Kamera CCTV Terbaik, Modern dengan Harga Terjangkau

Sedang mencari kamera CCTV terbaik? Kamera CCTV menjadi salah satu kebutuhan yang penting di jaman sekarang. Bukan hanya untuk keperluan kantor, tapi juga menjadi benda penting untuk menjaga keamanan di lingkungan rumah.

Bagi Anda yang sedang mencari CCTV, pastinya tidak mau kalau CCTV yang sudah mahal-mahal Anda beli ternyata tidak bisa berfungsi maksimal karena salah beli. Tenang saja, karena kali ini kita akan membahas rekomendasi CCTV terbaik yang bisa Anda beli saat ini. Sebelum itu, Anda mungkin perlu tahu apa perbedaan CCTV analog dan juga digital (IP camera).

Perbedaan CCTV Analog dan Smart IP Camera

Saat ini apapun sudah serba digital. Bukan hanya handphone dan tv, tapi ada juga kamera CCTV yang sudah berteknologi digital. Lalu apakah perbedaannya dengan CCTV analog?

IP camera merupakan hasil pekembangan dari CCTV analog. Tentu saja dari segi gambar kualitasnya lebih bagus. Tapi selain itu, kinerja IP camera juga jauh lebih baik dari kamera CCTV analog. Inilah mengapa saat ini banyak orang yang beralih menggunakan IP camera.

Dulu, CCTV analog tentu menjadi suatu teknologi pembaharu yang memiliki manfaat signifikan pada bidang keamanan. Cara kerjanya adalah dengan mengolah video mulai dari bentuk field yang nantinya ditransmisikan ke dalam sebuah receiver. Jika field sudah terkumpul lalu akan menjadi frame yang berbentuk sinyal. Sinyal ini kemudian akan dikirimkan ke TV analog melalui kabel coaxial dan jenisnya harus sama yakni jenis NTSC dan PAL.

Jadi bisa dibilang bahwa CCTV analog mengandalkan sinyal analog sebagai media transmisi videonya. Saat ini, resolusi terbesar dari kamera ini berukuran 720×575.

Berbeda dengan CCTV analog, IP camera mengandalkan sinyal internet. IP (Internet Protocol) adalah bahasa komunikasi antar komputer yang sederhanda dan digunakan untuk mentransfer data. Sebab nantinya gambar yang masuk dari receiver IP camera akan berupa data. Data inilah yang ditransmisikan lewat jaringan internet menggunakan IP.

Baca juga, Bikin Rumah Canggih, Ini 10 Jenis Produk Smart Home Terbaik

Perbedaan yang cukup mencolok dari keduanya adalah tentang kualitas gambar IP camera yang lebih bagus. Selain itu analisa video dari IP camera juga lebih mudah di lakukan dan lebih efesien karena konfigurasinya lebih ringkas.

Rekomendasi Kamera CCTV Terbaik

1. Ezviz CT6TC Mini 360 Plus

Ezviz CT6TC Mini 360 Plus

Seperti namanya, Ezviz CT6TC Mini 360 Plus bisa berputar seluas 360° Horizontal. Kamera ini memang memiliki ukuran yang mini dengan bentuk bulat seperti bola. Tapi walaupun mini, kemampuannya tidak bisa di sepelekan!

Smart CCTV yang satu ini memiliki resolusi 1080p (full HD), audio dan alarm dua arah yang terintegrasi dengan cloud. Selain itu, Ezviz CT6TC Mini 360 Plus juga memiliki opsi pengamanan data. Anda juga bisa memasang slot data tambahan sampai dengan 128 GB. Untuk konektivitas, CCTV ini sudah bisa menangkap sinyal wifi 4G dan 5G.

Ezviz CT6TC Mini 360 Plus cocok untuk mengawasi bayi dan juga anak-anak karena sudah di lengkapi dengan Motion Detection, sehingga secara otomatis bisa memberikan notifikasi jika bayi menangis. Karena ukurannya yang mini, Anda bisa memasangnya dimana saja dengan mudah. Harganya sekitar Rp 800 ribuan.

Untuk spesifikasi lebih lengkapnya, Anda bisa melihat list di bawah ini!

