meningkatkan kepercayaan diri Anda daripada menggunakan jam tangan berbahan karet.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Oppo A94 5G, Lebih Mahal Tapi Tidak Lebih Baik dari Oppo A54

Oppo A94 5G adalah ponsel Android yang solid, dan layak menjadi perangkat andalan yang tidak…

2 hari ago

Realme GT Tampil Mewah Mengadopsi Warna Mustang GT

Realme GT adalah smartphone Android kecil yang kuat dengan prosesor level atas. Xiaomi menyematkan semua…

1 minggu ago

Manjakan Content Creator, Oppo Reno6 Dibanderol Rp5,2 Juta

Situasi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat di Indonesia sejak 3 - 20 Juli 2021,…

2 minggu ago

The Real 5G Killer, Xiaomi POCO M3 Pro 5G Dijual Rp2,5 Jutaan

Pertama kali dikenalkan pada bulan Agustus 2018, sub-brand milik Xiaomi yakni POCO, kini sudah menjelma…

2 minggu ago

Sony Xperia 1 III, Pertama di Dunia Dengan Layar 4K

Sony Xperia 1 III memang bukan untuk banyak orang, tetapi bagi para pengguna ponsel puluhan…

3 minggu ago

Standar Emas TV OLED 2021, LG C1 OLED

LG C1 OLED merupakan salah satu TV terbaik dengan harga berapa pun. C1 menghasilkan gambar…

4 minggu ago