  • 2MP Camera
  • Support resolusi kamera 1080p full HD
  • 8X Zoom Camera
  • Day/Night auto switch
  • 3D DNR
  • Infrared night vision hingga 7.5 meter
  • Two-way audio (bisa mengobrol dua arah)
  • Support jaringan wifi

Anda bisa mengaktivasi CCTV Ezviz Mini Plus menggunakan EZVIZ app atau EZVIZ Studio. Sehingga bisa sudah support mobile tracking.

2. Hikvision HiLook IPC P120 D/W

kamera cctv terbaik Hikvision HiLook IPC P120 D/W

IP camera terbaik selanjutnya adalah HiLook IPC P120 D/W dari Hikvision. Hikvision memang sebuah brand ternama yang memproduksi berbagai jenis kamera CCTV baik itu analog maupun digital. Nah HiLook adalah salah satu produk kamera CCTV mereka yang harganya murah, namun bukan murahan. Menawarkan performa yang high (tinggi) namun aafordable.

Dengan harga 375-450 ribuan saja Anda sudah memiliki IP camera modern yang canggih. HiLook IPC P120 D/W adalah IP camera atau bisa menjadi baby camera yang sudah dilengkapi dengan fitur pan & tilt yang bisa di setting dengan manual control atau auto follow yang bisa secara otomatis mengikuti gerak. Sehingga kamera yang satu ini bisa bergerak untuk memperoleh jangkauan video yang lebih luas.

Berikut adalah spesifikasi dari IP camera Hilook IPC P120 D/W dari Hikvision!

  • Resolusi camera 2 MP
  • Resolusi maksimal 1920 × 1080 full HD
  • FOV : 75°
  • Infrared sampai dengan 10 meter
  • Day/night switch (bisa di setting auto dan schedule)
  • 3D DNR
  • Two-way audio (Ada 1 speaker dan 1 mic, sehingga bisa mengobrol 2 arah)
  • SD Card slot up to 128 GB
  • Support jaringan wifi

Lengkap ya fiturnya? Bagaimana dengan cara setup nya?

Untuk setup paling mudahnya, Anda bisa menggunakan aplikasi HiLookVision yang sudah tersedia di app store ataupun google play store. Aplikasi ini termasuk aplikasi yang ringan untuk perangkat Hikvision.

Anda tinggal menginstalnya di smartphone dan men-scan barcode yang terdapat pada perangkat (menggunakan jaringan wifi). Jika perangkat kamera sudah terhubung dengan aplikasi, CCTV Hilook IPC P120 D/W sudah bisa di pakai.

Sudah fiturnya lengkap, cara memasangnya juga mudah ternyata. Nah, jika Anda tertarik membelinya, dalam paket penjualan Hilook IPC P120 D/W Anda akan mendapatkan :

  • 1 unit Kamera
  • Mounting Kit (Untuk menempelkan ke langit-langit)
  • Adapter daya sebesar 5 W
  • Kabel Micro USB (Sepanjang +- 3 meter)

3. Mi Home CCTV Camera 360°

Mi Home CCTV Camera 360°

Ternyata, selain smartphone Xiaomi juga memproduksi smart camera CCTV yang juga sama-sama memiliki fitur menarik dan pastinya affordable. Mi Home CCTV 360°, adalah smart CCTV milik Xiaomi yang harganya di bawah Rp 500 ribuan.

Mi Home CCTV 360° pastinya bisa bergerak keseluruh arah hingga 360 derajat horizontal dan 96 derajat vertikal. Memiliki fitur motion detection yang bisa nantinya bisa memberikan notifikasi langsung kepada kita ketika dibutuhkan.

Selain itu IP camera ini sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru low-light true color. Anda tetap bisa melihat warna gambar walaupun dalam kondisi cahaya yang minim dan mengalihkan ke mode gambar hitam putih.

Jika Anda penasaran dengan kamera CCTV yang satu ini, spesifikasi lengkapnya bisa Anda simak di bawah ini!

  • 3 MP camera
  • 1080p camera full HD (2K video)
  • Infrared night vision
  • SD card up to 64 GB
  • Two-way audio
  • Wifi

Anda bisa mengativasi Mi Home CCTV 360° dengan mudah menggunakan aplikasi Mi Home. Jika aplikasi sudah terinstal di smartphone Anda, pilih saja menu “Camera”.

Lalu klik Mi Home CCTV 360° dan pilih Wifi untuk konektivitas. Selanjutnya aplikasi akan meminta Anda meng-scan kode QR di depan kamera CCTV dan tunggulah beberapa saat hingga terhubung dengan aplikasi secara penuh.

4. BARDI Smart IP Camera Outdoor 

BARDI Smart IP Camera Outdoor

Keamanan kantor atau lingkungan sekitar tempat tinggal menjadi suatu prioritas yang penting. Untuk itu adanya kamera CCTV pintar tentu saja sangat membantu pengawasan.

Jika ketiga kamera CCTV diatas cenderung untuk penggunaan indoor, nah sekarang jika Anda mencari kamera CCTV untuk outdoor mungkin bisa memilih BARDI Smart outdoor Static IP Camera.

Jenis kamera CCTV outdoor tentunya perlu memiliki ketahanan yang lebih terhadap air dan juga debu. Dari segi bulit qualitynya, BARDI Smart outdoor STC ini di buat dari alumunium metal yang solid dengan warna hitam dove.

Bagian slot SD card dan tombol powernya juga di tutupi karet tebal sehingga air dan debu tidak akan masuk ke kamera. Kamera CCTV ini juga memiliki sertifikasi IP65 yang mampu melindungi kamera secara menyeluruh dari air dan debu.

Selain itu, terdapat antena di sisi luar untuk menangkap sinyal wifi dari dalam rumah. Kamera pintar outdoor ini juga bisa memberikan notifikasi jika ada pergerakan saat jam-jam yang telah di tentukan lewat aplikasi. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah spesifikasi BARDI Smart outdoor STC selengkapnya!

  • Resolusi 1080p full HD
  • Auto night vision
  • Sudut pandang 110°
  • IP Ratings : IP65 (Tahan semprotan air dan debu)
  • Slot SD Card up to 128GB
  • Two-way audio
  • Konektivitas wifi

Anda bisa membelinya seharga 400 hingga 500 ribu Rupiah di marketplace online. Dalam paket penjualan BARDI Smart outdoor STC ini Anda akan mendapatkan :

  • 1 unit Bardi IP Camera STC( dengan panjang kabel 3,5 meter)
  • Adaptor daya sebesar 12V 1A (dengan panjang kabel 1,5 meter)
  • Paket sekrup dan juga kunci L
  • Manual book

Bagaimana, tertarik membeli BARDI Smart outdoor STC untuk keamanan kantor atau lingkungan rumah Anda? Untuk setupnya, CCTV ini juga termasuk cukup mudah. Tinggal menginstal aplikasi smartlife dan scan barcode yang ada di aplikasi di depan kamera CCTV.

5. Xiaoyi Yi Outdoor CCTV IP Camera

kamera cctv terbaik Xiaoyi Yi Outdoor CCTV IP Camera

Jika Anda tidak ingin memilih BARDI untuk sistem keamanan outdoor, ada juga Xiaoyi Yi Outdoor CCTV IP Camera. Kamera CCTV ini bisa di gunakan sebagai sistem keamanan di rumah, toko, kantor-kantor maupun di sekolah-sekolah. Anda bisa langsung memantau video dari layar monitor atau smartphone dengan kualitas warna dan gambar yang sangat baik.

Karena di desain untuk outdoor, CCTV yang satu ini tentu sudah anti air dan debu dengan sertifikasi IP65. Pada versi night vision, kamera bisa merekam dengan 20fps dan menghasilkan video yang smooth. Untuk setup, Anda bisa menginstal aplikasi YI Home yang sudah tersedia di android maupun Apple.

Yuk baca juga, Fokus AIoT, ini 7 Perangkat Xiaomi Mi Home Untuk Rumah Pintar

Harganya mulai dari Rp 600 ribuan di marketplace. Sebelum membeli, untuk memastikan bahwa kamera CCTV ini memang sesuai kebutuhan Anda coba simak dulu spesifikasi lengkapnya berikut ini!

  • Resolusi 1080p FHD Camera
  • Sudut pandang 110°
  • Night vision
  • Two-way audio
  • 24/7 Emergency Response
  • Compatible with Alexa device (add voice control)

Penutup

Keamanan lingkungan menjadi prioritas untuk melindungi lingkungan kantor maupun rumah dari berbagai hal yang tidak di inginkan. Dengan berkembang pesatnya teknologi masa kini, sistem keamanan CCTV pun menjadi semakin baik. Nah, dari beberapa rekomendasi kamera CCTV diatas adakah yang menarik untuk Anda pilih?